Taman Wisata Alam Gunung Meja, Manokwari Papua Barat

shares |

Taman Wisata Alam Gunung Meja- Papua Barat adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Ibukotanya adalah Manokwari. Nama provinsi ini sebelumnya adalah Irian Jaya Barat yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999.

Banyak hal menarik yang bisa Anda lihat di Papua Barat. Mulai dari wisata bahari di Kabupaten Raja Ampat yang sudah sangat mendunia, situs purbakala Tapurarang di Kabupaten Fakfak, Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Kabupaten Teluk Wondama dan lain-lain.

Taman Wisata Alam Gunung Meja, Manokwari Papua Barat

Ada dua tempat wisata alam yang sangat cocok untuk di kunjungi bagi pecinta wisata dengan nuansa alam. Papua Barat dengan ibu Kota Propinsi Manokwari dengan segudang tempat wisata tapi pada artikel kali ini traveluxion akan mengenalkan 2 tempat wisata papua barat yang sudah terkenal, tempat wisata tersebut bisa anda baca di bawah ini:

1. Taman Wisata Alam Gunung Meja, Manokwari

Taman Wisata Alam Gunung Meja, Manokwari

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja ini terletak di pusat kota Manokwari Papua Barat. Taman Wisata Alam ini memiliki fungsi utama untuk obyek wisata dan rekreasi alam, perlindungan sistem penyangga kehidupan dan pengembangan keragaman jenis tumbuhan, satwa dan keunikan  yang tersedia di alam. Di tempat ini Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan diantaranya seperti melakuakan trekking, hiking dan kegiatan lainnya. 


Jika anda berwisata di Taman Wisata Alam Mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan flora hutan tropis yang sangat beragam dan memiliki keindahan sangat menajubkan. Tempat ini dipercaya memiliki ratusan jenis pohon, puluhan jenis perdu, semak, liana dan paku serta tanaman herbal. Selain itu, belasan jenis anggrek dan beberapa jenis palem dan rotan juga hidup di taman wisata alam ini.

Untuk menuju tempat Taman Wisata Alam Manokwari papua barat, Anda bisa menggunakan jasa ojek dari pusat kota Manokwari dengan biaya Rp10.000 -Rp15.000. Perjalanan menuju tempat ini pun cukup memanjakan mata karena Anda bisa melihat Kota Manokwari dan Teluk Doreri yang menyembul di sela-sela pepohonan.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Selain Keindahan Tempat Wisata Kepulauan Raja Ampat Yang Sudah Mendunia, Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Teluk Wondama sudah sangat mendunia di kalangan pecinta alam bawah laut, khususnya pecinta kegiatan diving.

Tempat ini adalah taman nasional laut yang terluas di Indonesia yang 89,8% wilayahnya merupakan wilayah perairan lautan. Tercatat ada sekitar 209 jenis ikan yang menghuni kawasan ini. Diantaranya adalah butterflyfish, angelfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish, dan anemonefish.

Selain itu, terdapat empat jenis penyu yang sering mendarat di taman nasional ini yaitu penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang dan penyu belimbing. Bahkan duyung (dugong), paus biru, ketam kelapa, lumba-lumba dan hiu pun sering sekali terlihat di perairan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

Selain wisata bahari, di tempat ini juga terdapat goa alam yang merupakan peninggalan zaman purba, sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam di Pulau Misowaar, goa dalam air di Tanjung Mangguar.

Sejumlah peninggalan dari abad 18 masih bisa dijumpai pada beberapa tempat seperti di Wendesi, Wasior dan Yomber. Umat Kristiani banyak yang berkunjung ke gereja di desa Yende (Pulau Roon), hanya untuk melihat kitab suci terbitan tahun 1898.

Ada 2 akses untuk mencapai tempat ini, yaitu dari Manokwari atau Nabire. Dari Manokwari ke lokasi taman nasional (Pulau Rumberpon), Anda bisa menggunakan longboat dengan waktu tempuh sekitar 5,5 jam. Atau dari Manokwari ke kota kecamatan Ransiki dengan mobil sekitar tiga jam dan dilanjutkan dengan motorboat sekitar 2,5 jam.
Akses Transportasi

Di wilayah Provinsi Papua Barat, bandara yang paling besar adalah Bandar Udara Dominique Edward Osok yang terletak di Sorong. Selain itu juga, ada juga Bandara di Fak fak, Bandar Udara Rendani di Manokwari dan Bandar Udara Utarom di Kaimana.

Penerbangan utama ke area Papua Barat dari Jakarta, Surabaya dan Makassar biasanya melalui bandara di Sorong atau pun Biak, baru dilanjutkan lagi dengan pesawat yang lebih kecil.

Related Posts