10 Tempat Wisata di Kabupaten Agam Sumatera Barat Yang Terkenal

shares |

Wisata Kabupaten Agam Sumbar- Kabupaten Agam merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Untuk nama kabupaten itu sendiri dengan nama kabupaten Agam, didasari oleh Tambo, di mana sebelumnya beberapa nagari yang berada dalam kawasan kabupaten ini sekarang, dahulunya dikenal juga dengan nama Luhak Agam.

Dalam bahasa Minang kata agam hanya untuk merujuk kepada nama suatu kawasan, namun jika dirujuk dari bahasa Ibrani dapat diartikan dengan nama danau atau kolam atau rawa-rawa serta juga dapat serumpun dengan kata agamon yang berarti alang-alang.

Tempat Wisata di Kabupaten Agam tempat wisata di kab agam objek wisata di kabupaten agam tempat wisata kabupaten agam objek wisata kab agam objek wisata yang ada di kabupaten agam tempat wisata kab agam

Seperti Kabupaten pada umumnya wilayah Kabupaten Agam di provinsi Sumatera Barat ini memiliki bentang alam yang cukup indah, sehingga memberikan daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata Agam di Sumatera Barat.

Objek Wisata di sumbar khususnya wisata di Kabupaten Agam selain wisata alam juga banyak terdapat objek wisata sejarah yang merupakan peninggalan dari zaman dahulu. Daftar Objek wisata sumatera barat di kabupaten Agam yang terkenal bisa anda kunjungi di antaranya:

1. Museum Buya Hamka

Museum Buya Hamka alamat museum buya hamka museum kelahiran buya hamka museum buya hamka maninjau museum rumah buya hamka

Tempat wisata sejarah di Kabupaten agam sumatera barat salah satunya adalah museum rumah buya hamka. Museum ini mulai dibangun pada tahun 2000 dan diresmikan pada tahun 2001 Museum ini sebagai tempat yang  di khususkan pada koleksi benda-benda peninggalan Buya Hamka yang diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu.

Meseum ini juga merupakan rumah yang ditempati Buya Hamka sejak lahir hingga sebelum pindah ke Padang Panjang. Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka terletak di sekitar tepian Danau Maninjau, tepatnya di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

2. Puncak Lawang

puncak lawang adventure park puncak lawang paralayang puncak lawang cottage puncak lawang agam sumbar puncak lawang kabupaten agam alamat puncak lawang

Objek wisata alam yang terkenal lainnya adalah Puncak Lawang yang merupakan nama suatu puncak dataran tinggi di Kabupaten Agam Sumatera Barat Indonesia. Puncak Lawang merupakan objek wisata yang berada di Puncak Bukit yang menghadap ke danau, berada 1.210 m diatas permukaan laut.

Jika anda berwisata di puncak lawang dari tempat ini anda bisa menikmati pemandangan indah dari birunya Danau Maninjau. Objek wisata di provinsi sumbar ini terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.

Pada zaman penjajahan Belanda dulu, tempat wisata ini sudah dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi kaum bangsawan Belanda saat itu untuk menikmati keindahan kawasan Danau Maninjau dan juga Samudra Indonesia.

3. Kelok 44

kelok 44 agam sumbar kelok 44 agam kelok 44 angker foto kelok 44 agam 2010 kelok 44 ria amelia als kelok 44 kelok 44 di sumatera barat kelok 44 maninjau sumatera barat

Dengan keadaan alam yang perbukitan di kabupaten agam sumbar, ada sebuah tempat wisata yang sangat terkenal yaitu Kelok 44 yang merupakan daerah wisata berupa perbukitan lokasinya masih dalam kawasan Danau Maninjau yang dilingkari jalan yang berkelok dilerengnya sehingga dikenal dengan kelok 44, tepatnya berada di Kecamatan Tanjung Raya.

karena sepanjang perjalanan,dapat dinikmati keindahan danau dan kera-kera jinak yang berkeliaran sepanjang jalan. Kelok 44 dimulai di kelok 1 dari Danau Maninjau menuju Bukit tinggi dan tempat ini banyak dijadikan wisata alam yang menarik untuk dinikmati Kabupaten Agam.

4. Danau Maninjau

Danau Maninjau danau maninjau terletak di danau maninjau sumbar danau maninjau terdapat di provinsi danau maninjau padang

Destinasi wisata terkenal di Kabupaten Agam selanjutnya adalah Danau Maninjau, Danau yang merupakan danau vulkanik yang berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter.

Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding.

Objek wisata ini berlokasi di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Baca Juga: 5 Objek Wisata Alam Terunik di Payakumbuh Yang Wajib Kamu Kunjungi

5. Air Terjun Badorai

Air Terjun Badorai air terjun badorai bukittinggi air terjun badorai - agam lokasi air terjun badorai

Di Kabupaten Agam Sumbar memiliki wisata alam menarik berupa air terjun yaitu Air terjun Badorai, di Kawasan wisata ini terdapat 4 air terjun dengan ketinggian bervariasi. Namun yang paling terkenal adalah Air Terjun Aier Badorai 1, yang kedua Badorai 2 dan Badorai 3. 

Objek wisata ini berdekatan satu sama lain. Air Terjun Badorai 1 dan 2 memiliki ketinggian yang sama sekitar 50 meter dan badorai 3 memiliki keinggian mencapai 20 meter. Badorai 3 merupakan air terjun paling indah dan paling banyak dikunjungi karena disana pengunjung dapat bermain seluncur dibatu gunung yang halus. 

Objek wisata ini masih sangat alami dan akan sangat menyenangkan untuk dinikmati. Lokasi air terjun Badorai berada di Nagari Sungai Puar Kecamatan Sungai Puar, yang berjarak sekitar 8 km dari kota Bukittinggi.

6. Ambun Pagi

ambun pagi bukittinggi ambun pagi agam embun pagi padang porbi ambun pagi saluang ambun pagi saluang ambun pagi

Objek wisata di agam yang terkenal juga adalah tempat wisata embun pagi, Panorama embun pagi ini terletak diketinggian lebih kurang 1000 meter dari permukaan laut. Objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas seperti hotel, penjual souvenir sebagai oleh-oleh diantara seperti tas, tikar, topi dan masih banyak lagi lainnya.

Objek wisata Ambun pagi ini terletak di desa Padang Galanggang sekitar 24 km dari Kota Bukittinggi. Dari tempat ini dapat dinikmati keindahan Danau Maninjau sembari manyaksikan kemilau air danau yang diterpa cahaya mentari petang yang tengelam dibalik perbukitan. 

7. Pantai Tiku

pantai tikus pantai tikus emas pantai tikus mas pantai tikus sungailiat pantai tiku pariaman pantai tiku agam

Bagi Anda menyukai wisata pantai di Kabupaten Agam sumbar juga memiliki pantai yaitu pantai Tiku, tempat wisata agam dengan sejuta keindahan. Anda juga dapat menikmatinya di Agam. Pantai ini berjarak sekitar 20 km dari Lubuk Basung. 

Pantai ini meskipun terkenal namun belum terlalu ramai pengunjung, sangat cocok bagi anda yang suka dengan suasana tenang dan nyaman. Pantai dengan Pasir putih dan terumbu karangnya melengkapi dan menambah keindahanya wisata pantai ini.

Pantai Tiku lokasinya berada setelah pantai Bandar Mutiara dari Pariaman. Pantai Tiku biasanya sering digunakan sebagai tempat acara-acara tahunan oleh masyaraka. Pengunjung yang datang biasanya dapat menikmati keindahan pantai dan kemeriahan acara yang diadakan beberapa kali dalam setahun.

8. Taman Wisata Muko-Muko

Taman Wisata Muko-Muko tempat wisata muko muko tempat wisata di mukomuko
img: http://agamkab.go.id/?agam=pariwisata&se=alam&id=55

Muko-muko merupakan tempat wisata di Kabupaten Agam terkenal dengan panorama alamnya yang indah.Taman wisata muko-muko berada dikawasan pinggir danau Maninjau berdekatan dengan PLTA. Tempat ini merupakan tempat wisata yang sudah didukung oleh beberapa fasilitas seperti taman rekreasi, tempat ibadah, tempat bermain anak dan juga pulau legenda.

selain itu tempat wisata ini juga menyajikan pesona tersendiri dibandingkan tempat wisata lain di kabupaten agam. Objek wisata ini Lokasinya berada di Kecamatan Tanjung Raya.

9. Aia Tigo Raso

Aia Tigo Raso aia tigo raso maninjau objek wisata aia tigo raso

Aia Tigo Raso atau dalam bahasa Indonesia  Air Tiga Rasa adalah salah satu objek wisata yang paling dikenal dan mempunyai keunikan tersendiri yang ada di kabupaten Agam. Letak keunikan tempat wisata ini karena dalam satu kolam terdapat air yang memiliki tiga rasa yaitu rasa manis, rasa asam dan rasa pahit.

Dengan keunikan dari air ini banyak pengunjung yang penasaran datang ke tempat wisata ini seperti turis lokal maupun turis asing.

Lokasi objek wisata ini hanya beberapa meter dari pingiran jalan raya Lubuk Basung Maninjau atau tepatnya terletak Kecamatan Tanjung Raya sekitar 11 Km dari Kota Lubuk Basung ke arah Maninjau, dapat ditempuh dengan mudah baik dengan kendaraan.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat Yang Terkenal

10. Masjid Raya Bayur

Masjid Raya Bayur masjid raya bayur agam masjid raya teluk bayur

Salah satu objek wisata sejarah sekaligus menjadi wisata religi bisa Anda kunjungi saat berada di Kabupaten agam adalah masjid Raya Bayur yang terletak di Nagari Bayur, kecamatan Tanjung Raya. masjid ini memiliki Arsitektur yang sangat unik karena merupakan perpaduan antara budaya Thailand dan Minangkabau.

Keunikan lainnya dari Masjid ini kubahnya berbentuk persegi empat di tengah atap bangunan utama, empat menara di setiap sudut kubah utama, dan kubah kecil persegi empat di atas mihrabnya. Selain menikmati keindahan wisata jangan sampai lupa juga untuk mencoba 10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Paling Terkenal sebagai pelengkap traveling anda yang memang terkenal enak dan lezat.

Mungkin masih banyak lagi jika anda mau mengeksplore tempat wisata kabupaten agam provinsi sumatera barat, karena disini hanya menampilkan 10 Tempat Wisata di Kabupaten Agam Sumatera Barat Yang Terkenal untu anda llebih mengenal wisata sumbar khususnya di kabupaten agam.

Related Posts