7 Tempat Wisata Kalimantan Utara Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

shares |

Tempat Wisata Kalimantan UtaraUtara Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak.

Dengan kondisi alam begitu luas Kalimantan Utara banyak menyimpan destinasi wisata menarik. Sektor wisata yang tersaji di kalimantan utara tidak kalah menarik jika di sandingkan dengan tempat wisata Kalimantan Timur, tempat wisata Kalimantan Selatan, serta tempat wisata Kalimantan Barat.  

Meskipun provinsi ini merupakan provinsi termuda di Indonesia, hasil pemekaran dari kalimantan timur pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012. Berkunjung ke Kalimantan Utara merupakan sebuah keharusan untuk membuktikan suguhan destinasi wisata dan segala keindahannya.


Tempat Wisata Kalimantan Utara obyek wisata kalimantan utara tempat wisata di tarakan kalimantan utara tempat wisata di daerah kalimantan utara objek wisata provinsi kalimantan utara objek wisata alam kalimantan utara tempat wisata di malinau kalimantan utara tempat wisata alam di kalimantan utara tempat wisata yang ada di kalimantan utara

Bagi yang belum terlalu mengenal provinsi Kalimantan Utara terutama tempat-tempat wisata menarik yang ada di Provinsi tersebut, berikut 7 tempat wisata Kalimantan Utara Yaang Menarik untuk anda Kunjungi saat berada di provinsi termuda di Indonesia ini.

Tempat Wisata Kalimantan Utara

1. Penangkaran Buaya Juwata

Penangkaran Buaya Juwata

Penangkaran Buaya Juwata, kawasan ini letaknya berada di Desa Karang Harapan. Penangkaran Buaya Juwata merupakan rumah tempat tinggal buaya yang hadir dari beberapa wilayah di Kalimantan. Kawasan ini merupakan wisata unggulan di Tarakan. Luas wilayah Penangkaran Buaya Juwata ± 5 hektar, kawasan ini berdiri sejak tahun 1991. 

Kunjungi saja Desa Karang Harapan Kota Tarakan Barat jika saja penasaran dengan keberadaannya. Kawasan Penagkaran Buaya Juwata setidaknya mengoleksi 3 jenis buaya, yakni: buaya supit, buaya muara, serta buaya air tawar. 

2. Pantai Amal

Pantai Amal

Pantai Amal adalah sebuah pantai yang identik dengan berjejernya pohon kelapa sebagai pelengkap keindahannya sebagai mana umumnya pantai-pantai di indonesia. Pantai Amal dilengkapi dengan jejeran pohon kelapa, terlihat indah manakala pohon-pohon kelapa tersebut tertiup angin, terkesan melambai-lambai. 

Pantai Amal berada di Desa Pantai Amal, ber-Kecamatan di Tarakan Timur. Pantai Amal merupakan pantai yang terbagi dua, Pantai Amal Lama Juga Pantai Amal Baru, keduanya sangat mempesona juga sangat menakjubkan. 

Birunya air laut membilas pasir di bibir pantai, menambah kesan indah yang tak terbantah. Kondisi tersebut membuat kita betah untuk bisa bertahan lama menikmatin keindahan pantai ini.

3. Museum Rumah Bundar

Museum Rumah Bundar

Museum Rumah Bundar ini adalah sebuah bangunan museum, memiliki keunikan yang tidak biasa dilihat, karena Museum Rumah Bundar datang dari bentuk atapnya yang membentuk setengah lingkaran. Museum Rumah Bundar banyak menyimpan benda-benda warisan bersejarah pada zaman kolonialis Belanda dan Jepang tempo dulu. 

Museum Rumah Bundar letaknya berada di Jalan Danau Jempang. Berkunjung ke Provinsi Kalimantan Utara dan mampir di Museum Rumah Bundar merupakan sebuah kegiatan wisata budaya juga wisata sejarah yang sangat berharga. 

Menelusuri warisan-warisan tempat, juga benda-benda peninggalan bersejarah memberikan tambahan wawasan yang sangat berharga dan tidak ternilai.

4. Wana Wisata Persemaian


Wana Wisata Persemaian

Wana Wisata Persemaian, ini merupakan tempat anda bisa melihat hewan juga tumbuhan yang hidup langsung di alam liar, namun di lindungi mungkin merupaka sebuah pemandangan yang langka. Pemandangan langka tersebut akan kita dapatkan di Wana Wisata Persemaian. 

Hutan lindung yang berada di bawah lindungan Inhutani Kota Tarakan, memberikan sensasi tersendiri jika kita berkunjung ke Provinsi Kalimantan Utara. Wana Wisata Persemaian ini merupakan tujuan banyak wisatawa yang sedang berkunjung di kalimantan Utara.

5. Pantai Batu Lamampu


Pantai Batu Lamampu

Pantai Batu Lamampu ini menjadi objek wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi oleh anda jika sedang berada/berkunjung ke Kalimantan Utara. suasana di pantai dengan angin sepoi-sepoi dan juga adanya sejarah dari penamaan tempat ini sendiri. 

Tempat wisata di kalimantan Utara paling bagus ini terletak di Daerah Sebatik. Yang mana ketika air laut pasang maka akan menimbulkan batu yang disebut dengan Lamampu. Itu yang menjadi sejarah awal mula menjadi sebutan Pantai Batu Lamampu.

6. Gunung Putih

 Gunung Putih

Tempat wisata Gunung putih sangat Cocok sekali untuk wisatawan yang suka memanjat tebing namun kalau anda masih ragu bisa menggunakan tangga yang sudah disiapkan. Pamandangan di Gunung Putih ini sangat eksotis, dimana banyak sekali ditemukan bak ukiran relief-relief yang dibuat oleh seorang seniman berkelas. 

Nah kalau anda ingin pergi ke tempat wisata di Kalimantan Utara paling menantang dan indah ini jangan lupa untuk membawa tenda. Karena di malam hari dari atas gunung putih sangat romantis untuk bersantai bersama dengan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan.

Baca Juga: Pesona Taman Nasional Kayan Mentarang

7. Pantai Tanah Kuning

Pantai Tanah Kuning

Objek wisata pantai tanah kuning ini masih benar-benar alami dengan air yang masih jernih dan pasir yang berwarna Kuning. Di pantai ini anda bisa menikmati keindahan alam yang ada disekitarnya dan menghirup udara yang segar. 

Pantai Kuning yang ada di Daerah Derawan ini terkenal dengan populasi ikannya yang sangat banyak. Tak heran wisatawan yang pulang dari tempat wisata di Kalimantan utara paling indah ini selalu membawa oleh-oleh ikan segar.

Nah itu tadi 7 tempat wisata Kalimantan Utara yang bisa anda kunjungi saat anda berada / berkunjung di Kalimantan Utara. Sebetulnya masih banyak sekali tempat-tempat wisata di kalimantan utara yang bisa anda jadikan referensi saat berkunjung. 

Meskipun masih belum optimal dalam pengelolaannya namun dengan keindahan dan kealamiannya bisa membuat kesan tersendiri bagi setiap wisatawan yang suka dengan suasana alami.

Related Posts