Taman Nasional Gunung Palung wisata Alam Kalimantan Barat

shares |

Taman Nasional Gunung Palung- Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang ada di pulau Kalimantan atau biasa disebut dengan Borneo untuk menjelajahi tempat-tempat menarik atau tempat wisata di Kalimantan Barat tidak cukup hanya dengan mengunjungi wisata di Kota Pontianak, dengan daerah yang begitu luas tentu saja kalimantan banyak memiliki destinasi wisata, terutama wisata alam Kalimantan.

Mungkin anda hanya tahu tempat wisata Kalimantan barat, seperti wisata Pontianak, tempat wisata Singkawang itu mungkin tempat wisata yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kalbar, namun sebetul tempat wisata Kalimantan barat belum banyak terekspost luas.

taman nasional gunung palung ketapang taman nasional gunung palung ketapang kalimantan barat

Provinsi Kalimantan Barat seperti provinsi lain yang ada di Indonesia juga menyimpan banyak destinasi wisata, seperti wisata alam, wisata budaya, wisata religi, dan wisata sejarah. Namun ada yang istimewa wisata di kalbar yaitu wisata alam yang merupakan di Kawasan Taman Nnasional.

Kalbar sebagian wilayahnya ditetapkan sebagai salah satu taman nasional yang ada di Indonesia bernama Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) dan ini merupakan sebuah kawasan taman nasional yang terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat Indonesia. Untuk menuju tempat tersebut terlebih dahulu anda ke Kabupaten Ketapang bisa menggunakan transfortasi udara maupun transfortasi laut.

Jika anda ingin menggunkan tranfortasi udara bisa melalui bandahar Supadio Pontianak dengan tujuan ketapang yang membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Untuk yang ingin mengunakan transfortasi laut bisa menggunakan kapal express dari pelabuhan senghi pontianak menuju Ketapang dan lama perjalanan sekitar 7 jam.

Informasi Taman Gunung Palung Kalimantan Barat

Taman Gunung Palung kawasannya berada di Kabupaten Ketapang yang memiliki Luas kurang lebih 90.000 hektar, dengan areal terbentang di Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai.

taman nasional gunung palung kalbar taman nasional gunung palung kalimantan taman nasional gunung palung melindungi

Balai Taman Nasional Gunung Palung ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : 6186/Kpts-II/2002 tanggal 10 Juni 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Taman Nasional yang berkedudukan di Kabupaten Ketapang , Popinsi Kalimantan Barat.

Kawasan Taman Nasional Gunung Palung ditetapkan sebagai kawasan suaka alam melalui Staat Blaat No.4/13IB/1937 tanggal 29 April 1937 dengan luas 30.000 Ha. Kemudian, melalui SK Menteri Pertanian No : 101 A/Kpts /VIII/12/1981 tanggal 10 Desember 1981 luas kawasan Taman Nasional Gunung Palung berubah menjadi 90.000 Ha.

Dengan menunjuk kelompok hutan (kawasan perluasan) yaitu gunung Kepayang, gunung Seberuang, Sei Lekahan, Labuhan Batu dan sekitarnya dengan status kawasan berubah menjadi Suaka Margasatwa Gunung Palung.

Pada acara Pekan Konservasi Alam Nasional III di Bali tanggal 24 Maret 1990 kawasan ini dideklarasikan sebagai Taman Nasional dengan luas 90.000 ha melalui pernyataan Menteri Kehutanan Nomor : 448/Menhut-VI/1990 tanggal 6 Maret 1990.

Taman Nasional Gunung Palung Kalimantan Barat Indonesia merupakan kawasan yang mempunyai ekosistem yang bisa dikatakan sebagai taman nasional terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. Di kawasan Taman Nasional Gunung Palung juga terdapat Gunung Palung yang mempunyai ketinggian kurang lebih 1.116 meter dari permukaan laut.

Selain itu, Taman Nasional ini juga habitat bagi sekira 2.200 ekor orangutan. Untuk jenis Bekantan mamalia dengan jumlah terbesar populasinya di Taman nasional tersebut. Taman nasional ini merupakan satu-satunya kawasan hutan tropika Dipterocarpus yang terbaik dan terluas di Kalimantan. Sekitar 65 persen kawasan, masih berupa hutan primer yang tidak terganggu aktivitas manusia dan memiliki banyak komunitas tumbuhan dan satwa liar.

Taman Nasional Gunung Palung ini juga sebagai salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka-ragaman hayati bernilai tinggi, dan berbagai tipe ekosistem antara lain hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan yang selalu diselimuti kabut.

balai taman nasional gunung palung peta taman nasional gunung palung manfaat taman nasional gunung palung

Seperti wilayah Kalimantan Barat pada umumnya kawasan ini ditumbuhi oleh tumbuhan diantaranya:
  • jelutung (Dyera costulata);
  • ramin (Gonystylus bancanus);
  • damar (Agathis borneensis);
  • pulai (Alstonia scholaris);
  • rengas (Gluta renghas);
  • kayu ulin (Eusideroxylon zwageri);
  • Bruguiera sp;
  • Lumnitzera sp;
  • Rhizophora sp; 
  • Sonneratia sp;
  • ara si pencekik; dan 
  • tumbuhan obat.
Selain itu di TNGP juga terdapat Tumbuhan yang tergolong unik dan langka yaitu anggrek hitam (Coelogyne pandurata), yang mudah dilihat di Sungai Matan terutama pada bulan Februari-April. Tumbuhan agrek ini mempunayai daya tarik terlihat pada bentuk bunga yang bertanda dengan warna hijau dengan kombinasi bercak hitam pada bagian tengah bunga, dan lama mekar antara 5-6 hari.
Di TNGP ini Tercatat ada sekitar 190 jenis burung dan 35 jenis mamalia yang berperan sebagai pemencar biji tumbuhan di hutan. Semua keluarga burung dan kemungkinan besar dari seluruh jenis burung yang ada di Kalimantan, terdapat di dalam hutan taman nasional ini.

flora dan fauna di taman nasional gunung palung fungsi taman nasional gunung palung tiket masuk taman nasional gunung palung flora di taman nasional gunung palung

Satwa yang sering terlihat di Taman Nasional Gunung Palung yaitu:
  • bekantan (Nasalis larvatus);
  • orangutan (Pongo satyrus);
  • Tupai tanah bergaris empat (Lariscus hosei);
  • kijang (Muntiacus muntjak pleiharicus);
  • beruang madu (Helarctos malayanus euryspilus);
  • beruk (Macaca nemestrina nemestrina);
  • klampiau (Hylobates muelleri);
  • kukang (Nyticebus coucang borneanus);
  • rangkong badak (Buceros rhinoceros borneoensis);
  • kancil (Tragulus napu borneanus); 
  • ayam hutan (Gallus gallus);
  • enggang gading (Rhinoplax vigil);
  • buaya siam (Crocodylus siamensis);
  • kura-kura gading (Orlitia borneensis);
  • penyu tempayan (Caretta caretta); 
  • tupai kenari (Rheithrosciurus macrotis);
Lokasi Tempat, Informasi dan Reservasi Taman nasional Gunung Palung


Bagi yang tertarik untuk menikmati wisata alam di kalimantan barat tempatnya di Kabupaten ketapang, anda bisa memperoleh Informasi dan reservasi untuk mengenai Taman Wisata Gunung Palung yang beralamat di Jalan Wahid Hasyim 41/A,78812, Telp/Fax (0534) 33539 Ketapang-Kalimantan Barat, atau letak Taman Nasional Gunung Palung di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat

Harga tiket masuk ke Taman Nasional Gunung Palung kalimantan barat

Untuk yang ingin berwisata di kawasan Taman Nasional Gunung Palung, setiap pengunjung dikenakan biaya restribusi, atau bisa dikatakan Harga Tiket masuk Tamana Nasional Gunung Palung untuk rinciannya sebagai berikut:

Harga tiket Rp. 1.000/orang untuk wisatawan domestik
Harga tiket Rp. 10.000/orang untuk wisatawan mancanegara
dikenakan biaya tambahan Rp 2.500 untuk kamera photo atau Rp 25.000 untuk kamera video

Destinasi wisata taman nasional gunung palung dengan keindahannya yang banyak terdapat flora dan fauna bisa anda nikmati saat menjelajah alam Kalimantan Barat ini. Bagi anda yang belum pernah datang atau berkunjung ketempat ini jangan khawatir anda pasti tidak akan kecewa.

Dengan suguhan tumbuhan langka yang indah  dan fauna berbagai jenis yang disebutkkan diatas, dan yang lebih penting petualangan ini akan membuat anda memahami kehidupan dialam bebas yang masih alami.

Related Posts