Riam Madi Tempat Rekreasi Murah di Bengkayang Kalbar

shares |

Riam Madi Tempat Rekreasi Murah di Bengkayan- Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat,yang daerahnya terletak di bagian utara Kalimantan Barat. Bengkayang Merupakan ibukota Kabupaten Bengkayang.

Sebelumnya Kabupaten bengkayang merupakan hasil dari pemekaran Kabupaten Sambas yang karena adanya Undang-undang Otonomi Daerah dimekarkan menjadi 3 daerah otonom yang terpisah, yaitu Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang. Terletak. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia.

Riam Madi Tempat Rekreasi Murah di Bengkayang Kalbar

Di Kalimantan Barat terkenal dengan sungainya, begitu juga di Kabupaten Bengkayang banyak sungai mengalir, kelebihan sungai di Kabupaten bengkayang memiliki air yang sangat jernih dan bebatuan yang Indah.

ini merupakan potensi wisata meskipun di sini tidak seterkenal tempat wisata di jogja atau tempat wisata Bali namun wisata yang telah tersedia di Alam memiliki pemandangan yang masih alami. tempat wisata alam di Bengkayang salah satunya adalah Riam Madi.

Riam Madi ini sebenarnya merupakan sumber mata air sangat penting bagi kabupaten Bengkayang, karena Riam madi tempat berupa sungai yang banyak bebatuan dan mempunyai air sangat jernih, bersih dan di manfaatkan oleh PDAM Bengkayang untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

Dengan membendung sungai yang ada maka kebutuhan air bersih masyarakat Bengkayang terpenuhi dengan kualitas yang baik di banding dengan daerah lain. Selain Riam madi di manfaatkan sebagai kebuthan air bersih yang dikelola oleh PDAM, sungai ini atau biasa disebut riam madi begitu orang menyebutnya.

Cerita Legenda Riam Madi Bengkayang

Tempat ini banyak di manfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai obyek wisata atau bisa di bilang tempat liburan murah untuk mengisi liburan di akhir pekan. Banyak hal bisa dilakukan di Riam Madi seperti menyusuri sungai yang banyak bebatuan dengan udara segar dan keadaan alamnya yang banyak pepohonan membuat tempat ini teduh. 

Banyak juga mengisi liburan di tempat ini hanya untuk sekedar mandi bersama sahabat atau berkumpul bersama keluarga untuk rekreasi dan menikmati makanan di alam terbuka. Alam yang asri dan air mengalir jernih riam madi merupakan tempat wisata murah meriah yang bisa dijadikan wisata alternatif menyenangkan. 

Pengunjung di riam madi terutama pada hari libur (Minggu), bertujuan untuk mandi bersama teman-teman selain anda bisa menikmati pemandangan alam yang sejuk membuat anda betah berlama-lama mandi di sana. 

Banyak tempat yang bisa di jadikan untuk bersantai maupun mandi. untuk anda yang ingin mandi di tempat yang rindang diantara pepohonan hutan bisa menuju kearah atas sungai dengan berjalan kaki menyusuri tepian bertebing pinggir sungai.

Lokasi Wisata Riam Madi

Riam Madi merukan salah satu tempat yang bisa di jadikan objek wisata bagi masyarakat Bengkayang dan sekitarnya dan juga bisa dari luar Kabupaten Bengkayang. Lokasi Riam madi terletak di Desa Madi Kecamatan Lumar sekitar 25 kilo meter dari ibu Kota Kabupaten Bengkayang.

Untuk mencapainya Riam madi bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah sampai mata anda akan di manjakan dengan pemandangan air yang jernih dan gemuruh air yang mengalir deras di antara batu-batu sungai.

Cerita Legenda Riam Madi Bengkayang 

Cerita legenda yang ada di Riam Madi adalah Legenda Batu Timah yang menyimpan kisah peradaban leluhur Suku Dayak Lara, hingga saat ini situs tersebut masih kerap dikunjungi masyarakat untuk melakukan ritual adat.

Keunggulan Riam Madi

Objek wisata yang terletak di Kecamatan Lumar ini menjadi sumber utama air bersih masyarakat di Kabupaten Bengkayang, sungai batu dengan aliran air deras bersumber dari Gunungan Sekayuk ini sangat tepat untuk wisata penjelajahan alam dan sangat ideal dipergunakan sebagai lokasi olahraga arung jeram serta memiliki aksesbilitas jalan yang sangat baik dan mudah dijangkau pengunjung.

Related Posts