12 Air Terjun / Curug Andalan Tempat Wisata Majalengka di Jawa Barat

shares |

Tempat Wisata MajalengkaMajalengka nama itu sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia jika mendengarnya. Kabupaten Majalengka merupakan salah satu dari beberapa kabupaten yang ada di di Jawa Barat. Bagian utara wilayah kabupaten ini merupakan daerah dataran rendah, sedang untuk di bagian selatan berupa pegunungan dan ada Gunung Ciremai  yang tingginya sekitar 3.076 m berada di bagian timur di perbatasan dengan Kabupaten Kuningan.

Gunung ini adalah gunung tertinggi di Jawa Barat, dan merupakan letak wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai. Majalengka jika dilihat dari topografi  merupakan daerah yang banyak di dominasi pegunungan, tentu menyimpan sejuta pesona alam menarik untuk di eksplore.

Tempat  Wisata curug di Majalengka tempat wisata curug di majalengka tempat wisata air terjun di majalengka tempat wisata curug maja majalengka

Kali ini akan membahas yang berkaitan wisata alam di majalengka yang letaknya di wilayah daerah dataran tinggi/pegunungan tentu tidak bisa dipisahkan dengan wisata air terjun atau biasa di sebut dengan istilah Curug untuk tujuan liburan.

Banyak sekali wisata air terjun di majalengka bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan di akhir pekan, untuk sekedar menikmati pemandangan indah di sekitar air terjun atau untuk melepas kepenatan dengan suasana tenang yang alami.

Berikut ada 12 Obyek wisata curug/air terjun menarik di majalengka, Jawa Barat yang bisa anda kunjungi sebagai referensi liburan, atau mencari suasana alam yang tenang:

1. Curug Cipeureus

Curug Cipeureus

Curug Cipeureus sama dengan Curug Awul, masih belum dikelola sebagai asset wisata bagi penduduk setempat. Terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Bantarujeg, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 12 meter ini letaknya agak sulit dijangkau kendaraan roda empat atau roda dua.

Untuk sampai dilokasi anda harus berjalan kaki dari balai desa setempat kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Namun sayang, karena lokasi curug yang berada diatas hamparan sungai sehingga saat musim hujan tidak bisa dinikmati pengunjung. Hanya musim kemarau anda bisa menikmati indahnya pemandangan air dari bawah sungai.

2. Curug Awul

Curug Awul Wisata Majalengka di Jawa Barat

Curug dengan ketinggian kurang lebih 5 meter ini sama sekali belum disentuh pesona keindahannya, karena memang letaknya dipelosok dan dibawah rimbunan pepohonan yang sejuk, yakni di Blok Ciatayam Desa Cibodas, Kecamatan Majalengka.

Untuk mencapai curug ini bisa dibilang mudah dan terjangkau walau sebenarnya tidak semudah menyusuri sungainya. Jalan menuju curug ini sudah ada aksesnya, karena terbiasa dilewati oleh penduduk setempat.

Sebelum mencapai lokasi, harus melewati kebun dan beberapa peternakan domba dan sapi menuruni bukit, namun sedikit menyusuri sungai. Jarak dari penduduk hanya 1 km kurang lebih atau sekitar 45 menit dari pusat Kota Majalengka.

3. Curug Campaga

curug campaga curug campaga majalengka curug campaga talaga majalengka

Curug Campaga terletak di Desa Campaga, Kecamatan Talaga.  Dengan bebatuan hitam kecoklatan, air terjun yang terbelah dua kemudian menuju satu arah ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Untuk mencapai lokasi tidaklah sulit, karena masyarakat desa setempat sudah hampir mengetahui tempat ini

Kawasan curug ini akan di jadikan sebagai tempat wisata andalan di majalengka, sehingga mampu lebih menyodot lebih banyak pengunjung baik dari Majalengka maupun luar Majalengka.

4. Curug Situhiang

 curug situhiang curug situhiang kulur kabupaten majalengka jawa barat curug situhiang kulur

Destinasi curug yang juga masih belum tersentuh bahkan jarang sekali pengunjung kelokasi ini, hanya sejumlah komunitas pecinta alam saja yang hilir mudik di curug ini. Untuk bisa menikmati pesonanya, memang terbilang sulit karena harus menggunakan roda doa atau empat jenis offroad.

Jika terpaksa menggunakan roda dua biasa juga harus hati-hati, karena untuk sampai dilokasi jalanan menanjak dan menurun bahkan dikanan kiri terdapat jurang. Namun  eksotika keindahan curug yang berada di Blok Siriwati Desa Anggrawati, Kecamatan Maja ini tak kalah dengan pesona air terjun lainnya.

5. Curug Ciwanda

 curug ciwandan curug ciwandan majalengka

Curug Ciwanda  ini sangat cocok bagi anda yang menyukai alam bebas karena di curug ini anda bisa menikmati keindahan curug yang masih sangat alami dengan dipandu warga setempat. Curug ini baru dipublikasikan ke masyarakat luas oleh komunitas pecinta alam atau ngetrip Majalengka yang sebagian besar mahasiswa/mahasiswi dari salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Kota Angin ini.

Curug Ciwanda yang terletak di Desa/Kecamatan Lemah sugih ini memang cukup lumayan jauh perjalannya dari pusat kota sekitar 1 jam. Baca Juga: Arung Jeram/ Rafting Citarik Sukabumi Jawa Barat

6. Curug Puntang

curug puntang majalengka curug puntang bandung puntang curug siliwangi curug cikahuripan puntang curug gunung puntang bandung curug cikahuripan gunung puntang curug gentong gunung puntang

Karena letaknya tersembunyi nama Curug Puntang yang terletak di Desa Cengal, Kecamatan Maja atau sekitar 6 kilometer dari Kota Majalengka dengan jarak tempuh sekitar 2 jam memang masih asing bagi masyarakat Majalengka sendiri, namun jika melihat secara dekat.

Decak kagum pasti akan terucap meski posisinya yang berada di jurang terjal namun dengan ketinggian air sekitar 15 meter ini, anda bisa bermain air sambil menghirup sejuknya udara. Anda penasaran dengan sepuluh pesona air terjun di Kabupaten Majalengka, silahkan kunjungi bersama komunitas anda atau bersama teman sambil menghirup udara segar indahnya alam pegunungan.

Masih banyak sebenarnya sejumlah nama curug yang ada di Kabupaten Majalengka, namun tentu kita harus mencapai lokasi yang lumayan sulit dan memacuh andrenalin karena memang eksotika alam Majalengka pegunungan yang turun dan naik belum lagi akses jalan yang masih harus mendapat uluran tangan dan kepedulian pemerintah daerah sebagai kewajibannya

7.Curug Sempong

Curug Sempong curug sempong sidamukti majalengka curug sempong di majalengka curug sempong kecamatan majalengka jawa barat lokasi curug sempong alamat curug sempong alamat curug sempong majalengka

Entah siapa yang pertama kali menamakan sempong, namun yang anda tidak akan menyesal meski harus basah-basahan air di lokasi ini. Untuk mencapai curug ini cukup muda, bagi anda yang datang dari Kadipaten sebelum mencapai kota Majalengka akan disambut tulisan Kota Majalengka.

Nah, masih sekitar 2 kilometer sebelum kawasan Bunderan Indah Munjul (BIM) tepatnya anda bisa berputar arah lagi menuju lokasi kawasan Paralayang yang terletak di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka.

Menuju lokasi curug, masih bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua kok, meski untuk sampai benar dilokasi curug anda hanya bisa jalan kaki. Di curug ini, kita bisa menikmati keelokan aliran air terjun yang dikepung oleh tebing-tebing batu berwarna gelap dan coklat.

Meski baru dibuka sekitar tahun 2013 lalu, namun destinasi curug ini mampu menyedot pengunjung hampir setiap hari sekitar 20-50 orang memanjakan diri di curug ini jika hari kerja, diluar hari kerja atau libur pengunjung mencapai 100 orang. Penasaran, silahkan kunjungi pesona curug sempong ini.

8. Curug Tonjong

Curug Tonjong curug tonjong teja kabupaten majalengka jawa barat

Curug yang pernah ditutup pihak Pemerintah Desa ini akhirnya kembali dibuka akhir tahun 2014 lalu, entah alasan pasti kenapa ditutup. Namun Curug yang terletak di di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh ini bisa ditempuh sekitar 20 Kilometer dari pusat kota Majalengka.

Meski tidak terlalu tinggi, namun pesonanya mampu menyedot pengunjung sama seperti wisata curug lainnya. Hampir setiap hari ada saja pengunjung yang menikmati pesona air terjun yang memiliki sekitar ketinggian 6 meter ini.

9. Curug Sawer 

curug sawer sukabumi curug sawer cililin curug sawer pandeglang curug sawer tasikmalaya curug sawer bogor curug sawer cisaat curug sawer kuningan curug sawer majalengka

Curug Sawer ini masuk kedalam wilayah Majalengka Jawa Barat ini adalah salah satu objek wisata yang masih belum dikelola dan hanya segelintir orang saja yang mengetahui tempat ini. Mengingat tempat lokasi yang masih harus ditempuh dengan berjalan kaki tentunya akan sangat mengasyikkan utamanya bagi anda yang memiliki jiwa petualang.

Curug yang masih asri dan belum terjamah pembangunan ini menjanjikan keindahan pemandangan alam yang tentunya tidak akan kalah menarik dengan objek wisata lain. Hal ini dikarenakan curug ini memiliki cirri khas yakni masih sangat alami sehingga jika anda berada dalam kawasan Curug Sawer anda akan merasakan suasana alam yang sesunggahnya

Lokasi tempat wisata ini berjarak sekitar 10KM sebelah timur kota Maja. Dapat ditempuh dengan kendaraan umum yakni dari terminal Maja yang menuju ke desa Argalingga, Air tejun atau Curug Sawer Majalengka ini terletak dikampung Apuy,  tepatnya berada di desa Argomukti yang termasuk dalam wilayah  kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka di Provinsi Jawa Barat

10. Curug Baligo

Curug Baligo curug baligo kecamatan majalengka jawa barat indonesia curug baligo kecamatan majalengka wisata curug baligo jalan curug baligo tempat wisata curug baligo alamat curug baligo

Curug Baligo merupakan obyek wisata yang masuk dalam wilayah majalengka, curug. air terjun ini termasuk cukup lumayan tinggi, meskipun belum terlalu terkenal seperti wisata air terjun lainnya di majalengka namun  untuk keindahan alamnya memiliki peosna alam yang menawan dan tidak akan menyesal jika anda liburan ke tempat ini.

Kawasan curug Baligo yang asri dan udara yang sejuk memberi nilai tambah di curug yang sedang mulai terkenal ini. Curug Baligo atau Air terjun Baligo, merupakan objek wisata air terjun yang terletak di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi atau lebih tepatnya berada di Blok Baligo.

Akses jalan menuju tempat wisata cukup mudah dilalui dan beraspal. Jarak tempuh dari Kota Cirebon maupun Majalengka hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di lokasi.

11. Curug Pelagi

Curug Pelagi curug pelangi curug pelangi alamat curug pelangi bandung curug pelangi bogor curug pelangi bandung barat

Curug / Air Terjun Cimahi ini, memiliki ketinggian sekitar 87 m, merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. dinamakan Curug Embun Pelangi dikarenakan embun akibat jatuhnya air sungai tersebut terkena cahaya matahari sehingga muncul pelangi disekitar curug.

Akan tetapi pelangi ini hanya muncul ketika hari cerah. Selain melihat air terjun, baraya bisa panorama tebing batu cadas yang mengapit sungai Cilongkrang. Curug Embun Pelangi atau warga sekitar biasa menyebutnya Curug Ibun terletak di Desa Sukadana Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka.

Pemandangan yang dilalui menuju lokasinya curug pelangi sangat mudah, jalurnya sama dengan jalur menuju Argalingga atau Curug Muara Jaya/Apuy, atau kurang lebih 3 KM dari Kota Kecamatan Maja.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Tasikmalaya Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

12. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya curug muara jaya kecamatan majalengka curug muara jaya mp3 curug muara jaya video curug muara jaya

Curug muara jaya atau curug maja adalah jenis air terjun yang bertingkat atau cascade dengan tinggi terjunan air keseluruhan mencapai sekitar 73 meter. Terdapat 2 tingkat air terjun di sana, tingkat yang pertama merupakan air terjun utama yang jatuh air tersebut dari ketinggian mencapai sekitar 60 meter di dinding tebing berbatu, sementara tingkat yang ke dua merupakan air terjun yang lebih pendek jaraknya hanya setinggi sekitar 13 M.

Tempat wisata Curug Muara JayaLokasi Berada di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Majalengka, Jawa Barat. Untuk masuk ke tempat wisata ini harus membayar Harga ticket sebesar Rp 6000/ orang serta parkir yaitu Rp 2000 untuk kendaraan roda dua. Untuk anda yang mau berkemah di bumi perkemahan dekat air terjun harus membayar harga karcis Rp 3. 500 per orang.

Related Posts