Gurihnya Amplang Kerupuk Tenggiri Khas Kota Ketapang

shares |

Amplang Kerupuk Tenggiri Khas Kota Ketapang- Amplang merupakan penganan/jajanan khas Kalimantan Barat. salah satu yang mempunyai produksi amplang yang sudah terkenal adalah kota ketapang. Ketapang merupakan salah satu kota Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat bisa di tempuh menggunakan tranpostasi laut dan udara.

Jika anda ingin menggunjungi kota Ketapang lewat laut menggunakan alat transfortasi kapal expres yang menpunyai jarak tempuh sekitar 7 jam perjalanan. Bila anda ingin lebih cepat bisa juga menggunakan tranportasi udara, karena di Ketapang sudah ada Bandara yaitu Bandar Udara Rahadi Oesman untuk memudahkan anda dan mempercepat perjalanan. 

 Amplang Kerupuk Tenggiri Khas Kota Ketapang

Di kota Ketapang ada panganan khas yaitu berupa kerupuk yang di kenal dengan nama Amplang, Amplang merupakan cemilan khas kota Ketapang yang terbuat dari ikan tenggiri dengan rasa gurih ikan, karena menggunakan takaran yang pas dan tepat dan di olah bersama tepung dan Rempah2, Menjadikan Rasa Ikan Tenggirinya Benar2 Terasa, sehingga menimbulkan rasa yang gurih dengan ciri khas.
Untuk di Kota Ketapang Amplang sangat mudah sekali di temui, jika anda baru nyampe di pelabuhan ketapang pasti banyak para pedagang yang menawarkan makanan khas ini. Selain itu amplang yang terbuat dari campuran ikan tenggiri ini bisa di jumpai hampir di setiap warung, terutama warung kopi yang ada di Ketapang.

Amplang mempunyai ciri khas ini sangat cocok di jadikan buah tangan atau oleh-oleh jika anda berkunjung ke Ketapang. Rasanya Amplang sangat renyah tentunya tidak sama dengan kerupuk pada umumnya, ini yang membuat amplang jadi lebih di gemari dan di jadikan oleh-oleh favorit wisatawan, Karena Tidak semua daerah ada, Jika ada pun tentu mempunyai rasa yang berbeda dengan amplang yang ada di Kota Ketapang.

Panganan ini sehat untuk dikonsumsi karena bahan utamanya adalah ikan tenggiri yang kaya akan protein. Selain di konsumsi langsung sebagai cemilan, Amplang juga nikmat di jadikan pelengkap untuk di makan bersama nasi.

Baca Juga: Keraton Matan Tanjungpura Wisata Sejarah di Ketapang Kalimantan Barat

Produksi Amplang

Saat ini Amplang masih diproduksi secara semi otomatis, artinya masih diperlukan sentuhan tangan manusia untuk menjaga rasa dan aromanya agar tetap khas. Produksi amplang boleh dibilang sudah menjamur dan banyak sekali UKM yang terlibat dalam pembuatan Amplang. Karena menjamurnya usaha ini, tentu diperlukan strategi khusus baik dari segi rasa, bentuk, jenis serta kemasan.

Resep Amplang sebagai berikut :

Jika anda ingin mencoba membuat krupuk khas Ketapang bisa ikuti resep dan cara membuat aplang ketepang dibawah ini.

Bahan – bahan yang dibutuhkan :
Ikan Tenggiri  1 Kilogram
Tepung Kanji  2 Kilogram
Air 750 ml
Garam 4/5 ons
Bumbu penyedap 1/5 ons
Bawang Putih 5 Biji

Cara Pembuatan 
  1. Campurkan Ikan, Tepung, Air, Garam dan Bumbu penyedap  diaduk sampai rata.
  2. Adonan dibentuk seperti lenjeran dan besarnya disesuaikan keinginan.
  3. Amplang yang telah siap dipotong halus-halus lalu digoreng dalam minyak yang banyak selama lebih kurang 30 menit sehingga benar-benar kering.
  4. Semasa menggoreng, produk hendaklah sentiasa di aduk supaya tidak hangus. Amplang yang telah digoreng, ditiriskankan untuk membuang sisa-sisa minyak.
  5. Produk ini dibungkus dalam plastik kedap udara dan disimpan pada suhu rendah serta jauhkan daripada pancaran cahaya matahari langsung dan jauhkan daripada serangan serangga.
Semoga Informasi tentang Gurihnya Amplang Kerupuk Tenggiri Khas Kota Ketapang ini bisa menjadi referensi bagi yang ingin menacari makanan atau jajanan khas Kota Ketapang.

Related Posts