8 Tempat Wisata di Kabupaten Lima Puluh Sumatera Barat Yang Terkenal

shares |

Tempat Wisata di Kabupaten Lima Puluh -Kabupaten Lima Puluh kota adalah salah satu Kabupaten Terbesar di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten Lima Puluh memiliki banyak destinasi wisata Indah yang yang terkenal keberadaan.

Beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Lima Puluh yang terkenal mulai dari wisata alam,wisata sejarah, wisata budaya dan banyak lagi wisata lainnya bisa anda kunjungi saat berada di Sumatera barat khususnya Kabupaten Lima puluh.

tempat wisata kabupaten lima puluh tempat wisata kabupaten lima puluh kota objek wisata kabupaten lima puluh kota tempat wisata di kabupaten lima puluh kota objek wisata di kabupaten lima puluh kota

Pada postingan sebelumnya traveluxion telah mengulas khusus mengenai Pesona Lembah Harau Kota Payang Kumbuh Sumatera Barat yang merupakan wisata terkenal sebagai tempat wisata sumatera barat yang harus kunjungi ketika sedang traveling ke Kabupaten Lima Puluh.

Berbeda pada artikel kali ini yang akan mengulas tentang Tempat Wisata di Kabupaten Lima Puluh Sumatera Barat Yang Terkenal, jadi yang di ulas bukan hanya satu tempat wisata melainkan beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten lima puluh provinsi Sumatera Barat.

Bagi yang sudah pergi atau berkunjung namun belum tahu tempat-tempat menarik, berikut Tempat Wisata di Kabupaten Lima Puluh Sumatera Barat Yang Terkenal bisa anda jadikan referensi sebagai tujuan wisata bersama sabahat maupun keluarga saat liburan.

Tempat Wisata di Kabupaten Lima Puluh Sumatera Barat Yang Terkenal

1. Lembah Harau 

Lembah Harau  lembah harau padang lembah harau payakumbuh lembah harau payakumbuh sumatera barat

Salah satu tempat wisata di kabupaten lima puluh yang sangat terkenal merupakan wisata andalan adalah wisata lembah harau. Destinasi wisata ini menawarkan permandangan alam yang sangat menarik dan akan rugi jika anda sudah pernah berkunjung di Kabupaten Lima puluh namun belum pernah atau belum sempat untuk mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini.

Lembah Harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di kabupaten Lima puluh Koto, provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau merupakan pemandangan lembah yang diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian sekitar 150 meter. Lembah Harau dilingkungi batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. 

Di tempat wisata lembah harau ada sebuah monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta merupakan bukti bahwa Lembah Harau sudah sering dikunjungi orang sejak 1926. Menyaksikan hamparan sawah yang indah, itu hal yang sudah biasa.

Namun, jika hamparan sawah itu diapit oleh tebing tebing tegak lurus menjulang setinggi sekitar 150 meter hingga 200 meter, orang pasti akan berdecak kagum. Selengkapnya Baca: Pesona Lembah Harau Kota Payang Kumbuh Sumatera Barat.

2. Rumah Gadang Di Sungai Beringin

Rumah Gadang Di Sungai Beringin rumah gadang sungai beringin foto rumah gadang sungai beringin sejarah rumah gadang sungai beringin

Tempat wisata Kabupaten lima puluh terkenal selanjutnya berkaitan dengan wisata sejarah yaitu berupa wisata Rumah Gadang yang merupakan rumah adat dari Minangkabau, selain Istana Pagaruyuang anda juga bisa melihat Rumah Gadang di Sungai Beringin.

Rumah Gadang di Sungai Beringin tidak jauh bedanya dengan Rumah Gadang yang berada di Batusangka, Tetapi Rumah Gadang yang di Batusangka adalah Rumah Gadang asli peninggalan dari Sejarah Minangkabau atau kerajaan Pagaruyuang.

Bila anda sedang mencari tempat wisata sejarah yang unik dan asyik datang ke Rumah Gadang Sungai Beringin sangatlah cocok, karena rumah gadang beringing merupakan peninggalan sejarah berupa sebuah rumah memiliki bentuk unik.

Dari pada penasaran anda bisa langsung bisa mengunjungi tempat wisata tersebut yang jarahnya tidak terlalu jauh dari kota payakumbuh hanya sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan.

3. Kelok Sembilan

Kelok Sembilan kelok sembilan padang kelok sembilan sumatra barat kelok sembilan youtube kelok sembilan

Kelok Sembilan merupakan destinasi wisata terkenal meskipun sebuah jalan namun melintasinya anda akan menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah dan unik. karena tempat ini berupa sebuah jalan yang memiliki ciri dengan tikungan tajam atau dikenal dengan sebutan kelok sembilan,

Ada juga di Sumatera barat yang terkenal tempatnya masuk Wisata Kabupaten Agam yaitu kelok empat puluh empat yang biasa disebut kelok ampek puluah ampek. Di lima puluh Sekarang kelok sembilan banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Tidak hanya orang yang pengguna jalan untuk menuju ke Pekanbaru namun banyak juga yang mengunjungi kelok sembilan hanya untuk sekedar pergi berwisata menikmati pemandangan alamnya.

4. Panorama Selat Malaka

Panorama Selat Malaka kelok sembilan adalah kelok sembilan ada dimana kelok sembilan angker kelok 9 anroys kelok 9 angker kelok 9 ada dimana arsitek kelok sembilan

Ketika anda sedang melakukan perjalanan ke  Tempat wisata di Pekanbaru Riau, dalam perjalan anda bisa menikmati pemandangan di Payakumbuh dan melalui Tempat Wisata Kelok Sembilan, selanjutnya anda bisa menyempatkan untuk menikmati tempat wisata yang tak kalah menarik  yaitu Panorama Selat Malaka yang berada di Koto Alam Pangkalan.

Disini anda bisa melihat pemandangan berupa hamparan hijau yang sangat indah. yang membuat perjalanan anda tidak akan terasa melelahkan. Agar bisa lebih maksimal menikmati keindahan yang ditawarkan selama perjalan lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi jadi lebih santai dan bisa berhenti kapanpun untuk istirahat sejenak sambil melihat panorama indah alam sekitar.

5. Danau Aia Sonsang 

Danau Aia Sonsang  danau aia sonsang
Img: http://www.boyyendratamin.com/2015/02/danau-aia-sonsang-yang-unik-objek.html

Danau Aia Sonsang meskipun sebuah sungai yang dibendung, namun tempat wisata di Kabupaten lima puluh ini sangat terkenal di Kalangan wisatawan terutama wisatawan lokal sebagai tujuan wisata liburan akhir pekan. Keindahan yang ditawarkan adalah alam disekeliling danau aia sonsang yang indah.

Dengan air yang terbendung sungai ini terlihat atau menjadi sebuah danau buatan yang utama airnya digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengaliri sawah. Namun jika anda berkunjung ke danau aia sonsang bisa melakukan kegiatan seperti berenang karena memang airnya sangat jernih dan bersih, bisa juga menghabiskan waktu di danau ini dengan memancing.

6. Ngalau Indah

Ngalau Indahngalau indah pangian ngalau indah pakan sinayan payakumbuh barat ngalau indah kota payakumbuh ngalau indah payakumbuh sumatera barat

Ngalau Indah merupakan wisata terkenal di kabupaten lima puluh. wisata sumatera barat ini lokasinya berada didekat pusat kota Payakumbuh. bagi yang sudah pernah wisata di ngalau indah tentu tahu tempat wisata apa saja berada disana.

Wisata di ngalau indah terkenal dan terkenal dengan keberadaan Gua di tempat tersebut, selain Goa Ngalau Indah, dibawah atau sebelum ke Goa ada tempat pemandian yang asyik bila anda ingin berenang dan melepaskan lelah sejenak sebelum pergi ke goa tersebut.

7.  Aia Baba Halaban

Aia Baba Halaban

Aia baba adalah objek wisata alam yang terletak di bagian Selatan Kota Payakumbuh terletak pada Kenagarian Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban yang merupakan tempat wisata yang cocok untuk anda yang suka dengan ke tempat wisata alam yang ada tempat pemandian dengan air yang langsung dari mata air.

Objek wisata ini selalu ramai di kunjungin masyarakat sekitar maupun dari luar daerah. Air dari Aia baba ini sangatlah alami dan segar, langsung turun dari mata air di bukit, karenanya sangatlah dingin. Apalagi saat sebelum bulan Ramadhan datang, pemandian aia baba tak pernah sepi pengunjung.

8. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram   kapalo banda taram payakumbuh sumatera barat kapalo banda taram payakumbuh danau kapalo banda taram objek wisata kapalo banda taram

Kapalo Banda yang berada di daerah Taram merupakan salah satu tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan hamparan hutan yang hijau serta segarnya air yang ada Tempat wisata ini.

Dulunya Kapalo banda taram ini hanya merupakan saluran irigasi, tetapi setelah adanya sedikit pembangunan, akhirnya Kapalo Banda menjadi objek wisata terkenal yang banyak dikunjungi wisatawan.

Tempat wisata kapalo banda dengan tampilan panorama alam yang menakjubkan sehingga akan membuat betah pengunjung berlama-lama di tempat ini. Lokasi Kapalo Banda Taram terletak di Kenagarian Taram, Kecamatan Harau, Payakumbuh, Sumatera Barat.

Jarak dari Kota Payakumbuh adalah sekitar 11,5 kilometer atau memakan waktu sekitar setengah jam dengan perjalanan darat menggunakkan kendaraan bermotor.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat Yang Terkenal

Untuk menuju lokasi inipun tidak begitu sulit karena anda bisa menggunakkan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu pula anda bisa menggunakkan kendaraan umum yang melintas di dekat objek wisata ini.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai 8 Tempat Wisata di Kabupaten Lima Puluh Sumatera Barat Yang Terkenal, dan informasi wisata ini bisa menjadi referensi saat anda ingin berkunjung ke Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Lima puluh.

Related Posts