10 Objek Wisata Menarik di Kabupaten Pati Jawa Tengah Yang Banyak Pengunjung

shares |

Objek Wisata Menarik di Kabupaten Pati - Kabupaten Pati merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah dengan ibukota Kabupaten di Kota Pati yang termasuk dalam deretan kabupaten berada di pantura timur Jawa Tengah, Indonesia. Selain terkenal dengan julukan Bumi Mina Tani Kabupaten Pati juga memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi saat anda jalan-jalan ke Jawa Tengah.

Walaupun untuk sektor pariwisata Kabupaten Pati memang belum banyak dikenal memiliki obyek wisata yang ramai dikunjungi seperti Tempat Wisata Di Semarang, namun sebenarnya jika melihat dari keindahannya wisata di Pati juga tidak kalah menarik. 

10 Objek Wisata Menarik di Kabupaten Pati Jawa Tengah Yang Banyak Pengunjung

Bila anda tertarik untuk berwisata di Kota Pati berikut 10 Objek Wisata Menarik di Kabupaten Pati Jawa Tengah Yang Banyak Pengunjung bisa jadi referensi liburan.

Objek Wisata Menarik di Kabupaten Pati Jawa Tengah

1. Gua Pancur



Objek Wisata di Pati  objek wisata di pati jateng objek wisata di pati tempat wisata di pati obyek wisata di pati jawa

Gua pancur merupakan sebuah tempat wisata alam ada di Kabupaten Pati Jawa Tengah yang terletak di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Goa ini memiliki daya tarik berupa pemandangan yang sangat indah yaitu berupa stalagtit dan stalagmit yang menghiasi di sepanjang dalam gua. 

Uniknya Gua pancur di dalamnya terdapat aliran sungai yang kedalamannya bisa sepinggang orang dewasa. Oleh karena itu apabila anda akan menyusuri gua ini anda harus berhati-hati. Bila anda baru pertama kali berkunjung di Gua Pancur alangkah baiknya menggunakan jasa pemandu wisata lokal agar dapat menunjukkan jalan yang aman serta dapat menceritakan berbagai hal yang ada seputar Gua Pancur ini.

2. Air terjun tadah hujan

objek wisata sekitar pati tempat wisata di gunung pati tempat wisata di gunung pati semarang tempat wisata alam pati

Kabupaten Pati berbatasan langsung dengan Kabupaten Grobogan dimana batas wilayahnya terdapat Gunung Kendeng yang berupa pegunungan kapur.  nah di daerah tersebut terdapat Objek wisata Air terjun Tadah Hujan.

Di kawasan Gunung Kendeng yang merupakan wisata alam di Pati dengan ketinggian kurang lebih mencapai 75 M, sebuah tempat wisata yang masih tersembunyi di Kabupaten Pati dan menawarkan pesona alam yang masih alami. Untuk menuju tempat wisata ini akses jalan yang belum begitu bagus, oleh karena itu  tempat wisata ini belum populer dikalangan wisatawan. 

Namun jika anda mempunyai jiwa petualang menjelajah dengan penuh tantangan air terjun tadah hujan ini sangat menarik untuk anda kunjungi. Ketenangan denga suasana yang nyaman yang menawarkan pemandangan alam yang indah, maka anda dapat berpetualang menyusuri jalan untuk menuju Air Terjun Tadah Hujan ini berada.

Baca Juga: Keindahan Curug 7 Bidadari di Ungaran Kabupaten Semarang

3. Bumi Perkemahan Regaloh

tempat wisata pati dan sekitarnya tempat wisata alam di daerah pati tempat wisata daerah pati jawa tengah tempat wisata dikabupaten pati

Bumi perkemahan regaloh di pati jawa tengah ini sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan anda sebagai tujuan tempat camping (kemah) yang bisa anda kunjungi berasa keluarga maupun sahabat. Di Wisata Bumi Perkemahan Regaloh memberikan suasana khas hutan dengan banyak pepohonan yang sangat asri. 

Selain itu pada hari-hari biasa dapat digunakan sebagai tempat nongkrong khususnya bagi warga Pati sendiri yang ingin menikmati suasana hutan yang sejuk. Selain suasananya yang nyaman, Bumi Perkemahan Regaloh juga sudah dilengkapi dengan beberapa permainan seperti flying fox, ayunan dan juga gazebo untuk duduk-duduk santai. 

Untuk mendatangi Bumi Perkemahan Regaloh ini anda dapat menempuh jalur arah Kecamatan Tlogowungu. Setelah melewati Pasar Tlogowungu anda tinggal belok ke kanan dan menempuh jalur sekitar 1 km.

4. Alun-alun Kota Pati


tempat wisata di pati jawa tengah tempat wisata di juwana pati tempat wisata di juana pati objek wisata pati jawa tengah tempat wisata di kota pati jateng

Jika sedang berada di Kota pati jangan lewatkan untuk singgah di Alun-alun Kota Pati. Tempat wisata Kota Pati ini memiliki keunikan tersendiri dibanding alun-alun di Kota lainnya. Di Alun-alun Kota Pati ini hampir setiap malamnya terdapat banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangan.

Mulai aneka kuliner khas Pati sampai berbagai macam barang seperti pakaian, accesories, mainan dan lainnya yang dapat memanjakan anda saat berada di alun-alun kota pati. Selain itu alun-alun ini juga dapat dilengkapi dengan berbagai macam permainan untuk anak-anak seperti mobil mini, odong-odong, bianglala mini yang bisa dijadikan wisata alternatif keluarga di pati. 

Sedangkan ditengah alun-alun sendiri banyak sekali pengunjung yang duduk-duduk menikmati indahnya malam di Kota Pati. Pengunjung tidak hanya datang dari Kota pati namun juga dari daerah di pinggiran Kabupaten Pati. Keramaian di Alun-alun Kota Pati ini sudah menjadi semacam pasar rakyat bagi warga masyarakat Pati.

5. Wisata Jolong

tempat wisata yang ada di pati jawa tengah obyek wisata kabupaten pati jawa tengah obyek wisata kota pati jawa tengah tempat wisata kota pati jateng

Wisata Jolong di Kabupaten Pati merupakan sebuah wisata terpadu yang sangat menarik dan banyak diminati oleh para wisatawan lokal. Lokasi wisata Jolong ini adalah di lereng Gunung Muria sehingga memiliki suasana yang sejuk dan banyak ditumbuhi pepohonan yang besar dan rindang. 

Dikwasan wisata Jolong Terdapat beberapa obyek yang dapat dinikmati seperti Bumi Perkemahan, outbound, Agrowisata, Air Terjun Grenjengan. 

Air Terjun Grenjengan ini menjadi salah satu favorite spot wisata di Agrowisata Jolong ini karena air yang mengalir sangat jernih dan suasananya begitu menyejukkan. Di sekitar wisata ini dapat anda lihat  perkebunan kopi yang dikelola oleh PTPN IX yang menambah keindahan kawasan wisata Jolong.

6. Pantai Banyutowo


tempat wisata di kabupaten pati jawa tengah obyek wisata di kabupaten pati tempat wisata di karesidenan pati

Kabupaten Pati selain memiliki objek wisata alam juga dikenal dikenal memiliki wisata pantanyanya yang menarik, karena kabupaten yang memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa ini menjadikan Pati memiliki spot pantai yang indah. 

Salah satu tempat wisata berupa pantai adalah Pantai Banyutowo. Pantai Banyutowo terdapat di Desa Banyutowo, Tayu. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten jepara yang tidak begitu jauh dengan Destinasi Wisata Eksotis di Seputar Kepulauan Karimunjawa yang bisa anda kunjungi untuk tujuan wisata berikutnya di jawa tengah Indonesia.

7. Pulau Seprapat Juwana

tempat wisata di sukolilo pati tempat wisata di sekitar pati tempat wisata di kecamatan sukolilo pati

Pulau Seprapat merupakan sebuah pulau yang berdekatan dengan Pelabuhan Juwana tepatnya di Desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Jwah tengah Indonesia. Letak Pulau Seprapat berada di muara Sungai Silugonggo, Juwana, Pati. 

Pulau ini berukuran kecil atau tepatnya sekitar 220 x 65 meter. Di pulau ini nuansa mistis sangat terasa, yaitu dengan adanya pepohonan yang tumbuh di sekitar pulau serta keberadaan sebuah makam yang merupakan makam seorang wali yaitu Ki Lodang Datuk Wali Joko. Biasanya wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk berziarah mengunjungi makam Ki Lodang Datuk Wali Joko.

8. Waduk seloromo

tempat wisata di pati jateng tempat wisata alam di pati tempat wisata sejarah di pati tempat wisata air di pati

waduk seloromo merupakan wisata arternatif yang terdapat di Kabupaten Pati Jjawa Tengah, tepatnya terletak tidak jauh dari Waduk Gunung Rowo. Jika anda dari Kota Pati anda dapat menjangkau Waduk Seloromo dengan mengambil jurusan Gembong. 

Waduk Seloromo juga memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dibanding Waduk lainnya yang bisa anda jadikan sebagai tempat rekreasi di Pati. Dengan memiliki pemandangan yang indah waduk ini merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan penggemar dunia fotografi.

9. Waduk Gunung Rowo

daftar tempat wisata di pati foto tempat wisata di pati tempat rekreasi di gunung pati tempat wisata daerah gunung pati

Waduk Gunung Rowo merupakan objek wisata berupa sebuah waduk yang terletak di dikawasan lereng Guung Muria sebelah timur yang masih dalam wilayah Kabupaten Pati. Sama seperti waduk pada umumnya, Waduk Gunung Rowo memiliki fungsi untuk sarana irigasi bagi sawah-sawah di sekitarnya. 

Namun karena keindahan yang ditawarkan waduk gunung rowo,menjadikan waduk ini banyak dikunjungi warga masyarakat Pati sebagai tempat rekreasi menarik. Biasanya pada hari libur Pengunjung banyak berdatangan ke Waduk Gunung Rowo. 

Di lokasi wisata ini pengunjung dapat menikmati keindahan Waduk Gunung Rowo yang disekitarnya dikelilingi hutan dari gazebo-gazebo yang telah disediakan.Selain itu pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner khas ikan air tawar yang banyak dijajakan warung-warung makan disekitar Waduk Gunung Rowo ini.

10. Juwana Water Fantasy

tempat rekreasi pati jawa tengah tempat wisata di pati kota tempat wisata di kabupaten pati tempat rekreasi di kota pati tempat wisata kabupaten pati

Juwana Water Fantasy merupakan tempat wisata di pati yang terdapat banyak sekali wahana permainan baik permainan darat maupun air. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga yang Saat ini ada sekitar 30an wahana yang sudah dibangun dan kemungkinan akan terus bertambah demi memanjakan setiap pengunjung yang datang ketempat ini. 

Untuk datang ke Juwana Water Fantasy (JWF) lokasinya di alamat Jl. Juwana - Rembang Km.8 Ds. Bumimulyo (Mujil) Kec. Batangan Kab. Pati,, Juwana, Jawa Tengah, Indonesia. 


Demikian sekilas mengenai tempat wisata di Kabupaten Pati. Semoga informasi tentang 10 Objek Wisata Menarik di Kabupaten Pati Jawa Tengah Yang Banyak Pengunjung tadi dapat menambah daftar tentang obyek wisata yang ada di Kabupaten Pati Jawa Tengah sebagai tempat menghabiskan waktu liburan.

Related Posts