4 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Perlu Anda Tahu

shares |

Tempat Wisata di Kalimantan Selatan- Kalimantan Selatan yang merukan salah satu propinsi yang ada di Indonesia terletak di Pulau Kalimantan (west borneo), seperti daerah /propinsi lainnya yang ada di Indonesia Kalimantan selatan Juga ada tempat-tempat wisata yang indah.

Jika anda sedang melakukan perjalanan/travelin ke propinsi Kalimantan selatan kurang afdol rasanya kalau belum mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kota tersebut.

4 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Perlu Anda Tahu

Ada beberapa wisata tempat wisata yang ada di Kalimantan Selatan bisa anda jadikan referensi jika sedang berkunjung di Propinsi Kalimantan Selatan diantaranya adalah:

1. Air Terjun Bajuin (Tanah Laut)

 Air Terjun Bajuin (Tanah Laut)

Jika Anda ingin melihat keindahan air terjun yang dimiliki Kalimantan Selatan, datanglah ke kabupaten Tanah Laut, tepatnya di kota Pelaihari. Di sini, Anda bisa menjumpai air terjun indah yang sangat megah dengan tiga bagian yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda.

Anda bisa menempuh perjalanan untuk sampai ke air terjun yang paling tinggi, namun medannya yang cukup sulit akan mengharuskan Anda memiliki pengalaman serta skill trekking yang baik. Air yang mengalir dari air terjun ini sangat sejuk dan jernih, sehingga sayang jika Anda tidak menjamah air terjun ini.

Selain itu, hiasan bebatuan besar semakin menambah cantik pemandangan Air Terjun Bajuin. Jadi perjalanan yang melelahkan bisa tergantikan atau hilang seketika ketika anda menikmati kesejukan dengan siraman embun air terjun.

2. Desa Haratai (Hulu Sungai Selatan)

Desa Haratai (Hulu Sungai Selatan)

Jika Anda ingin mendalami tentang budaya yang ada di Kalimantan Selatan, akan sangat cocok untuk Anda mengunjungi desa wisata ini. Desa Haratai merupakan sebuah desa yang dihuni oleh warga suku Dayak Meratus dan dapat dikunjungi wisatawan yang tertarik dengan budaya suku Dayak.

Selain itu, ada juga penduduk berdarah suku Banjar yang mendiami tempat ini. Desa Haratai adalah salah satu gambaran tentang kerukunan bermasyarakat antar agama dan suku di pedalaman Kalimantan, terlihat dari beberapa rumah ibadah masing-masing agama yang masih berdiri kokoh di sana hingga sekarang.

Selain mendalami budaya, Anda juga dapat menantang adrenalin Anda di sini dengan bamboo rafting (mengarungi sungai dengan perahu bambu), berkemah, hiking serta trekking.

3. Pasar Terapung (Muara Kuin)

Pasar Terapung (Muara Kuin)

Pasar Terapung Muara Kuin merupakan salah satu bentuk pola interaksi  jual-beli masyarakat yang hidup di atas air. Para pedagang dan pembeli malakukan  aktivitas jual-beli di atas Jukung, sebutan perahu dalam bahasa Banjar.

Pasar ini dimulai setelah shalat Subuh dan akan berakhir ketika matahari  telah beranjak naik atau sekitar jam 09:00 Wita. Apabila lewat dari jam tersebut, maka sudah dapat dipastikan bahwa pasar bakal sepi, karena para pedagang akan berpencar, menyusuri sungai-sungai kecil,  untuk menjual barang dagangnya ke penduduk yang rumahnya berada  di bantaran sungai.

Pasar terapung ini sudah ada lebih dari 400 tahun lalu, dan merupakan  sebuah bukti aktivitas jual-beli manusia yang hidup di atas air. Seperti halnya pasar-pasar yang ada di daratan, di atas pasar terapung ini  juga dilakukan jual beli barang seperti sayur-mayur,  buah-buahan, segala jenis ikan dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.

Pembelian dari tangan pertama disebut dukuh, sedangkan tangan kedua  yang membeli dari para dukuh untuk dijual kembali disebut panyambangan.  Di pasar ini, pengunjung dapat menyaksikan transaksi jual-beli yang dilakukan  secara tradisional, yaitu dengan cara barter antar para pedagang berperahu,  yang dalam bahasa Banjar disebut bapanduk.

4. Pulau Kembang

Pulau Kembang

Bagi pendatang ke Banjarmasin rasanya kurang lengkap kalau tidak mengunjungi Pulau Kembang di tengah Sungai Barito pinggiran Kota, dimana terdapat sekitar dua ribu ekor kera jinak. Untuk mencapai pulau kembang yang merupakan delta tersebut cukup gampang, dengan naik klotok sekitar setengah jam dari kota sudah sampai ke tujuan.

Disana pengunjung bisa bercanda dengan kera jinak atau kera abu-abu di lokasi ini. Pihak pengunjung tak usah takut karena kera tersebut tidak akan menyerang pengunjung, asal pengunjung tidak menggangunya cukup dengan memberikan makanan, berupa kacang tanah, pisang , atau buah-buahan lainnya. Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Asyik di Jadikan Tujuan Traveling.

Itulah tadi 4 tempat wisata di Kalimantan Selatan yang perlu anda kunjungi saat melakukan perjalanan di propinsi Kalimantan selatan, jadi perjalanan anda menjadi lebih menyenangkan jika menikmati pemandangan alamnya tidak hanya melihat pemandangan perkotaan yang penuh kebisingan.

Related Posts