Keunikan Tempat Wisata Bukit Jamur Gresik Jawa Timur

shares |

Wisata Bukit Jamur Gresik merupakan tempat wisata di gresik yang terletak di Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur (Jatim), merupakan wisata baru di Gresik yang menjadi salah satu destinasi wisata  di Kota tersebut. Meskipun masih tergolong tempat wisata baru, pesonanya tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di jawa timur.

Tempat wisata ini menjadi tempat rekreasi di Gresik yang lagi hits dan terkenal karena keunikannya. Tempat liburan di gresi ini dikenal dengan bukit jamur, sebag awal mula disebut Bukit Jamur karena wisata alam ini memang memiliki keunikan jika dilihat dari bentuk batu yang ada di daerah wisata tersebut.


Bentuk bebatuan di bukit jamur gresik berdiri koko dengan bentuk menyerupai tumbuhan jamur (lihat gambar jamur). Seperti bentuk tumbuhan jamur yang biasa, anda juga akan melihat batu di bukit jamur ini pada bagian atasnya berbentuk seperti jamur. Luasnya tempat wisata bukit jamur gresik ini sekitar 2 hektare dan berada di tengah perbukitan yang sudah diratakan dengan luas 250 hektare.

Bebatuan di tempat wisata ini terbentuk menjadi seperti jamur secara alami dari bebatuan yang keras berwarna cokelat kehitaman. Sedangkan, batangnya dari tanah berpasir yang berpotensi tergerus, namun meskipun begitu bentuk-bentuk batu yang merupai tanaman jamur ini banyak menarik minat wisatawan untuk melihat secara langsung keunikan bentuk batu ini.

Asal Usul Bukit Jamur Gresik

Sejarah Awal mula/asal usul nama bukit tersebut bukan Bukit Jamur seperti yang terkenal saat ini, melainkan nama awalnya adalah Bukit Dakar. Tapi karena mengingat sebutan nama Dakar itu kurang enak di dengar yang merupakan nama kelamin, akhirnya bukit ini diberi nama Bukit Jamur.


Nama Bukit Jamur ini juga bukan tanpa alasan, bukan hanya nama dakar kurang enak didengar akan tetapi nama bukit jamur didukung juga dari bentuk bebatuan di kawasan bukit ini memang menyerupai tanaman Jamur. 

Beda lagi dengan salah satu nama tempat wisata di Kalimantan Barat, tempatnya berada di kabupaten Bengkayang, bukit jamur di Bengkayang yang penamaannya diambil karena banyaknya tumbuhan jamur alam dibukit tersebut, namun yang menjadi dayatarik utamanya berupa lautan awan.

Terlepas dari sejarah asal usul nama Bukit Jamur, tempat ini sudah menjadi tempat wisata di gresik yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya bagi warga Gresik, Surabaya, Lamongan, Sidoarjo, dan Mojokerto. 

Hal ini terbukti, baru saja tempat wisata ini terekpos sekitar pertengahan 2015, tersebar dari mulut ke mulut dan sosial media (sosmed), anda bisa lihat sendiri setiap Sabtu-Minggu Bukit Jamur ini selalu dipadati oleh pengunjung. 

Meski saat ini berpotensi menjadi destinasi wisata baru di Gresik, namun hal itu belum dapat dimaksimalkan. Sebab, pihak pemilik H Anwar Ilyas dengan bendera PT Pondok Bungah Indah berencana menyulap lahan seluas 250 hektare itu menjadi kawasan hunian berkonsep kota mandiri.

Namun ada beberapa alternatif yang bisa dimaksimalkan untuk kawasan Tempat Wisata Bukit Jamur Di antaranya, pihak pengembang PT Pondok Bungah Indah menjadikan Bukit Jamur sebagai lokasi wisata yang dikembangkan pihaknya. 

Jam Buka Wisata Bukit Jamur Gresik


Untuk jam buka tempat wisata bukit jamur hanya hari sabtu-minggu saja, untuk hari lainnya wisata bukit jamur ini ditutup untuk umum. Bagi anda yang penasaran ingin mengunjungi dan melihat secara langsung keunikan bukit jamur untuk berkunjung pada hari tersebut, jika anda berkunjung di hari lain pasti akan kecewa karena tempat ini tidak buka untuk umum.

Tiket Masuk di Bukit Jamur Gresik

Selain bisa menjadi referensi berwisata mengisi liburan anda saat akhir pekan, Bukit Jamur menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat setelah dari perjalanan. Untuk dapat masuk ke obyek wisata bukit jamur, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Pengunjung hanya ditarik biaya parkir saja. Parkir sepeda motor hanya dikenakan Rp3.000 dan kendaraan roda empat dikenakan Rp5.000.

Baca Juga: Wisata Kebun Kurma Pasuruan, Destinasi Baru Yang lagi Hits

Lokasi Tempat Wisata Bukit Jamur Gresik

Alamat lengkap bukit jamur gresik  ini lokasinya berada di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, Jawa timur, Indonesia. Untuk Akses ke lokasi wisata ini terbilang cukup mudah, jika anda dari kota Gresik hanya berjarak sekitar 18 km ke arah Wisata Bahari Lamongan. Namun sayangnya saat ini belum ada petunjuk jalan yang dapat dipakai para traveler.


Karena itu, untuk pengunjung dari luar kota harap bertanya terlebih dahulu sesampainya di Kecamatan Bungah agar tidak tersesat. Meskipun begitu anda bisa menjadikan patokan setelah sampai di pertigaan Bungah ada dua jalur yang dapat digunakan untuk menuju lokasi Bukit Jamur.

Anda dapat ambil jalur ke Kecamatan Dukun dan ke Kecamatan Sidayu. Untuk arah ke Kecamatan Dukun, tepatnya 500 meter ada jalan ke kanan menuju bukit. Tetapi sekarang sudah ditutup portal. Sedangkan arah Kecamatan Sidayu menjadi satu-satunya keluar masuk destinasi yang mengandalkan pesona alam tersebut.

Tepat di depan Gedung Olahraga Tiga Putra ada jalan masuk ke perbukitan, Jalannya masih terdiri dari flinstones masuk hingga pintu gerbang wisata bukit jamur yang berportal.

Related Posts