Keunikan Tempat Wisata Danau Kaolin di Belitung

shares |

Tempat Wisata Danau Kaolin di Belitung - Danau Kaolin adalah danau yang terbentuk di area-area bekas penambangan kaolin atau clay yang menjadi salah satu kekayaan alam Bangka Belitung. Sejak Tahun 1851 penambangan timah di Belitung dimulai oleh John Francis Loudon, di mana dengan seiring berjalannya waktu penambangan lain pun dilakukan yakni kaolin.

Kaolin adalah sejenis tanah liat hasil dari pelapukan batu granit yang digunakan sebagai bahan pembuatan plastik, kertas, dan Belitung adalah salah satu daerah dari sekian banyak daerah di Indonesia yang memiliki cadangan Kaolin terbesar.

danau kaolin bangka   danau kaolin tanjung pandan danau tambang kaolin   lokasi danau tambang kaolin

Namun saat ini penambangan di tempat ini sudah tidak beroperasi seperti dulu lagi yang lambat laun ternyata lobang tersebut di penuhi oleh air, baik itu dari air hujan maupun dari sumber mata air di dasar lubang galian dan lama kelamaan terbentuk seperti kolam besar yang menyerupai danau.

Dengan berjalannya waktu kolam besar tersebut disebut masyrakat bukan kolam namun danau, dan kaolin sendiri diambil dari nama bahan tambang yang ada di tempat tersebut. Masyarakat lokal menyebut Danau Kaolin Bangka Selatan ini dengan sebutan camoy / kolong aik biru.

Camoy atau kolong itu sendiri adalah istilah dalam pertambangan yaitu lobang yang merupakan pusat galian tambang dimana pada titik tersebut mineral tambang sudah siap untuk di angkat ke bagian pencucian. Sedangkan aik biru adalah bahasa lokal masyarakat bangka yang artinya air biru.
Danau Kaolin memiliki warna daratan yang putih bersih seperti salju dan air yang unik karena memiliki warna biru menyala secara alami. Karena bukan berasal dari kawah gunung berapi, maka di Danau Kaolin ini anda tidak akan mencium bau belerang atau senyawa kimia berbahaya lainnya seperti yang ada di kawah gunung berapi.

Untuk airnya pun tergolong aman, karena air disini tidaklah panas. Terbukti masih banyak aktifitas warga dan anak-anak yang sedang menggunakan air danau atau mandi di danau kaolin. Kondisi ini menjadikan wisatawan yang berkunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan saja, namun bisa juga bermain ataupun berenang menikmati segarnya air Danau Kaolin. 

danau kaolin danau kaolin bangka danau kaolin koba danau kaolin air bara danau kaolin tanjung pandan danau kaolin wikipedia danau kaolin adalah danau kaolin bangka selatan danau kaolin dimana danau kaolin di koba danau kaolin belitung danau kaolin air bara bangka danau kaolin air bara koba bangka tengah alamat danau kaolin danau kaolin biru danau kaolin berenang danau kaolin babel danau kaolin belitung sumatera indonesia lokasi danau kaolin belitung danau kaolin di belitung danau tambang kaolin belitung danau kaolin di bangka danau kaolin di bangka belitung danau kaolin koba bangka lokasi danau kaolin letak danau kaolin danau kaolin pangkalpinang peta danau kaolin sunrise danau kaolin danau tambang kaolin lokasi danau tambang kaolin

Sebagian besar warga mengatakan dengan air di Danau Kaolin ini kulit jadi lebih halus dan lembut, namun ini belum ada penelitian lebih yang membuktikan lebih lanjut. Pemandangan di Danau Kaolin begitu mempesona. 

Timbunan-timbunan galian seperti bukit disekitar lokasi danau kaolin yang sekilas seperti gunung salju karena berwarna putih layaknya gunung-gunung salju di luar Negeri.apabila air sedang surut daratan tersebut akan kelihatan seperti gula putih yang bersih. 

Ditengah danau nampak sebuah daratan yang seakan menghubungan antar ujung danau. Di Danau Kaolin ini juga sangat cocok untuk hunting bagi yang hobby fotografi. Untuk berkunjung ke danau ini disarankan waktu pagi hari ataupun sore hari, karena siang hari akan panas karena jarangnya pepohonan lebat di sekitar danau kaolin.
Lokasi Danau Kaolin Belitung

Danau Kaolin terletak di Desa Air Raya Tanjung pandan Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Lokasi danau Kaolin ini masih terbilang dekat dengan pusat Kota Tanjung pandan. jika ingin menuju objek wisata danau kaolin ini cukup mudah, danau kaolin ini bisa di tempuh dari toboali ibu kota bangka selatan sekitar 45 menit perjalanan atau bila dari Bandara di beelitung (Depati Amir) Pangkal Pinang sekitar 1 - 2 jam perjalanan. 

Jika anda ingin berkunjung ke Danau Kaolin wisata belitung ini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena minimnya angkutan umum di yang ketempat wisata tersebut. Sebab  Danau Kaolin belitung selatan ini belum dikelola sebagai tempat wisata, maka tidak ada retribusi yang harus dibayar untuk masuk ke kawasan Danau Kaolin ini.

Hal ini juga membuat di Danau Kaolin ini tidak terdapat fasilitas umum, namun jika anda mencari penginapan tidak perlu bingung, karena hotel di belitung sangat banyak yang bisa anda jadikan tempat menginap dengan harga yang bervariasi, tergantung kemampuan anda untuk menginap di hotel belitung mana sesuai budget.

Related Posts