15 Tempat Wisata di Manado Sulawesi Utara Yang Wajib Dikunjungi

shares |

Tempat Wisata di Manado- Kota Manadao merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Utara, yang terletak di ujung urata pulau Sulawesi yang berbatasan langsung dengan Negara Filipina. Manado nenempati urutan kedua sebagai kota yang paling ramai di Sulawesi setelah Makassar. Perekonomian di Manado juga tumbuh sangat cepat, sehingga pembangunan hampir sama dengan Pulau Jawa.

Sejak dulu Manado memang kota yang sudah terkenal akan keindahan wisatanya. objek wisata di manado yang terkenal salah satunya adalah Pesona Bawah Laut Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara. Karena memang di Indonesia bagian timur ini terkenal wisata pantai / lautnya.

tempat wisata manado sulawesi utara objek wisata manado tempat wisata di manado yang wajib dikunjungi tempat wisata bagus di manado tempat wisata di manado tempat wisata di manado indonesia tempat wisata indah di manado info tempat wisata di manado tempat wisata ke manado

Selain wisata pantai di Manado juga terdapat tempat wisata lain yang bisa anda kunjungi. Namun untuk lebih jelasnya tempat wisata manado yang bisa anda kunjungi, Berikut daftar objek wisata di manado yang menarik dan layak dikunjungi sebagai tempat berlibur.

 Tempat Wisata di Manado Sulawesi Utara Yang Wajib Dikunjungi

1. Taman Bunga Tomohon


taman bunga di tomohon kebun bunga di tomohon taman bunga tomohon manado

Tomohon Tempat wisata Manado ini berjarak sekitar 22 km dari pusat kota Manado. Di tempat wisata di Sulawesi Utara ini  Anda bisa menyaksikan kumpulan bunga yang indah, menjadikan kebun bunga ini memiliki warna yang beragam.

Tomonon atau disebut kota bunga anda akan menikmati pemandangan bunga yang terhampar luas. selain menjadi tempat wisata andalan di sulawesi Utara khususnya wisata tomohon. Taman  tomohon kebun buanga yang banyak terdapat jenis bunga, termasuk bunga langka.

Taman ini juga menjadikan Indonesia indonesia memiliki banyak koleksi taman bunga nusantara. Taman bunga Tomohon ini lokasinya terletak di kelurahan Kakaskasen kecamatan Tomohon Utara yang merupakan cikal bakal lokasi pengembangan florikultura Kota Tomohon. Dari pusat KotaTomohon jaraknya  tidak terlalu jauh hanya sekitar 3 km.

Jika anda ingin menikmati keindahan bunga yang lebih lama, di sekitar taman bungan tomohon juga terdapat berbagai hotel dan resort yang bagus untuk menginap sambil melihat pemandangan dua gunung api yang aktif yaitu Lokon dan Mahawu.  O ya, disini jika Anda tertarik dengan beberapa jenis bunga indah, Anda bisa langsung membelinya di taman bunga ini.

2. Taman Marga satwa Tandurusa

Taman Marga satwa Tandurusa taman margasatwa tandurusa taman margasatwa tandurusa bitung

Taman Marga satwa Tandurusa Menikmati wisata alam di Sulawesi Utara memang banyak yang dapat dikunjungi. Salah satunya Taman Marga satwa Tandurusa yang terletak sekitar 2 hingga 3 jam dari kota Manado ke arah timur menuju kota Bitung, lebih tepatnya di kecamatan Aertembaga.

Di Taman Marga satwa Tandurusa ini mirip seperti kebun binatang mini yang memiliki beberapa jenis satwa (binatang), seperti babirusa, monyet hitam, tarsius, kuskus dan beberapa jenis burung. Di taman Marga satwa Tandurusa Anda akan menikmati suasa alam dengan ditumbuhi pohon yang rimbun pepohonan.

Ditaman ini anda juga bisa melihat beberapa Taman marga satwa ini seperti kebun binatang alami yang ada di sulawesi utara yang merupakan salah satu dari sekian banyak suaka margasatwa di Indonesia.

3. Waruga Sawangan


Waruga Sawangan waruga sawangan airmadidi waruga sawangan manado sejarah waruga sawangan waruga di sawangan waruga desa sawangan objek wisata waruga sawangan website waruga sawangan

Waruga Sawangan merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang telah berubah menjadi salah satu obyek wisata di Manado, Provinsi Sulawesi Utara tempatnya di desa Sawangan, kecamatan Madidi, Minahasa Utara. Tempat ini adalah taman purbakala untuk menjaga kelestarian beberapa benda purbakala milik warga Minahasa, seperti kubur batu dan benda-benda lainnya.

Obyek wisata waruga ini tempat wisata di manado yang wajib anda kunjungi agar lebih mengenal sejarah dari suku minahasa. selain itu waruga juga memiliki Keunikan tersendiri karena jenazah yang akan dimakamkan, dimasukkan kedalam batu (kubur batu).

Pada bagian tengahnya terdapat ruang kosong dengan jenazah diletakkan pada posisi jongkok atau duduk dan kepala mencium lutut, seperti ketika sebuah bayi masih berada didalam kandungan. Hal ini dapat anda lihat pada ukiran yang terdapat di dinding sebelum anda memasuki waruga sawangan.

4. Tebing Bukit Kasih

Tebing Bukit Kasih

Bukit kasih atau pahatan tebing bukit kasih merupakan tempat wisata manado yang wajib anda kunjungi karena ini merupakan tempat wisata di sulawesi Utara dengan keunikan dan keindahan tersendiri. Bukit ini sendiri lambang dari keharmonisan umat beragama,saat berkunjung ke tempat ini anda akan melihat 5 tempat ibadah dari 5 agama yang diakui di Indonesia, yaitu Masjid (Islam), 2 Gereja (Katholik dan Kristen Protestan), Vihara (Budha), dan Pura (Hindu).

Kelima tempat ibadah tersebut dihubungkan dengan akses jalan berupa anak tangga. Tempat-tempat ibadah yang dihubungkan di ketinggian tersebut, mewakili simbol bahwa penganut agama apapun bisa hidup berdampingan dalam kerukunan. Tempat ini adalah akhir dari perjalanan di kompleks wisata Bukit Kasih.

Lokasi Bukit Kasih terletak di Desa Kanonangan, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Berada di sekitar 55 Km sebelah selatan Kota Manado. berjarak sekitar 55 km dari pusat kota Manado. Yang menarik lagi dari Bukit Kasih adalah anda akan melihat 2 pahatan wajah di tebing. Diyakini sebagai citra dari Dewa-Dewi Suku Minahasa yang bernama Toar dan Lumimuut.

5. Air Terjun Kima Atas


Air Terjun Kima Atas  air terjun kima atas air terjun kima atas manado air terjun kima atas di manado

Tempat wisata di Manado lainnya yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Kima Atas. Sesuai namanya, air terjun ini berada di Kelurahan Kima Atas, atau sekitar 15 km dari pusat kota Manado.  Suasana yang nyaman dan asri dengan Adanya pepohonan di sekitar air terjun yang membuat udara di tempat wisata ini sejuk.

Air terjun ini dijadikan sebagai tempat rekreasi warga sekitar maupun luar kota untuk menikmati akhir pekan dengan nuansa alam yang menyenangkan. air terjun kima atas sendiri terdiri dari tiga tingkatan dengan aliran yang tidak terlalu deras sehingga aman untuk berenang di kolam penampungan airnya. Jika tidak ingin bermain air, Anda bisa menggelar tikar dan duduk bersantai sambil menikmati kuliner yang dijajakan di lokasi. 

6. Air Terjun Tekaan Telu Regesan


Air Terjun Tekaan Telu Regesan

Tempat wisata alam di Manado yang wajib anda kunjungi adalah  Air terjun Tekaan Telu Regesan yang merupakan tempat wisata unggulan dan banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke sulawesi utara, tepatnya terletak di desa Tinoor, kecamatan Tomohon Utara. Air terjun ini sangat rame dikunjungi terutama pada hari-hari libur.

Wisata air terjun tekaan telu ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis dengan hiasan hamparan hutan yang terjaga dengan baik, liburann ketempai ini merupakan kegiatan yang menyenangkan meskipun melelahkan, namun lelah itu semua akan terbayar setelah ada sampai ketempat wisata alam yang sangat indah ini.

7.  Taman Laut Bunaken


taman laut bunaken terdapat di laut taman laut bunaken di taman laut bunaken terletak taman laut bunaken manado

Tempat wisata di Manado yang sudah tidak diragukan lagi keindahan yaitu taman laut bunaken yang termasuk dalam taman laut terindah di dunia dan sudah terkenal sampai kemancanegara. Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. 

Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang, Pada tahun 2005, UNESCO menetapkan taman laut bunaken sebagai salah satu situs warisan dunia. Hal ini tak mengherankan karena biota laut taman bunaken yang ada di sini luar biasa beragam bentuk terumbu karang dan ikan dengan warna-warni cantik menjadi suguhan menarik disini.

Kegiatan yang bisa dilakukan  di pulau Bunaken adalah snorkeling atau menyelam, agar Anda dapat menikmati pesona keindahan Bunaken secara utuh dan jelas, disini terdapat kurang lebih 23 tempat penyelaman yang bisa Anda kunjungi. 

Bagi Anda yang berkeinginan untuk melakukan snorkeling tidak usah bingung dan repot untuk membawa peralatan penyelaman karena disekitar sini telah banyak penyedia alat – alat selam yang bisa Anda sewa tentunya. BacaPesona Bawah Laut Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara.

8. Pantai Malalayang


Pantai Malalayang pantai malalayang sulawesi utara pantai malalayang dua reklamasi pantai malalayang

Pantai Malalayang adalah Tempat wisata yang memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah menarik, objek wisata pantai di Manado ini tidak boleh anda lewatkan jika sedang berlibur atau berkunjung di Sulut. Tempat wisata di Manado ini dikenal memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah.

Ombak di pantai ini juga terbilang tenang sehingga Anda bisa bermain air di atas pasirnya indah dengan warna pasirnya yang hitam. Pantai Malalayang yang terletak di ujung selatan kota Manado Sulawesi Utara, Untuk sampai ke tempat ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit saja dari pusat kota Manado dengan menggunakan angkutan umum dengan Jaraknya tempuh sekitar 4 Km.

Di pantai ini anda bisa melakukan kegiatan menyelam dan bermain air, selain itu kegiatan menarik lainnya adalah menikmati kuliner khas pantai Malalayang yaitu pisang goreng dengan sambal dabu-dabu. Tak ada salahnya menikmati pamandangan cantik ini dengan sepiring pisang goreng ditambah sambal khas Manado.

9. Pulau Siladen


Pulau Siladen pulau siladen wikipedia pulau siladen pictures pulau siladen sulawesi utara pulau siladen resort

Salah satu objek wisata di Manado ini memiliki spot penyelaman paling menarik di lokasi bernama Siladen 1 dan Siladen 2. Pulau Siladen ini memiliki sejumlah resort dan homestay dengan fasilitas akomodasi yang baik sebagai penunjang pariwisata tempat ini.

Jika Anda ingin menikmati wisata laut dengan ketenangan dan keindahan yang memikat, maka pulau Siladen di Manado adalah opsi yang layak dipertimbangkan. Pulau Siladen terletak di sebelah timur laut pulau Bunaken Kecamatan Bunaken, berjarak sekitar 8 mil dari pusat Kota Manado dan dapat ditempuh selama 45 menit menggunakan kapal motor.

Pulau Siladen memiliki luas sekitar 31,25 hektar yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih dengan beragam pepohonan disepanjang bibir pantainya. Pulau eksotis ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih sedangkan kondisi dalam airnya tidak terlalu banyak terumbu karang dan didominasi pasir sehingga sangat cocok untuk berenang.

10.  Pulau Lihaga


pulau lihaga pulau lihaga island pulau lihaga gangga satu kabupaten minahasa utara sulawesi utara pulau lihaga tour

Pemandangan bawah laut di Pulau Lihaga tidak kalah cantiknya dengan Taman Laut Bunaken yang sudah sangat terkenal itu. Walaupun pulau ini tidak berpenduduk namun anda tidak perlu khawatir kareni dipulau ini telah tersedia toilet dan ruang ganti bagi pengunjung. Bahkan pulau ini telah memiliki bangunan dari kayu yang cukup besar.

Anda juga bisa menginap di Pulau Lihaga tanpa khawatir dipungut bayaran lagi. Pulau ini terletak di daerah Minut, dekat kota Manado. kegiatan yang bisa anda lakukan selain foto-foto karena tempatnya memang sangat indah anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkling.

11. Danau Tondano


Danau Tondano  danau tondano manado danau tondano termasuk danau danau tondano termasuk jenis danau danau tondano dan danau sentani menurut terbentuknya termasuk danau

Danau Tondano merupakan tempat wisata danau vulkanik yang dihasilkan dari letusan gunung purba. Seperti Danau Toba di Sumatera Utara, tempat wisata ini juga memiliki pulau di tengahnya dan berada di dataran tinggi yaitu 600 meter di atas permukaan laut. Danau yang memiliki luas 4.000 hektar ini diapit oleh Gunung Tampusu, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang.

Lokasi Danau Tondano terletak di desa Remboken. Danau Tondano adalah danau terbesar di Sulawasi Utara setelah Danau Linouw dan Danau Moat. bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam dari kota Manado dengan menggunakan kenadaraan umum maupun pribadi.

Untuk menikmati keindahan danau Tondano, anda harus mengelilingi pulau yang ada di danau tersebut, dengan cara  menggunakan  perahu motor yang bisa menampung 10 orang untuk berkeliling danau. Naik perahu motor ini, Anda dikenakan biaya Rp. 50.000 dan harus menunggunya sampai penuh terisi 10 orang penumpang.

12. Pantai Ratatotok

Pantai Ratatotok pantai lakban ratatotok

Ratatotok merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara yang menyimpan potensi wisata apa terlebih wisata bahari yang begitu menakjubkan. Pemandangan alam di daerah yang dahulu dikenal sebagai tempat penambangan emas milik Newmont, begitu memanjakan mata anda.

Bagi pecinta dunia fotografi, Ratatotok merupakan salah satu tempat pemotretan terbaik di Sulawesi Utara. Tempat wisata di ratatotok adalah beberapa pulau kecil indah yang dapat anda kunjungi dengan perahu wisata seperti Pulau Batu Tiga, Pulau Mutiara, Pulau Racun, Pulau Dako Kayu, Pulau Hogow, Pulau Putus-putus, dan Pulau Naga. 

13. Taman Laut Tumbak


Taman Laut Tumbak taman laut tumbak manado

Pulau Tumbak merupakan tempat wisata berada di Desa Tumbak, Sulawesi Utara bagian tenggara. Untuk mencapai lokasi pulau ini, dari pusat Kota Manado menempuh jarak sekitar 90 km atau menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan darat. Melewati Jalan Poros Manado – Tomohon.

Saat mencapai pertigaan di ujung Jalan Ratahan, kendaraan diarahkan ke kiri memasuki Jalan Wioli, menembus hutan dengan akses jalan yang tidak terlalu bagus dan semakin sempit. Pulau Tumbak kaya akan spot snorkeling, Pulau Tumbak merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menawarkan paket tour wisata bahari yang lengkap.

Selain snorkeling, di pulau ini pengunjung juga bisa memancing dan menyelam. Pemandangan bawah laut Pulau Tumbak yang menawan makin membuka mata banyak orang, bahwa destinasi wisata bahari di Sulawesi Utara tidak hanya Bunaken, melainkan juga Tumbak, salah satu pulau di gugusan pulau bagian tenggara perairan Sulawesi Utara.

14.  Pulau Manado Tua


pulau manado tua adalah sejarah pulau manado tua wisata pulau manado tua misteri pulau manado tua luas pulau manado tua foto pulau manado tua asal usul pulau manado tua

Ini juga merupakan tempat yang wajib anda kunjungi jika lagi berada di sulut. Untuk menuju Tempat anda harus menempuh perjalanan sekitar 60 menit dengan menggunakan kapal motor. Di pulau ini terdapat gunung berapi yang menjulang tinggi dan ditumbuhi pepohonan hijau dan rindang, sehingga memiliki pemandangan yang indah dan menajubkan.

Pulau manado tua keindahannya tak begitu berbeda jauh dengan taman laut bunaken dan pulau siladen, perairan di kawasan ini memiliki panorama bawah laut yang spektakuler. Tak salah jika pada tahun 2009 yang lalu, tempat ini menjadi salah satu lokasi pelaksanaan World Ocean Conference.
15. Museum Negeri Manado


Museum Negeri Manado

Yang terakhir tempat wisata referensi dari traveluxion adalah Museum Negeri meskipun masih banyak tempat wisata lainnya. oh ya, di museum ini Anda bisa melihat berbagai macam budaya dan barang-barang unik khas Minahasa. Bukan hanya itu, musium yang terletak di Jalan W.R. Supratman.

Museum Negeri Manado ini juga memiliki beberapa benda unik lainnya, seperti miniatur rumah adat, baju adat, dan beberapa benda yang lainnya yang mempunyai nilai sejarah. Tempat wisata museum di Manado ini tergolong museum dengan koleksi terlengkap di Sulawesi, dengan total koleksi musium sebanyak 2.810 buah. Jika Anda mau masuk ketempat ini dikenakan biayanya sangat murah cuma Rp. 3.000/ orang.

Itu tadi 15 Tempat Wisata di Manado Sulawesi Utara Yang Wajib Dikunjungi, sebagai tempat tujuan wisata / rekreasi. dengan ferensi tempat wisata di manado ini agar lebih memudahkan anda dalam menentukan tujuan wisata di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Related Posts