Gunung Roban Wisata Alam Kota Singkawang Kalbar

shares |

Gunung Roban Wisata Singkawang- Kota Singkawang banyak memiliki segala daya tarik pariwisata yang memukau kepada para pengunjung Kota Singkawang, karena mempunyai banyak tempat wisata yang indah dan Kota Singkwang sangat cocok di sebut Kota Wisata. Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat ini mempunyai banyak tempat wisata baik itu pantai,lembah ataupun pegunungan. 

Salah satu wisata pegunungan yang ada di daerah Singkawang, Nama Gunung yang terkenal saat ini salah satunya adalah Gunung Roban, yang terletak di kelurahan Roban sebelah timur dari kota Singkawang, tepatnya berada di Desa Kulor, Kecamatan Singkawang Timur.

Gunung roban wisata alam kota singkawang kalimantan barat

Gunung Roban merupakan daerah wisata yang sering dikunjungi bagi mereka yang suka dengan hikking, pencinta alam ataupun bagi meraka yang suka jalan-jalan menikmati pemandangan. Gunung Roban adalah gunung yang tidak begitu tinggi,akan tetapi gunung roban  dapat terlihat jelas dari kota Singkawang.

Biasanya Gunung Roban ramai dikunjungi pada waktu sore hari, baik itu warga sekitar maupun pengunjung dari kota Singkawang yang hanya sekedar menikmati pemandangan alam pegunungan dengan berjalan-jalan santai maupun olah raga di sekitar daerah pegunungan.

Selain tempat untuk berolah raga dan jalan santai, pengunjung Gunung Roban juga dapat menikmati buah durian yang ada di tempat ini jika anda berkunjung pas bertepatan dengan musim buah durian, karena di lereng Gunung Roban banyak di tumbuhi pohon durian.

Harganya pun relatif murah dan bisa ditawar, untuk dapat memperoleh buah durian yang bagus dan enak untuk di nikmati tentunya pengunjung harus cermat dan jeli serta dapat menawar harga kepada yang menjual durian.

Gunung Roban Wisata Alam Kota Singkawang Kalbar

Pengunjung dapat menikmati buah durian sambil menikmati keindahan pemadangan sekitar Gunung Roban yang menenangkan pikiran dan menghilangkan kepenatan. Di gunung Roban anda bisa melihat tumbuhan langka di Indonesia yang tumbuh di gunung roban ini yaitu bunga bangkai (Amorphpophallus titanium).

Para pengunjung jangan merasa heran jika berkunjung di gunung roban dapat merasakan dan tercium bau bangkai yang menyengat di beberapa sudut Gunung Roban ini, hal itu bukan karena ada bangkai hewan tetapi karena bunga bangkai tersebut.

Tidak diketahui pasti mengapa bunga bangkai ini bisa tumbuh di Gunung Roban. Namun meskipun menyebarkan bau bangkai, bunga bangkai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para Pengunjung Gunung Roban.

Pengunjung dapat melakukan dokumentasi dengan berfoto ataupun pengunjung dapat melukisnya secara langsung terhadap bunga bangkai ini. Keberadaan bunga bangkai di Gunung Roban menjadi sebuah objek wisata tersendiri dan tentunya Gunung Roban akan menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Gunung Roban Wisata Alam Kota Singkawang Kalbar

Fasilitas di Gunung Roban ini bagi para pengunjung yang gemar hikking, di gunung ini terdapat anak-anak tangga yang ada dari bawah gunung sampai puncaknya, para pengunjung yang baru pertama kali melakukan hikking juga tidak perlu khawatir akan terpeleset ataupun akan terjerembab di gunung ini. Banyak sekali kegiatan-kegiatan dari berbagai kelompok yang melakukan aktifitas outbond di gunung Roban ini.

Untuk dapat melakukan Outbond di gunung roban, pengunjung cukup meminta ijin kepada warga sekitar yang bersangkutan yang mengelola gunung Roban ini dan ada beberapa tempat yang dapat disewa secara pribadi, pengunjung dapat bernegosiasi terhadapa tempat yang akan disewakan.

Pengunjung dapat juga beroutbond di tempat yang netral di gunung ini atau tidak ada pemiliknya (milik negara), pengunjung juga diharapkan tidak merusak ekosistem atau habitat yang berada di Gunung Roban, hal ini ditujukan agar gunung Roban selalu terjaga dan terus menjadi daya tarik salah satu objek wisata singkawang yang alami dan nyaman untuk di kunjungi. 

Dari atas Gunung Roban para pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Singwang, apa lagi jika di lihat pada malam hari akan terlihat indah karena anda dapat melihat dari kejauhan lampu-lampu kota Singkawang yang layak untuk diabadikan. 

Dengan adanya beberapa fasiltias yang dapat dinikmati oleh pengunjung seperti anak tangga (untuk mencapai puncak), buah durian yang bisa anda nikmati (jika musim), objek wisata bunga bangkai dan tentunya dapat melihat indahnya kota Singkawang dari atas Gunung Roban.

Gunung Roban ini menjadi salah satu tempat wisata yang layak dan menarik untuk dikunjungi, baik pada waktu sore hari ataupun malam hari, serta tempat wisata yang pas untuk menghabiskan waktu di akhir pekan ataupun pada masa liburan bersama teman,kerabat atau keluarga. 
Dengan artikel mengulas tentang Gunung Roban Wisata Alam Kota Singkawang Kalbar, supaya menambah pengetahuan tentang destinasi wisata Indonesia Khususnya tempat wisata di Kota Singkawang agar lebih terkenal luas dari dalam Negeri maupun sampai ke mancanegara.

Related Posts