12 Tempat Wisata Alam di Sumatera Selatan Yang Paling Terkenal

shares |

Tempat Wisata Alam di Sumatera Selatan- Provinsi Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang berada di pulau sumatera dengan ibu Kota Provinsi Palembang. Palembang ini merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota Palembang sendiri sudah terkenal karena kota ini merupakan pusat dari Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal.

Terlepas dari sejarah Sumatera selatan yang terkenal, Sumatera Selatan juga mempunyai segudang tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah terutama wisata alamnya. Jika anda ingin berlibur ke suatu tempat, Sumatera Selatan ini tempat wisata yang cocok buat menghabiskan waktu liburan anda.

objek wisata alam di sumatera selatan tempat wisata alam sumatera selatan objek wisata alam sumatera selatan

Ada Beberapa Tempat Wisata Alam yang paling terkenal di Sumatera Selatan dapat anda jadikan referensi untuk traveling saat berada di Suamatera Selatan provinsi yang beribu Kota Palembang ini. Berikut tempat wisata Alam Sumatera selatan yang bisa anda Kunjungi saat liburan.

Tempat Wisata Alam di Sumatera Selatan  Yang Paling Terkenal

1. Air Terjun Lematang

Air Terjun Lematang air terjun lematang indah air terjun lematang kota pagaralam sumatera selatan air terjun lematang pagar alam air terjun lematang jangkat

Air Terjun Lematang ini merupakan salah satu tempat wisata di provinsi Sumatera Selatan yang cukup diminati wisatawan. Air Terjun Lematang terletak di kota Pagar Alam,  Air Terjun Lematang dengan panorama indah di sekelilingnya ini  memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 40 meter. Air terjun Lematang mempunyai pemandangan yang masih alami dan asri. 

Harga tiket masuk Air Terjun Lematang Indah adalah 4,000 Rupiah per orang. Selama perjalanan menuju Air Terjun Lematang  anda tidak akan bosan karena anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan.

Bila Anda ingin berkunjung pada musim hujan harap berhati-hatilah karena tangga yang ada di Air Terjun Lematang Indah dapat menjadi sangat licin bila terkena hujan karena masih jalan tanah.

2. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari air terjun bidadari lahat air terjun bidadari palembang

Air Terjun Bidadari memiliki keunikan dan keindahan yang akan membuat Anda kagum dan tidak bosan menikmati wisata alam ini. Di tepian sungai, tumbuh pohon-pohon rindang membentuk sebuah goa, sehingga membuat suasana semakin teduh. Pepohonan yang tumbuh antara lain mahoni dan bambu. 

Di sekitar lokasi Air Terjun Bidadari, terdapat juga air terjun lainnya  diantaranya adalah Air Terjun Bujang Gadis,  Air Terjun Naga, dan Air Terjun Sumbing. Air Terjun Bidadari terletak di Lahat, Sumatera Selatan.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, lebar atas sekitar 10 m, dan lebar kolam sekitar 15 meter.  Dari kolam inilah air mengalir ke Sungai Lematang melalui sungai kecil.

3. Air Terjun Temam

alamat air terjun temam air terjun temam di lubuklinggau air terjun temam kota lubuklinggau air terjun temam lubuk linggau air terjun temam di lubuk linggau air terjun temam palembang wisata air terjun temam

Air Terjun Temam ini merupakan air terjun yang berasal dari aliran sungai Temam yang  kondisi air masih bersih dan bebas dari sampah. Wisatawan yang datang mengambil foto dari atas dan dengan background air terjun, atau dari posisi depan air terjun, sambil menikmati hempasan embun air terjun dan dengan mendekat sambil bermain air di kolam yang berada di bawah air terjun.

Bagi yang punya nyali, bisa terjun dari atas air terjun ke kolam yang mempunyai kedalaman sekitar 4 meter ini. Air Terjun Temam terletak sekitar 50 m dari jalan yang menghubungkan antara Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahma, Kota Lubuk Linggau, Propinsi Sumatera Selatan.

Berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Lubuk Linggau, menuju ke arah selatan, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.  Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun Team ini berbentuk memanjang, dengan lebar mencapai 25 meter, sementara tingginya hanya 12 meter.

4. Air Terjun Curug Maung

Air Terjun Curug Maung air terjun curup maung air terjun curug maung lahat air terjun curup maung di lahat gambar air terjun curup maung

Air terjun curug maung ditemukan oleh warga sekitar awal tahun 2014, Air Terjun Curup Maung ini menjadi buah bibir di kalangan pecinta alam dan wisatawan, bahkan sempat menjadi trending topic dibeberapa situs destinasi wisata nasional.

Air terjun Curup Maung memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar yang hampir sama dengan tingginya. Air Terjun Maung ini lebih populer dengan sebutan Curup Maung dengan pemandangan alam disekitar lokasi Curup Maung yang masih sangat hijau dan alami, menjadi daya tarik utama wisatawan.

Air terjun curug maung terletak di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu., Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.   Berjarak sekitar 25 Km dari ibukota Lahat atau 220 Km dari Palembang. 

5. Danau Ranau

Danau Ranau danau ranau lampung barat danau ranau oku selatan danau ranau lampung danau ranau sumsel

Wisata Danau Ranau cukup menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan pecinta traveling dengan nuansa ketenangan, karena kawasan wisata danau ranau ini masih mempunyai keindahan alam masih asri serta jauh dari polusi.

Danau Ranau Sumatera selatan ini sangat cocok bagi anda untuk refresing dari kegiatan sehari-hari yang melelahkan dan menghilangkan sejenak kebisingan kota. Lokasi Wisata danau Ranau terletak di Kampung Lombok, Kec. Sukau, Kab. Lampung Barat.

Danau Ranau diresmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Lampung barat, fasilitas seperti Hotel yang bertaraf Bintang 3  dengan fasilitas lengkap sangat cocok sebagai tempat bulan madu anda dengan suasananya yang tenang.

6. Bukit Siguntang

bukit siguntang angker bukit siguntang kapal bukit siguntang mahameru bukit siguntang palembang peta

Bukit Siguntang merupakan sebuah tempat wisatasejarah di Palembang. Bukit Siguntang begitu merupakan tempat wisata yang memiliki titik tertinggi di Kota Palembang yang menyimpan banyak cerita sejarah dan misteri. Sepanjang mata memandang hanya terlihat sejumlah pohon rindang, kursi dan gazebo yang dibangun di sekeliling Bukit Siguntang.

Kesan angker akan terasa saat menuju ke puncak bukit karena Anda akan melihat sebuah makam pertama (makam dari Panglima Tuan DjungDjungan) dari 7 makam yang terdapat di bukit ini. Cocok bagi anda yang suka mengeksplore tempat wisata yang membutuhkan nyali.

Selain itu tempat wisata bukit siguntang mempunyai tempat yang indah karena letaknya berada dibukit ini banyak menyuguhkan pemandangan yang bisa diminati pengunjung bukit siguntang dan akan betah berlama-lama disana tentu jangan datang sendirian biar lebih menyenangkan dan tidak takut tentunya.

7. Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna

Tempat wisata Sungai manna cukup lebar pada bagian awalnya, sedangkan 15 Km berikutnya jalur sungainya sempit, sehingga mempunyai arus cukup deras dan bergemuruh, sehingga sangat cocok dan cukup menantang bagi Anda yang menggemari olah raga Arung Jeram.

Arung Jeram Sungai Manna merupakan tempat wisata yang menawarkan tantangan arung jeram dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Sungai manna terletak di Kecamatan Tanjungsakti, sekitar 40 km dari kota Pagaralam.

Jalur sungai yang begitu jeram dengan dinding batuan padas pada pinggiran sungai, ditambah arus yang membentuk cekungan dan juga arus memutar. Dari kanan kiri terlihat tebing-tebing yang menawarkan pemandangan alam hutan hujan tropis yang sangat indah.

8. Gunung Dempo

Gunung Dempo gunung dempo meletus gunung dempo palembang gunung dempo di pagaralam gunung dempo terletak di gunung dempo sumsel

Gunung Dempo adalah sebuah gunung yang mempunyai ketinggian hingga 3,195 meter, dan memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit hutan Montane serta Hutan Ericaceous atau yang disebut hutan gunung. Gunung ini terletak pada perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Untuk bisa mencapai desa terdekat, Anda harus terlebih dahulu mencapai kota Pagar Alam, lebih kurang 7 jam perjalanan darat dari Palembang. Dari Palembang tersedia banyak bus yang menuju arah Pagar Alam, salah satunya bus Dharma Karya.

9. Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu hutan wisata punti kayu palembang hutan wisata punti kayu di palembang taman hutan wisata punti kayu

Tempat wisata Punti Kayu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran pada akhir pekan. Di sini anak-anak juga bisa bermain menaiki gajah, melihat kebun binatang mini, mandi di kolam renang, atau sekedar duduk bersantai di antara pepohonan pinus.

Yang lebih mengasyikkan, acapkali diadakan hiburan yang dimeriahkan oleh artis lokal maupun luar kota yang siap menghibur pengunjung. Hutan Wisata Punti Kayu terletak lebih kurang 7 km dari pusat kota dan ditetapkan sebagai hutan lindung sejak tahun 1998.

Tempat wisata Punti Kayu ini dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan.  Hutan Wisata dengan luas 50 ini juga terdapat sebuah area rekreasi keluarga serta menjadi tempat hunian monyet lokal.  

10. Goa Putri

legenda goa putri sumsel legenda goa putri palembang lokasi goa putri

Goa Putri berlokasi di Desa Padang Bindu. Untuk dapat mencapai lokasi Goa Putri dibutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan dari kota Palembang. Dengan rincian perjalanan sekitar 5 jam ke Baturaja dan 1 jam menuju arah Goa Putri.

Mengenai tarif transportasi cukup terjangkau. Oleh karena itu banyak para wisatawan yang gemar berkunjung di tempat wisata ini.

11. Pulau Kemaro

pulau kemaro palembang adalah alamat pulau kemaro palembang artikel pulau kemaro asal pulau kemaro

Pulau Kemaro merupakan salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal. Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, tak jauh dari Jembatan Ampera Palembang, hanya sekitar 6 km jaraknya. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah.

Di Pulau Kemaro terdapat beberapa hal menarik, misalnya pagoda berlantai 9 yang dibangun pada tahun 2006, dan pohon cinta. Masyarakat setempat percaya bahwa bila sepasang kekasih mengukir namanya di pohon cinta ini, maka hubungan cinta mereka akan berlanjut sampai dengan pernikahan.

Di Pulau ini juga terdapat sebuah makam, yang dipercaya sebagai makam dari seorang putri Palembang.  Keberadaan makam putri ini mempunyai cerita legenda sendiri, diceritakan bahwa sang putri menikah dengan seorang pangeran dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, namun karena suatu hal, pasangan tersebut menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam.

12. Taman Kambang Iwak

taman wisata kambang iwak taman kota kambang iwak taman kambang iwak palembang taman wisata kambang iwak palembang

Taman Kambang Iwak adalah satu tempat wisata yang telah ada sejak jaman Belanda.  Dahulu, konon taman ini merupakan  tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar lokasi Taman Kambang Iwak.

Kini Taman Kambang Iwak merupakan salah satu tempat wisata favorit di Palembang, Sumatera Selatan. Banyak pengunjung berlari pagi di taman ini, sambil mengelilingi kolam sepanjang lebih dari 800 meter, menikmati keindahan landscape di sana.

Selain memiliki berbagai fasilitas permainan, di taman ini tedapat banyak restoran, tempat yang cock untuk berkumpul anak muda. Taman Kambang Iwak terletak di Jalan Tasik, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Baca Juga: Wisata Religi di Museum Al Qur'an Raksasa Kota Palembang.

Related Posts