12 Tempat Wisata Banda Aceh Yang Paling Populer

shares |

Tempat  Wisata Banda Aceh - Aceh /Banda Aceh adalah sebuah Provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatra, sebelumnya provinsi ini disebut dengan nama Nanggroe Aceh Darussalam. Aceh ini provinsi yang memiliki otonomi khusus untuk mengatur aturan tersendiri dibanding provinsi lainnya di Indonesia, karena alasan sejarah. Di sebelah utara, Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala, Samudra Hindia di sebelah barat, Sumatra Utara di sebelah tenggara dan juga selatan, Selat Malaka di sebelah timur.

Selepas musibah tsunami di Aceh tanggal 26 Desember 2004, derap jantung kota ini sempat terhenti. Namun seiring dengan pulihnya kegiatan ekonomi dan masyarakatnya, kehidupan masyarakat pun ikut kembali pulih. Provinsi Aceh inipun kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan baik. Banyak daerah wisata yang menyuguhkan ragam obyek wisata yang tak kalah menarik dari kota-kota lain yang ada di Indonesia.

Tempat  Wisata Banda Aceh tempat wisata banda aceh tempat wisata banda aceh 2016 objek wisata banda aceh tempat wisata d banda aceh tempat wisata kuliner banda aceh tempat wisata di banda aceh dan sabang tempat wisata di kota banda aceh foto tempat wisata banda aceh

Berikut ini daftar info tempat wisata di Aceh yang pupuler di kalangan traveler yang akan di share dengan anda sebagai pecinta traveling.

Tempat  Wisata Banda Aceh yang Populer 

1. Museum Tsunami

Museum Tsunami

Tsunami yang pernah melanda beberapa daerah di Aceh pada tahun 2004 menyisakan duka mendalam bagi penduduk Aceh. Untuk mengenang sekaligus menghormati korban meninggal yang terkena musibah Tsunami, dibangunlah sebuah Museum Tsunami di Jalan Sultan Iskandar Muda di tahun 2009.

Di dalam museum, terdapat lorong panjang dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air yang akan mengingatkan Anda pada bencana besar tersebut. Tempat wisata di Aceh ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat apa saja yang tersisa dari gelombang tsunami. Banyak benda-benda sisa bencana yang dipajang seperti sepeda milik korban.

Selain benda sisa tsunami, ada foto korban meninggal dan cerita kesaksian korban selamat juga alat simulasi elektronik gempa bumi. Museum ini dibangun sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan jika tsunami datang kembali. Museum buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai 10:00 sampai 17:00.

2.  Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi

Kuala Merisi merupakan tempat yang cocok untuk menikmati pantai dengan suasana yang sepi dan tenang. Tempat wisata di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak kecil yang cocok untuk bermain air di tepian untuk anda berlibur bersama sahabat dan keluarga. 

Duduk santai di di tepian pantai Anda dan nikmati deburan ombak dan hembusan angin pantainya. Tak jarang tempat wisata di Aceh ini dijadikan lokasi berselancar karena ombaknya yang cocok untuk olahraga air ini.Namun tidak setiap saat gelombang besar jadi harus mencari hari yang pas untuk bisa menemui gelombang yang agak besar untuk berselancar.

3. Pantan Terong

Pantan Terong pantan terong aceh pantan terong takengon pantan terong aceh tengah sejarah pantan terong gunung pantan terong bukit pantan terong

Pantan terong merupakan bukit yang biasa digunakan untuk melihat keindahan Aceh Tengah dari atas. anda akan merasakan keindahan pemandangan yang luas kota aceh yang begitu luas hamparan. Tempat wisata ini berada di ketinggian 1830 meter di atas permukaan laut. dengan tingginya dari perkukaan laut untuk pergi tempat ini Jangan lupa membawa jaket dan baju hangat karena udaranya cukup dingin.

Dari wisata Pantan Terong Anda bisa melihat Danau Laut Tawar yang meyerupai sebuah kuali raksasa. Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat cantik sekali. jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan kunjungan wisata di pantan terong.

4. Pantai Iboih

Pantai Iboih pantai iboih pulau weh pantai iboih aceh pantai iboih sabang aceh pantai iboih di sabang pantai iboih surga tersembunyi

Pantai Iboih adalah salah satu pantai tercantik di aceh. Pantai dengan hamparan pasir putih dan laut yang begitu jernih berwarna hijau toska atau biru cerah, ditambah dengan suasananya yang tenang akan menyempurnakan liburan anda. Pantai Iboih menawarkan keindahan bawah laut yang dapat anda nikmati tanpa harus berenang sekalipun. 

Di pantai Lboih anda bisa melakukan kegiatan snorkeling dan diving untuk menikmati pemandangan bawah laut, anda akan terpesona dengan airnya yang bening Jika anda belum puas bermain di dalam air, anda masih bisa menghabiskan waktu berpiknik di tepian pantai, di bawah nyiur yang begitu menyejukkan atau berjemur di bawah cahaya mentari dengan terpaan angin pantai yang menyegarkan.

5. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam air terjun blang kolam air terjun blang kolam lhokseumawe sejarah air terjun blang kolam lokasi air terjun blang kolam

Tempat wisata alam air terjun blang kolam sayang, jika anda lewatkan saat melakukan trveling di propinsi Aceh. Karena di sini, anda bisa melihat air terjun kembar setinggi 75 meter dan dikelilingi sejumlah pepohonan yang rindang. Di air terjun blang kolam banyak orang yang bermain air di sekitar air terjun, seperti mandi di kolam tampungan air terjun, atau hanya sekedar bersantai di tepiannya saja.

Air Terjun Blang Kolam ini terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara, bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang 30 menit dari Lhokseumawe.  Di Air Terjun Blang Kolam, anda juga bisa berkemah dan menikmati alam bebas hanya dengan tarif Rp 5.000 per orang.

Baca Juga: Destinasi Wisata Aceh Selatan Yang Memikat Pengunjung

6. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga pantai lhoknga di banda aceh pantai lhoknga aceh besar pantai lhoknga di aceh pantai lhoknga banda aceh

Lokasi Pantai Lhoknga tak jauh dari Pantai Lampuuk, berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Pantai Lhoknga memiliki pasir yang luas dan landai, cocok anda gunakan untuk berjemur atau bermain voli pantai. Di sini juga terdapat pepohonan yang rindang untuk tempat untuk bersantai. dengan gelombang yang agak besar anda bisa mencoba berselancar di sini.

Karena Pantai Lhoknga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar dengan ketinggian 1,5 - 2 meter jadi anda bisa menikmati liburan dengan kegiatan menyenangkan

7. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar danau laut tawar takengon danau laut tawar aceh tengah danau laut tawar terdapat di provinsi danau laut tawar

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan yang berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Di sebelah barat danau ini terdapat kota Takengon yang merupakan ibukota dari kabupaten Aceh Tengah. Suku yang mendiami daerah tersebut adalah Suku Gayo. Menyebut danau ini dengan sebutan Danau Laut Tawar. 

Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar, panjang 17 km, dan lebar 3.219 km. Disebut Danau Laut Tawar karena wilayah perairan danau ini sangat luas, dan air yang ada di danau ini juga merupakan air tawar jadi anda akan melihat keindahan dan keunikan yang ada di danau laut tawar yang lain dengan danau di tempat lain.

8. Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom air terjun suhom di aceh air terjun suhom aceh air terjun suhom lhoong wisata air terjun suhom lokasi air terjun suhom

Untuk bisa mencapai kawasan tempat wisata ini, anda harus melewati jalan yang naik turun dengan pemandangan pegunungan Paro dan Kulu. Di tengah perjalanan anda akan menjumpai banyak monyet yang berkeliaran. Biasanya monyet-monyet ini meminta buah-buahan dan makanan ringan para pengguna jalan yang sedang lewat.

Air Terjun ini terletak di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong. Air terjun ini memiliki tinggi lebih kurang 50 meter dan dibagi menjadi dua tingkat. Namun pengunjung tidak diperbolehkan naik ke tingkat dua dan tiga dengan alasan demi keselamatan, karena adanya pembangkit listrik yang bertegangan tinggi.

9. Gunung Seulawah Agam

gunung seulawah agam kabar gunung seulawah agam letak gunung seulawah agam sejarah letusan gunung seulawah agam gunung merapi seulawah agam tinggi gunung seulawah agam

Gunung Seulawah dapat mengacu pada dua obyek wisata di Aceh Besar, yaitu Gunung Seulawah Agam dan Gunung Seulawah Inong. Gunung Seulawah Agam merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Aceh .

Gunung ini terletak di Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar. Tingginya 1800 meter dan memiliki sebuah kawah yang dinamakan Kawah Heutsz. Suhu udara di kawasan ini adalah antara 18 – 21 derajat Celcius. 

Tidak terlalu sulit untuk mendaki Gunung Seulawah Agam. Kemiringannya yang paling menantang gunung seulawah agam adalah 70 derajat dengan jarak sejauh 500 meter. Setelah itu, para pendaki akan dihadapkan pada kemiringan 50 derajat. Cukup landai dan tidak sulit untuk dilalui. Di Gunung Seulawah Agam, selain udaranya sejuk dan bersih, Anda juga dapat berjumpa dengan berbagai flora dan fauna. 

Sebut saja harimau, beruang, rusa, babi hutan, landak, dan gajah. Ada juga pohon meranti, pohon cemara, pohon urip, pohon deriam, dan pohon beramah. dengan keindahan dan dan suasanya yang tenang membuat setiap pengunjung betah di tempat ini.

Baca Juga: Tempat Wisata Napak Tilas Sejarah di Aceh

10. Pusat Latihan Gajah Saree

Pusat Latihan Gajah pusat latihan gajah saree pusat latihan gajah minas pusat latihan gajah riau pusat latihan gajah seblat

Bagi Anda yang belum tahu, Aceh memilik populasi gajah yang cukup tinggi. Bahkan masyarakat Aceh memberikan gelar khusus untuk gajah, yaitu Teungku Rayeuk. Pada masa Kerajaan Aceh dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda, Aceh memiliki sekitar 40.000 ekor pasukan gajah yang terlatih. Zaman dulu gajah dijadikan pasukan militer, maka gini gajah dilatih untuk kepentingan lain. 

Salah satunya adalah untuk menghalau gajah liar yang bisa membahayakan penduduk di sekitar hutan. Gajah-gajah itu dilatih Pusat Latihan Gajah Saree. Pusat Latihan Gajah Saree berada di Kabupaten Aceh Besar. Di sana, gajah-gajah dilatih agar menjadi penurut. Bukan hanya penurut, gajah-gajah ini juga dilatih untuk bermain sepak bola. Anda bisa mencoba untuk naik gajah berkeliling sekitar lokasi.

11. Air Terjun Peukan Biluy

Peukan Biluy  air terjun peukan biluy kode pos peukan biluy

Tempat wisata air terjun Pekan Biluy ternyata masih meninggalkan sisa-sisa kejayaannya. Sebuah bekas bangunan kafe kayu masih berdiri rongsokannya, juga ada 2 tempat duduk beton memanjang disitu.

Untuk melihat langsung posisi air terjun pengunjung harus menaiki anak tangga sebanyak 172 buah dengan kemiringan rata-rata 45 derajat Pasca bencana tsunami 24 Desember 2004 silam,jalan menuju air terjun Peukan Biluy rusak parah bahkan perbukitan tersebut banyak yang telah hilang namun sudah diperbaiki.

Air Terjun Peukan Biluy adalah Objek Wisata Air Terjun yang merupakan salah satu obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Aceh Besar tepatnya di Desa Biluy, Kecamatan Darul Kamal, dan juga merupakan tempat rekreasi bagi penduduk setempat. 

12. Cagar Alam Jantho

Cagar Alam Jantho cagar alam pinus jantho cagar alam hutan pinus janthoi cagar alam hutan pinus janthoi aceh besar cagar alam hutan pinus janthoi aceh cagar alam hutan pinus jantho

Kawasan Cagar Alam Jantho menjadi kawasan lindung bagi pemerintah daerah Nangroe Aceh Darussalam. Berbagai Flora dan Fauna hidup dalam cagar alam ini. Waktu kunjungan terbaik pada bulan April s/d Agustus (Musim Kemarau) untuk menikmati pemandangan/panorama yang indah.

Jenis Flora yang bisa didapati diantaranya hutan Pinus, Mampre, Jambu air, Gleum, Bremen, Sampang, Ara, Damar, Medang, Kayu hitam, Beringin, Meranti, Kandis, Rambutan hutan, Tampu, Ketapang, Medang ara, Lukup, Tampang, Lawang, Semiran, Anang, Jenarai, Kerakau, Rengen, Merbau.

Sementara keanekaragaman fauna yang bisa dijumpai seperti siamang, Owa, Macan dahan, Kucing Hutan, Rusa, Kijang, Kancil, Napu, Gajah, Kambing Hutan, Beruang, Trenggiling, Kukang, Kuao. Dari Banda Aceh (Ibukota Propinsi NAD) berjarak sekitar 50 Km. Dari Kota Jantho (Ibukota Kabupaten Aceh Besar) ke Kawasan Cagar Alam sekitar 9 km. kita dapat kesana Menggunakan kendaraan pribadi ataupun sarana transportasi umum.

Masih banyak tempat wisata di Aceh yang belum di sebutkan pada artikel ini, Jangan lupa juga untuk Menikmati 10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer, mungkin lain waktu akan di gali lebih banyak lagi yang sudah terkenal maupun yang baru mau di kenalkan ke masyarakat Indonesia, tidak menutup kemungkinan bisa sampai mancanegara. Semoga dengan 12 Tempat Wisata Banda Aceh Yang Paling Populer bisa makin cinta kita terhadap negara Indonesia tercinta.

Related Posts