12 Tempat Wisata di Jogja Seputar Kota Yang Perlu Anda Tahu

shares |

Tempat Wisata di Jogja - Wisata di Jogja merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan karena banyak sekali menyimpan pesona wisata banyak sekali bisa kita kunjungi mulai dari wisata pantai, wisata alam pegunungan maupun wisata kuliner yang bisa anda nikmati guna melengkapi wisata anda di kota Jogja. 

Kuliner jogja banyak sekali aneka ragam pilihan dari mulai trasional maupun juga modern siap memanjakan lidah Indonesia Anda saat traveling di kota dengan julukan sebagai Kota Pelajar ini. Untuk yang hanya sekedar melakukan perjalan atau pas kebetulan ada keperluan di kota Jogja tidak ada salahnya untuk menikmati tempat-tempat menarik di kota Jogja. 

Tempat Wisata di Jogja Seputar Kota tempat wisata di sekitar kota jogja

Tidak harus menjelajah keseluruh Jogja untuk menghabiskan waktu tapi ada tempat asyik untuk di kunjungi di seputar kota bisa anda jadikan tempat refresing atua menikamti keindahannya selama anda berada di Yogyakarta.

Dalam artikel kali ini akan mengulas tentang beberapa tempat wisata di seputar kota bisa anda kunjungi selama berada di Kota Jogja, untuk lebih jelasnyanya bisa anda baca ulasannya sebagai berikut:

Tempat Wisata di Seputar Jogja Kota 

1. Jalan Malioboro


Jalan Malioboro jalan malioboro jogja jalan malioboro malam hari jalan malioboro ditutup jalan malioboro saat ini jalan malioboro bebas parkir jalan malioboro yogyakarta hotels jalan malioboro

Malioboro merupakan nama salah satu jalan di Yogyakarta. Jalan Malioboro ini sudah sangat terkenal sekali bahkan sudah menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta banyak di dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara. 

Nama Jalan Malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya karangan bunga.Jalan Malioboro banyak hal bisa anda lakukan atau hanya sekedar jalan-jalan juga asyik dengan pemandangan para pengunjung berlalu lalang dari berbagai daerah maupun negara. 

Jalan Malioboro juga menawarkan pengalaman wisata belanja, wisata kuliner yg tak ada habisnya. Pada siang hari, di sepanjang Jalan Malioboro kita akan menemukan banyak sekali penjual pakaian, tas, sandal, acesoris khas Jogja seperti gantungan kunci, kerajinan tangan, dan barang-barang unik lainnya yg dapat dibeli dgn harga murah.

Sedangkan pada malam hari, kita akan menemukan banyak sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di sepanjang Jalan Malioboro tentu semua dengan harga sangat terjangkau bahkan bisa di bilang murah, untuk makanan yang murah meriah seperti Nasi Kucing Khas Kuliner Tradisional Jogja

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan candi prambanan didirikan oleh candi prambanan bercorak candi prambanan jogja candi prambanan dan candi borobudur merupakan hasil peninggalan zaman candi prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Yogyakarta yg wajib dikunjungi karena Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yg terbesar di Indonesia. Berwisata ke Candi Prambanan anda akan melihat pemandangan yang uni di setiap dinding candi yang dihiasi relief diukir mengelilingi candi. 

Candi Prambanan berlokasi sektiar 17 KM dari psuat kota Yogyakarta. Apabila kita tdak membawa kendaraan pribadi bisa di tempuh sekitar setengah jam jika jalan sedang lancar, Jika kita tidak menggunakan kendaraan pribadi utk mencapai Candi Prambanan cukup menggunakan bus turun di halte Prambanan, sangat mudah mencapai Candi Prambanan karena memang letak dan namanya juga sangat terkenal. Artikel terkait: Obyek Wisata Pesona Candi Prambanan

3. Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta keraton yogyakarta adalah keraton yogyakarta mendukung pembentukan negara indonesia merdeka tanggal 17 agustus keraton yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yg banyak dikunjungi wisatawan. Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yg ditinggali oleh Sultan dan keluarganya. 

Selain dapat menikmati arsitektur kesultanan kuno, kita juga dapat berkunjung ke museum yg mempunyai koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta dan barang antik yang ada di keraton jogja. Apabila anda ingin datang mengunjungi tempat wisata ini, usahakan untuk datang agak pagi karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi sampai dgn jam 2 siang saja. 

Tapi jika pas kebetulan ada kegiatan keraton juga bisa anda kunjungi malam hari, anda bisa menikmati kesenian tradisional Jogjakarta maupun aneka hiburan lainnya yang akan membawa anda seperti berada pada zaman kerajaan.

4. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari istana air taman sari istana air taman sari di yogyakarta istana air taman sari alamat istana air taman sari di jogja sejarah istana air taman sari alamat istana air taman sari yogya tiket masuk istana air taman sari

Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat rekreasi yang merupakan tempat meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yg menyerang kerajaan. Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yg terkenal karena keunikannya. 

Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga tertata rapi yg menimbulkan bau harum di lingkungan sekitar Istana air taman sari.Untuk bisa masuk anda bisa membeli tiket, Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari adalah 5,000 Rupiah.

5. Museum Monjali

Museum Monjali museum monjali jogja museum monjali yogyakarta sejarah museum monjali koleksi museum monjali isi museum monjali alamat museum monjali letak museum monjali

Museum Monjali (monumen Jogja kembali) yang berada tepat di samping ringroad adalah tempat bersejarah yang mengingatkan pertempuran sengit melawan penjajah di Jogja. Rute menuju obyek menarik yang bertema sejarah ini cukup mudah. Jika anda berada di ringroad arah menuju bandara, maka Museum Monjali berada di sebelah kiri. 

Bangunan berlantai tiga dengan ketinggian sekitar 31,8 meter dan berwarna putih terlihat sangat kontras dan mudah dikenali. Bentuk yang kerucut dipilih sebagai perlambang sebuah gunung yang identik dengan kesuburan. Jika anda memasuki tempat wisata ini, maka akan disambut dengan sebuah meriam tua di bagian beranda. 

Saat memasuki museum, maka anda akan takjub dengan diorama dan ribuan koleksi yang tersimpan rapi di tempat ini. Selain itu, ada juga perpustakaan yang lengkap dan replika pesawat yang sangat mirip dengan aslinya.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Yang Paling Populer

6. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg museum benteng vredeburg (1760) museum benteng vredeburg website koleksi museum benteng vredeburg isi museum benteng vredeburg

Tempat wisata bersejarah di Jogja ini terletak di depan Gedung Agung dan Keraton Kesultanan. Pada keempat sudutnya dibangun ruang penjagaan yang disebut seleka atau bastion. Pintu gerbang benteng menghadap ke barat dengan dikelilingi oleh parit. 

Di dalamnya terdapat bangunan-bangunan rumah perwira, asrama prajurit, gudang logistik, gudang mesiu, rumah sakit prajurit dan rumah residen. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, obyek ini digunakan sebagai tempat perlindungan para residen yang sedang bertugas di Yogyakarta. 

Hal itu sangat dimungkinkan karena kantor residen yang berseberangan dengan Benteng Vredeburg. Sekarang telah terjadi perubahan atas status kepemilikan dan fungsi bangunan Benteng Vredeburg yang kini menjadi museum.

7. Kebun Binatang Gembiraloka

Kebun Binatang Gembiraloka kebun binatang gembira loka kebun binatang gembira loka berada di kota kebun binatang gembira loka terletak kebun binatang gembira loka yogya

Obyek ini cukup menyedot jumlah pengunjung yang tinggi sebelum terjadi gempa yang hebat pada tahun 2006. Bencana ini juga banyak menghancurkan bangunan kandang hewan yang tersedia di tempat ini. 

Kini proses pemugaran rumah satwa sudah selesai dan masyarakat dapat berwisata menikmati salah satu kebun binatang konvensional terbesar di Indonesia ini. Andalan pariwisata keluarga di Jogja sejak tahun 1933 ini dibangun atas keinginan dari Sri Sultan Hamengku Buwono ke IX. 

Kebun Binatang Gembira Loka menempati area seluas 20 hektar yang sebagian dari area ini merupakan hutan lindung. Tidak heran lokasinya yang sejuk dan rindang sangat disukai oleh pengunjung.

8. De Mata 3D Art Museum

De Mata 3D de mata 3d museum de mata 3d trick eye museum surabaya de mata 3d trick eye museum jogja de mata 3d

Tempat wisata terbaru yang sedang menjadi trend di Jogja ini menawarkan keseruan di dalam mengembangkan imaginasi anda. Sudah pasti, wisatawan perlu membawa kamera untuk menciptakan foto selfie unik di sini. Keberadaan museum seni 3D De Mata ini di jalan Veteran, Umbul harjo, di XT Square.

Konon obyek liburan Museum De Mata ini juga memiliki cabang di beberapa kota di Indonesia. Mungkin karena banyak peminatnya, anda saat di dalam museum bisa berfoto seolah anda berada di luar negeri dengan backgroud seolah nyata, dan masih banyak lagi tempat menarik bisa anda abadikan sebagai imajinasi menarik saat berada di De Mata 3D Art Museum.

9. Pasar Bringharjo

Pasar Bringharjo pasar beringharjo pasar beringharjo jogja pasar bringharjo jogjakarta pasar beringharjo buka jam pasar beringharjo

Pasar Beringharjo terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 16, Yogyakarta. Taukah anda, bahwa aktifitas jual beli di pasar bringharjo sudah terjadi sejak tahun 1758. Tempat ini merupakan pusat jual beli tradisional yang masih tetap ada hingga saat ini.

Di pasar bringharjo ini anda bisa berbelanja batik, jajan pasar khas jogja, dan patung budha 100 ribuan, namun jika anda ingin mendapatkan harga super murah maka anda harus pintar pintar menawar barang. Jika anda ingin belanja oleh oleh, pasar bringharjo bisa menjadi tempat tujuan anda. Karena di tempat ini anda bisa membeli oleh oleh berupa kain batik, souvenir dan lai sebagainya.

10. Alun-alun Kidul ( Selatan)

Alun-alun Kidul alun-alun kidul yogyakarta alun-alun kidul solo alun alun kidul surakarta alun alun kidul terbakar alun alun kidul kebakaran alun alun kidul yogya

Seiring terbenamnya matahari,alun-alun selatan ini ramai sekali dikunjungi. tidak hanya dari warga jogja saja yang datang ketempat ini,tetapi banyak juga mereka yang dari luar kota yang ingin menikmati wisata malam di jogja.

Disini kalian bisa bermain sepeda bersama keluarga,teman ataupun pacar. di sepanjang pinggir alun-alun selatan ini banyak sekali yang menyewakan sepeda yang sudah di modifikasi dengan dihiasi lampu yang warna-warni dan untuk harga sewanya tergolong cukup murah yaitu 15rb saja.

selain bermain sepeda,kalian bisa menikmati aneka makanan yang dijual di sepanjang pinggir alun-alun selatan ini. berkumpul dan menikmati makanan sambil melihat ramainya orang-orang yang bermain sepeda adalah pengalaman yang bisa kalian dapetin di jogja. 

Alun-alun kidul (alkid) berlokasi dibagian selatan kompleks Keraton Yogyakarta. Di sini kamu akan menjumpai keramaian yang akan membuat kamu malas untuk pulang, terlebih kalau malam minggu. 

11. Museum Ulen Sentalu

Museum Ulen Sentalu

Museum ini terletak 25km dari kota Jogjakarta, tepatnya di daerah Kaliurang. Museum ini bercerita mengenai sejarah kerajaan Jogjakarta dan Solo melalui peninggalan-peninggalan antik dan bersejarah seperti lukisan, batik serta alat musik. untuk masuk di museum ini cukup hanya dengan membeli tiket seharga Rp.25.000;

Museum ini berbentuk lorong-lorong panjang dan seperti sebuah maze, tapi jangan khawatir akan tersesat, karena anda akan dipandu oleh seorang guide yang juga sangat fasih menjelaskan sejarah kerajaan Jogjakarta dan Solo secara lengkap. Selesainya anda menelusuri Museum Ulen Sentalu ini, anda dapat bersantai dan menikmati makanan di restoran Beukenhof atau berbelanja di toko souvenir Putri Malu.

Baca Juga: Tempat Wisata Seni dan Budaya Bantul Jogja Yang Menarik Dikunjungi

12. Museum Sonobudoyo Yogyakarta


yogyakarta alamat alun alun selatan yogyakarta beringin alun-alun selatan yogyakarta terbakar peta alun alun selatan yogyakarta kebakaran pohon beringin di alun alun kidul yogyakarta

Jika ingin liburan dengan nuansa berbeda boleh juga dengan mengunjungi objek wisata yang berada di seputar kota Jogja seperti dengan mengunjungi Museum. Salah satunya museum di jogja yang bisa anda kunjungi saat liburan adalah Sonobudoyo Museum Terlengkap di Yogyakarta

Di tempat ini selain untuk tempat wisata hiburan juga bisa menjadi wisata edukai di Jogja, karena di museum Sonobudoyo anda dapat mengenal berbagai macam sejarah, budaya yang memang sudah terkenal di Pulau Jawa khususnya di Yogyakarta, Indonsia.

Jika anda tertarik ingin berlibur di Sonobudoyo museum terlengkap di Yogyakarta yang menyimpan banyak koleksi sejarah ini alamatnya berada di No 6, Jl. Pangurakan Yogyakarta, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Akses ke Museum Sonobudoyo sangat mudah karena berada di tengah kota. 

Semua alat transportasi dapat anda gunakan untuk menuju Museum ini seperti angkutan umum dan andong, selain itu Anda juga dapat mencapai museum ini bisa dengan berjalan kaki bila anda dari kawasan Malioboro.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Jogja Seputar Kota Yang Perlu Anda Tahu bisa anda jadikan tujuan wisata saat berada di jogja, semoga informasi wisata Seputar Jogja Kota ini bisa bermanfaat dan menjadi daftar tempat wisata berikutnya yang akan anda kunjungi. Silahkan di share agar wisata kota Jogja lebih di kenal luas, baik wisatawan dalam maupun luar Negeri.

Related Posts