Air Terjun Riam Merasap Wisata Alam Andalan Kabupaten Bengkayang

shares |

Air Terjun Riam Merasap- Untuk tempat wisata kalimantan Barat banyak sekali menyimpan destinasi wisata terutama wisata alam. salah satunya Kabupaten Bengkayang yang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Barat. 

Pontianak  sendiri merupakan ibu kota provinsi kalimantan barat, jika ingin menuju Kabupaten Bengkayang Jarak dari Pontianak ke Kabupaten Bengkayang  bisa di tempuh sekitar 4 Jam perjalanan menggunakan kendaraan umum.


Air Terjun Riam Merasap air terjun riam merasap bengkayang


Kabupaten Bengkayang di merupakan Kabupaten hasil dari pemekaran dari kabupaten Sambas dan di bagi menjadi tiga bagian yaitu Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang. 

Banyak Hal yang bisa dilakukan saat anda liburan atau mau menghabiskan akhir pekan di Air terjun Riam Merasap Sanggau Ledo begitu orang banyak menyebutnya walau tahu tempat wisata air terju ada di Kecamtan Tujuh Belas. 

Lokasi Air terjun Riam Merasap terletak di provinsi Kalimantan Barat tepatnya di desa Batang Air, kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang. Jika anda dari Kota Pontianak Jarak bisa nada tempuh untuk menuju air terjun ini sekitar 300 Km atau sekitar 6 Jam perjalanan. 

Secara tidak langsung alamat tempat wisata juga berubah, yang di wilayah Kota singkawang tentunya menjadi wisata Kota Singkawang contohnya tempat wisata Pasir Panjang menjadi tempat wisata di Singkawang.

Untuk wisata di Kabupaten Sambas seperti obyek wisata Tanjung Batu dan danau sebedang menjadi tempat wisata di kabupaten Sambas, nah untuk di Kabupaten Bengkayang sendiri yang memang belum terlalu banyak dikenal tempat wisatanya kecuali yang sudah banyak yang sudah tahu adalah Pulau Lemukutan, Pulau Randayan.



air terjun riam merasap kabupaten bengkayang kalimantan barat

Kebanyakan wisatawan dari luar kota mengetahui tempat wisata pulau Randayan dan Pulau Lemukutan itu masuk ke tempat wisata singkawang padaha untuk saat ini secara adminitratif masuk ke tempat wisata Bengkayang. 

Itu sekilas gambaranyanya tentang di daerah yang mengalami pemekaran, Kabupaten bengkayang juga sangat banyak sekali destinasi wisata yang bisa diexplore, karena memang belum terlalu terekspost secara luas.

Jika dilihat dari keindahannya tempat wisata di Bengkayang tidak akan kalah menarik dibanding tempat wisata di singkawang maupun tempat wisata di Sambas, hanya perlu pembenahan dan promosi saja agar tempat wisata di Bengkayang lebih banyak yang tahu dan mengundang wisatawan untuk mengunjung tempat-tempat wisata di Kabupaten Bengkayang.


air terjun riam merasap sajingan air terjun riam merasap kalimantan barat

Berbicara soal wisata di Kabupaten Bengkayang ada satu tempat wisata yang cukup indah dan menarik untuk dikunjungi oleh para traveler yang suka dengan obyek wisata alam yang alami yaitu air terjun Riam Merasap. 

Objek wisata air terjun Riam Merasap ini lokasinya terletak di Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat Indonesia, Tepatnya di Kecamtan Tujuh Belas ini merupakan kecamatan hasil pemekaran dari kecamatan Sanggau Ledo. 

Mungkin kecamatan tujuah belas belum terlalu terkenal tidak seperti kecamatan sanggau ledo sudah lebih dulu dikenal karena merupakan kecamatan induk yang sudah ada sejak Daerah ini masih masuk wilayah Kabupaten Sambas.


Wisata Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Bengkayang ini, dengan letak geografis yang terdiri dari perbukitan yang terbentang luas hampir seluruhnya, maka tidak heran jika aliran sungainya banyak yang terjadi di daerah perbukitan yang biasa disebut air terjun. Begitu juga tempat wisata Air terjun Riam Merasap yang terjadi di aliran sungai dengan banya bebatuan dan memiliki aliran air deras. 

Air terjun riam merasap memiliki daya tarik dengan keindahan alam sekitarnya yang memang masih asri karena banyak tumbuh pepohonan di sekitar air terjun tersebut. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 20 meter dan lebar sekitar 8 meter dengan air jernih yang mengalir deras dan panorama alam asri membuat air terjun ini semakin indah dan tidak membosankan untuk dinikmati berlama-lama. 


Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Tempat Wisata Air Terjun Riam Merasap Bengkayang


air terjun riam berawan sejarah air terjun riam merasap air terjun riam merasap kalbar

Dengan keindahan dan udaranya masih segar dan suasana masih alami banyak wisatawan lokal amupun luar kota mengunjungi air terjun ini, didekat air terjun banyak sekali bisa dilakukan seperti bersantai menikmati pemandangan indah dilokasi air terjun dengan bermandikan embun dari air terjun itu sendiri jadi walaupun tidak mandi secara langsung kedalam air tapi badan akan tetap basah.

Bisa juga mandi dengan airnya yang jernih dan segar, kegiatan mandi banyak dilakukan oleh para wisata yang mengunjungi tempat ini terutama di kalangan anak muda, biasa anda juga akan melihat rombongan keluarga menghamparkan tikar sambil menikmati hidangan beramai-ramai tentu sangat mengasyikan. 

hal lain lagi bisa dilakukan dengan menuruni tebing dan menikmati pemandangan air terjun dari bawah, namun harus ektra hati-hati karena jalan lumayan curam dan licin. Tempat wisata Riam merasap banyak di kunjungi pada hari-hari libur  seperti hari minggu.

Rute / Lokasi Air Terjun Riam Merasap Bengkayang

Sedangkan dari pusat kota Bengkayang sekitar 62 km sekitar 1,5 Jam, dari sebelah timur kota Singkawang sekitar 130 km sekitar 3 Jam perjalanan, dan dari perbatasan Indonesia-Malaysia hanya berjarak 10 km. Air terjun Riam Merasap juga cukup banyak didatangi warga Malaysia.

Nah untuk dari Kecamatan sanggau ledo (pasar sanggau ledo) Air terjun Riamerasap letaknya tidak begitu jauh sekitar setengah Jam perjalanan, Namun sebelum pasa sanngau ledo anda harus menggunjungi juga Wisata Air Terjun Jugan Bengkayang kalbar yang tak kalah menarik. Dalam mengendarai kendaraan roda dua, karena jalannya agak kurang bagus yaitu aspal berlobang, jadi harus hati-hati.

Semoga Informasi mengenai Air Terjun Riam Merasap Wisata Alam Andalan Kabupaten Bengkayang ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi saat berada di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, Indonesia.

Related Posts