6 Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat Yang Terkenal

shares |

Tempat Wisata Kabupaten Dharmasraya- Kabupaten Dharmasraya adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat yang masih tergolong kabupaten baru hasil dari pemekaran pada tahun 2004 hampir bersamaan dengan pemekaran kabupaten pasaman barat dan kabupaten solok selatan.

walaupun tergolong kabupaten baru sebenarnya Dharmasraya memiliki catatan sejarah yang lebih tua dan besar dibandingkan beberapa daerah di Sumatera Barat. Pada kawasan kabupaten ini dahulunya pernah berdiri sebuah Kerajaan Melayu dengan nama ibu kotanya Pulau Punjung.

 Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya tempat wisata di kabupaten dharmasraya tempat wisata kabupaten dharmasraya objek wisata kabupaten dharmasraya

Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-undang No. 38 Tahun 2003, dan merupakan pemekaran dari kabupaten sijunjung. Kabupaten Dharmasraya dikenal juga dengan sebutan Ranah Cati Nan Tigo. Dalam hal destinasi wisata kabupaten Dharmasraya sumbar tidak kalah menarik dibanding kabupaten lain yang ada di provinsi sumatera barat.

Untuk lebih mengenal dan mengetahui tempat wisata di Dharmasyara, berikut ada beberapa daftar objek Wisata di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat Indonesia Yang Terkenal bisa anda jadikan tujuan liburan.

Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat 

1. Kawasan Wisata Baranang Siang (danau cinta)


Kawasan Wisata Baranang Siang , danau cinta, wisata sumbar

Kawasan Wisata Baranang Siang atau lebih dikenal dengan nama danau cinta ini merupakan sebuah tempat wisata di kabupaten dhamasraya berupa sebbuah Danau buatan. Tempat ini memiliki air yang sangat bening dan pemandangan di kawasan danau cinta juga masih alami dengan banyak di kelilingi pepohonan.

Di objek wisata ini pengunjung dapat menikmati suasana tenang dan nyaman untuk bersantai bersama keluarga ataupun sahabat dekat anda sambil menikmati sepeda air untuk mengelilingi danau, Objek wisata danau Baranang Siang lokasinya terketak di Pulau Mainan, sekitar 40 km dari pusat Kota Dharmasraya dengan mengendarai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

2. Bendungan Batu Bakawik


Bendungan Batu Bakawik di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat

Batu Bakawik merupakan nama sebuah Bendungan terbesar di Kabupaten Dharmasraya provinsi sumatera barat, Indonesia yang dibangun dengan teknologi Modern yang designya dipadukan sebagai tempat Wisata.

Di bendungan Batu bakawik Pengunjung dapat menikmati keindhan Alam berupa hamparan Bukit yang menghijau di sekitar Irigasi. Bila air tenang anak anak dan remaja dapat berwisata tirta dengan perahu-perahu motor yang telah disediakan, kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di bendungan ini adalah memancing, diinilah tempat para wisatawan yang hobi mancing menyalurkan hobinya.

Bendungan batu bakawik merupakan tempatnya untuk memancing jenis ikan Patin yang dagingnya terkenal sangat lezat di Indonesia. Bagi yang ingin berkunjung ke salah satu tempat wisata alam kabupaten dharmasraya ini lokasinya terletak sekitar 7 KM dari Pulau Punjung dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor.
3. Air terjun Timbulun


air terjun timbulun dharmasraya air terjun timbulun koto birah – solok selatan air terjun timbulun koto birah air terjun timbulun solok selatan

Objek wisata alam Timbulun adalah sebuah objek wisata alam di kabupaten dharmasraya berupa air terjun. tempat wisata air terjun ini terletak dipulau punjung yang menawarkan suasana alam yang sejuk sangat nyaman dinikmati bersama keluarga untuk liburan akhir pekan.

Di kawasan air terjun timbulun juga terdapat kolam untuk memancing yang teduh sehingga membuat pengunjung betah menghabiskan waktu berlama-lama ditempat wisata ini, Selain itu di sini juga Anak-anak dapat bersenang dibawah air terjun untuk menghabiskan waktu liburan.

Dengan udara yang masih bersih tempat ini sangat cocok untuk melepaskan kepenatan dari kegiatan rutin dengan kebisingan dan asap kendaraan bermotor yang menyesakkan pernafasan.

4. Air Terjun Sungai Batang

Air Terjun Sungai Batang   air terjun sungai batangsi air terjun sungai batang kali air terjun sungai pinang batang kali air terjun sungai batang bekok

Tempat wisata alam terkenal di kabupaten dharmasraya lainnya adalah tempat wisata Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 m dan dibawah terdapat telaga dengan kedalaman mencapai 4-5 m, airnya sangat sejuk dan bening dengan ikan kecil yang menari-nari di dalam nya.

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil berenang di telaga tersebut, tidak jauh dari lokasi terdapat air terjun bertingkat meski tidak terlalu tinggi, menambah keindahan tempat wisata ini.

Air Terjun Sungai Batang Objek wisata ini terletak di Batu Kangkung, Kecamatan Asam Jujuhan sekitar 45 km dari ibu Kota Kecamatan Sungai Rumbai ( Lintas Sumatera) lokasi dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dan roda dua.

5. Puncak Gunung Medan


Puncak Gunung Medan  puncak gunung medan dharmasraya

Wisata alam di kabupaten Dharmasraya yang terkenal selanjutnyanya adalah Puncak Gunung Medan yang merupakan Objek Wisata yang memiliki ketinggian mencapai 1000 m, Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata ini lokasinya berada sekitar 15 km dari Pulau Punjung dan terletak di pinggir jalan.

Disini pengunjung dapat melihat panorama pegunungan yang masih asri. Bagi pencinta Olah Raga Para layang dapat menyalurkan hobi nya dengan memamfaatkan puncak Gunung Medan untuk take off dan mendarat di persawahan masyarakat sekitar. Pada akhir pekan tempat wisata di sumbar ini banyak dikunjungi oleh para penyuka kegiatan para layang ini.
6. Gua Cigak

gua cigak di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat

Gua Cigak adalah wisata alam yang terkenal di Kabupaten Dharmasraya Sumbar, Indonesia. Gua ini memiliki suasana alam yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi yang menyukai petualangan dialam bebas, di gua ini anda juga bisa melihat keindahan stalaktit yang masih alami dan disamping itu, anda juga bisa menjumpai air yang sangat segar dan jernih disekitar gua.

Objek Wisata Gua Cigak lokasinya terletak di Kampung Surau, Pulau Punjung. bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan dengan menempuh dari pusat perkotaan sekitar 390 km. Untuk mencapai kawasan ini, pengunjung punya dua alternatif jalan.

Bagi pencinta hiking pilihlah jalan yang cukup menantang dimana anda bisa mendaki dengan ekstra energi, bagi keluarga dapat melewati jalan lain masih dalam tahap penyelesaian, sebelum  sampai di gua ada perahu yang akan membawa pengunjung sapai ke pintu gua.

Demikian ulasan mengenai 6 Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat Yang Terkenal bisa anda masukan ke daftar traveling berikutnya di Kabupaten Dharmasraya Sumatera barat, Indonesia.

Related Posts