Keunikan Air Terjun Moramo Menjadi Daya Pikat Bagi Wisatawan

shares |

Air Terjun Moramo di Peropa- Air Terjun Moramo terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara Indonesia. Air terjun ini memiliki pemandangan yang indah, aliran bertingkat dengan ketinggian sekitar 100 meter. Dari ketinggian tersebut, air mengalir melewati tujuh tingkatan utama dan nampak sangat eksotis. 

Di samping 7 tingkatan utama tersebut, terdapat juga 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air (semacam kolam air), akan tetapi hanya ada satu kolam yang dapat dimanfaatkan untuk berenang, yaitu kolam yang terletak di tingkat kedua dari 7 tingkatan utama air terjun tersebut.

 Air Terjun Moramo air terjun moramo air terjun moramo di kabupaten konawe timur air terjun moramo – sulawesi tenggara

Hampir serupa seperti air terjun bertingkat pada umumnya, Air Terjun Moramo memiliki tujuh tingkatan. Namun, Air Terjun Moramo ini memiliki keunikan yang khas daerah batuan kapur, yang merupakan tempat air mengalir dengan bebas. Dengan batuan kapur yang mengelilinginya para wisatawan tidak perlu takut untuk memanjatnya karena dinding-dindingnya tidak licin untuk dipanjat.

Daya Pikat Air Terjun Maramo

Daya pikat yang tidak kalah menariknya dari air terjun ini adalah pemandangan bebatuan yang membentuk tingkatan seperti tangga yang di aliri air. Namun anehnya meskipun bebatuan yang membentuk tingkatan dialiri air secara terus menerus tidak membuat batu yang ada menjadi licin.

 air terjun moramo di sulawesi tenggara air terjun moramo wikipedia air terjun moramo sultra air terjun moramo di sulawesi misteri air terjun moramo

Sehingga dengan begitu banyak para wisatawan yang berkunjung ke lokasi air terjun moramo ini memanfaatkannya untuk mendaki sampai ke puncak. Kegiatan ini menjadi daya tarik tersendiri, selain keindahannya  akan mamacu jiwa adrenalin anda sebagai petualang.

Pesona dan menjadi daya tarik yang menakjubkan saat anda melihat bebatuan tersebut tersentuh oleh sinar mentari yang akan memancarkan kilauan warna-warni yang didominasi oleh warna hijau yang begitu eksotis. Warna-warni bebatuan juga terlihat seperti menari-nari ketika dibuai lembut oleh riak gelombang air ketika sinar mentari menyentuh bebatuan yang berada di dasar kolam tempat berhentinya air.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat setempat, Air terjun Maromo adalah tempat yang dipercaya dulunya sebagai tempat mandinya para bidadari yang turun dari kayangan. Jadi tidak mengherankan bila tempat ini mempunyai pemandangan yang indah.


Lokasi air terjun moramo

Air Terjun Moramo Terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa tepatnya di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara Indonesia. Di kawasan tersebut merupakan habitat yang ideal bagi beraneka burung, kupu-kupu yang berwarna-warni, dan berbagai satwa lainnya. 

 gambar air terjun moramo sejarah air terjun moramo keunikan air terjun moramo gambar air terjun moramo kendari tumbal air terjun moramo cerita air terjun moramo dimana air terjun moramo

Keindahan panorama alam, air terjun, kicauan burung yang bersahutan dan berpadu dengan tarian kupu-kupu beraneka warna-warni, menjadi daya tarik kawasan Air Terjun Moramo. Untuk akses  ke air terjun ini dari Kota Kendari anda bisa menyewa kendaraan, harga sewa kendaraannya sekitar Rp. 350.000, dan menuju Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang berada di Kabupaten Konawe Selatan. 

Setelah sampai pintu masuk Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, anda bisa melanjutkan berjalan kaki menuju Air Terjun Moramo sejauh dua kilometer. Hati-hati saat berjalan menuju ke lokasi air terjun karena kondisi jalannya yang licin dan menanjak.

Fasilitas Tersedia di air terjun moramo

Tersedia kamar mandi dan toilet yang bisa Anda gunakan sebagai tempat ganti pakaian setelah Anda berenang. Tersedia juga tempat beristirahat untuk Anda yang ingin melepas lelah. Dilengkapi juga dengan tempat parkir luas

Wisata air terjun moramo sangat cocok bagi anda yang suka berpetualang di alam bebas menikmati udara segar dan menikmati pemandangan alam. Menikmati keindahan Air Terjun Moramo anda bisa datang bersama teman, maupun keluarga untuk menghabiskan waktu liburan.

Related Posts