Danau Kayangan Lembah Sari, Tempat Tujuan Wisata Favorit di Pekanbaru Riau

shares |

Tempat Wisata di Pekanbaru Riau Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan ibu kota di Pekanbaru, provinsi ini terletak di bagian tengah pulau Sumatera di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka. Di pekanbaru Riau ada sebuah danau buatan yang terkenal sebagai tempat wisata yang merupakan daya tarik wisatawan untuk berwisata di Provinsi yang mayoritas suku melayu ini yaitu Danau kayangan Lembah sari.

Danau kayangan Lembah sari ini merupakan sebuah bendungan irigasi yang di dijadikan objek wisata di Pekanbaru Riau yang sangat menarik untuk dikunjungi, karena danau ini dipercantik sebagai tempat wisata dan mengalami banyak pengembangan dari situlah muncul nama yang melekat yaitu Danau Buatan, begitulah masyarakat setempat lebih menganlnya.

Sekarang objek wisata Danau Buatan atau Danau Kayangan lembah sari menjadi salah satu tempat tujuan wisata bagi masyarakat Pekanbaru maupun wisatawan dari luar kota pekanbaru bahkan ada juga mancanegara yang berwisata di Danau Buatan ini.

Tempat Wisata di Riau tempat wisata di riau kepulauan tempat wisata di riau daratan tempat wisata di pekanbaru riau

Kawasannya wisata Danau Buatan Kayangan Lembah Sari memiliki luas sekitar 14 hektar dan memiliki pemandangan alam yang mempesona, menjadi tempat sangat tempat sebagai penghilang rasa stress dari kebisingan ibukota yang selalu rame bunyi kendaraan.

Danau ini memberikan anda perasaan tenang dengan suasana yang meyenangkan dan tidak akan merasa jenuh bila anda berlama-lama bersantai dengan memandangi panorama alam yang indah berupa pepohonan yang masih hijau menghiasi daerah dataran tinggi yang berbukit-bukit.

 tempat wisata di provinsi riau tempat wisata di duri riau tempat wisata alam di riau

Danau Kayangan di pekanbaru memiliki destinasi wisata berupa bukit utama dan pada puncak bukit tersebut terdapat sebuah bangunan yang memiliki atap seperti panggung terbuka tanpa dinding pembatas. Tempat ini disediakan sebagai tempat bersantai untuk para pengunjung sambil menikmati pemandangan danau yang lebih indah dari puncak tertinggi.

Pemandangan alam yang disuguhkan tempat ini sangat mempesona disekitar danau disertai suasana sejuk dan santai, menjadikan danau kayangan sebagai pilihan yang tepat sebagai tujuan wisata serta rekreasi keluarga. 


Kegiatan Yang Bisa dilakukan di Danau Buatan Kayangan Lembah Sari Riau

Obyek wisata di Riau ini dijadikan masyarakat setempat sebagai tujuan wisata keluarga untuk menghabiskan akhir pekan untuk menikmati keindahan alam dan hembusan angin dipinggir danau yang jauh dari poplusi udara.

Selain itu banyak hal yang bisa dilakukan seperti kegiatan memancing ikan, berlayar menaiki kendaraan air berkeliling danau dan masih banyak lagi lainnya. Daya tarik danau buatan ini juga adalah keunikan Danau yang dapat anda lihat dari banyaknya pengunjung menyaksikan festival yang di adakan di kawasan danau.

Kegiatan yang diadakan sangat menarik, diantaranya lomba balapan perahu dayung, lomba perahu tongkang, lomba pacuan Itik, pameran kaligrafi Islam, bazaar UKM, serta lomba tingkat pelajar se-Kota Pekanbaru. Meskipun kegiatan di danau kayangan lembah sari masih bersifat tradisional disinilah letak keunikannya.

danau bandar khayangan lembah sari danau wisata bandar khayangan lembah sari danau kayangan lembah sari

Berkunjung ketempat wisata tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner yang ada, begitu juga di Danau kayangan lembah sari Juga memiliki beragam wisata kuliner yang bisa anda nikmati yang bisa anda dapatkan di sekitar danau ini diantaranya seperti cendol beras, ikan bakar khas daun, serta makanan yang diolah dari jenis singkong dan sagu. Baca Juga Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

Objek wisata danau kayangan ini juga menjadi salah satu tempat yang digunakan sebagai penyelengaaraan PON ke XVIII di Riau untuk cabang olahraga ski air. Karena dari kedalaman air serta luasnya yang memadai, Danau Kayangan memenuhi syarat sebagai venue olahraga cabang ski air. Ternyata atlet yang berpartisipasi pada cabang olah raga ski air mengaku sangat puas tehadap lingkungan danau yang kondusif sebagai tempat di selenggarakannya lomba tersebut. 

Fasilitas di Danau Kayangan Lembah Sari Pekan Baru Riau

Banyak fasilitas yang bisa anda manfaatkan jika sedang berada di tempat wisata Danau Kayangan pekanbaru, Riau Indonesia. Anda bisa lihat beragam jenis kendaraan air yang disediakan di Danau Kayangan diantaranya kapal penumpang, perahu dan sepeda air.

Perahu atau kapal penumpang ini bisa anda sewa sebagai kendaraan yang membawa anda untuk melihat keindahan danau dengan cara berkeliling danau. Bukan hanya perahu atau kapal saja, anda juga bisa menyewa sepeda air yang tersedia di tempat tersebut yang bisa anda gunakan sebagai sarana berkeliling menyusuri pinggiran danau bersama sahabat maupun keluarga. 

Untuk menaiki kendaraan air di danau anda terlebih dahulu bekumpul di sebuah dermaga seperti pelabuhan, dari tempat inilah star dimulainya untuk mengelilingi danau dan melihat keindahannya. Nuansa alami dan kesejukan udara disekitar danau ini merupakan tempat wisata Favorit yang banyak menarik wisatawan.

Dilingkungan sekitar danau juga terdapat tambak Ikan yang dikelola oleh masyarakat sekitar danau. Jadi selain pemandangan alamnya yang indah danau ini juga menjadi lahan mata pencarian masyarakat sekitar danau.

Deretan keramba yang berjajar ini juga merupakan pemandangan menarik untuk diabadikan sebagai dokumentasi kenangan bahwa anda pernah datang kedanau yang memiliki banyak keindahan dan menyenangkan saat menghabiskan waktu liburan.


Akses / Lokasi Danau Kayangan Lembah Sari Pekanbaru Riau

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi danau buatan kayangan lembah sari pekanbaru Riau, tempat ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin mencari tempat liburan dengan suasana nyaman dan tenang, dijamin Anda pasti tidak akan menyesal untuk mengunjungi Danau Kayangan.

Akses / Lokasi Danau Kayangan Lembah Sari Pekanbaru Riau

Untuk mengunjungi tempat wisata ini tidak sulit  karena jaraknya dari pusat kota prkanbaru tidak terlalu jauh hanya sekitar 10 kilometer tepatnya terletak di Desa Limbungan Kecamatan Rumbai pesisir, Kota Pekanbaru, Riau Indonesia.

Akses jalan untuk menuju lokasi danau Kanyangan juga sudah terbilang sangat mudah untuk di lalui, Tentunya juga tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk dapat menikmati indahnya nuansa wisata Danau Kayangan. Danau ini merupakan icon wisata Kota Pekanbaru serta salah satu objek wisata yang mengangkat kepariwisataan Provinsi Riau. 

Related Posts