Keindahan Wisata Tanjung Batu Pemangkat

shares |

Wisata Tanjung Batu merupakan tempat wisata de tepi pantai yang berbentuk Tanjung, terdiri dari bukit yang berbatu dan menjorok ke laut dengan ketinggian kurang lebih dari 80 meter. Pantai Tanjung Batu terletak  kota pemangkat salah satu kecamatan di Kabupaten Sambas. Di kaki bukit ini banyak terdapat Batu-batu yang menghampar ke laut yang dapat di lihat apabila air dalam keadaan surut.

Tempat Wisata Tanjung Batu cukup terkenal dan termasuk wisata unggulan Kabupaten Sambas, karena letaknya strategis dekat dengan jalan raya menuju kota Sambas jadi tempat ini sering menjadi persinggahan wisatawan yang segaja berkunjung ke Tanjung Batu atau hanya sekedar singgah melepas lelah dengan menikmati pemandang pantai dari atas bukit dengan agin sepoi-sepoi membuat betah setiap wisatawan yang datang untuk berlama-lama  di tanjung Batu.

wisata tanjung batu pemangkat

Di tempat wisata Tanjung Batu anda bisa mwlihat banyaknya batu terhampar seperti disusun dengan sengaja ditepi laut, yang paling terkenal adalah Batu Ampar. Wisata ini diberi nama Tanjung Batu karena letaknya yang berada didaerah tanjung dan juga dikelilingi oleh bebatuan yang entah darimana asalnya, bahkan gunungnya pun untuk kaki gunung hanya bebatuan yang akan anda lihat.


Lokasi Tempat Wisata Tangjung Batu 

Lokasi tempat wisata tangjung batu pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat Indonesia, Untuk bisa sampai di tempat wisata Tanjung Batu bisa menggunakan travel dari pontianak sekitar tiga jam perjalanan, namun jika dari Kota Singkawang hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam saja dengan menuju kota pemangkat dimana wisata Tanjung Batu Itu berada tidak Jauh dari Pasar Pemangkat.

tangjung batu pemangkat sambas


Daya Tarik Wisata Tanjung Batu

Bukan hanya pemandangan alamnya yang indah saja bisa anda nikmati di tempat wisata Tanjung Batu, Anda juga bisa jalan Kota Pemangkat yang banyak menyimpan misteri dan peninggalan-peninggalannya tempo dulu. Di kaki Gunung Tanjung Batu terdapat 2 buah meriam tembak yang usianya hampir 2 abad dan sampai sekarang masih ada keberadaannya.


Tidak jauh dari situ terdapat Tugu kekejaman fasisme Jepang yang memakan korban tidak sedikit. Tugu pada awal tahun 1974 masih terlihat dikelilingi oleh belasan makam prajurit Belanda yang gugur menjalankan tugas,  dengan bukti diberinya tanda setiap kepala nisan dengan bentuk salib yang diletakkan topi baja prajurit.

wisata pantai tanjung batu pemangkat kalbar

Dapat anda dilihat juga sebuah tugu monumen yang bentuknya bujur sangkar dengan puncak atas berbentuk limas dengan tulisan 1850 dan badan tugu empat persegi bertuliskan F. Jsorg, Luit Kol Inf. 1850 dan V.Winsheim. Pada masa pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda, Pemangkat adalah Benteng Pertahanan yang strategis dan merupakan tempat pendaratan Balatentara Jepang pertama kali di Kalimantan Barat pada tahun 1942.

Berbicara masa era pemerintahan Hindia-Belanda, ada satu tempat yang sampai saat ini masih ada keberadaannya yakni Makam Jendral Belanda Van Den Bosch di atas Bukit Tanjung Batu Pemangkat. Masyarakat pribumi mengenalnya dengan nama “Obos”, dan di makamnya terdapat tulisan !0/10 th.1850 dan sampai saat ini masih ada keberadaannya cuma kurang terawat.


Fasilitas Tempat Wisata Tangjung Batu

Daerah wisata Tanjung Batu terbagi menjadi 2, yaitu Duyung Permai 1 dan  2. Untuk Duyung Permai 1, terdapat 2 pintu masuk. Pintu masuk pertama khusus untuk tamu hotel, sedangkan pintu masuk kedua itu untuk anda yang ingin berliburan bersama keluarga menikmati keindahan alam, desiran ombak dan hijaunya gunung Tanjung Batu.

Khusus bagi anda yang masuk dengan pintu masuk yang kedua, yang pertama anda lihat adalah 2 meriam dikedua sisi pintu gerbang yang konon katanya sudah berusia puluhan tahun. Di Duyung Permai 1, ketika liburan anda sekeluarga akan dapat menikmati menaiki permainan kincir. Begitu anda berada dipuncak kincir, anda dapat melihat seluruh daerah di Pemangkat.

Di Duyung Permai 2, anda hanya memiliki 1 jalur pintu masuk, disana menawarkan hotel, restoran, pemandangan yang indah dan pemancingan. Disana anda dapat melihat Pantai Sinam, Jawai dan Kalangbau. Apabila sore-sore anda duduk didekat bekas mercusuar, tepat didepan Kalangbau, anda akan dapat menikmati sunset yang begitu indah.


Saat ini di Duyung Permai 2, ditepi laut sudah dibangun gazebo (tempat santai), tentunya sudah dipagari untuk keamanan dan kenyaman pengunjung. Biasanya wisata Tanjung Batu ramai dikunjungi saat hari libur apa lagi saat libur hari raya.

Jika anda mencari tempat untuk berlibur wisata Tanjung Batu bisa di perhitungkan untuk anda kunjungi karena tempatnya yang indah fasilitas dan kemanan juga sudah tersedia. pasti anda akan betah berlama-lama berada di sana bersama teman atau keluarga anda.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tempat berlibur yang menyenangkan dengan panorama alam yang indah dengan pemandangan pantai dan gunung semua itu bisa anda dapatkan di Tangjung batu pemangkat yang merupakan destinasi wisata di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat.

Related Posts