5 Tempat Wisata Air Terjun Bangka Belitung Yang Masih Alami

shares |

Tempat wisata di Bangka Belitung, kebanyakan orang saat mendengar pulau bangka tentu yang terlintas di benak sebagian orang Pulau dengan wisata pantai, yang memang banyak terdapat di bangka belitung. Meskipun wisata di Bangka Belitung di dominasi dengan wisata pantai, di Provinsi Bangka belitung juga terdapat tempat wisata alam berupa air terjun yang indah bisa anda kunjungi.

Tempat wisata air terjun di Bangka Belitung tidak kalah menarik dengan air terjun di daerah lainnya. Ini menjadi tempat wisata altenatif di Bangka Belitung jika anda ingin suasana lain dan bukan hanya sekedar berlibur di pantai belitung saja. 

5 Tempat Wisata Air Terjun Bangka Belitung Yang Masih Alami

Wisata air terjun di Belitung sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata alam dengan suasana yang damai dengan kicauan burung diatas pohon yang bisa anda saksikan saat menyusuri jalan menuju wisata air terjun di Bangka Belitung.

Ada beberapa wisata air terjun di bangka belitung bisa anda kunjungi saat liburan. Berikut wisata air terjun di belitung yang bisa menjadi referensi anda jika sedang liburan ke Pulau bangka:

Wisata Air Terjun di Bangka Belitung 

1. Air Terjun Batu Mentas Belitung

Air Terjun Batu Mentas Belitung

Air Terjun Batu mentas adalah air terjun terletak  sekitar 20 Km dari pusat kota Tanjungpandan, Bangka Belitung, Tepatnya di Dusun Kelekak Datuk, Kecamatan Badau. Kawasan ini menurut penduduk setempat  lebih dikenal dengan nama Batu Mentas.

Hal ini dikarenakan tidak hanya air terjun nya saja yang menjadi andalan wisata di tempat tersebut, tetapi terdapat juga tempat konservasi satwa dan flora endemic, yang merupakan cirri khas dari Pulau Belitung.

Diantaranya seperti rusa dan Pelanduk, serta tanaman Tarsius SP, atau tanaman kantung Semar dapat anda jumpai di kawasan ini dengan beraneka macam jenis. Kawasan ini masih termasuk kawasan hutan yang dilindungi oleh Negara, sehingga keutuhan dan keasrian kawasan ini masih sangat terjaga.

Untuk menuju kawasan Air terjun Batu Mentas ini dari pusat kota Tanjungpandan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam. Untuk Menuju lokasi air terjun anda bisa menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan.

Dengan harga berkisar Rp.350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam. Untuk tiket masuk air terjun batu meretas biasa nya hanya ditarik pada saat weekend atau hari libur saja, yaitu Rp. 5.000,-/ org. sedangkan pada hari biasa, kawasan ini tidak dijaga, sehingga tidak ada penarikan tiket masuk.

2. Air Terjun Gurok Beraye Belitung

Air Terjun Gurok Beraye Belitung

Objek wisata air terjun gurok beraye di Bangka Belitung selalu ramai pada saat hari-hari libur. Untuk menuju tempat ini, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalan setapak sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Air Terjun Gurok Beraye memiliki air yang jernih dan kolamnya digunakan oleh pengunjung untuk mandi. Di air terjun gurok beraye anda juga bisa melakukan kegiatan berkemah. Air yang turun dari atas tidak seperti air terjun pada umumnya, tetapi airnya mengalir di antara celah bebatuan, dengan airnya berasal dari dari gunung sehingga terasa sejuk dan menyegarkan.

Letak Lokasi Air Terjun Gurok Beraye berada di lereng Gunung Tajam, kira-kira berjarak 300 meter dari puncak gunung dan 32 km dari pusat kota Tanjungpandan. Lokasi Air Terjun Gurok Beraye berada dalam wilayah Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, sekitar 32 km dari Kota Tanjung Pandan, arah ke Timur.

3. Air Terjun Perimping Belitung

Air Terjun Perimping Belitung

Air Terjun Perimping atau yg dikenal bersama nama Air Terjun Bukit Maras adalah tempat wisata alam di Belitung yang mempunyai ciri khas air terjun bertingkat-tingkat sehinga menciptakan air kadang mendatar, curam jatuh bebas atau berkelok-kelok di sela-sela gundukan dari banyak batuan yang ada disana.

Dinamakan air terjun merupakan jatuhan air dari satu buah batu akbar bersama tinggi lebih kurang satu setengah m. Itu di tingkat ke-2. Terhadap tingkat tiga, alirannya hanya miring di 30 derajat saja. Panjang mengikuti suatu celah sempit bongkahan batu akbar.

Air terjun ini bersumber dari perbukitan gunung Maras Basic air kolam dibawah air terjun ini tidak demikian dalam. Sebatas pinggang orang dewasa. Dingin & memang bening. Paling lebar berjarak empat meter, Paling sempit satu atau dua meter.

Jadi bisa di jadikan tempat untuk mandi dan menyegarkan badan guna menghilangkan kepenatan selama perjalanan. Air Terjun Perimping terletak di Dusun Bernai, Desa Perimping, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Propinsi Bangka Belitung. Air Terjun Perimping berjarak sekitar 30 km dari kota Sungailiat.

4. Air Terjun Gunung Pading

Air Terjun Gunung Pading

Tempat wisata air terjun gunung pading ini merupakan salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi di saat liburan. Memang tempat ini memiliki akses yang belum begitu bagus.Namun demikian perjalanan kita menyusuri jalan setapak tentu sangat menyenangkan,

Sebab kita bisa melihat keindahan alam sekeliling dan tentunya kita akan di manjakan oleh hijaunya alam yang ada di sekitar tempat wisata air terjun gunung pading.Bagaimana apakah anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini ?

Jika anda penasaran dengan tempat wisata Air Terjun Gunung Pading ini silahkan anda datang ke bangka belitung. Yang jelas anda akan bisa menikmati keindahan alam bangka belitung dari dekat. Berjarak sekitar sekitar 60 km dari Kota Toboali. Dapat ditempuh selama 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan roda dua dan empat dari Kota Toboali.

Lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak karena letaknya berada di pinggir pedesaan.Lebih jelasnya air terjun pading terletak di Desa Mayang Kecamatan Air gegas Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 60 km dari Kota Toboali dan dapat ditempuh selama 1,5 jam perjalannan dengan kendaraan roda dua dan roda empat

Baca Juga: Keunikan Tempat Wisata Danau Kaolin di Belitung

5. Air Terjun Sadap Belitung

Air Terjun Sadap Belitung

Kawasan Air Terjun tersebut, merupakan salah satu tempat tujuan wisata alternatif yang ramai dikunjungi masyarakat. Bahkan telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sebagai salah satu tujuan wisata dan dimasukkan dalam peta wisata daerah.

Air Terjun sadap pada dasarnya merupakan air yang mengalir dari ketinggian kurang lebih 6-8 meter dengan alur air bebatuan. Adapun sumber air tersebut, konon katanya di puncak bukit terdapat danau besar yang terbentuk secara alami.

Dengan banyaknya bebatuan yang melingkupi kaki bukit tersebut, kian menjadikan kawasan Air Terjun itu semakin terasa menyejukkan. Apalagi air yang jernih sangat menumbuhkan minat untuk mandi. Dan untuk tempat bersantai juga banyak ditemukan batu-batu yang berukuran besar dan beragam bentuk.

Dengan Suasana alam yang masih alami senantiasa memanjakan mata setiap memandang. Tempat Wisata Air Terjun di Pulau Bangka, tepatnya berada di bawah kaki bukit Pading di dusun Sadap desa Perlang Kec. Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah.

Jalan menuju lokasi memang agak terpencil dan memakan waktu kurang lebih  sekitar 45 menit dari Desa Perlang menuju kaki bukit Pading, yang memanjang puluhan kilometer. Tekstur jalan yang masih alami (belum beraspal) dan pemandangan hutan diselingi bekas areal penambangan Timah menjadikan perjalanan tidak terasa menjemukan.

Demikian sekilas 5 Air Terjun Tempat Wisata Alam Bangka Belitung yang merupakan wisata alternatif selain pantai di Belitung, semoga dengan banyaknya wisata di belitung terekspost luas makin terkenal dan bisa menjadi daya tarik khususnya tempat lokasi wisata tersebut.

Related Posts