5 Wisata Alam di Palangkaraya ini Akan Membuat Anda Terkesan

shares |

Tempat Wisata di Palangkaraya – Palangkaraya Merupakan Ibukota dari provinsi Kalimantan tengah yang memiliki banyak obyek wisata menarik seperti halnya wisata banjarmasin, wisata pontianak, dan tempat wisata kalimantan lainnya yang banyak juga bisa di jadikan tempat pariwisata.

Dengan begitu makin banyak menambah daftar tempat wisata Indonesia dan bisa menjadikan Indonesia lebih dikenal ke mancanegara karena keindahan Alamnya. Banyak tempat wisata palangkaraya bisa dijadikan tujuan wisata  dari mulai wisata alam, sejarah, kuliner hingga budaya bisa anda temukan disana. 

Wisata Alam di Palangkaraya tempat wisata alam di palangkaraya objek wisata alam di palangkaraya

Jika anda ingin menemukan pengalaman yang sangat berbeda saat anda berwisata di kalimanan tengah khususnya Palangkaraya. Untuk yang masih bingung menentukan tujuan wisata di palangkaraya anda bisa melihat daftar wisata di Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang cukup menarik berikut ini:.

Wisata Alam di Palangkaraya

1. Danau Tahai

Danau Tahai palangkaraya

Danau Tahai ini merupakan sebuah danau berair hitam yang telah dibangun di atasnya jembatan kayu yang cocok buat anda suka dengan berselfi, di danau ini juga tersedia beberapa tempat untuk bersantai dan bisa sambil menikmati panorama sekeliling yang masih dikelilingi oleh hutan gambut yang menarik.

Bagi yang ingin mencoba aktifitas lain juga ada bebek-bebekan yang tinggal dikayuh untuk berkeliling danau dan akan terasa lengkap jika berkunjung ke tempat wisata danau tahai bersama orang yang anda sayangi.

2. Danau Tahai’i

Danau Tahai’i tempat wisata pangkaraya

Walaupun namanya hampir mirip dengan danau tahai, tempat wisata danau tahai'i namun yang satu ini sama sekali berbeda dengan yang sebelumnya, untuk meuju ke sana kita terlebih dahulu melalui labirin sungai kecil dengan pepohonan yang masih rapat.

Pasir putih yang menghampar merupakan tempat yang cocok untuk anda menikmati keindahannya sambil mendirikan tenda dan danaunya yang tidak terlau luas namun berair bersih sangat menyegarkan untuk berenang.

3. Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau palangkaraya

Taman nasional ini memang kalah terkenal dengan tetangganya Taman Nasional Tanjung Puting, namun ternyata di sini ada sekitar 6500 Orang utan liar yang tersebar di area hutan rawa gambut yang mendominasi kawasan Taman Nasional Sebagau ini.

Menurut petugas di Taman Nasional tersebut sangat mudah untuk bertemu dengan Orang utan ketika sedang trekking atau menyusuri sungai dengan kelotok (perahu motor),

Terkadang mereka hanya bergelantungan di atas pohon di tepi sungai. Keunikan lainnya adalah hutan nipahnya yang cukup luas dan berliku-liku, menyusuri tempat ini merupakan salah satu sensasi tersendiri yang tidak bisa didapatkan di tempat lainnya.

Baca Juga: Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan Tengah

4. Pulau Kaja

Pulau Kaja

Pulau kaja adalah pulau pra pelepasliaran Orang utan yang telah lulus dari tempat rehabilitasi orang utan atau biasa di sebut Sekolah Hutan yang berpusat rehabilitasi BOSF, di sinilah mereka untuk pertama kalinya dengan bebas bergelayut dari satu pohon ke pohon lainya.

Walau begitu, mereka masih di pantau dan di beri makan setiap harinya karena persediaan buah-buahan yang terbatas di pulau ini. Karena Pulau ini bukan tempat wisata, jadi ada beberapa peraturan yang harus di patuhi oleh pengunjung.

hal yang harus dipatuhi seperti dilarang untuk naik ke pulau dan berinteraksi dengan Orang utan, menjaga jarak maksimal 10 meter serta dilarang mengambil foto Orang utan dengan camera profesional. Pulau Kaja hanya boleh di kunjungi pada hari Sabtu, Minggu, Selasa dan Kamis.

5. Nyaru Menteng

Nyaru Menteng

Di sinilah Orangutan yang telah menjadi korban dari lajunya deforestasi kembali di rehabilitasi untuk kembali ke alam liar, di sini bawah yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation mereka di ajarkan kembali bagaimana menjadi Orang utan yang seutuhnya, bagaimana cara naik pohon, membuat sarang hingga mengenali predator yang ada di di sekitarnya.

Namun pengunjung hanya diperbolehkan untuk masuk ke pusat informasi dan hanya melihat mereka di kandang besar dari balik kaca, di pusat informasi ini kita juga diputarkan video ketika pelepasliaran dan film pendek tentang orang utan yang menjadi peliharaan hingga kembali ke hutan.

Pusat  infomasi ini hanya buka pada hari sabtu dan minggu, diluar itu bagi yang ingin berkunjung harus mengurus di BKSDA setempat.
Itulah 5 Wisata Alam di Palangkaraya ini Akan Membuat Anda Terkesan yang menarik untuk anda kenjungi, saat anda sudah berada di palangkaraya silahkan kunjungi beberapa tempat yang menurut anda menarik untuk liburan bersama keluarga maupun orang dekat anda untuk menikmati keindahan alam palangkayara.

Related Posts