Pulau Derawan dan Keindahan Pantainya Yang Memikat

shares |

Wisata Alam Pulau Derawan Kalimantan Timur- Tentu sebagaian orang sudah kenal dengan Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan sebuah daerah yang kaya akan tambang batu bara, tambang timah, atau mungkin tambang minyak bumi.

Terlepas dari bahan tambangyang ada kalimantan timur, Provinsi ini juga terkenal akan sektor pariwisata. Banyak Tempat-tempat wisata yang sangat indah mempesona ada di daerah tersebut, tepatnya berada di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

pulau derawan pulau derawan indonesia pulau derawan kalimantan pulau derawan kaltim menikmati kerajaan penyu pulau derawan di kalimantan

Pulau Derawan (derawan island) adalah sebuah tempat wisata yang layak disebut sebagai surga wisata bahari yang memikat, karena derawan menyajikan sebuah keindahan wisata alam baik diatas laut maupun didalam laut yang sungguh mengagumkan,

bukan hanya itu saja, Pulau Derawan menyajikan wisata bahari yang tak kalah menarik di bandingkan tempat lain. Disekitar perairan Pulau Derawan juga terdapat taman laut yang digunakan untuk wisata diving dengan kedalaman kurang lebih 5 meter.

Di taman laut pulau derawan anda dapat menikmati beraneka macam biota laut yang hidup dan berkembang secara berdampingan, diantaranya beraneka jenis terumbu karang, ikan pipa, cumi-cumi, kuda laut, gurita, belut pita, dan ikan skorpion. 

Dari atas laut, Pulau Derawan menyajikan sebuah hamparan pemandangan permukaan air laut yang berwarna gradasi biru dan hijau, hamparan pasir putih pantai derawan, barisan pohon kelapa di pesisir pantai, serta rumah-rumah sederhana sebagai penginapan (homestay).

pulau derawan berau kaltim pulau derawan kabupaten berau pulau derawan terletak di pulau derawan kalimantan timur pulau derawan di berau

Bagunan yang menjorok ketengah laut hampir 100 meter yang membuat anda dapat menikmati beraneka ikan warna-warni dan penyu yang berlalu lalang secara bebas dibawah anda. Pengunjung juga dapat meninjau beberapa pulau lainnya yang masih berada di sekitar Pulau Derawan yang tentunya memiliki keunikan wisata bahari tersendiri. 

Keunikannya seperti melihat ikan pari hitam yang memiliki lebar diameter 6 meter, ketam kelapa, lumba-lumba, penyu hijau, penyu sisik, paus, dugong, hingga danau yang berada ditengah laut. 

Sungguh tempat wisata yang sangat mengagumkan, tak heran tempat wisata ini sangat terkenal sampai mancanegara bahkan menduduki peringkat ketiga teratas di dunia sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Paling Terkenal

Akses Menuju Lokasi Pulau Derawan

Untuk menuju ke Pulau Derawan sangat mudah, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Balikpapan, selanjutnya terbang ke Tanjung Redep selama satu jam dengan menggunakan pesawat DAS, Deraya, atau KAL Star.

Selanjutknya anda dapat dengan menyewa motorboat ke Pulau Derawan. Selain menggunakan pesawat, Tanjung Redep dapat dicapai dengan jalur laut menggunakan kapal dari Samarinda atau Tarakan.

Fasilitas di Pulau Derawan

Pulau Derawan menyediakan berbagai fasilitas seperti cottage, peralatan menyelam, speedboat, yang bisa anda manfaatkan dan gunakan selama mengisi waktu liburan anda di derawan. Di Pulau derawan juga sudah tersedia  restoran jadi jangan kuatir dan tidak perlu membawa bekal makanan karena sudah tersedia di tempat tersebut.

Bagi yang mau menginap di pulau derawan bisa dengan menyewa Homestay di Rumah penduduk sekitar dengan harga Rp. 250.000. Di atas itu ada cottage yang di bangun di atas laut (Sekitar Rp. 300.000) jika menyewa Resort harganya di atas lima Ratus Ribu Rupiah hingga jutaan Rupiah.

Related Posts