Wisata Pantai Pulau Slimpai Paloh Sambas

shares |

Pantai Selimpai Paloh merupakan salah satu kawasan konservasi yang terdapat di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat dengan nama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Pantai Selimpai selain kawasan konservasi juga merupakan kawasan wisata yang ada di desa Sebubus Kec. Paloh kabupaten sambas Kalbar dengan jarak kurang lebih tujuh kilo meter dari ibukota kecamatan dan 45 km utara kota Sambas yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Sambas. Bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat dengan waktu sekitar dua jam  dari Sambas ke Paloh.

Wisata Pantai Pulau Slimpai Paloh Sambas



Untuk menuju pulau Slimpai anda harus menyebrangi sungai Paloh menggunakan Spead boat atau Perahu Motor sekitar 30 menit. Pantai ini merupakan tanjung atau bagian daratannya menjorok ke arah laut, antara sisi garis laut dan bibir sungai jaraknya hanya selebar lapangan besar. Keunikan akan anda temukan pada bagian ini, anda akan melihat bibir pantai yang menghadap ke sungai, dan bibir pantai yang menghadap ke laut dan bagian lainnya. Bila kita berada di dekat area tersebut, pasti akan terlihat ombak natuna yang saling berkejaran ketepian.

Wisata Pantai Pulau Slimpai Paloh Sambas

Tempat wisata pulau slimpai dengan panorama yang indah sangat sayang untuk anda dilewatkan, jika sedang sedang traveling di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat Indonesia. Bisa di bilang Pantai Selimpai merupakan pantai yang bisa disebut eksotis yang pernah dimiliki oleh wilayah sebelah utara Kalimantan Barat. Bentuk pantai yang unik (merupakan Tanjung, bagian daratan yang menjorok ke laut), serta memiliki tipe vegetasi dan fauna yang jarang ditemukan di pantai lain di Kalimantan Barat.


Seperti sebuah pulau berdiri sendiri yang terpisah dengan daratan wilayah Kabupaten Sambas. Sisi selatannya hingga ke bagian barat berbatasan dengan laut Natuna, sedangkan di sisi utaranya membentang ke timur di kepung oleh Sungai Merabau. Jika anda singgah di sini akan menikmati aneka pemandangan di antaranya ada hamparan hutan pinus, pantai, laut yang terbentang luas dengan pantainya menarik dan sungai. Dari kejauhan terlihat Tanjung Datuk, yang merupakan kawasan berbatasan Malaysia.

Wisata Pantai Pulau Slimpai Paloh Sambas

Pasir putih yang landai di tepi pantai dan di tumbuhi  pohon pinus yang tinggi menjulang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Selimpai, Paloh Sambas Kalbar.  Pasirnya yang bersih tak kalah dengan wisata terkenal yang ada di Indonesia. Selain itu keberadaan hutan Pinus di lahan selimpai membuat suasana di pulau kecil nan indah ini berbeda dengan pantai lainnya di Kabupaten Sambas. Pohon pinus yang menjulang tumbuh tinggi tersebut tertata rapi seakan ada yang sengaja menatanya sedemikian rupa padahal semua itu terjadi secara alami. 


Pantai Slimpai Tempat Penyu Bertelur

Salah satu keunggulan pulau Slimpai adalah pantai ini merupakan tempat persinggahan penyu. Dalam setahun sekurangnya lima kali satwa langka dilindungi ini mampir ke pulau orang bunian tersebut untuk bertelur. Berdasarkan catatan Satgas Pantai Selimpai dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Paloh, Sambas ada empat jenis penyu yang mampir ke pantai Slimpai seperti: Penyu hijau, Penyu sisik, Penyu lekang, Penyu belimbing.

Wisata Pantai Pulau Slimpai Paloh Sambas

Saat ini di dunia terdapat tujuh jenis penyu, enam diantaranya ada di Indonesaia. Yaitu: penyu sisik (Eretmochelys imbricate), penyu lekang (Lepidochelys olivaceae), penyu belimbing (Dermocelys coriaceae), penyu hijau(Chelonia mydas), penyu tempayan (Caretta carretta), dan penyu pipih (Natator depresus). Untuk penyu dari jenis Lepidochelys kempi hidup di laut atlantik, khususnya pantai Amerika dan Meksiko.


Hewan yang masuk dalam kategori satwa langka, naik ke pantai slimpai untuk bertelur pada malam hari. apa bila anda ingin menikmati pemandangan penyu sedang naik pantai untuk bertelur anda harus bermalam karena penyu tersebut akan naik kedarat (pantai) pada malam hari. Makanya agar pengunjung dapat melihat penyu, pokdarwis berinisiatif membangun tempat penangkaran di Selimpai. Sehingga demikian, setiap tamu yang datang bisa menyaksikan mana yang namanya tukik (anak penyu), penyu hijau, sisik, dan lekang.

Itu Sekilas wisata pantai pulau slimpai paloh kabupaten Sambas Kalimantan Barat yang bisa menjadi referensi wisata/liburan bersama sahabat, keluarga jika anda sedang berkunjung ke Kab sambas.

Related Posts