Situs Gua Tontonan, Objek Wisata di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan

shares |

Objek Wisata di Kabupaten Enrekang - Kabupaten Enrekang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Jika dilihat dari sektor wisata, kabupaten Enrekang tentu banyak memiliki destinasi wisata menarik. Kabupaten Enrekang kini telah banyak mengalami peningkatkan serta memperbaiki berbagai fasilitas terutama yang menunjang sektor pariwisata.

Hal ini dilakukan demi menunjukkan ke dunia luar bahwasanya Enrekang juga memiliki daya tarik yang patut diperhitungkan untuk tujuan wisata saat berada di Sulawesi Selatan(sulsel). Salah satu tempat wisata yang mulai terkenal adalah Gua Tontonan.

Situs Gua Tontonan tempat wisata di sulawesi selatan yang terkenal

Mungkin bagi yang baru mengenal tempat ini kesan pertama mungkin akan merasa ngeri dan membuat bulu roma merinding, karena saat anda datang Gua tontonan akan disuguhkan dengan pemandangan yang jarang dijumpai di tempat wisata lainnya yaitu sebuah hiasan tengorak yang banyak terdapat tempat ini, selain itu juga terdapat peti mati yang akan ada saksikan ditebing batu.

Situs Gua Tontonan Objek Wisata di Kabupaten Enrekang

Gua Tontonan merupakan sebuah situs peninggalan prasejarah dimana terdapat mandu atau erong sebagai wadah kubur pada zaman sebelum masuknya Islam. Gua Tontonan menyimpan tulang belulang peninggalan Suku Toraja.

Situs Gua Tontonan tempat wisata alam sulawesi selatan

Anda akan melihat peti mati seberang sungai yang diletakan diatas di lekukan tebing yang mendatar vertikal bak tembok raksasa. Jika diamati lebih cermat, ada lubang gua di bagian atas tebing dan gua ini yang dinamakan gua tontonan.

Adapun keunikan dari tempat ini yaitu pemandangan berupa tengkorak manusia yang berada di atas mandu. Tidak diketahui, apakah tengkorak tersebut adalah milik mayat yang berada dalam peti mati ataukah tengkorak milik orang lain.

Ada sekitar empat mandu yang memiliki tengkorak manusia diatasnya, satu mandu memiliki dua tengkorak manusia dikedua ujung mandu. Jika dilihat dari bentuk peti yang terdapat disitu yang didominasi menyerupai bentuk seperti perahu, ada kemungkinan bahwa zaman dahulu, penduduk daerah tersebut mengenal kebudayaan perahu dalam artian bahwa sebelum tiba di tempat itu, mereka adalah penduduk pesisir atau pendatang.

Situs Gua Tontonan, Objek Wisata di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan

Hal ini di dukung dengan pernyataan beberapa warga bahwa orang yang dimakamkan di Tontonan tersebut merupakan pendatang dan bukan penduduk asli daerah tersebut. Tetapi hal ini membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan asal muasal kebudayaan tersebut. 

Mandu itu sendiri ternyata tidak hanya ada di Tontonan, tetapi juga di temukan di Toraja yang tentunya memiliki perbedaan dari segi bentuk. Hal ini memungkinkan bahwa orang-orang di tempat itu memiliki hubungan dengan suku Toraja, juga dapat dilihat dari bentuk mandu yang menyerupai atap rumah Tongkonan.

Tontonan, Grand Canyon Ala Sulawesi Selatan

di tempat situs gua tontonan terdapat Sungai Tongkonan yang mengalir di bawahnya menambah agung keperkasaan tebing setinggi sekitar 100 meter itu. Kata masyarakat sekitar, para pemanjat tebing sering memacu adrenalinnya di tebing Tontonan ini.

Sungai ini sekarang dijadikan tempat wisata arung jeram yang menyenangkan, anda bisa menyusuri sungai dengan aliran dengan arus deras sambil menikmat pemandangan tebing terjal menambah kegiatan arung jeras semakin menyenangkan.

Baca Juga: Makam Sultan Hasanudin, Objek Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan

Letak Lokasi Gua Tontonan Objek Wisata di Kabupaten Enrekang

Situs Gua Tontonan berada di Kelurahan Tanete, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Situs ini terletak di pinggiran Sungai Mataallo yang memiliki arus yang cukup deras.

Sekitar situs banyak ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan seperti  semak belukar, pohon bambu, dan tanaman merambat lainnya. Situs ini merupakan tebing. Akses ke tempat ini adalah melalui Jalan Poros Enrekang-Sulawesi selatan yang berkelok-kelok.

Bagi yang belum terbiasa tentu perjalanan sekitar satu jam dari Ibu Kota Kabupaten Enrekang akan sedikit menantang karena akan melewati medan tersebut, sedangkan Jarak Gua Tontonan dari kota kecamatan Cakke ke lokasi bisa ditempuh sekitar kurang lebih 3 km atau sekitar 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Related Posts