Gunung Salindung, Wisata Alam Sambas Indah Dengan Air Terjunya

shares |

Wisata di Kabupaten Sambas- Air Terjun Gunung Selindung merupakan wisata alam yang ada di Kabupaten sambas Kalimantan Barat Indonesia, dengan topografi alam gunung yang terjal dan mendaki. Sangat cocok  bagi yang hobby tracking jungle dengan penuh tantangan. Selain menawarkan keindahan panorama alam pegunungan yang lengkap dengan petualangannya.

Obyek wisata ini terdapat sebuah pos penjagaan yang berupa meja terbuat dari batu besar, peninggalan zaman penjajahan Belanda yang dikenal sebutan “Titik Basis A”. Dari pos penjagaan ini pengunjung dapat menyaksikan panorama indah Kota Pemangkat dengan aliran sungainya dari puncak gunung.

air terjun gunung salindung sambas kalbar indonesia


Lokasi Obyek Wisata Gunung Salindung

Objek Gunung Salindung terletak di Dusun Air Terjun, Desa Parit Baru berjarak kira- kira ±4km Kecamatan Salatiga ± 44 km dari kota Sambas Kalbar Indonesia. Untuk mencapai obyek wisata Gunung Salindung bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan jarak tempuh ± 4 km dari Kantor Desa Parit Baru.

Kemudian dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak sepanjang ± 200 m untuk mencapai kaki gunung. Untuk mencapai ke air terjun dibutuhkan jarak tempuh ± 400 m dari kaki bukit hanya dengan berjalan kaki.


Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa keindahan panorama pegunungan yang lengkap dengan pertualangan akan sangat memuaskan bagi wisatawan yang pergi ke sana. Di tempat wisata Gunung Salindung memiliki tempat Air Terjun yang menarik untuk di kunjungi. 

Air terjun yang mengalir deras dan jernih ini merupakan tujuan utama masyarakat terutama remaja yang ingin mengisi liburan atau refreshing. Air yang jernih dan sejuk menjadi daya tarik air terjun Selindung. Batu-batu besar di bawah air terjun menjadi tempat bermain para pengunjung. 

Apabila datang ke tempat tersebut, tidak sah rasanya kalau tidak mandi di bawah air terjun tersebut. Air terjun Gunung Salindung sangat cocok untuk menghilangkan rasa penat anda setelah perjalanan yang ditempuh saat menuju ke sana. 

Air tertung di Gunung salindung biasa juga di sebut air terjun Salindung mempunyai destinasi wisata yang sangat indah untuk wisata liburan menjelajah alam dan kerseruan menjelajah Gunung Salindung tersebut akan lebih seru lagi jika anda berkunjung bersama teman-teman atau keluarga.

Kondisi Saat Ini Gunung Salindung

Kondisi saat ini Gunung salindung sangat memprihatinkan karena banyak terjadi penebangan liar dari oknum yang tidak bisa menjaga keindahan alam yang ada di Gunung Salindun sambas.Lebih disayangkan lagi bahwa penebangan liar di gunung ini sudah berjalan cukup lama, sehingga keindahan harusnya terjaga menjadi berkurang akibat penebangan liar.

Sangat diharapkan kepada pemerintah setempat untuk melindungi keaslian dari gunung Selindung, dan mengelola tempat ini sebagai tempat wisata yang banyak di kunjungi dan diminati para wisatawan, sehingga akan menjadikan aset yang berharga bagi pemerintah daerah setempat.

Bagi para wisatawan yang berkunjung di gunung salindung sangat diharapkan untuk selalu menjaga keindahan gunung selindung ini dengan tidak merusak lingkungan yang ada di tempat wisata gunung salindung, sehingga keindahan gunung dapat selalu terjaga.

Gunung salindung merupakan kekayaan wisata alam Kabupaten Sambas dari sekian banyak wisata alam yang ada. Dengan menjaga dan mengembangkan wisata alam yang ada di Kabupaten Sambas, Kedepannya Sambas akan bisa lebih di kenal dengan keindahan alam menambah daftar pariwisata di Indonesia yang akan di kenal dunia.

Baca Juga: Bubur Pedas, Makanan Khas Sambas Kaya Akan Gizi

Tentu semua sudah tahu bahwa negara Indonesia sudah terkenal dengan daerah yang sangat indah di mata dunia karena mempunyai iklim tropis sehingga banyak wisata alam bisa di kunjungi turis, Jika Kabupaten sambas dapat mengelola dan menjaga wisata alam dengan Baik tidak menutup kemungkinan Kabupaten Sambas tidak akan Kalah dengan wisata-wisata di daerah lain.

Related Posts