9 Tempat wisata Populer di Aceh Besar

shares |

Tempat wisata Aceh Besar- Aceh Besar merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh Indonesia. Sebelum Aceh Besar dimekarkan pada akhir tahun 1970-an, ibu kota Kabupaten Aceh Besar adalah Kota Banda Aceh. Setelah Kota Banda Aceh berpisah menjadi kotamadya tersendiri, ibukota kabupaten dipindahkan ke Jantho di Pegunungan Seulawah.

Itulah sekilas mengenai Kabupaten Aceh Besar, seperti halnya dengan daerah lainnya di Indonesia Aceh Besar juga memiliki destinasi wisata yang bisa dijadikan tempat wisata bagi masyarakat Kabupaten Besar maupun dari luar aceh besar. 

9 Tempat wisata Populer di Aceh Besar

Ada beberapa tempat wisata di Aceh besar bisa anda kunjungi saat berada di sana diantaranya adalah:

 Tempat wisata Populer di Aceh Besar

1. Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom air terjun suhom di aceh wisata air terjun suhom lokasi air terjun suhom sejarah air terjun suhom air terjun suhom aceh

Air terjun Suhom ini berada di sekitar Desa Kreung Kala, yang memiliki pemandangan indah di sekitar air terjun, di Lokasi Air terjun Suhom ini ada tempat lokasi yang bisa digunakan untuk kegiatan camping (kemah).

Yang menarik jika berkunjung ke tempat ini adalah jika musim buah karena lokasi ini juga terdapat pohon durian, jadi bisa anda nikmati menambah betah saat berada di kawan air terjun ini. Tempat wisata air terjun ini juga menjadi pusat energi listrik dengan tenaga air, karena memiliki air dengan arus deras. jadi menjadika makin indah

Jika anda tertarik menikmati nuansa alam dengan hiasan air terjun, Air terjun ini terletak di Desa Suhom dan Desa Kreung  Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh , Indonesia.

Untuk mencapai Air Terjun Suhom dari Banda Aceh, memerlukan waktu kurang lebih sekitar satu jam dengan menggunakan angkutan umum. Perjalanan ke sana  melalui rute Banda Aceh – Calang (Aceh Jaya), melewati Pantai Lampuuk, Pantai  Lhoknga dan Kecamatan Leupung.

2. Pantai Ujong Batee

Pantai Ujong Batee pantai ujong batee aceh pantai ujung batee aceh pantai ujung batee banda aceh

Pesona wisata Pantai Ujong Batee tempat wisata dengan Angin laut yang berhembus sepoi di iringi deburan ombak kecil menambah keindahan wisata ini di tambah lagi Rimbunan pohon pinus di sepanjang sisi pantai membuat suasana menjadi tambah tenang.

Selain menawarkan keindahan pantai dan suasana yang tenang, pantai ini juga menjadi tempat yang cocok bagi anda yang ingin berburu kuliner. Pantai Ujong Batee termasuk dalam wilayah Kreung Aceh yang terkenal dengan seafood hasil tangkapan nelayan lokal.

Jadi jika anda berkunjung ke pantai ini jangan lupa untuk mencicipi kulinernya seperti  kepiting besar, udang windu, tiram, dan berbagai jenis ikan karang yang rasanya mantap. Baca Juga: Wisata Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer.

Wisata Pantai ini berada di tengah rute dari Banda Aceh, tempatnya  di Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, jaraknya menuju lokasi sekitar 17  kilometer dari kota banda aceh menuju Pelabuhan Malahayati. Untuk mencapai pantai ini bisa di tempuh dalam waktu 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. 

3. Pantai Lhok Me

Pantai Lhok Me pantai lhok mee pantai lhok mee aceh pantai lhok bubon meulaboh pantai lhok me aceh

Pantai Lhok Mee merupakan pantai berpasir putih yg indah dan menjadi salah satu tempat rekreasi favorit bagi masyarakat setempat maupun dari luar kota. Untuk anda yang suka kuliner, disepanjang pinggir pantai terdapat warung yg menjual makanan dan minuman bagi para pengunjung. Tidak jauh dari kawasan pantai terdapat perumahan penduduk setempat.

Lokasi Pantai Lhok Me ini berada di Desa Lamreh, Dusun Lhok Mee, Jalan menuju Krueng Raya, sekitar 30 Km dari Kota Banda Aceh. Untuk mencapai tempat ini bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. 

4. Waduk Keuliling

Waduk Keuliling waduk keuliling aceh besar waduk keuliling indrapuri waduk keuliling aceh luas waduk keuliling

Selain berfungsi sebagai irigasi, bendungan ini juga menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh traveler. Untuk mendapatkan pemandangan indah usahakan jika anda ingin berkunjung ke waduk Keuliling ketika cuaca cerah dengan begitu, Anda bisa melihat disuguhan dengan pemandangan alam yang menakjubkan, sangat bagus untuk yang suka fotografi dengan panorama alam. 

Waduk Keuliling yang berada di antara bukit-bukit tersebut memberikan suasana tersendiri, Waduk Keuliling yang merupakan wisata buatan dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat melepaskan hobi bagi mereka yang suka memancing. 

Waduk Keuliling Aceh berada di Desa Lam Leuot Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar. Dari arah jalan raya Medan-Banda Aceh menuju ke waduk ini bisa kita tempuh sejauh kurang lebih 7 Km. 

5. Air Terjun Peukan Biluy

Air Terjun Peukan Biluy

Air Terjun Peukan Biluy merupakan tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Untuk melihat langsung posisi air terjun pengunjung harus menaiki anak tangga sebanyak 172 buah dengan kemiringan rata-rata 45 derajat.  tepatnya di Desa Biluy, Kecamatan Darul Kamal, dan juga merupakan tempat liburan bagi wisatawan lokal. 

Sebelum Tsunami tempat wisata air terjun Pekan Biluy merupakan tempat wisata yang rame dikunjungi wisatawan dapat terlihat dari bekas bangunan kafe kayu masih berdiri rongsokannya, juga ada 2 tempat duduk beton memanjang disana. Saat ini jalan menuju air terjun sudah mulai dibenahi yang dulunya rusak parah akibat bencana Tsunami dulu.


6. Pusat Latihan Gajah Saree

Pusat Latihan Gajah Saree

Tempat wisata Saree merupakan tempat wisata yang sudah terkenal di wisatwan lokal maupun mancanegara, Lokasinya juga sangat mudah dijangkau karena Tempat Pusat Pelatihan Gajah Saree ini letaknya sangat strategis persis di pinggir jalan Negara Banda Aceh-Medan sekitar 75 km dari Kota Banda Aceh.  

Pusat Pelatihan Gajah ini terletak di daratan tinggi yang diapit oleh 2 gunung yaitu Gunung Seulawah Agam dan Seulawah Inong, dengan kawasan hutan masih terasa sejuk dan segar.  Salah satu atraksi hiburan di Pusat Pelatihan Gajah Saree adalah atraksi gajah bermain bola.

7. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga pantai lhoknga banda aceh pantai lhoknga di banda aceh pantai lhoknga mon ikeun kabupaten aceh besar aceh pantai lhoknga

Objek wisata pantai yang alami. Banyak wisatawan baik lokal maupun manca negara setiap harinya mengunjungi atau sebagian orang singgah untuk istirahat sebentar untuk melanjutkan perjalanan ke pantai barat-selatan.

Banyak pohon-pohon rindang terutama pohon kelapa yang tumbuh berjejer dan rimbun memberikan kesejukan, juga pohon cemara atau aron. Pantai pasir putih dengan sedikit bebatuan yang memantulkan warna biru laut seolah-olah sebuah aquarium karena menampakkan ikan-ikan yang berwarna-warni.

Pantai Lhoknga yang berada di Tanah Aceh, jaraknya hanya 20 km dari Kota Banda Aceh tepatnya dikawasan PT. Semen Andalas Indonesia. Sebelum stunami menghantam Aceh taon 2004 lalu, kawasan pantai ini cukup memberikan nuansa wisata pantai yang alami. 

8. Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka air terjun kuta malaka aceh air terjun kuta malaka aceh besar air terjun kuta malaka samahani letak air terjun kuta malaka

Air Terjun Kuta Malaka adalah air terjun yang berada di Kuta Malaka, Kecamatan Samahani, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Kawasan Samahani Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar menyimpan keindahan persembahan dari alam.

Di balik gunung Kuta Malaka, begitu warga setempat menyebut, terdapat air terjun 7 tingkat. Dari situ pula kita bisa melepas pandang menatap paras Kota Banda Aceh nan rupawan.

Untuk masuk ke arah Kuta Malaka, sepeda motor atau mobil dua gardan cocok bila musim hujan. Tetapi bila musim kemarau, menggunakan mobil Avanza pun bisa melintasi jalan menuju Kuta Malaka yang sedang di buka.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata Banda Aceh Yang Paling Populer

9. Cagar Alam Jantho

Cagar Alam Jantho cagar alam pinus jantho cagar alam hutan pinus janthoi cagar alam hutan pinus janthoi aceh besar cagar alam hutan pinus janthoi aceh

Dari Banda Aceh berjarak sekitar 50 Km. Dari Kota Jantho Ibukota Kabupaten Aceh Besar ke Kawasan Cagar Alam sekitar 9 km. anda dapat kesana Menggunakan kendaraan pribadi ataupun sarana transportasi umum.

Kawasan Cagar Alam Jantho menjadi kawasan lindung bagi pemerintah daerah Nangroe Aceh Darussalam. Berbagai Flora dan Fauna hidup dalam cagar alam ini. Waktu kunjungan terbaik pada bulan April s/d Agustus (Musim Kemarau) untuk menikmati pemandangan/panorama yang indah.

Related Posts