10 Makanan Khas Maluku Yang Paling Terkenal

shares |

Makanan Khas Maluku- Maluku sendiri merupakan daerah yang dikenal makanan lautnya dan secara internasional Maluku juga dikenal sebagai Moluccas dan Molukken adalah provinsi tertua yang ada di Indonesia, lintasan sejarah Maluku telah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di Timur Tengah seperti kerajaan Mesir yang dipimpin Firaun. Meskipun pulau kecil Maluku sudah sangat terkenal terutama wisata bahari, tak luput itu semua maluku juga terkenal dengan makanan khas seperti daerah yang ada di Indonesia.

Makanan Khas Maluku makanan khas maluku utara makanan khas maluku tenggara makanan khas maluku ikan asar makanan khas maluku papeda makanan khas maluku dan cara membuatnya makanan khas maluku selatan makanan khas maluku dan namanya

Saat ini Traveluxion akan membahas makanan khas yang ada di maluku, seperti daerah lain yang terkenal dengan makanan khasnya, maluku juga mempunyai aneka ragam makanan khas populer yang sudah sangat terkenal yang bisa anda nikmati saat berwisata ke maluku, adapun makanan khas maluku yang terkenal diantaranya: 

Makanan Khas Maluku Yang Paling Terkenal

1. Gatang Kenari

Gatang Kenari

Gatang Kenari Khas Maluku ini merupakan kuliner Khas Maluku Utara yang sangat terkenal dan sudah populer, atau yang biasa di sebut ketam kenari, Kepiting kenari sendiri merupakan satwa darat yang pintar memetik dan mengupas buah kelapa, serta menjadikannya makanan kegemaran mereka. Karena itulah kepiting kenari ini mempunyai rasa yang lebih gurih dan manis daripada kepiting biasa.

Jika anda sedang berkunjung ke Maluku Utara rugi kalau tidak merasakan gurih dan nikmatnya Gatang kenari ini, sebagai pecinta kuliner mencoba masakan khas maluku yang jarang di temui di tempat lain merupakan keasikan tersendiri yang patut anda coba.

2. Papeda

Papeda

Ingat papeda pasti ingatan anda langsung di Indonesia Timur, ya benar, Papeda merupakan makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan makanan khas Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan maknan ini bertekstur lengket yang mirip lem dengan rasa yang tawar. namun sebenarnya papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

Mungkin anda yang belum pernah coba dan baru melihat dan mendengar makanan ini pasti kurang memikat, namun jika anda sudah mencicipi makanan khas maluku yang satu ini pasti membuat anda serasa asyik dengan keunikan tersendiri makan papeda khas maluku yang memang namnya sudah sangat famelier di teliga kita.

3. Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda merupakan makanan asli masyarakat di Kepulauan Banda. Pulau Banda memang dikenal karena rempah-rempahnya. keenakan kuah pala ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Bahkan, juga selalu disajikan untuk menjamu para petinggi Belanda yang datang ke Banda. Kuah sopnya terasa sangat segar, juga rasa asam bercampur dengan pedas dari buah pala. Ikan kuah pala ini biasanya disajikan dengan urap daun papaya, ikan kakap merah bakar, dan sambal bekasang yang dibuat dari ikan cakalang tumbuk.

Masakan ini biasanya disajikan dengan nasi, sambal bekasang serta ulang-ulang. Sambal bekasang adalah sambal yang terbuat dari ikan cakalang, cabai dan perasan jeruk limau. Sedangkan ulang-ulang adalah campuran beberapa sayuran segar seperti kangkung, kacang panjang, mentimun, wortel, terong, tauge yang dicampur dengan bumbu terasi, kenari tumbuk, cabai serta sedikit cuka dan garam.

4. Ikan Komu Asar

 Ikan Komu Asar

Makanan ini terbuat dari jenis ikan cakalang yang dimasak dengan cara ditusuk dengan bambu baru kemudian di sale atau diasap selama beberapa jam. Namun bisa juga ikan asar dibuat dari ikan tongkol atau ikan tuna. Ikan komu asar ini cocok disantap dengan nasi dan sambal colo-colo. Dengan hidangan nasi panas makan ikan komu asar akan menambah kenikmatan tersendiri. Jangan lupa selain menikmati kuliner ikan komu asar yang nikmat bisa juga anda menikmati wisata maluku di Pantai Natsepa Ambon Wisata Bahari Propinsi Maluku

5. Gohu Ikan

Gohu Ikan

Gohu Ikan merupakan makanan khas Maluku yang berbahan dasar dari ikan tuna mentah. biasanya orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate. dengan cara pembuatan daging tuna segar dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon cui, selanjutnya dicampur dengan rajangan kasar daun balakama (kemangi).

Untuk menambah pelengkap ditambah bawang merah dan cabe rawit, lalu ditumis dengan minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah, diikuti dengan taburan kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar akan menambah citarasa makanan gohu ikan.

6. Nasi Lapola

Nasi Lapola

Nasi lapola merupakan masakan cita rasa nusantara khas Maluku yang sudah sangat terkenal di maluku dan menjadi salah satu masakan favorit. Nasi lapola adalah kombinasi dari olahan kacang tolo yang dicampur dengan beras serta bahan pelengkap lainnya sehingga menghasilkan cita rasa nasi pulen pada lapola. Beras yang dimasak dengan api kecil sampai setengah matang yang kemudian dicampurkan dengan kacang tolo rebus, kelapa parut, dan garam, lalu diaduk rata. Setelah itu adonan nasi lapola ini dikukus hingga matang.

Bagi warga masyarakat luar maluku mungkin masakan nasi lapola terdengar asing di telinga, namun siapa sangka kalau masakan nasi ini memang benar-benar nikmat dan pulen. Anda pun bisa memasak nasi lapola ini di rumah dan rasakan sajian nikmatnya.

7. Sambal Colo Colo

 Sambal Colo Colo

Sambal colo-colo ini merupakan sambal khas yang terkenal sangat pedas rasanya. Sambal ini merupakan sajian wajib bagi masyarakat Maluku. Sambal ini terbuat dari tomat muda, bawang merah, dan cabe rawit yang diiris tipis lalu diberi taburan garam dan disiram jeruk nipis. Tanpa diulek. Sambal colo-colo ini juga dapat ditambahkan dengan daun kemangi, irisan kenari mentah, atau rarobang. biasanya juga di tambahkan kecap manis.

8. Nasi Jaha

 Nasi Jaha

Nasi Jaha adalah makanan tradisional di Maluku Utara. Sebetulnya nasi jaha ini mirip dengan makanan lemang, untuk Nasi jaha khas maluku biasanya terbuat dari beras biasa dan beras pulo (ketan) dengan santan kelapa dengan berukuran 30-50 cm. Bahkan ada yang mencapai 1 meter, semuanya dilihat dari panjang bulu (bambu) yang dipakai sebagai perlengkapan pembuatan makanan ini.
9. Sagu woku komo-komo

Sagu woku komo-komo

Makanan ini menggunakan bahan dasar sagu yang direndam dalam air dingin selama satu jam. kemudian bumbu-bumbu seperti bawang putih, serai, dan jahe ditumis. dan jeroan ikan dan air dimasukkan dan dimasak sampai matang. Seterusnya, bawang merah dan bawang putih ditumis hingga kecoklatan. Masukkan santan kelapa cair dan sagu, masak hingga mengering. Tambahkan santan kental, garam, merica, dan irisan daun bawang.

Setelah matang, sagu didinginkan terlebih dahulu. Jeroan ikan dipotong bentuk dadu. Lalu, sagu dan jeroan ikan yang telah dipotong-potong dimasukkan ke dalam daun woka. Terakhir, bungkusan daun woka ini lalu dipanggang dengan bara api hingga kering dan matang, makanan ini adala lauk utama di maluku jika anda sedang berada di maluku rugi rasanya jika tidak mersakan makanan Sagu woku komo-komo.

10. Bubur sagu ubi

Bubur sagu ubi

Bubur sagu ubi merupakan makanan khas maluku yang menggunakan bahan dasar sagu, pembuatanya yaitu sagu lempengan direndam dalam air hingga mengembang. Setelah itu airnya dibuang dan ditiriskan. Lalu, rebus gula merah, gula pasir dan daun pandan dalam air hingga gula larut. Setelah itu air gula ini dicampurkan dengan sagu yang telah lunak dan ubi merah rebus. Bubur sagu ubi yang diberi santan kental dan taburan kenari siap di sajikan pasti akan lebih nikmat di santap dalam keadaan masih hangat.

Demikian ulasan mengenai 10 Makanan Khas Maluku Yang Paling Terkenal, jika sedang berada di sana, selain menikmati tempat wisata bahari yang sangat indah dan menabjubkan, untuk melengkapi perjalanan anda, berburu kuliner juga kegiatan yang sayang di jika di lewatkan begitu saja.

Related Posts