5 Wisata Pantai di Bangka Belitung Paling Menarik

shares |

Wisata Pantai di Bangka Belitung- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil lainnya dengan ibu kota di Pangkalpinang. Bangka Belitung merupakan daerah yang terkenal memiliki banyak pulau/kepulauan oleh sebab itu propinsi ini banyak menyimpan keindahan pantai yang sangat menajubkan sebagai tujuan wisata.

Pulau Bangka sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Pada umumnya pantai di Bangka berpasir putih dan halus namun ada juga yang berwarna kuning keemasan seperti bulir padi. Pantainya landai dengan ombak lumayan besar dan dikelilingi oleh batu vulkanik yang unik dan indah.

Wisata Pantai di Bangka Belitung tempat wisata pantai di bangka belitung objek wisata pantai di bangka belitung wisata pantai bangka belitung paket wisata pantai bangka belitung obyek wisata pantai di bangka belitung objek wisata pantai bangka belitung wisata pantai di bangka belitung

Beberapa wisata pantai yang terkenal di Pulau Bangka bisa anda kunjungi saat liburan bersama keluarga diantaranya adalah:

Wisata Pantai di Bangka Belitung

1. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Pantai parai tenggiri Berjarak sekitar 40 km dari ibukota Provinsi Bangka Belitung, tepatnya di Pangkalpinang, Pantai Parai Tenggiri adalah pantai paling menarik dan terindah di Bangka Belitung dengan karakter ombak yang lembut dan permukaan yang landai dan airnya yang jernih.

Pantai yang berada di Bangka belitung ini memiliki panorama yang eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas. Seperti pantai Bangka Belitung lainnya, pantai Parai Tenggiri juga memiliki bebatuan granit yang berukuran besar dalam aneka bentuk yang unik dan berjumlah banyak menambah keindahan pantainya.

Panorama pantai yang indah dapat Anda saksikan tatkala menaiki bebatuan granit tersebut, menyuguhkan Anda keindahan Laut Cina Selatan yang teduh. Ada banyak kegiatan wisata menarik yang dapat dilakukan wisatawan, di antaranya banana boat, parasailing, hingga snorkel di Parai Tenggiri.

Selain itu, jika Anda suka memancing di pantai ini, tersedia penyewaan perahu pancing yang lengkap dengan peralatannya. Salah satu tempat wisata di Bangka Belitung ini juga dilengkapi dengan fasilitas akomodasi yang lengkap, tersedia hotel hingga ressort yang dapat Anda tempati serta fasilitas permainan air.

2. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk merupakan salah satu pantai indah dari berbagai tempat wisata yang ada di Bangka Belitung yang menawan. Pantai Penyusuk terletak di Bangka bagian utara, memiliki panorama pantai yang indah. Anda akan menjumpai tumpukan batu granit yang seolah membentuk sebuah ceruk di pantai ini.

Ditambah lagi dengan pepohanan hijau yang tumbuh di pesisir pantai serta keberadaan empat buah pulau yang berjajar indah. Salah satu destinasi wisata Bangka Belitung yang juga populer di kalangan masyarakat Bangka Belitung ini memiliki ombak laut yang tenang.

Oleh karenanya, sehingga bisa untuk berenang dan bermain air laut. di pantai penyusuk berenang adalah kegiatan paling favorit yang dilakukan banyak orang yang sedang berwisata di pantai tersebut.

3. Pantai Tikus

Pantai Tikus

Pantai Tikus Sungailiat Bangka ini merupakan salah satu pantai yang panjang jika dibandingkan dengan pantai - pantai yang ada di sungai liat Bangka. Karena pantai ini begitu panjang, terkadang masyarakat sekitar menyebut bagian-bagian dari pantai tikus bangka ini dengan sebuah penanda khusus tersendiri seperti pohon mangga, pohon akasia, pantai cinta, pantai vihara dan lain sebagainya.

Asal mula di sebut dengan nama pantai Tikus karena pantai ini mempunyai banyak sekali jalan setapak atau jalan tikus. Menurut kisahnya, dahulunya jalan ini di buat oleh pencari timah secara gelap untuk jalan membawa timah ke sisi pantai.

Pantai ini letaknya ada di sebelah timur kota sungai liat dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit jika Anda dari pusat kota dan sekitar 45 menit jika Anda dari kota pangkal-pinang ibukota dari Bangka Belitung. Pantai tikus ini lokasinya dekat dengan pantai rebuk, dan kedua pantai ini diapit oleh banyaknya pohon mangga yang juga biasa disebut dengan nama pantai kebun mangga.

Di sebut dengan nama pantai kebun mangga karena memang disini terdapat perkebunan mangga. di bagian kebun mangga sisi dari pantainya adalah tebing berbatu, akan tetapi mempunyai pemandangan yang cantik sekali untuk anda nikmati.

4. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang Terletak sekitar 27 km dari pusat kota Tanjung pandan di Bangka Belitung, Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung yang populer di kalangan wisatawan domestik dan internasional. Secara berkala, ratusan perahu yacht dari berbagai negara akan singgah di pantai Bangka Belitung yang satu ini dalam event Sail Indonesia.

Bebatuan yang menawan dengan salah satu formasi batu yang membentuk kepala burung, serta hamparan pasir putih yang bersih adalah pesona keindahan dari panorama pantai yang populer dikunjungi masyarakat Belitung sejak dulu.

5. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona

Tempat wisata Pantai Tanjung Pesona adalah salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Pulau Bangka. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk dapat sampai di pantai ini dari kota Sungai liat atau 45 menit dari Pangkal pinang.

Pantai yang terletak di Desa Rambak, Sungailiat ini memiliki banyak wahana permainan yang memikat. Ini akan sangat menyenangkan bagi anak-anak, oleh karena itu destinasi ini adalah salah satu wisata keluarga yang favorit di Bangka.

Selain itu, berbagai permainan dan olahraga air juga turut menambah daya tarik tempat wisata di Pulau Bangka ini. Anda dapat bermain kano, banana boat, jetski, berenang, bermain pasir, hingga memancing. Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Kota Pangkalpinang Bangka Belitung Yang Terkenal.

Cukup dengan menyewa speedboat dan peralatan memancing yang telah disediakan, Anda tinggal melaju ke tengah laut untuk mengisi liburan Anda dengan memancing. Itulah 5 tempat wisata pantai di bangka belitung paling menarik dan banyak di kunjungi oleh masyarakat sekitar maupun dari luar kota yang datang untuk berlibur.

Related Posts