Sinkhole Wisata Unik di Donggala Sulawesi Tengah

shares |

Sinkhole Wisata Unik di Donggala- Sinkhole adalah Tempat wisata berupa sebuah kolam alami, namun ada juga yang mengatakan air di snkole ini berasal dari laut. Masyarakat setempat mempercayai bahwa ada terowongan yang bisa menjangkau langsung ke laut palu dari kolam tersebut. Tempat wisata ini biasa juga disebut sebagai sumur laut yang sangat jarang terjadi didunia.

Kunikan yang dimiliki wisata palu Sulawesi Tengah ini bisa menjadi potensi wisata unik, karena keberadaannya yang jarang ditemui di Tempat lainnya di Indonesia bahkan di dunia. Sehingga apabila wisata sinkhole ini dikembangkan akan menjadi aset pariwisata Kota palu yang menjanjikan.


Sinkhole Wisata Unik di Donggala Sulawesi Tengah, wisata palu

Para wisatawan dan warga sekitar memanfaatkan Tempat ini sebagai ajang keberanian dengan melompat dari sisi batu di atas. Sayangnya, pemerintah belum memperhatikan potensi yang ada diwisata ini, walau di satu sisi terkesan hidden paradise. Untuk memanjat naik dari lubang, warga sekitar menyediakan tangga sederhana yang mereka buat sendiri.

Keunikan dari kolam alami (sumur laut) ini adalah pada saat air laut pasang maka air di kolam ini akan surut, sedangkan jika air laut surut maka kolam ini akan pasang. terdengar aneh tapi itulah kenyataan yang bisa anda saksikan jika mengunjungi wisata Sinkhole tersebut. Tentu kejadian atau tempat wisata unik seperti ini sangat jarang ditemukan di tempat lain.

Akses Lokasi Wisata Sinkhole

Akses Lokasi Wisata Sinkhole palu sulteng Fasilitas Yang Tersedia di Wisata Sinkhole

Wisata Sinkhole adalah wisata kolam alami atau sumur laut lokasinya terletak di desa Towale, kecamatan Bawana, kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. Jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata sinkhole akses yang bisa anda tempuh melalui darat dan menggunakan sepeda motor dengan waktu sekitar 45 menit. Lokasi sinkhole ini tepat di tepi laut di wilayah Donggala.

Fasilitas Yang Tersedia di Wisata Sinkhole

Bagi anda yang ingin menginap di sekitar wisata Sinkhole, disini sudah terdapat Cottage atau penginapan, sehingga anda bisa lebih lama untuk menikmati keindahan pantai yang ada di Donggala Biaya  Cottage per malamnya sekitar 200.000 Rupiah.

Baca Juga: 10 Tempat Liburan Yang Terkenal di Sulawesi Tengah

Tips Wisata ke Sinkhole

Pada saat hari libur nasional, lokasi ini dipenuhi oleh wisatawan sehingga perlu hati-hati saat anda meloncat untuk menceburkan diri.

Disarankan untuk berkunjung ke Donggala ini saat hari biasa (weekdays) saja, sehingga anda dapat puas berenang dan beratraksi. Pada waktu seperti itu, biasanya hanya terdapat beberapa orang saja yang berkunjung dan kebanyakan dari penduduk setempat.

Related Posts