11 Tempat Wisata Alam Bandung Paling Populer

shares |

Tempat Wisata Alam Bandung- Bandung merupakan destinasi wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk berakhir pekan. Untuk dapat mencapai kota Bandung, warga Jakarta cukup menggunakan jalan tol, sehingga sangat mudah mengakses kota yang berada di daerah pegunungan ini dengan pemandangan alam yang sangat Indah. Banyak sekali tempat tujuan wisata kota Bandung yang sangat populer saat ini.

Kemajuan wisata Bandung Selain kemudahan aksesnya, Bandung juga memiliki banyak tempat wisata menarik sehingga ramai dikunjungi wisatawan yang berdomisili di sekitar Bandung maupun dari luar kota Bandung.

Tempat Wisata Alam Bandung tempat wisata alam bandung utara tempat wisata alam bandung barat tempat wisata alam bandung selatan tempat wisata alam bandung terbaru

Bagi yang suka wisata bernuasa alam di bawah ini ada beberapa tempat wisata alam di Bandung paling populer yang bisa anda kunjungi untuk tujuan wisata:

Daftar Tempat Wisata Alam Bandung 

1. Danau Situ Patenggang Ciwidey

Danau Situ Patenggang danau situ patenggang di bandung danau situ patenggang ciwidey misteri danau situ patenggang sejarah danau situ patenggang alamat danau situ patenggang

Tempat Wisata Danau di Bandung yang paling banyak dikunjungi adalah Danau Situ  Patenggang. Danau tersebut menjadi tujuan bagi yang suka berlibur dengan suasana tenang, nyaman dan romantis, pasalnya Danau ini memberi kedamaian bagi siapa saja yang datang.

Udara yang dingin dan sejuk dibalut dengan pemandangan indah dengan nuansa alam yang menakjubkan disekelilingnya. Di tengah danau  situ patenggang ada pemandangan menarik yaitu ada sebuah daratan kecil yang dinamai pulau Cinta.

Untuk sampai pulau cinta anda bisa menyewa perahu yang disediakan oleh pihak pengelola danau tersebut. Alamat Situ Patenggang berada di Jalan Raya Ciwidey – Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

2. Pemandian Air Panas Ciater

pemandian Air Panas Ciater pemandian air panas ciater bandung pemandian air panas ciater private pemandian air panas ciater kecamatan subang

Air Panas Ciater adalah salah satu tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, Air Panas Ciater yang berada di perbatasan Subang juga mempunyai pengaruh kesehatan bagi anda terutama bagi anda yang mempunyai penyakit kulit.

Air Panas Ciater terletak sekitar 30 KM di utara kota Bandung, sumber Air Panas Ciater berasal dari sebuah kawah aktif di Gunung Tangkuban Perahu. Anda bisa berendam di air belerang Ciater sangat cocok bagi anda yang ingin beristirahat sejenak untuk menghilangkan lelah selama perjalanan.

3. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey kawah putih ciwidey 2016 kawah putih ciwidey hotel kawah putih ciwidey alamat kawah putih ciwidey adalah

Pesona keindahan dan fenomena alam yang ada di Kawah Putih berada di Ciwidey, sering menjadi pembicaraan para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Karena sangat jarang di dunia ini ada sebuah kawah yang dapat didekati tanpa perlu kuatir suhu panas seperti halnya di gunung-gunung berapi di tempat lain.

Ini membuat penasaran bagi banyak pihak, dan mereka berlomba-lomba untuk mendatangi tempat wisata kawah putih. Kawah putih dapat dicapai dalam waktu sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota.

Tempat wisata populer di Bandung ini berada di puncak gunung Patuha yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut, membuat suhu disekitar gunung tersebut terasa dingin. Dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius, jangan lupa membawa jaket atau memakai pakaian yang tebal apabila anda berlibur di temppat wisata ini.

4. Air Terjun Curug Dago

Air Terjun Curug Dago

Curug Dago adalah sebuah tempat wisata alam berupa air terjun yang terletak di Kecamatan Coblong, Dago, Bandung Indonesia. Air terjun Curug Dago memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter tingginya, namun  tidak kalah menarik dengan keindahan air terjun lainnya, air terjun tersembunyi ini sangatlah indah dan menarik untuk dilihat. 

Curug Dago tidak terlalu terkenal di telinga wisatawan, namun tidak ada salahnya mencoba datang ke Curug Dago. Salah satu untuk memperkenalkan curug dago dengan cara di tulis di blog seperti traveluxion lakukan agar bisa di baca dan di kenal luas, dengan begitu akan banyak pengunjung yang akan datang di air terjun curug dago.

5. Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang gunung batu lembang bandung gunung batu lembang sunrise gunung batu lembang alamat gunung batu lembang rute gunung batu lembang

Jika anda menginginkan pemandangan alam yang super indah dari ketinggian bukit yang anda inginkan, Gunung Batu bisa menjadi tempat  cocok untuk tujuan wisata anda yang berada di Lembang Bandung.

Obyek ini disebut-sebut sebagai tempat yang memiliki panorama menakjubkan yang sangat fenomenal, baik di kala pagi hari, siang hari maupun sore, anda akan menikmati matari saat terbit dan matahari tenggelam di sore hari. Pada malam hari menikmati pemandangan bukit batu lembang ini yang merupakan bagian dari patahan Lembang ini tidak jauh dari pasar utama di kawasan ini (pusat kota). 

Dari ketinggian 1228 DPL, anda dapat menikmati cantiknya lampu-lampu kota Bandung di malam hari maupun gunung-gunung besar seperti Manglayang, Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Palasari dan Bukit Tunggul. tentunya tempat yang bisa menghabiskan waktu liburan anda yang menyenangkan.

6. Air Terjun Maribaya


Air Terjun Maribaya adalah air terjun yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 22 KM dari pusat kota Bandung. Air terjun maribaya merupakan sebuah tempat wisata alam yang terkenal dengan sumber mata air panas belerang.

Seperti di Tirta Sanita Ciseeng, sumber mata air panas belerang di tempat wisata ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga dapat membuat kulit menjadi mulus. Selain terkenal dengan mata air panasnya, Maribaya juga disukai karena menawarkan wisata alam lain berupa air terjun dan taman.

Salah satu kegiatan wisata favorit di Maribaya selain berendam air panas alami adalah trekking karena alam disini sangat cocok sekali untuk melakukan kegiatan di alam salah satu seperti trekking tadi. 

7. Tebing Keraton Dago

Air Terjun Maribaya air terjun maribaya lembang bandung air terjun maribaya 2015 air terjun maribaya tiket masuk air terjun maribaya

Pemandangan alam Tebing Keraton Dago merupakan Keindahan alam menajubkan apa lagi di pagi hari saat kabut tipis beranjak pergi di atas pucuk pinus merupakan lukisan alam yang fenomenal bisa anda nikmati saat berada di Tebing Keraton Dago. Tempat wisata baru yang ini terletak  di atas Bandung, yang masuk wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) , 

Tebing Keraton Dago memberikan sensasi romantisme pagi hari kala mentari menyapa di ufuk timur dengan hiasan kabut menambah suasana pagi di tebing keraton menjadi pemandangan yang sayang untuk di lewatkan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bandung Dengan Suasana Alam Romantis

8. Bukit Moko

Bukit Moko bukit moko bandung bukit moko di bandung bukit moko malam hari bukit moko dimana bukit moko sunrise bukit moko puncak bintang bukit moko cimenyan

Tempat fenomenal Bukit Moko tempat wisata yang merupakan masih tergolong baru dieksplorasi sebagai obyek wisata Bandung paling romantis dan menyimpan pesona senja yang sangat indah, apalagi jika anda ke sana bersama orang yang anda cintai.

Romantisme yang tercipta saat melihat panorama lampu kota Bandung di kejauhan adalah yang dicari wisatawan saat berkunjung ke bukit Moko. Latar belakang lampu-lampu kota yang bagaikan permata yang bertaburan di malam hari seperti biantang.

Jika anda tertarik berkunjung ketempat dengan fenomena romantis yang di suguhkan oleh tempat wisata yang satu ini, lokasinya di kecamatan Cimenyan di atas terminal Cicaheum Bandung 

9. Ranca Upas

Ranca Upas ranca upas bandung ranca upas camping ranca upas rusa ranca upas sewa tenda ranca upas prewedding ranca upas ciwidey

Tempat wisata Ranca Upas biasa pengunjung mengenal tempat ini dengan nama kampung Cai Ranca Upas atau yang sebelumnya lebih familiar dengan kata bumi perkemahan ranca upas. Terlepas dari apa pun tujuannya jika pengunjung datang ke Ranca upas dapat memilih sesuai dengan keinginan masing-masing

Anda bisa pilih berkemah dengan nuansa alam yang begitu menakjubkan atau bermain air seperti Kolam Renang Air Hangat juga tersedia di sana.

Aktfitas wisata lainnya yang bisa dinikmati ialah Waterboom, War Games, ATV, Water Games, Fun Games, dan yang tidak kalah serunya ialah pengunjung dapat berhadapan langsung dengan rusa yang berada di dalam Penangkaran Rusa Ranca Upas. Lokasi Objek Wisata Ranca Upas berada di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11 Rancabali, Ciwidey Bandung Selatan.

10. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu tangkuban perahu bandung tangkuban perahu berasal dari tangkuban perahu story tangkuban perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan Objek wisata populer di Bandung. Pemandangan alamnya memanjakan mata dan keindahannya akan menghapus kejenuhan dengan rutinitas yang Anda lakukan. Di Gunung tangkupan perahu, Anda akan menjumpai wisatawan lain yang juga ingin menikmati indahnya alam, merasakan suasana yang lebih mendamaikan.

Mungkin kita tahu cerita legenda yang pernah Anda ketahui semenjak berada di bangku sekolah. Membuat tempat ini semakin dikenal luas, dan membuatnya tempat yang seringkali menjadi tujuan wisatawan, apalagi di musim liburan panjang.

Kawasan Gunung Tangkuban Perahu yang berlokasi di perbatasan Bandung dan Subang ini ternyata menjadi tempat wisata favorit. Objek wisata alam di Bandung ini memang layak untuk di coba karena selain harga tiket masuk yang murah juga banyak oleh-oleh khas yang bisa kita bawa pulang. 

11. Kawasan Punclut

 punclut dago atas punclut nyaeta punclut daerah mana punclut dago bandung punclut malam punclut bandung kuliner punclut bandung

Inilah tempat wisata di Bandung yang mampu menyuguhkan pemandangan sebuah lanskap Kota Bandung dari ketinggian. Kawasan Punclut, singkatan dari Puncak Ciumbuleuit, berada pada ketinggian sekitar 1.000 m dpl dengan hawa yang cenderung dingin dan menyegarkan untuk di hirup.
Menyaksikan landscape Kota Bandung dari ketinggian di Punclut yang menyediakan Panorama eksotis Kota Bandung, terutama di malam hari sungguh kesyikan tersendiri melihat pemandangan menawan yang terlihat. Terlebih lagi sembari menikmati kuliner lokal yang lezat di sana. Ada banyak warung lesehan yang menyajikan aneka makanan dan minuman yang nikmat tatkala mengunjungi kawasan wisata Punclut.

Related Posts