Aneka Makanan Tradisional Yang Dibuat Dari Buah Durian

shares |

Makanan Tradisional, Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya buah durian, Buah durian dengan ciri kulit berduri dan mempunyai rasa manis yang lunak. Dengan aroma khas buah wangi buah durian selain bisa di makan secara langsung buah durian juga bisa di olah menjadi berbagai makanan.

Pohon Durian banyak tumbuh di wilayah Kalimantan terutama di Kalimantan Barat walaupun di daerah lain juga tidak kalah banyak tumbuhan pohon durian, Durian termasuk tanaman musiman yang berbuah setahun sekali, sekali berbuah banyak sehingga timbul ide dari masyarakat terdahulu untuk membuat buah durian bisa di nikmati dalam jangka waktu lama.

 resep masakn dari buah durian olahan dari buah durian, tempoyak, lempok durian

Agar buah durian bisa di simpan dan di nikmati untuk jangka panjang selain di makan secara langsung buah durian bisa di awetkan maupun dibuat makanan olahan yang berbahan dasar buah durian.

Beberapa Makanan Tradisional Yang Dibuat Dari Buah Durian

Pengolahan Buah Durian

Daging buah durian mempunyai tekstur lembut dan rasanya manis bisa di buat sebagai bahan aneka olahan dengan bahan utama buah durian,, pada kesempatan ini akan berbagi 2 olahan makanan dari buah durian secara tradisional. Tujuan pengolahan ini agar tidak terlalu bosan dengan hanya di makan secara langsung. Adapun olahan makanan dari buah durian tersebut diataranya adalah sebagai berikut:

Lempok Durian

Makanan terbuat dari buah durian yang di olah dengan cara tertentu sehingga menjadi makanan yang enak. Lempok durian sama halnya dengan dodol, tapi biasa orang menyebut dodol itu jika terbuat dari tamanan Garut sehingga di sebut dengan dodol garut.meskipun cara pembuatannya kurang lebih hampir sama dengan dodol tapi jika yang dibuat dari buah durian masyarakat kalimantan Barat biasa menyebut olahan buah durian ini dengan sebutan Lempok Durian.

 Olahan Makanan Tradisional dari Buah Durian , lempok durian,kuliner

Sebelum proses pembuatan lempok durian anda harus memisahkan terlebih dahulu danging buah durian dari biji baru kemudian daging buah durian yang sudah dipisahkan dari biji tersebut barulah bisa di olah menjadi lempok durian.

Proses Pembuatan Lempok Durian

Untuk Pembuatan lempok durian diperlukan atau di tambahkan gula pasir secukupnya dan di tambah sedikit garam. Setelah bahan sudah dipersiapkan kemudian dicampur menjadi satu dan dimasak dalam kuali, selama memasakan daging durian tadi dalam kuali jangan lupa slalu di aduk terus menerus agar bahan tadi tercampur merata dan menjadi seperti dodol.

Untuk memasak durian menjadi lempok biasanya menghabiskan waktu 3 sampai 4 jam dan tanpa berhenti di aduk. Langkah selanjutnya setelah selesai angkat dan dinginkan lempok tersebut setelah dingin dan mengeras baru bisa dibungkus untuk di simpan atau bisa langsung di makan.

Tempoyak Durian

Tempoyak merupakan hasil dari permentasi dari daging buah durian. Sebelum dibuat tempoyak terlebih dahulu daging buah durian harus sudah dipisahkan dari bijinya. Cara membuat tempoyak dari durian ini sebetulnya cukup mudah yang perlu anda siapkan hanya garam. Selanjutnya daging buah durian tersebut campur dengan garam secukupnya jangan terlalu asin agar rasa manis buah duriannya tidak hilang dan aduk sampai rata.

 Olahan Makanan Tradisional dari Buah Durian , tempoyak durian

Selanjutnya agar terjadi permentasi dari daging durian tersebut perlu dissimpan di tempat yang bersih dan bisa di tutup seperti toples, masukan ketoples dan tutup hingga rapat, biarkan sampai 3 atau empat hari untuk proses agar menjadi tempoyak.

pembuatan tempoyak seperti diatas bertujuan agar daging durian bisa awet dan bisa disimpan dalam jangka waktu lama. cara ini merupakan cara tradisional untuk mengawetkan buah durian yang banyak dilakukan oleh orang zaman dahulu sebelum banyak teknologi, meskipun sekarang masih banyak yang membuatnya karena mempunyai rasa yang khas dan nikmat. Untuk mnikmati tempoyak anda bisa memasaknya untuk campuran memasak ikan, atau kalau yang suka sambal bisa juga di olah menjadi sambal dengan menambahkan bumbu dan cabe.
Jika di daerah sobat ada olahan tradisional dengan bahan utamanya durian bisa juga share disini dengan cara berkomentar di kolom komentar. jangan lupa sebutkan nama olahan duriannya dan dari mana asal olahan tersebut, supaya bisa saling berbagi informasi tentang olahan khas durian berdasarkan asal daerahnya masing-masing.

Related Posts