Guruh Gemurai, Tempat Wisata Andalan di Kuantan Singingi Riau

shares |

Tempat Wisata di Singingi Riau- Wisata Air Terjun Guruh Gemurai merupakan salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun luar kota terutama saat liburan. Pesona air terjun guruh gemurai yang menjadi andalan wisata di Desa Kasang Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau memukau ribuan pengunjung yang menyempatkan diri menikmati keindahan dan keunikan objek wisata alami yang terletak berkisar 23 kilometer dari pusat kota pacu jalur.

Air Terjun Guruh Gemurai adalah nama yang di ambil dari keadaan air terjun yang mempunyai curahan air bergemuruh selain itu juga air terjun ini juga memiliki banyak keistimewaan diantaranya lokasi air terjun guruh gemurai mudah dijangkau, aman, namun untuk mencapai tempat wisata air terjun pengunjung akan menjumpai jalan mendaki, sesekali di daerah yang termasuk dalam kawasan Bukit Barisan ini, ditemui juga jalan berkelok.

letak air terjun guruh gemurai foto air terjun guruh gemurai alamat air terjun guruh gemurai peta air terjun guruh gemurai

Objekt wisata air terjun guruh gemurai ini tampak indah, karena lokasinya di kelilingi oleh bukit - bukit yang pepohonannya masih asri dapat anda nikmati saat berada di sekitar air terjun. Anda bisa melihat ratusan pohon dari berbagai jenis menghiasi dan melindungi areal objek wisata air terjun, bahkan sejumlah binatang, burung berkicauan merdu ikut berpartisipasi mengajak pengunjung berdiam lama merasakan teduh dan indahnya ciptaan Tuhan di daerah tersebut hingga saat ini dikenal diberbaga daerah.

Air Terjun Guruh Gemurai berarti air terjun yang bunyi percikan bergemuruh ini, air terjun yang memiliki dua tingkatan tempat jatuhnya air, dimana pada tingkat pertama ketinggiannya sekitar 20 meter serta di dasar air terjun terdapat sebuah kolam yang digunakan oleh pengunjung untuk mandi dan berenang.

Baca Juga: 16 Tempat Wisata Riau Paling Populer

Lokasi Air Terjun Guruh Gemurai

Suasana di sekitar air terjun sangat alami dan airnya sangat jernih ditambah lagi udaranya yang sejuk, dari atas air terjun pengunjung dapat melihat pemandangan daerah Kuantan Singingi yang berwarna hijau menyejukkan mata.

asal usul air terjun guruh gemurai asal mula air terjun guruh gemurai wisata alam air terjun guruh gemurai air terjun guruh gemurai wisata alam kuansing

Air terjun Guruh Gemurai berada di desa Kasang masih berada di kawasan hutan lindung Bukit Betabuh, yaitu di perbatasan Sumatera Barat - Riau,  untuk mencapai lokasi bisa naik bus atau kendaraan sendiri dari Teluk Kuantan ke arah Kiliran Jao - Sumbar dengan akses jalan beraspal. 

Pada jalan bercabang setelah melewati Pasar Tradisional Lubuk Jambi, ambil jalan di sebelah kiri yang menanjak, setelah kurang lebih 15 menit melewati Desa Kasang akan terlihat gerbang masuk Air Terjun Guruh Gemurai di sebelah kanan jalan serta di lokasinya telah tersedia area untuk parkir, panggung terbuka dan mushola.

Fasilitas di Air Terjun Guruh Gemurai 

Di tempat wisata air terjun ini, terdapat fasilitas yang cukup memadai bagi para pengunjung, seperti tempat parkir yang luas, bagi kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4. Selain itu ada juga tempat beristirahat yang sudah di sediakan, sembari melepas lelah, kita juga bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa dari tempat istirahat tersebut. 

Bukan hanya tempat beristirahat, di tempat ini, juga tersedia musholla sebagai tempat beribadah bagi kaum muslim, dan juga tersedia pentas terbuka yang bisa di gunakan untuk melakukan acara seperti ulang tahun, pesta kecil dan tentunya pentas terbuka, 

Untuk masuk ke wisata air terjun guruh gemurai ini, anda akan di kenakan tiket masuk sebesar 2000 rupiah untuk anak-anak dan 3000 rupiah saja untuk orang dewasa. Dan biaya tiket parkir sebesar 2000 rupiah untuk roda 2 dan 5000 rupiah untuk kendaraan roda 4.

Baca Juga: 12 Tempat wisata di Pekanbaru Riau Paling Populer

Biaya untuk tiket masuk ini di gunakan sebagai perawatan, menjaga kebersihan serta untuk menunjang fasilitas-fsilitas yang di butuhkan para pengunjung, agar pengunjung merasakan kenyamanan serta keamanan dalam berwisata. 

Related Posts