Menikmati Keindahan Pulau Kapoposang di Pangkep Sulawesi Selatan

shares |

Pulau Kapoposang di Sulawesi Selatan- Berbicara mengenai wisata bahari, Indonesia sudah tidak diragugak lagi untuk keindahannya dan sudah sangat terkenal di kalangan para wisatawan. Bagi anda yang hobi dengan wisata bahari,salah satu tempat wisata bahari yang menarik di Indonesia adalah  Sulawesi Selatan.

Tempat wisata Pulau Kapoposang yang merupakan tempat yang menyuguhkan pemandangan bawah laut yang eksotik di Provinsi Sulsel. Pulau Kapoposang merupakan salah satu pulau spermonde yang ada di Selat Makassar. 

pulau kapoposang pulau kapoposang bali letak pulau kapoposang resort pulau kapoposang gambar pulau kapoposang

Berkunjung dipulau ini jangan kwatir sepi, karena pulau ini berpenghuni, saat pertama sampai Anda akan sisuguhkan dengan pemandangan indah berupa hamparan pasir putih disekitar pantai, dilengkap dengan lambaian pepohonan yang rindah serta kejernihan air laut yang membuat Anda bisa menikmati batu karang tanpa harus menyelam.

Panorama sunrise dan sunset juga hal yang tidak boleh Anda lewatkan jika sedang berkunjung di Pulau Kapoposang sulsel. Bagi anda yang hobi melakukan kegiatan diving dan snorkling di pulau Kkapoposang sangat cocok karena didukung dengan air laut yang jernih serta terumbu karang yang menarik untuk anda nikmati.

wisata pulau kapoposang peta pulau kapoposang penginapan pulau kapoposang foto pulau kapoposang tentang pulau kapoposang

Di pulau ini memeliki beberapa titik penyelaman yang masing-masing memberikan keindahan tersendiri, Salah satunya di turtle point, disini Anda bisa mengamati aktivitas penyu sisik dan bisa anda abadikan dengan kamera anda.

Saat berada di tempat ini anda tidak diperbolehkan untuk mengganggu penyu yang sedang bertelur ataupun mengusik biota laut lainnya apa lagi merusak, selain menjaga agar tetap indah pulau ini sudah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Taman Wisata Perairan Kepulauan Kapoposang.

sejarah pulau kapoposang biaya ke pulau kapoposang cara ke pulau kapoposang penginapan di pulau kapoposang

Menikmati wisata bawah laut pulau kapoposang, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan menarik dengan melihat ikan berbagai jenis dan warna yang berbeda serta berbagai terumbu karang yang indah sehingga membuat anda betah menyelam di spot ini.

Bagi yang ingin menyelam dipulau ini anda bisa melihat keindan wisata bawah laut dengan alat-alat penyelaman yang diatur oleh dive operator yang berada di kota Makassar.

Baca Juga: Situs Gua Tontonan, Objek Wisata di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan

Fasilitas Yang Ada di Pulau Kapoposang

Fasilitas Yang Ada di Pulau Kapoposang

Jika Anda berniat untuk menikmati keindahan pulau ini dalam waktu lama, tidak perlu khawatir untuk mencari tempat menginap, karena di pulau ini telah tersedia resort serta fasilitas olahraga milik yang dikelola oleh pihak swasta dan juga terdapat beberapa home stay yang dikelola masyarakat yang bisa anda sewa untuk menginap guna agar bisa lebih lama menikmati keindahan Pulau Kapoposang Sulsel Indonesia.

Cuma sayangnya di pulau ini sangat sulit menemukan jaringan ponsel sehingga agak susah untuk menjalin hubungan melalui seluler, akan Tetapi jika diambil dari sisi positifnya anda akan lebih menikmati liburan di Tempat ini ttanpa harus terganggu dan cocok bagi anda yang menyukai tempat dengan ketenangan dan nyaman.

Untuk masuk ketempat wisata ini tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis, jadi anda hanya dikenakan biaya transfortasi saja. Baca Juga: 12 Tempat Wisata Makasar Yang Menarik Untuk Liburan.

Akses dan Lokasi Wisata Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang ini masih ada dalam kawasan kepulauan spermonde. Namun secara administratif termasuk dalam wilayah Kab. Pangkep lebih tepatnya Pulau yang termasuk dalam kawasan wisata kepulauan (KWP) ini berada dalam wilayah Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia.

Akses dan Lokasi Wisata Pulau Kapoposang

Dengan jarak sekitar 68 kilometer dari Kota Makassar, sedangkan untuk Akses menuju kawasan TWP Pulau Kapoposang saat ini dapat menggunakan beberapa jalur pelayaran yakni dari Ujung Pandang melalui Pelabuhan Paotere dan POPSA, Jika dari Maros melalui pelabuhan Kalibone dan dari Pangkep melalui pelabuhan Semen Tonasa. 

Perjalanan kepulau ini menggunakan perahu bermotor milik nelayan yang bisa disewa, perahu bermotor yang digunakan yang lazim dipakai nelayan, waktu tempuh Ujung Pandang-Kapoposang sekitar 6 jam, sedangkan waktu tempuh dari Maros dan Pangkep masing-masing 7 dan 8 jam. 

Wisatawan umumnya ke TWP Pulau Kapoposang melalui pelabuhan di Ujung Pandang. Selain menggunakan perahu bermotor, penggunaan speed-boat juga sudah dirintis oleh pengusaha yang mengkordinir kunjungan ke Pulau Kapoposang, waktu tempuhnya bisa dua-sampai tiga jam saja. 

Terdapat 3 pintu (pelabuhan) untuk masuk ke kawasan TWP kepulauan Kapoposang, yaitu : Pelabuhan Pulau Kondongbali untuk kunjungan penduduk dari luar kawasan, Pelabuhan Pulau Papandangan untuk transportasi internal (wisata dan biasa), dan Pelabuhan Pulau Kapoposang untuk kunjungan wisata dan internal kawasan TWP antara lain untuk pengambilan air, perikanan, dan lain-lain.

Related Posts