Curug Cimandaway Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

shares |

Curug Cimandaway Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap- Curug Cimandaway adalahsebuah tempat wisata air terjun terletak diperbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah tepatnya berada di kota Majenang Dusun Serang Desa datar Kecamatan Dayeuh Luhur. Curug Cimandaway sebenarnya sudah dikenal oleh masyarakat setempat sejak tahun 1986.

Nama air terjun Curug Cimandaway ini bearasal dari nama yang diambil dari kata Ci yang berarti Air, Ma berarti Sima atau terkesima, Da berarti Darah dan Way berarti Wanita, sehingga jika diartikan secara keseluruhan arti dari nama Curug Cimandaway ini adalah Air yang mempesona/ membuat wanita terkesima.

Curug Cimandaway  curug cimandaway dayeuhluhur curug cimandaway ini berlokasi curug cimandaway datar kabupaten cilacap jawa tengah

Menurut kepercayaan masyarakat setempat bilamana ada pasangan yang datang mengunjungi curug tersebut akan berjodoh. Terlepas dari mitos yang berkembang di masyarakat setempat, curug cimandaway merupakan tempat wisata di cilacap yang menyuguhkan pemandangan yang indah.

Suasana yang masih alami yang dikelilingi oleh pohon-pohon rindang dan area persawahan, menjadi pemandangan yang sangat menyenangkan jika anda mengunjungi curug ini. Jika anda sedang menuju tempat ini, maka dari kejauhan sudah mulai terdengar suara gemuruh dan desiran air yang jatuh dari atas dan aliran sungai yang sangat deras yang akan membuat anda tidak sabar untuk mencapai kelokasi curug.J

Saat anda berada dilokasi Curug dan tepat di pinggiran air terjun, maka anda akan melihat keajaiban Tuhan Yang Maha Pencipta yang sangat indah. Air terjun dengan ketinggian sekitar 65 m terlihat menjulang tinggi disertai embun dari air terjun yang bertebaran sehingga menyejukan  dan membuat segar badan, rasa capek dan lelah setelah anda merasakan sapuan embun air terjun seketika akan lenyap.

sejarah curug cimandaway lokasi curug cimandaway foto curug cimandaway

Bagi para wisatawan pengunjung curug Cimandaway, jika ingin menuju titik bawah tempat air terjun jatuh mengalir, harus terlebih dahulu menyeberangi sungai, yang mana apabila musim penghujan datang alirannya menjadi sangat deras sekali sehingga anda harus ekstra berhati-hati.

Anda juga akan merasakan kesegaran yang luar biasa jika berada didekat dengan air terjun. Curug Cimandaway bisa menjadi alternatif tempat wisata yang menyenangkan bagi keluarga ataupun muda-mudi untuk menghabiskan liburan akhir pekan.

Di tempat wisata ini, pengunjung tidak hanya sekedar melihat keindahan pemandangan alam sekitar, namun anda juga bisa menikmati wisata lainnya yang masih dalam kawasan objek wisata curug cimandaway yaitu seperti Objek wisata Curug Binuang yang berjarak 1 km dari arah Curug Cimandaway serta Curug Kembar dan Goa Basma yang merupakan goa peninggalan serdadu Jepang pada jaman penjajahan dulu.

Bahkan tidak jauh dari Curug Cimandaway sekitar 100 m anda juga bisa meilihat sumber mata air yang diyakini berkhasiat untuk awet muda bagi siapa saja yang mencuci muka pada mata air tersebut. Sumber mata air ini dinamakan penduduk setempat mata Air Kanoman diatas Leuwi Jaga Manti.

Aktivitas Di Curug Cimandaway Dayeuhluhur 

asal usul curug cimandaway curug cimandaway cilacap curug cimandaway kabupaten cilacap jawa tengah

Kegiatan yang bisa dilakukan di lokasi air terjun curug Cimandaway adalah bermain air disekitar air terjun, berenang, dan juga wisata edukasi alam mengingat Cimandaway pun dikelilingi oleh hutan. Untuk saat ini pengelolaan Cimandaway belumlah maksimal.

Hal ini terbukti dengan akses jalan menuju lokasi yang kurang bagus dan jarak antara tempat parkir kendaran dengan lokasi curug yang cukup jauh sehingga harus ditempuh jauh menggunakan jalan kaki. 

Fasilitas di Curug Cimandaway Dayeuhluhur

Meskipun memiliki pemandangan yang indah Curug Cimandaway sebagai destinasi wisata kurang maksimal dalam hal promosi sehingga masih belum populer dikalangan wisatawan dari luar cilacap. Di Curug ini juga belum tersediannya fasilitas yang memadai.

Seperti belum ada petunjuk arah jalan yang menuju lokasi air terjun. Hal itu tentu saja akan menyulitkan bagi para wisatawan yang baru pertama kali mau berkunjung dari curug Cimandaway, apa lagi yang bukan berasal dari Dayeuhluhur tentu petunjunk arah akan sangat membantu sekali untuk bisa sampai ketempat wasata tersebut.


Harapan

Semoga kedepannya Potensi curug Cimandaway sebagai tempat wisata lokal harus dimaksimalkan guna untuk menuju bagian dari wisata andalan Kabupaten Cilacap. Oleh sebab itu untuk mewujudkan hal tersebut harus ditunjang dengan pembangunan infratuktur disekitar air terjun curug cimanday.

Pembangunan akses jalan menuju lokasi, tempat parkir yang memadai, serta akses jalan dari parkir menuju lokasi harus dibuat permanen, plangisasi dimulai dari jalan raya Wanareja-Banjar dengan disertai arah penunjuk jalan harus dibuat dengan harapan bisa menjadi sarana promosi wisata ini.

Dengan sendirinya apabila pembangunan sudah diselesaikan dan usaha promosi sudah dilakukan, maka melalui obyek wisata curug Cimandaway akan mendatangkan income bagi setiap jenjang pemerintahan.

Tidak hanya itu, yang jauh lebih penting adalah perekonomian masyarakat Dayeuhluhur akan berkembang dan perdagangan disekitar objek wisata, atau disepanjang jalannya akan bermunculan seiring dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke air terjun curug Cimandaway  .
Curug cimandaway destinasi wisata Kabupaten Cilacap yang akan semakin populer dengan seiringnya waktu, yang menjadi daftar wisata di cilacap selain tempat wisata Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem, Pulau Nusakambangan,

Pantai Karang Pandan, Pantai Widarapayung, Gunung Srandil, Pantai Jetis, Seleko, Air Panas Cipari, Meseum Soesilo Soedarman, Sedekah Laut, Pantai Pasir Putih, Segara Anakan, Pelabuhan Tanjung Intan. 

Related Posts