Pengertian Obyek Wisata Menurut Wikipedia

shares |

Pengertian Obyek Wisata- Sebetulnya bahasan ini terlihat cukup mudah di ucapkan namun akan terasa susah jika diuraikan dengan kata maupun kalimat, karena semua orang mempunyai pandangan tentang pengertian apa itu obyek wisata? Jadi untuk membuat kesimpulan traveluxion.web.id mengambil dari rujukan pengertian obyek wisata menurut wikipedia guna untuk meyeragamkan dan mudah untuk dimengerti. Sedangkan Wikipedia sendiri penjelasannya berdasarkan SK MENPARPOSTEL.

Pengertian Obyek Wisata

Obyek Wisata adalah segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Menurut SK. MENPARPOSTEL No.: KM. 98 / PW.102 / MPPT-87, Obyek Wisata adalah semua tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata yang dibangun dan dikembangkan sehingga mempunyai daya tarik dan diusahakan sebagai tempat yang dikunjungi wisatawan. 

Pengertian Obyek Wisata pengertian objek wisata pengertian objek wisata menurut para ahli pengertian objek wisata alam pengertian obyek wisata buatan pengertian objek wisata bahari pengertian obyek wisata cagar alam pengertian obyek wisata menurut ahli pengertian obyek wisata ziarah pengertian objek wisata sejarah

Bisa dikatakan obyek wisata paling tidak memenuhi beberapa unsur poko yang bisa mendukung suatu kawasan/daerah untuk dikunjungi wisatawan. Obyek wisata sendiri bisa berupa wisata alam seperti gunung, danau, sungai, pantai, laut, atau berupa objek bangunan seperti museum, benteng, situs peninggalan sejarah, dan lain-lain.

Suatu tempat kawasan / daerah agar bisa dikatakan sebagai objek wisata harus memenuhi hal pokok berikut:
1. Adanya something to see. Maksudnya adalah sesuatu yang menarik untuk dilihat.
2. Adanya something to buy. Maksudnya adalah sesuatu yang menarik dan khas untuk dibeli.
3. Adanya something to do. Maksudnya adalah sesuatu aktivitas yang dapat dilakukan di tempat itu.

Umumnya di beberapa daerah atau negara, untuk memasuki suatu Objek Wisata para wisatawan diwajibkan untuk membayar biaya masuk atau karcis/tiket masuk yang merupakan biaya retribusi untuk pengembangan dan peningkatan kualitas Objek Wisata tersebut.

Beberapa Objek Wisata ada yang dikelola oleh Pemerintah dan ada pula yang dikelola oleh pihak swasta. Objek Wisata yang dikelola oleh pihak swasta dapat berupa Objek Wisata alami maupun buatan yang dibuat semenarik mungkin guna untuk mendatangkan wisatawan.


Pengertian Wisata

Sedangkan Pengertian wisata adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan wisata, sebelum dan selama dalam perjalanan dan kembali ke tempat asal, pengusahaan daya tarik atau atraksi wisata (pemandangan alam, taman rekreasi, peninggalan sejarah, pagelaran seni budaya)

Berbicara soal obyek wisata, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah objek wisata yang sangat melimpah. Objek wisata tersebut dapat kita jumpai hampir seluruh pulau di Indonesia dari sabang sampai merauke.

Beberapa objek wisata yang terkenal di Indonesia antara lain, Pantai Kuta, Pantai Palabuhanratu, Pantai Pangandaran, Borobudur, Prambanan, Monas, Taman Mini Indonesia Indah, Puncak Bogor, Keraton Kasepuhan, Taman Wisata Mekarsari, Danau toba, Danau Singkarak, Taman Nasional Wakatobi, Istana maimun, Museum Sejarah Jakarta, Taman Nasional Pulau Komodo, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Raja Ampat, Air Terjun Moramo, dan masih banyak lagi.

Sampai saat ini obyek wisata di Indonesia sudah banyak mengalami perubahan yang makin baik, pemerintah juga sudah memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia agar lebih menarik dan mempunyai daya tarik supaya mampu bersaing dengan tempat wisata luuar Negeri.

Cukup sekian saja pembahasan mengenai pengertian obyek wisata yang di tulis hanya sekedar untuk menambah wawasan pembaca khhususnya pengunjung www.traveluxion.web.id, dengan sedikit ini semoga bisa membawa manfaat.

Traveluxion sendiri berkomitment untuk mengenalkan Wisata Indonesia ke Masyarakat luas, dari mulai dalam negeri sampai keluar negeri. Dengan lebih dikenalnya wisata Indonesia diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di sekitar lokasi wisata tersebut.

Traveluxion sendiri membuka kesempatan kepada siapa saja yang ingin ikut berpartisipasi untuk mengenalkan wisata di daerah masing-masing dan ingin di publish di web ini bisa langsung menghubungi admin melalui laman contact dengan syarat ketentuan berlaku.

Untuk mengetahui tata cara pengiriman artikel bisa baca selengkapnya di Ingin Menjadi Penulis Tamu di Blog Traveluxion? Atau bisa Baca di Ayo Berbagi Pengalaman Traveling anda di Traveluxion

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Obyek_wisata

Related Posts