9 Tempat Liburan Maluku Yang Tidak Kalah Dengan Tempat Pariwisata di Bali

shares |

Tempat Wisata di Maluku- Maluku atau yang dikenal secara internasional sebagai Moluccas adalah provinsi yang ada di Bagian timur Indonesia. Lintasan sejarah Maluku telah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di Timur Tengah seperti kerajaan Mesir yang dipimpin Firaun.

Bukti bahwa sejarah Maluku adalah yang tertua di Indonesia adalah catatan tablet tanah liat yang ditemukan di Persia, Mesopotamia, dan Mesir menyebutkan adanya negeri dari timur yang sangat kaya, merupakan tanah surga, dengan hasil alam berupa cengkeh, emas dan mutiara, daerah itu tak lain dan tak bukan adalah tanah Maluku yang memang merupakan sentra penghasil Pala, Fuli, Cengkeh dan Mutiara di Indonesia. 

Pala dan Fuli dengan mudah didapat dari Banda Kepulauan, Cengkeh dengan mudah ditemui di negeri-negeri di Ambon, Pulau-Pulau Lease (Saparua, Haruku & Nusa laut) dan Nusa Ina serta Mutiara dihasilkan dalam jumlah yang cukup besar di Kota Dobo, Kepulauan Aru. (sumber: Wikipedia)

Tempat Liburan Maluku tempat wisata maluku tempat wisata maluku utara tempat wisata maluku tenggara tempat wisata maluku tengah

Ibu kota Maluku adalah Ambon yang biasa dikenal dengan sebutan sebagai Ambon Manise, kota Ambon berdiri di bagian selatan dari Pulau Ambon yaitu di jazirah Leitimur. Profil pariwisata Maluku yang berisikan objek wisata dan daya tarik untuk mengunjungi Maluku, merupakan  potensi kepariwisataan yang begitu menjanjikan terutama bagi wisatawan untuk saatnya datang berkunjung menyaksikan keindahan alam di Maluku. 

Destinasi wisata Maluku merupakan ketersediaan daya tarik wisata bawah laut sesuai dengan karakteristik wilayah tersebut sebagai salah satu daerah kepulauan di Indonesia, Gunung api, Gunung api bawah laut, Daerah perbukitan, Pemandangan alam, Teluk, Danau dan Keramah-tamahan masyarakat Maluku yang sudah dikenal sejak dahulu dengan tradisi masyarakat yang menganggap Wisatawan datang Sebagai Raja.

Sejak zaman purba kala, Maluku telah diakui memiliki daya tarik wisata alam yang indah selain daripada rempah-rempahnya. Terdiri dari ratusan kepulauan membuat Maluku memiliki keunikan panorama disetiap pulaunya dan mengundang banyak turis lokal maupun mancanegara datang untuk mengunjungi bahkan menetap di kepulauan yang eksotis ini.

Selain objek wisata alam, beberapa peninggalan zaman kolonial juga merupakan daya tarik tersendiri karena masih dapat dilihat dan terpelihara dengan baik hingga sampai saat sekarang. Provinsi Maluku, mungkin ada yang belum tahu mengenai tempat wisata yang bisa dijadikan tempat rekreasi di daerah ini.

Padahal jika anda mau mengeksplore tempat liburan yang ada di Maluku terdapat banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa kita kunjungi sebagai tujuan rekreasi wisata di Indonesia kawasan timur tersebut. Untuk mengetahui tempat mana saja yang bisa dijadikan tujuan liburan di Maluku bisa anda baca dibawah ini.

Meskipun tidak semuanya di tampilkan pada artikel ini paling tidak bisa memberi gambaran tentang keindahan wisata di maluku yang merupakan bagian dari wisata Indonesia.

1. Benteng Amsterdam

Benteng Amsterdam benteng amsterdam hila benteng amsterdam maluku benteng amsterdam manado benteng amsterdam di hila

Benteng Amsterdam adalah bangunan kedua yang didirikan oleh Belanda yang dibangun pada tahun 1512 setelah Casteel Vanveere di Negeri Seith hancur. Benteng Amsterdam merupakan salah satu bangunan tua yang berusia ratusan tahun dan merupakan bagian dari sejarah penguasaan VOC di Ambon, Maluku

Benteng Amsterdam merupakan benteng peninggalan Belanda lokasinya berada di perbatasan antara Negeri Hila dan Negeri Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, sekitar 42 km dari kota Ambon. Letak benteng ini tepat di samping pantai Negeri Hila dan Negeri Kaitetu. 

2. Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota  lokasi pantai pintu kota sejarah pantai pintu kota pantai pintu kota ambon pantai pintu kota di ambon

Di malauku mempunyai pantai yang tidak kalah dengan pantai di Bali yaitu pantai pintu kota. Pantai ini memiliki pemandangan yang cukup indah dan termasuk jenis pantai yang berkarang dan berbatu, Selain itu Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, dengan tebingnya yang berlubang ditengah-tengah, berbeda dengan pantai lainnya yang dipenuhi hamparan pasir putih, disini anda akan menemukan bebatuan karang kokoh di tepi pantainya.

Pantai pintu kota memiliki keindahan dengan andanya Tebing bolong diantara bebatuan karang  dan itulah yang menjadi ikon ciri khas dari pantai ini. Pantai Pintu Kota terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Provinsi Maluku. Jaraknya sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Ambon.

3. Morea Desa Wai

Morea Desa Wai

Obyek wisata Morea desa wai adalah sebuat nama tempat tujuan wisata di Provinsi Maluku. Tempat wisata ini memiliki daya tarik karena keberadaan ikan besar seperti lele ada yang bilang juga seperti belut namun ukurannya besar yang hidup berdampingan bersama masyarakat dibawah celah batu kolam dan ikan tersebut bernama morea atau biasa masyarakat setempat menyebutnya tuan tanah. 

Jika anda mencelupkan kaki dikolam, Ikan morea ini dengan tenang berenang di antara kaki anda. Namun untuk melihat morea raksasa ini diperlukan pawang untuk memanggilnya yang biasa menggunakan telur sebagai media pemanggil morea ini.

4. Danau Tebing Makariki

Danau Tebing Makariki

Danau Tebing Makariki merupakan tempat wisata alam memiliki keindahan yang masih alami, memang tempat wisata ini belum terlalu populer lokasinya yang cukup tersembunyi berada di Kaki Gunung Binaia, tepatnya di Pulau Seram, Desa Laimu, Kecamatan Tehoru, Maluku Tengah.  

Untuk sampai ke tempat wisata tersebut anda harus terlebih dahulu melewati berbagai medan yang menantang. Tempat wisata Danau Tebing Makariki sangat danau ini terletak di pulau seram, tepatnya di desa laimu cocok bagi wisatawan yang menyukai petualangan dialam.

5. Air Panas Hatuasa Tulehu

Air Panas Hatuasa Tulehu

Tempat wisata Air panas di yang berada Desa Tulehu ini mempunyai khasiat, yaitu dapat menjadi terapi kesehatan dan juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit, itu menurut beberapa pengunjung yang sering datang ke pemandian air panas ini. 

Untuk mencapai Desa Tulehu berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Ambon, Anda dapat mencapainya dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat, dengan lama perjalanan sekitar 1 jam perjalanan.

6. Pantai Santai

Pantai Santai pantai pantai pulau weh pantai santai beach ambon pantai santai pulau weh pantai santai di latuhalat

Tempat wisata pantai yang indah di Maluku adalah pantai santai, sesuai dengan namanya pantai santai memang sangat cocok untuk tempat bersantai setelah menjalani rutinitas sehari-hari. lokasi ini juga sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling, surga bawah laut di pantai santai bisa memanjakan mata memandang karena memang keindahan yang disuguhkan.

Pantai santai ini lokasinya berada di Desa Latuhalat, Nusa Niwe, Ambon, berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Ambon. Pantai ini dapat ditempuh dengan mobil dan memakan waktu sekitar 30 menit.

7. Pantai Natsepa

Pantai Natsepa pantai natsepa di ambon pantai natsepa kota ambon pantai natsepa di maluku pantai natsepa maluku tengah

Tempat wisata terkenal di propinsi malaku adalah pantai Natsepa ynag merupakan pantai yang populer di provinsi Maluku yang terletak di Kota Ambon, Lokasinya termasuk dalam Maluku Tengah, yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Ambon telah memudahkan para wisatawan untuk mengunjunginya. Pemandangan indah dari pantai ini akan menjadi tempat rekreasi yang tepat untuk menenangkan. 

Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini tidak begitu sulit hanya dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari kota Ambon menggunakan transportasi darat, maka sampailah Anda di Pantai Natsepa. Jaraknya yang dekat dengan pusat kota membuatnya menjadi lokasi favorit penduduk kota Ambon, maupun sebagian besar wisatawan yang sedang mengunjungi kota Ambon akan singgah dan berwista ke pantai ini.

Baca Juga: Pantai Natsepa Ambon Wisata Bahari Propinsi Maluku.

8. Pantai Liang

Pantai Liang pantai liang kareta pantai liang kareta selayar pantai liang maluku pantai liang ambon maluku

Tempat wisata yang terkenal dan memiliki keindahan di maluku bahkan bisa dikatakan pantai terindah di Indonesia, terbukti pada tahun 1991 pantai liang dinobatkan PBB sebagai pantai terindah di Indonesia.

Di pantai Liang memiliki hamparan pasir putih dan gradasi warna air laut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ketempat ini, ombak di pantai ini cukup tenang sehingga membuat nyaman sebagai tempat berenang.

Tempat wisata Pantai Liang berjarak sekitar 31 km dari pusat Kota Ambon. Jika dari Bandara Pattimura Ambon maka dapat menggunakan jasa ojek maupun sewa mobil/angkot ke Pantai Liang. yang memakan waktu sekitar satu jam dari pusat Kota Ambon. 

9. Pantai Ora

Pantai Ora pantai ora pulau seram pantai orang pantai ora di maluku tengah pantai ora terletak di pantai ora beach

Tempat wisata Pantai Ora merupakan tempat wisata pantai paling favorit bagi wisatawan lokal dan mancanegara, pantai ora bisa dibilang mirip dengan pantai di maladewa. Bagi yang hobi wisata bawah laut mengunjungi pantai ini akan memberikan anda keindahan surga bawah laut dan pemandangan pantai yang sangat indah yang siap memanjakan anda.

Pantai Ora memiliki air laut yang jernih dengan hiasan terumbu karang yang mudah terlihat dengan mata telanjang. ditempat wisata ini terdapat pemandangan berupa Penginapan apung di atas laut berpadu dengan indahnya panorama pegunungan hijau. Pantai Ora ini tempat wisata yang terletak di pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia.

Itulag sebagaian tempat liburan maluku yang tidak kalah dengan tempat pariwisata di Bali, selain itu anda saat berada di malku jangan lupa kuliner 10 Makanan Khas Maluku membuat Penasaran Ingin di Coba sebagai pelengkap traveling anda di provinsi maluku Indonesia.

Related Posts