8 Tempat Wisata Jombang Yang Paling Menarik di Kunjungi

shares |

Tempat Wisata Jombang- Jombang adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian tengah di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Jombang memiliki berbagai keindahan alam dan potensi pariwisata yang menarik untuk dijadikan tujuan wisata.

meskipun belum dikelola secara maksimal, namun tempat wisata di Jombang sudah sudah memiliki daya tarik yang patut untuk di perhitungkan oleh anda yang suka traveling. Banyak sekali tempat wisata jombang  yang bisa anda kunjungi seperti wisata alam, wisata sejarah dan masih banyak wisata lainnya.

Tempat Wisata Jombang tempat wisata jombang tempat wisata jombang kedung cinet objek wisata jombang obyek wisata jombang tempat wisata di jombang jawa timur tempat wisata kota jombang tempat wisata wonosalam jombang tempat wisata sekitar jombang tempat wisata kabupaten jombang tempat wisata dekat jombang tempat wisata di jombang dan sekitarnya tempat wisata dikota jombang tempat wisata plandaan jombang peta tempat wisata jombang tempat wisata wilayah jombang tempat wisata daerah jombang jatim tempat wisata di sekitar jombang tempat wisata pantai di jombang tempat wisata alam di jombang tempat wisata anak di jombang tempat wisata alam di jombang jawa timur tempat wisata alami di jombang tempat wisata yang ada di jombang tempat wisata yang ada di jombang jawa timur tempat wisata air terjun di jombang tempat wisata yg ada di jombang tempat wisata baru di jombang tempat wisata bagus di jombang

Bagi anda yang ingin berwisata di Jombang, berikut ada 8 tempat wisata Jombang menarik untuk anda kunjungi:

Tempat Wisata Jombang

1. Sendang Made Jombang

sendang made kudu jombang sejarah sendang made jombang sendang made di jombang wisata sendang made jombang legenda sendang made jombang

Sendang Made berbentuk sendang (dalam bahasa Jawa artinya kolam) yang berukuran 8 x 11 meter. Mengapa disebut Sendang Made? Karena sendang ini lokasinya berada di desa Made. Lokasi sendang made masih terjaga dengan rapi dan alami. Beberapa bangunan di sekitar sendang juga masih terawat dengan baik.

Juga terdapat sebuah ruangan yang dipercaya sebagai tempat peristirahatan Prabu Brawijaya dan bala tentaranya pada jamannya. Ada sisi unik pengelolaan Sendang Made yang masih dipertahankan sampai sekarang. Yaitu ada larangan untuk membangun atau merenovasi sebagian ataupun seluruh bangunan yang ada di kompleks Sendang Made. Tempat wisata Sendang Made terletak di Desa Made, Kecamatan Kudu, Jombang. 

Sendang ini merupakan salah satu obyek wisata andalan di Jombang, oleh karena itu situs ini telah memiliki akses jalan yang memadai, walau lokasinya berada di dalam hutan. Rute umum untuk menuju situs ini adalah sebagai berikut: Jombang – Ploso – Pasar Tapen (belok ke kiri) di Pertigaan Desa Katemas ke kanan  baru kemudian nyampai di Desa Made.

2. Goa Sriti Jombang

Goa Sriti Jombang

Goa Sriti merupakan tempat wisata di Jombang yang memiliki panjang kurang lebih 320 Meter, membentang dari barat ke timur dan di atasnya di lintasi jalan besar. Jadi goa ini berada di bawah jalan yang setiap hari ramai di lalui lalulalang kendaraan para pengunjung yang lewat. Saat akan menuju mulut goa, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sungguh luar biasa eksotis.

Sesampainya di dalam goa, pemandangan alamnya juga tak kalah indah. Seperti umumnya goa di Goa Sriti juga memiliki dinding yang menyerupai stalagtit dan stalagmit yang saling silang. Goa Sriti terletak di kecamatan Wonosalam, kabupaten Jombang.

Untuk mencapai Goa ini harus melalui jalan setapak dan berliku tapi Anda akan melihat pemandangan kawasan hutan yang hijau alami dan persawahan penduduk sehingga perjalanan anda tidak akan terasa melelahkan.
3. Kedung Cinet Jombang


Kedung Cinet Jombang kedung cinet jombang ditutup wisata kedung cinet jombang alamat kedung cinet jombang rute kedung cinet jombang peta

Kedung Cinet berlokasi di desa Pojok Klitih sekitar 10 km dari Jembatan Brantas Ploso dan berada di tengah hutan belantara. Saat perjalanan menuju ke lokasi wisata ini, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan eksotis. 

Dalam perjalanan Anda akan menyusuri sungai Brantas dan melintasi jembatan gantung yang manantang adrenalin. Hijaunya alam hutan dan jernihnya aliran air sungai Brantas membuat perjalanan ke wisata Kedung Cinet menjadi terasa istimewa dan mengasyikkan.

4. Sumber Penganten Jombang


Sumber Penganten Jombang

Obyek wisata Sumber Penganten ini berada sekitar satu kilometer dari arah kecamatan Jogoproto. tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi sebagai obyek wisata keluarga yang nyaman karena terletak di daerah persawahan jauh dari keramaian kota namun tidak terpencil.

Akses jalannya juga mudah dijangkau dengan kendaraan. Menurut cerita beberapa masyarakat sekitar di percaya bahwa mereka yang mandi di kolam renang Sumber Penganten akan mendapat berkah.


Goa Sigolo-golo JombangGoa Sigolo-golo Jombang pemandian sumber penganten jombang

Goa Sigolo-Golo merupakan sebuah goa alam yang berada di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kec. Wonosalam, Jombang dan berjarak sekitar 30 Km dari tempat wisata Air Terjun Tretes. Letak Goa ini terletak tepat di tebing lereng Gunung Welirang.

Jalan menuju ke Goa Sigolo-Golo cukup mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Bagi anda yang suka berwisata atau mengunjungi goa, maka goa Sigolo Golo ini boleh anda coba kunjungi.

Namun sebelum anda kesana persiapkan fisik juga yang terpenting sandal yang anda pakai untuk memanjat akar menuju goa ataupun menapaki seribu tangga terutama jika musim penghujan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Air Terjun Tretes Jombang


Air Terjun Tretes Jombang air terjun tretes jombang wonosalam air terjun tretes di jombang lokasi air terjun tretes jombang rute air terjun tretes jombang

Objek wisata Air Terjun Tretes berlokasi di Dusun Tretes, Desa Galengdowo, Kec. Wonosalam sekitar 40 km ke arah tenggara  dari pusat kota Jombang. Air terjun yang berada di ketinggian 1250 mdpl ini merupakan air terjun tertinggi di provinsi Jawa Timur dengan tinggi air terjun sekitar 158 meter.

Untuk bisa menuju ke lokasi air terjun ini bisa ditempuh melalui 2 jalur yakni dari wilayah kabupaten Jombang dengan panjang rute 5 km dari tempat pemberhentian mobil dan dari wilayah Kediri, tepatnya di kecamatan Kandangan.

Memang kondisi jalannya masih berupa batuan, tapi sering dilewati oleh kendaraan bermotor. Jarak tempuhnya kurang lebih 1 Km dari tempat pemberhentian mobil.

7. Wisata air Sumber boto Jombang


Wisata air Sumber boto Jombang

Wisata Sumberboto ini berlokasi di desa Japangan, kecamatan Mojowarno. Obyek wisata di Jombang ini terkenal Dengan keindahan alam Suasana di wisata air sumberboto berhawa dingin dan asri yang penuh dengan pepohonan, serta fasilitasnya sebagai wisata hutan dan pemandian.

Wana Wisata Sumberboto tentu bisa dijadikan pilihan sebagai bumi perkemahan, sarana rekereasi keluarga dan jalur napak tilas pasukan Wanara saat memperjuangkan kemerdekaan RI. Oleh karena itu, di lokasi air Sumberboto juga terdapat monumen perjuangan Wanara. 

8. Candi Rimbi Jombang


Candi Rimbi Jombang  sejarah candi rimbi jombang

Candi rimbi merupakan situs sejarah dengan bagunan bercorak Hindu ini diperkirakan sudah berdiri sejak abad 14 yakni pada zaman kerajaan Majapahit. Candi ini merupakan representasi dari Raja Majapahait Tribuana Wijaya Tungga Dewi yang memerintah dari tahun 1328 - 1350 Masehi.

Candi seluas 896,56 meter persegi ini dibuat dari bahan baku utama batu andesit dan pondasinya dari batu bata. Candi Rimbi atau juga dikenal dengan Candi Caungkup Pulo berlokasi di dusun Ngrimbi, desa Pulosari, kec. Bareng, Jombang  jawa timur ini berada di tepi jalan raya Mojo agung. Baca juga: 9 Wisata Sejarah di Malang Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi.

Related Posts