12 Tempat wisata di Pekanbaru Riau Paling Populer

shares |

Wisata di Pekanbaru- Pekanbaru Merupakan ibukota dari provinsi Riau, yang merupakan salah satu Provinsi di Indonesia. Kota Pekanbaru merupakan kota perdagangan dan jasa, yang termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Sebagai Kota terbesar di provinsi Riau, Pekanbaru juga sama seperti kota lan di Indonesia yang juga mempunyai satu bandar udara internasional, yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II.

Selain itu terdapat juga terminal bus antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku. Meskipun Pekanbaru sebagai Kota perdagangan dan jasa, namun untuk sektor pariwisata pekanbaru banyak memiliki tempat-tempat wisata indah seperti wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah dan tempat wisata lainnya. 

Tempat wisata di Pekan Baru tempat wisata di pekanbaru tempat wisata di pekanbaru riau tempat wisata terkenal di pekanbaru objek wisata di kota pekan baru objek wisata terkenal di pekanbaru

Wisata di Pekanbaru memang belum seterkenal Tempat wisata Bali, Wisata Jogja dan Wisata Raja Ampat  yang memang sudah terkenal sampai mancanegara. Namun Jangan Kuatir jika anda ingin liburan ke Pekanbaru, banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi yang tentunya tidak akan mengecewakan.

Bagi anda yang masih bingung dan belum tahu dimana saja tempat wisata Pekanbaru yang menarik dan populer, berikut ada 12 Tempat wisata di Pekanbaru Paling Populer bisa anda kunjungi saat memutuskan untuk liburan di Kota Pekanbaru.

 Tempat wisata di Pekanbaru Riau Paling Populer 

1. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim alamat kebun binatang sang kulim lokasi kebun binatang sang kulim kebun binatang sang kulim pekanbaru

Tempat wisata di Pekanbaru Populer dan banyak dikunjungi wisatawan di akhir pekan adalah Kebun Binatang Sang Kulim. Kebun Binatang ini memiliki banyak Memiliki Koleksi binatang mulai dari monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi lainnya bisa anda lihat disini.

Selain mengamati koleksi binatang, ada arena bermain anak seperti papan seluncur, ayunan dan juga kolam pancing dan kolam renang anak. Jika beruntung, Anda juga bisa naik gajah yang dikenakan biaya 10.000 Rupiah per 10 menitnya.

Lokasi Kebun Wisata Sang Kulim berada di Jl. H Usman Kubang Pekanbaru yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Pekanbaru. Untuk masuk di kebun binatang Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000 Rupiah untuk pengunjung dewasa dan Rp. 10.000 Rupiah untuk pengunjung anak-anak.

2. Museum Sang Nila Utama

museum sang nila utama di pekanbaru museum sang nila utama dan dekranasda riau museum sang nila utama pekanbaru riau

Museum Sang Nila Utama merupakan museum warisan di Pekanbaru, Indonesia. Museum ini banyak menyimpan Barang warisan yang berhubungan dengan Riau-Budaya Melayu, dan banyak lagi koleksi yang bisa anda jumpai, salah satu contoh koleksi museum ini seperti pakaian adat pernikahan Melayu. Asal Mula Nama museum Sang Nila Utama ini berasal dari nama seorang Raja Bintan yang berkuasa sekitar abad XIII di Pulau Bintan.

Jadwal Buka Museum Sang Nila Utama: Selasa-Kamis: 08.00-15.30 WIB, Jumat: 08.00-11.00 & 14.00-16.00, Sabtu dan Minggu: 08.00-14.00, Senin & Hari libur nasional: Tutup Untuk masuk kemuseum ini tidak membayar Tiket masuk alias  "Gratis"

Museum Sang Nila Utama ini terletak di jalan Jenderal Sudirman No 194 Pekanbaru. Museum ini diresmikan oleh Direktur Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Edi Sedyawati pada tanggal 9 Juli 1994.

3. Taman Ria Putri Kaca Mayang

taman ria putri kaca mayang pekan baru riau

Taman Ria Putri Kaca Mayang adalah sebuah taman ria yang terletak di pusat kota Pekanbaru. Tepatnya di jalan Sudirman, di seberang kantor walikota Pekanbaru.  Taman Puteri Kaca Mayang ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang berada di jantung kota Pekanbaru, sehingga mudah dicapai dengan transportasi umum yang ada. 

Berbagai fasilitas hiburan yang ada, seperti kolam renang, komedi putar, bombom car, dan masih banyak lagi permainan yang tentunya menyenangkan dan mengasyikkan. Untuk hari-hari libur, tempat ini selalu dipadati pengunjung yang datang baik dari kota Pekanbaru sendiri maupun dari luar daerah.

Harga tiketnya bervariasi dari Rp3.000-Rp5.000 per tiket. Untuk bianglala dan komidi putar, harganya Rp3.000 per tiket sedangkan untuk bom-bom car harganya Rp5.000 per tiket. 
4. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura istana siak sri indrapura terletak di istana siak sri indrapura diresmikan oleh istana siak sri indrapura

Istana Siak Sri Indrapura merupakan sebuah istana peninggalan Kesultanan Siak yang merupakan kerajaan terbesar di Riau. Istana Siak Sri Indrapura ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Pekanbaru paling menarik untuk dikunjungi, karena lokasinya Istana Siak Sri Indrapura berada tak jauh dari Pusat Kota Pekanbaru.

layaknya Museum ini menyajikan aneka jenis benda peninggalan kerajaan dari peralatan, perhiasan, hingga patung perunggu Ratu Wilhelmina dan Patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari Batu Pualam dan Perhiasan berlian. Di lantai dasar anda dapat menikmati koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wihelmina dan patung Sultan Syahrir Hasyim I.

5. Air Terjun Guruh Gemurai

wisata di pekan baru air terjun guruh gemurai riau

Wisata Air Terjun Guruh Gemurai  merupakan salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun luar kota terutama saat liburan. Air Terjun Guruh Gemurai adalah nama yang di ambil dari keadaan air terjun yang mempunyai curahan air bergemuruh.

Selain itu juga air terjun ini memiliki banyak keistimewaan diantaranya lokasi air terjun guruh gemurai mudah dijangkau, aman, namun untuk mencapai tempat wisata air terjun pengunjung akan menjumpai jalan mendaki, sesekali di daerah yang termasuk dalam kawasan Bukit Barisan ini, ditemui juga jalan berkelok.

Air terjun Guruh Gemurai berada di desa Kasang masih berada di kawasan hutan lindung Bukit Betabuh, yaitu di perbatasan Sumatera Barat - Riau,  untuk mencapai lokasi bisa naik bus atau kendaraan sendiri dari Teluk Kuantan ke arah Kiliran Jao - Sumbar dengan akses jalan beraspal. Artikel terkait: Guruh Gemurai, Tempat Wisata Andalan di Kuantan Singingi Riau

6. Danau Kayangan Lembah Sari 

Danau Kayangan Lembah Sari  danau khayangan lembah sari pekanbaru danau kayangan lembah sari pekanbaru danau bandar kayangan lembah sari

Danau Bandar Kayangan Lembah Sari  danau ini dulunya merupakan sebuah bendungan irigasi yang di sulap menjadi objek wisata indah yang sangat menarik untuk kita kunjungi. Ternyata karena pengembangan inilah yang menjadikan danau ini dikenal dengan sebutan Danau Buatan.

Objek wisata Danau Buatan atau Danau Kayangan ini merupakan salah satu tujuan wisata bagi masyarakat Pekanbaru ataupun wisatawan dari berbagai daerah maupun mancanegara. Kawasannya wisata Danau Bandar Kayangan Lembah Sari memiliki luas 14 hektar.

Danau ini memiliki pemandangan alam yang mempesona, sangat manjur sebagai obat menghilangkan stress dan perasaan jenuh. Dikelilingi oleh pepohonan yang masih hijau dan daerah dataran tinggi yang berbukit-bukit, terletak di Desa Limbungan Kecamatan Rumbai pesisir, Kota Pekanbaru, Riau, Untuk mencapai tempat ini tidak terlalu sulit karena jaraknya dari pusat kota sekitar 10 Km. Artikel terkait: Danau Kayangan Lembah Sari, Tempat Tujuan Wisata Favorit di Pekanbaru Riau.

7. Anjungan Seni Idrus Tintin

anjungan seni idrus tintin pekanbaru anjungan seni idrus tintin riau anjungan seni idrus tintin terletak di sejarah anjungan seni idrus tintin

Tempat wisata Anjungan Seni Idrus Tintin merupakan sebuah bangunan yang terletak di Arena Purna MTQ atau yang sekarang telah berubah namanya menjadi Bandar Serai. Tapi warga Kota Pekanbaru umumnya mengenal tempat ini dengan sebutan MTQ.

Hal yang paling menarik dari Anjungan Seni Idrus Tintin adalah arsitekturnya yang sangat kental dengan budaya Melayu Riau. Bahkan jika dilihat dari luar, bangunan ini tergolong cukup megah untuk ukuran tempat pertunjukan seni. 

Bangunan ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, tidak terlalu jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II. Jika kalian dari bandara dan naik Bus TransMetro, kalian bisa turun di halte seberang MTQ. 

8. Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Soeman HS perpustakaan soeman hs alamat syair perpustakaan soeman hs sejarah perpustakaan soeman hs

Masyarakat Pekanbaru patut berbangga memiliki Perpustakaan Soeman HS. Wajar saja perpustakaan ini disebut sebagai perpustakaan dengan arsitektur gedung terbaik se-ASEAN. karena desain Perpustakaan Soeman Hs memunculkan estetika yang sangat tinggi. Tempat wisata di pekanbaru ini juga mencerminkan budaya masyarakat Melayu Riau yang memiliki karakter sangat kuat.

Anda juga akan melihat kemegahan bagunan perpustakaan, bangunan yang dipadukan dengan unsur modern dan kualitas bangunan yang indah. Perpustakaan Soeman Hs buka dari hari Senin hingga Minggu, hanya tutup saat libur nasional. Jam operasional hari Senin s/d Jumat adalah jam 08.00-16.00 WIB. Khusus hari Sabtu & Minggu jam 09.00-14.00 WIB. 

9. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur masjid agung an nur pare kediri masjid agung an-nur pare lokasi masjid agung an-nur pekanbaru

Masjid Agung An Nur merupakan sebuah masjid yang terletak di Pekanbaru, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968, Selain menjadi rumah ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi.

Pada bulan ramadhan, kawasan masjid akan dijadikan lokasi ngabuburit dan dipenuhi pedagang makanan dan pakaian. Sambil menunggu waktu berbuka, Anda bisa belanja berbagai kuliner dan aksesoris seperti kopiah, tasbih, parfum dan masih banyak lagi.

Masjid ini memiliki arsitektur gaya Melayu, Arab, Turki dan juga India. Masjid ini biasa disebut dengan Taj Mahal nya Pekanbaru. Masjid ini memiliki 3 lantai yang didominasi warna hijau.

10. Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura desa wisata okura pekanbaru

Kawasan Okura, terkenal dengan kawasan pertanian karena tanah yang subur sehingga menjadi andalan bagi penduduk sekitar. Dari sektor pertanianlah yang membuat Okura menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Desa wisata Okura ini di persiapkan dengan sebaik mungkin untuk menjadi wisata alam. Dipilihnya Okura sebagai tempat wisata di Pekanbaru tidak terlepas dari lokasi kelurahan ini yang yang berada di pinggir kota Pekanbaru, namun berbatasan dengan beberapa kabupaten di Riau.

Dan juga karena kelurahan Okura daerahnya mudah ditempuh serta lokasinya sangat strategis. Baik kendaraan darat maupun laut dapat di tempuh dengan mudah.

11. Riau Fantasi Pekanbaru

Riau Fantasi Pekan Baru riau fantasi pekanbaru riau fantasi di pekanbaru riau fantasi labersa pekanbaru

Riau Fantasi adalah taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Tempat wisata yang dikenal juga dengan nama Labersa Water and Theme Park ini memiliki luas sekitar 6,5 hektar. Sesuai namanya, tempat wisata di Pekanbaru ini dibagi menjadi wahana basah dan wahana kering.

Di area waterpark (wahana basah) terdapat berbagai wahana permainan air seperti vertical slide, adventure slide, adult pool, baby pool, flying fox, sepeda air, bungee trampoline, dll. Sementara di area themepark (Wahana Kering) wahana juga tidak kalah serunya kereta wisata, wave blaster, merry go round, sky tower, bumper car, dll.

Jadi tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk liburan keluarga mengingat terdapat berbagai wahana yang bisa dinikmati oleh segala umur. Oh iya tidak lupa terdapat pula fasilitas free wifi, jadi jangan khawatir kehilangan sinyal internet bila sedang berkunjung di sini.

Riau Fantasi terletak di Jalan Labersa atau seitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Untuk bisa menikmati wahana-wahana yang ada, Anda harus membayar sebesar 60.000 Rupiah pada hari Senin – Jumat dan 70.000 Rupiah pada hari Sabtu – Minggu.

Baca Juga: Banyak hal menarik di Ekowisata Mangrove Mengkapan, Bisa anda Coba

12. Sungai Kampar 

Sungai Kampar   sungai kampar terdapat di provinsi sungai kampar meluap sungai kampar riau sungai kampar kiri sungai kampar bangkinang

Gelombang pasang surut (ombak) dikenal secara lokal sebagai “Bono”, merupakan daya tarik tersendiri di sungai kampar. Berselancar bukan hanya di pantai saja, di sungai kampar juga bisa, untuk anda yang hobi berselancar kamu harus cobain sensai berselancar di sungai Kampar.

Gelombang yang bergulung dengan suara menderu keras di gunakan para wisatawan yang hobi olah raga Surfing. di sungai kampar gelombang bisa naik setinggi 4 sampai 6 meter.  Objek Wisata Sungai Kampar lokasinya berada di Desa Teluk Meranti, sebelah timur laut Pekanbaru.

Nah itu tadi 12 Tempat wisata di Pekanbaru Riau Paling Populer yang bisa anda kunjungi saat berkunjung Pekanbaru provinsi Riau, Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang hobi traveling, sehingga menambah daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi berikutnya.

Related Posts