10 Tempat Wisata di Pontianak Kalimantan Barat Yang Terkenal

shares |

Wisata di Pontianak- Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau Kalimantan atau di Kenal dengan sebutan Pulau Borneo dengan ibukota provinsi di Pontianak. Selain itu Kalimantan barat juga dikenal sebagai provinsi yang memiliki banyak sungai karena memang kondisi geografisnya dan memang ratusan sungai besar dan kecil yang bisa anda temukan saat mengunjungi Kota Pontianak.

Kota Pontianak juga kota yang memiliki tempat khas karena dilintasi oleh garis khatulistiwa dan oleh karena itu pemerintah provinsi kalbar membangun sebuah tugu yang dikenal sebagai tugu katulistiwa di Pontianak, sebuah tugu yang merupakan icon Kota Pontianak Kalimantan Barat Indonesia. 

Tempat Wisata di Pontianak tempat wisata di pontianak indonesia tempat wisata kuliner di pontianak tempat wisata di singkawang pontianak tempat wisata alam di pontianak tempat wisata terkenal di pontianak tempat wisata bersejarah di pontianak tempat wisata pantai di pontianak tempat wisata malam di pontianak tempat wisata di daerah pontianak tempat wisata di kabupaten pontianak tempat objek wisata di pontianak tempat wisata di sekitar pontianak

Bagi anda sedang mencari tempat rekreasi di Pontianak, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata Pontianak sebagai tujuan wisata. Berikut 10 Tempat wisata Pontianak Kalbar yang menarik untuk anda kunjungi sebagai tempat liburan:

1. Hutan Kota Untan, Tempat Cocok Untuk Nyantai Saat di Pontianak

Hutan Kota Untan, Tempat Cocok Untuk Nyantai Saat di Pontianak

Hutan Kota Untan Objek wisata di pontianak yang merupakan tempat yang cocok untuk bersantai, karena tempat ini bernuansa alam yang asri. hutan kota Untan berbeda dengan kebanyakan hutan di Kalimantan pada umumnya, karena Hutan Untan ini bisa di bilang berada di tengah kota atau lebih tepatnya di dekat Jalan Jenderal Ahmad Yani Pontianak, masih masuk dalam komplek Universitas Tanjung Pura (untan).

Di hutan Untan ini anda bisa menikmati beragam tanaman liar yang tumbuh dan beberapa tanaman jenis anggrek yang nampak indah. Hutan kota Untan ini selain difungsikan sebagai tempat pengembangan pendidikan dan paru-paru kota pontianak juga di manfaatkan sebagai salah satu tujuan tempat rekreasi di pontianak.

Saat siang hari dengan udara kota Pontianak yang panas mengunjungi wisata hutan kota Untan merupakan hal yang meyenangkan karena udaranya yang segar serta hembusan angin yang tidak tercemar oleh asap kendaraan menjadi tempat ini tempat favorit untuk nyantai.

2. Taman Alun-Alun Kapuas, Tempat Wisata Malam Cocok Untuk Bersantai Bersama Keluarga di Pontianak 

Taman Alun-Alun Kapuas, Tempat Wisata Malam Cocok Untuk Bersantai Bersama Keluarga di Pontianak


Taman alun-alun kapuas merupakan Tempat rekreasi malam hari di pontianak, biasanya tempat ini banyak dikunjungi masyarakat sekitar untuk bersantai bersama keluarga. Taman  alun-alun kapuas ini terletak di tepi Sungai Kapuas, di Pusat Kota Pontianak Kalbar.

Taman Alun-alun kapuas biasa disebut korem karena memang dulunya berada persis depan KOREM Pontianak, disini anda bisa menimati keindahan taman yang desain sangat cantik dan unik serta ditaman ini terdapat sebuah miniatur  tugu khatulistiwa letaknya persis di tepi sungai kapuas.

Taman yang satu ini menjadi alternatif wisata Pontianak dan hampir setiap malamnya selalu ramai pengunjung, terutama kaum muda-mudi yang ingin bersantai di tepian sungai. Wisata Pontianak ini selain murah meriah, akses menu lokasinya juga sangat mudah, karena dekat dengan pusat kota dan terletak persis di pinggir jalan dekat dan dengan penyeberangan kapal ferri.

Saat anda berada di kota pontianak jangan melewatkan tempat yang seru ini, untuk anak-anak ditaman ini juga sudah banyak terdapat permainan. Bukan hanya itu saja ditaman alaun-alau kapuas anda bisa sambil wisata kuliner, karena terdapat banyak pejual makanan mulai makanan ringan sampai ke makanan berat.

Baca Juga: 8 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang paling Terkenal

3. Sungai Kapuas, Tempat Wisata Susur Sungai Yang Banyak Digemari Wisatawan


Sungai kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di provinsi Kalimantan Barat yang membelah kotak pontianak. Sungai kapuas ini merupakan jalur transfortasi penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Kalimantan Barat Khususnya Kota Pontianak.

Sungai ini terhubung ke beberapa kabupaten di Kalbar yang memang rata-rata menggunakan transfortasi air (sungai). Selain sebagai jalur transfortasi dan penunjang perekonomian kalimantan barat, sungai kapuas juga saat ini menjadi tujuan wisata susur sungai yang banyak dilakukan wisatawan saat mengunjungi pontianak.

Untuk kegiatan susur sungai kapuas sekarang ada jasa kapal motor yang bisa anda sewa yang sudah didesain meyerupai sebuah cape yang cocok untuk nyantai sambil melihat keindahan alam sekitar sungai kapuas.

Jika anda ingin melakukan susur sungai kapuas bisa menyewa kapal yang mulai start naik kapal dari taman alun-alun kapuas dengan lama perjalanan keliling sungai kurang lebih 1 jam. Di Kapal motor ini juga sudah tersedia kuliner yang bisa anda santap untuk melengkapi kegiatan nyantai anda sambil berkeliling sepanjang tepian sungai kapuas.

Dengan melakukan kegiatan ini anda akan menyaksikan kehidupan masyarakat pontianak dari dekat, selain itu pemandangan menarik lainnya bisa anda lihat deretan bangunan terutama cafe yang dibangun diatas sungai (cafe terapung) Baca Juga: Cafe Terapung, Sensasi Bersantai di Tepian Sungai Kapuas Pontianak, membuat susur sungai menjadi lebih meyenagkan.

4. Rumah Radakng, Rumah Adat Dayak Dengan Ciri Khas Panggung di Pontianak


Rumah Radakng merupakan salah satu tempat wisata budaya di pontianak kalimantan barat, Tepatnya berada di alamat Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak. Rumah Radakng merupakan rumah adat Suku Dayak yang biasa dikenal dengan nama Rumah Panjang atau Rumah Betang. Rumah ini sebuah rumah reflika replika dari Rumah Radakng (rumah panjang).

Bangunan rumah Radakng ini memiliki panjang 138 m, tinggi 7 m, dan lebar 5 m ini menyimpan berbagai koleksi peralatan yang digunakan suku dayak pada zaman dahulu, anda juga bisa belajar mengenai kehidupan suku dayak di kalimantan barat dan adat istiadatnya.

Sehingga mengunjungi objek wisata budaya rumah radakng selain untuk wisata sejarah juga cocok sebagai wisata edukasi. Tujuan pembangunan rumah adat dayak ini tidak lain bertujuan untuk melestarikan bangunan adat khas dayak.

5. Masjid Jami Pontianak (Sultan Syarif Abdurrahman) Tempat Wisata Sejarah Sekaligus Wisata Religi

 Masjid Jami Pontianak (Sultan Syarif Abdurrahman) Tempat Wisata Sejarah Sekaligus Wisata Religi

Masjid Jami' Pontianak atau dikenal juga dengan nama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman adalah masjid tertua dan terbesar di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Bangunan masjid ini masih bagian dari Keraton kadariyah Pontianak yang dibangun oleh Sultan Syarief Abdurrohman. Dan sekarang telah menjadi bagian dari destinasi wisata di Pontianak.

Masjid Jami' Pontianak salah satu tempat tujuan wisata sejarah dan sekaligus tempat wisata religi. sampai saat ini masjid dengan bangunan ciri khas melayu yang didominasi warna kuning ini masih aktif dan masih dimanfaatkan sebagai tempat ibadah terutama untuk sholat berjamaah lima waktu.

Masjid Jami' Pontianak ini masjid terbesar pada zamannya ini dapat menampung jama'ah mencapai kurang lebih 1.500 orang. Masjid jami' lokasinya berada di tepian sungai kapuas sehingga untuk menghindarkan masjid ini dari bencana banjir, Sultan Syarief Abdurrohman selaku pendiri bangunan ini pun membuat konsep rumah panggung.

Alamat masjid jami' ini berada di Kelurahan Dalam Bugis Pontianak kalimantan Barat Indonesia, jika dari jalan tanjugpura anda hanya cukup menyeberang menggunakan perahu motor kecil atau sampan dayung.

6. Wisata Sejarah Dengan Mengujungi Istana Kadriah Keraton Kesultanan Pontianak


Keraton Kesultanan Kadariah merupakan tujuan tempat wisata sejarah yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan dalam maupun luar kota Pontianak. Istana Keraton Kesultanan Kadariah ini masih menyimpan berbagai macam benda peninggalan sejarah.

Mengunjugi kerato ini anda bisa secara langsung melihat koleksi di dalam keraton kadariah seperti Singahsana, Kaca Pecah Seribu, Al-Quran tulisan tangan dan silsilah keturunan Sultan Pontianak dari sultan pertama, Sultan Sharif Abddurahman Alkadrie hingga kepada sultan kelapan, Sultan Syarif Hamid Alkadrie yang memerintah pada tahun 1945.

Tempat wisata Kesultanan Kadariah ini terletak di Kampong Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur. Keraton Kadariah Pontianak ini telah berdiri sejak tahun 1771 M. Kendati sudah sangat lama sekali, namun tempat wisata sejarah di Pontianak yang bersejarah ini masih tetap berdiri kokoh dan masih tetap terjaga dan terawat dengan baik saat sekarang.

Baca Juga: Wisata Sejarah Asal Usul Keraton Sambas Alwatzikoebillah

7. Museum Negeri Kalimantan Barat, Tujuan Wisata Sejarah di Pontianak

Museum Negeri Kalimantan Barat, Tujuan Wisata Sejarah di Pontianak

Museum Negeri Kalbar merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Pontianak yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah.

Koleksi museum Negeri Kalbar ini di antaranya adalah Geografika/Geologika berupa peta dan jenis batu-batuan; koleksi biologika, arkeologika, historika, numismatika, dan keramologika berupa tempayan, piring, mangkuk, sendok, dan masih banyak lagi lainnya.

Koleksi di museum negeri ini ada yang berasal dari China, Vietnam, Jepang, Eropa. Selain menampilkan koleksi yang ada di Ruangan Pameran Tetap I, dimuseum ini anda dapat menyaksikan beragam koleksi menarik tentang kebudayaan dan peradapan di Kota Pontianak dan sekitarnya.

Harga tiket masuk museum Negeri Kalimantan barat ini sangat murah hanya sekitar Rp 1.000,- sampai Rp 3.000,-/ orang.

8. Tugu Bambu Runcing (Tugu Digulis)

 Tugu Bambu Runcing (Tugu Digulis)

Tugu Digulis atau lebih dikenal dengan sebutan Tugu Bambu Runcing merupakan sebuah monumen berupa tugu yang memiliki sejarah perjuangan pemuda Kalimantan meraih kemerdekaan RI. Namun belum terlalu populer di kalangan traveler.

Saat ini jika berada di pontianak wisatawan hanya tahu satu-satunya monumen adalah Tugu Khatulistiwa bukan Tugu Digulis, meskipun letak tugu ini di tengah kota. Tugu yang punya nilai sejarah perjuangan ini Letaknya di Jl Jenderal Ahmad Yani, tepat di bundaran Universitas Tanjungpura alias Bundaran Untan.

Monumen ini berbentuk 11 bambu runcing, masing-masing berbeda ukuran. Warnanya kuning kehijauan layaknya bambu pada umumnya. Monumen ini diresmikan pada 10 November 1987 oleh Gubernur Kalimantan Barat saat itu, H Soedjiman.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Menarik di Kota Singkawang Kalimantan Barat

9. Aloe-vera Center Pontianak, Pusat Pengolahan Tanaman Lidah Buaya


Aloe Vera Center atau yang biasa disebut dengan lidah buaya ini merupakan pusat pengolahan tanaman lidah buaya. meskipun masih tergolong baru jika dibandingkan wisata lainnya di pontianak namun sudah banyak wisatawan yang mengujungi tempat ini.

Aloe Vera Center ini sendiri alamatya barada di Jalan Budi Utomo, Pontianak Utara. ditempat ini anda juga bisa melihat proses pengolahan tanaman lidah buaya ini menjadi aneka makanan, seperti permen, dodol, dan tepung. Selain diolah menjadi makanan, tanaman ini juga diolah menjadi krim untuk kulit.

Jadi bukan haya sekedar jalan-jalan saja ketika anda berkunjung ke oleo vera center pontianak namun bisa sekaligus mendapatkan pelajaran tentang tata cara merawat lidah buaya, tanaman yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia ini.

10. Tugu Katulistiwa, Melihat Fenomena Alam Titik kulminasi Matahari

Tugu Katulistiwa, Melihat Fenomena Alam Titik kulminasi Matahari

Jika anda mengunjungi Kota Pontianak jangan lupa untuk mengunjungi tugu yang satu ini yaitu Tugu Khatulistiwa yang merupakan icon dari Kota Pontianak Kalimantan Barat Indonesia. Tugu ini letaknya di jalan Kharulistiwa Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat yang berjarak sekitar 3 km dari pusat kota.

Yang menjadi daya tarik di tugu khatulistiwa adalah Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September di Tugu Khatulistiwa menjadi lokasi Hari Kulminasi Matahari. Titik kulminasi merupakan titik di mana matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa.

Saat fenomena alam ini berlangsung, bayangan tugu akan 'menghilang' selama beberapa detik meskipun diterpa sinar matahari. Ini menjadi tontonan sekaligus wisata yang jarang ditemui ditempat lain. Baca Juga: 15 Tempat Wisata Paling Terkenal di Kalimantan Barat.

Selain menjelajahi tempat wisata di Pontianak anda juga bisa menikmati wisata kuliner pontianak yang akan memanjakan lidah anda seperti Pengkang Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat.

Related Posts