5 Tempat Wisata Paling Populer di Kota Cirebon Menarik Untuk Dikunjungi

shares |

Tempat Wisata di Kota Cirebon- Pulau jawa seakan tidak ada habisnya kalu membahas mengenai pariwisata, banyak sekali tempat-tempat yang bisa di eksplore sebagai destinasi wisata, tak terkecuali Cirebon yang merupakan salah satu Kota yang menjadi perhatian banyak orang, karena memang Kota ini bisa dibilang kota mengalami perkembangan sangat pesat tak terkecuali bisang pariwisata.

Cirebon adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat juga dikenal Kota yang satu ini dikenal dengan sebutan Kota Udang dan juga sebagai tempat para Sunan. Bagi anda yang hobi menjelajah tempat-tempat bersejarah di Cirebon Ada banyak sekali penginggalan bersejarah yang bisa anda kunjungi.

tempat wisata di Kota Cirebon obyek wisata di kota cirebon contoh tempat wisata di kota cirebon

Pada artikel kali ini saya akan menyajikan tempat wisata yang ada di sudut-sudut kota Cirebon. Sebelum anda memutuskan untuk berencana liburan di Kota Cirebon alangkah baiknya jika anda mengetahui dulu informasi wisata di Cirebon yang menarik dan populer yang bisa nantinya menjasi tujuan wisata saatt berada di Cirebon.

Daftar 5 Tempat Wisata Paling Populer di Cirebon Menarik Untuk Dikunjungi yang traveluxion rekomendasikan untuk menjadi tujuan wisata anda diantaranya adalah: 

1. Taman Sari Gua Sunyaragi 

tempat wisata di pusat kota cirebon tempat wisata di cirebon dan sekitarnya tempat wisata di cirebon & kuningan tempat wisata di cirebon dan kuningan

Taman sari gua sunyaragi merupakan Salah satu bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi saat berkunjung ke kota Cirebon. Lokasi Taman Gua Sunyragi tidak jauh dari pusat kota yaitu jalan Brigjen Darsono Kelurahan Sunyaragi Kota Cirebon.

Cagar budaya yang satu ini memiliki lahan sekitar 1,5 Ha. Taman Gua Sunyaragi ini didirikan oleh seorang Pangeran Kararangen atau pangeran Arya Carbon kurang lebih pada tahun 1703. Kata sunyaragi mempunyai makna yaitu Sunya mempunyai makna "Sepi" dan Ragi memiliki arti "Raga" yang dimaknai tempat untuk bermeditasi (menyepi) pada waktu itu.

Bangunan ini terdapat 18 bangunan yang merupakan peninggalan sejarah yang menggabungkan antara kebudayan Indonesia dan China. jika anda ingin masuk ke tempat wisata sejarah di cirebon ini diwajibkan membayar harga tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang dan tempat wisata ini Buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00.

2. Batik Trusmi 

tempat wisata yang ada di kota cirebon tempat wisata di kota cirebon jawa barat tempat wisata di ciledug cirebon tempat wisata di kota cirebon

Untuk mengenal lebih dekat tentang batik Indonesia tidak ada salahnya jika saat berada di cirebon untuk mengunjungi batik trusmi, Ditempat ini terdapat banyak sekali pengrajin batik yang tradisional maupun yang sudah modern menggunakan mesin. 

Dinamakan Batik trusmi yang diambil dari nama seorang tokoh yang ada di Cirebon yaitu murid dari Sunan Gunung Jati yang bernama Ki Gede Trusmi. Beliau tidak hanya mengajarkan bagaimana teknik cara membatik yang benar, namun juga mengajarkan budaya-budaya dan syariat islam kepada masyarakat sekitar. 

Ditempat ini anda akan melihat berbagai macam motif batik yang ada di dicirebon. Produksi batik cirebonan terdiri dari batik Cap, batik Tulis dan kombinasi antara batik tulis ditambah batik cap. Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Destinasi wisata yang satu ini paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang ingin berburu batik Cirebon dengan harga yang pastinya lebih murah dan memiliki kualitas yang bagus yang bisa anda jadikan oleh-oleh saat selesai travelin dari Kota Cirebon.

3. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan tempat wisata di daerah cirebon objek wisata di cirebon dan kuningan

Tempat wisata Keraton Kasepuhan merupakan salah satu tempat wisata populer di cirebon harus anda kunjungi. Karena ditempat ini banyak sejarah tentang perkembangan kota Cirebon zaman dahulu. Kemegahan Bangunan Keraton kasepuhan di Cirebon sangat terawat dan menjadi tujuan wisata favorit di cirebon.

Tempat ini adalah satu cagar budaya yang berada di kota Cirebon yang harus dilestarikan. Bangunan keraton Kasepuhan sangat megah dan memiliki unsur seni kebudayaan yang sangat tinggi. Sayang sekali jika kamu mengunjungi kota cirebon, tetapi tidak mampir ditempat yang satu ini. 

Proses Pembangunan Keraton Kasepuhan dilakukan pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II. Beliau adalah cicit dari Sunan Gunung Jati Cirebon. Dalam area keraton Kasepuhan terdapat museum, yang bersisi beragam benda pusaka, kereta kencana, lukisan koleksi kerajaan dan sejarah kota cirebon.

Keraton Kasepuhan dulunya bernama Keraton Pakungwati sebagai penghormatan kepada pangeran Mas Mochammad Arifin yang mamiliki gelar yang sama yaitu panembahan Pakungwati 1. Pada bangunan ini kamu akan melihat akulturasi dari berbagai macam budaya yang ada seperti budaya jawa, sunda, China, Arab, Eropa dan India. 

Konstruksi bangunan yang ada di keraton kasepuhan menggambarkan berbagai macam kultur budaya yang ada diCirebon, Seperti terlihat dari ukiran daun pintu gapura yang memiliki gaya Eropa, Gerbang yang menyerupai pintu di Bali, Pagar Siti hilingnya dari keramik China dan satu lagi yaitu tembok bata merah khas budaya Jawa yang mengelilingi area Keraton Kasepuhan.

Hal ini merupakan bukti bahwa adanya berbagai macam akulturasi budaya yang ada pada keraton Kasepuhan. Berminat mengunjungi destinasi wisata di Cirebon yang satu ini anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 8000 per orang.

4. Waterland Ade Irma Suryani 

Waterland Ade Irma Suryani di Kota Cirebon

Waterland Ade Irma Suryani adalah Tempat wisata yang merupakan destinasi wisata baru yang ada di Kota Cirebon. Lokasi Cirebon Waterland berada di daerah pantura dekat dengan laut utara, yang menjadi daya tarik Cirebon waterland adalah anda bisa menikmati pemandangan laut yang indah dari sini.

Selain itu di tempat ini banyak terdapat fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola untuk memanjakan pengunjung, beberapa diantaranya yang bisa anda nikmati seperti perahu bebek, kolam arus, waterboom, penginapan cottage, air mancur dan wisata kuliner juga terdapat di tempat ini.

Tempat wisata ini didirikan di area seluas 3 hektar yang Lokasinya berada dekat Hotel Cirebon Metland sekitar 10 menit dan bersebelahan dengan Kantor Bank Indonesia cabang Cirebon. Grand Opening telah dilaksanakan pada awal Desember 2015 lalu. Kehadiran tempat ini diharapkan untuk lebih menarik wisatawan dari daerah cirebon maupun luar daerah Cirebon.

5. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati

Tak lengkp rasanya berkunjung ke Cirebon jika belum mengunjungi tempat wisata religi yang terkenal dan populer ini yaitu Makam Sunan Gunung Jati. Makam ini terdiri dari sembilan tingkat dan mempunyai arsitektur bangunan yang sangat unik, perpaduan anatara budaya Jawa, China (bisa dilihat dari hiasan keramiknya) dan budaya arab.

Banyak sekali peziarah yang mengunjungi makan Sunan Gunung Jati untuk berziarah terutama pada hari-hari tertentu makam ini akan rame dikunjungi seperti pada malam jum'at, maulid nabi dan masih banyak lagi hari yang lainya.

Tertarik untuk wisata religi di Makam Sunan Gunung Jati bisa mengunjungi di alamat Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat.

Mungkin cukup 5 Tempat Wisata Paling Populer di Kota Cirebon Menarik Untuk Dikunjungi, walaupun sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata di Kota Cirebon yang menarik, yang mungkin akan di bahas lain waktu.

Related Posts