Cibulan Tempat Wisata Kuningan Terkenal dengan Legenda Ikan Dewa

shares |

Tempat Wisata Kuningan- Cibulan adalah nama sebuah obyek wisata tertua yang ada di Kuningan, Jawa Barat Indonesia, saat ini menjadi salah satu tempat liburan favorit yang diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, yaitu R.A.A. Mohamand Achmad. Di dalam objek wisata ini terdapat dua kolam besar yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35x15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Sedangkan, kolam kedua berukuran 45x15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berkedalaman 60 sentimeter dan bagian kedua berkedalaman 120 sentimeter.

Cibulan Kuningan cibulan kuningan video cibulan kuningan jabar cibulan kuningan kayak cendol cibulan kuningan ikan dewa cibulan kuningan jawa barat cibulan kuningan cirebon cibulan kuningan maps sejarah cibulan kuningan sejarah cibulan kuningan-jawa barat pemandian cibulan kuningan jawa barat misteri cibulan kuningan alamat cibulan kuningan wisata cibulan kuningan jabar

Objek Wisata Cibulan Kuningan

Kolam di Objek wisata Cibulan kuningan ini selalu terlihat bersih airnya, karena rutin dikuras atau diganti airnya dalam dua minggu sekali bisa lebih, tergantung kondisi kebersihan air. Setiap kolam di Cibulan dihuni oleh puluhan ikan yang berwarna abu-abu kehitaman dan disebut sebagai kancra bodas atau lebih dikenal dengan sebutan ikan dewa oleh masyarakat setempat.

Ikan Dewa di Cibulan memiliki ukuran bervariasi mulai dari yang panjangnya 20 sentimeter hingga mencapai 1 meter. Ikan Dewa adalah sejenis ikan yang dikeramatkan oleh penduduk di sekitar wilayah Desa Manis Kidul karena dipercaya mempunyai keistimewaan tertentu.

Meski semua kolam itu dihuni puluhan ikan kancra bodas atau ikan dewa, kolam-kolam di Cibulan dibuka sebagai kolam pemandian umum. Tempat rekreasi cibulan sebagai tempat tujuan wisata di kuningan ini dilengkapi dengan fasilitas khas tempat pemandian bagi para pengunjung, seperti tempat ganti pakaian, 6 buah kamar kecil dan 2 buah kamar mandi untuk tempat bilas seusai berenang.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Paling Populer di Kota Cirebon Menarik Untuk Dikunjungi

Mitos Cerita Legenda Ikan Dewa Cibulan Kuningan

Menurut cerita yang berkembang di kalangan Masyarakat Desa Maniskidul dan masyarakat Kuningan pada umumnya, ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Singkat cerita, prajurit-prajurit pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan. 

ikan cibulan kuningan sejarah cibulan kuningan jabar cerita cibulan kuningan situs cibulan kuningan peta cibulan kuningan pariwisata cibulan kuningan misteri cibulan kuningan jawa barat

Konon ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana, namun saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula. 

Terlepas dari benar atau tidaknya legenda itu sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.

Selain kolam dengan ikan dewanya yang jinak, di sudut barat pemandian ini juga terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan yang bernama Tujuh Sumur. Tujuh mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama tersendiri, yaitu: Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. 

Di antara ketujuh sumur itu, konon ada salah satu sumur yang berisikan Kepiting Emas, yaitu Sumur Cirancana. Mitosnya diperacaya oleh masyarakat, apabila ada orang yang sedang mujur dan dapat melihat wujud dari Kepiting Emas itu, maka segala keinginannya akan terkabul.

Terlepas dari mitos yang berkembang tersebut, cibulan merupakan tempat wisata pemandian yang memiliki Air selalu bersih, bening, sejuk, dan melimpah, meskipun pada musim kemarau panjang. 

Itulah sebabnya, selain sebagai tempat rekreasi, Cibulan juga dijadikan sebagai sumber air untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuningan dan dimanfaatkan Pertamina untuk memasok kebutuhan air bersih di dua kompleks miliknya, yaitu Padang Golf Ciperna di Kota Cirebon, dan Kantor Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat (DOH JBB) di Klayan, Kabupaten Cirebon.

Kolam pemandian Cibulan juga menjadi sumber pendapatan bagi penduduk Desa Manis kidul dengan menjual berbagai keperluan yang dibutuhkan wisatawan atau dengan membuka warung makan di sekitar tempat wisata cibulan tersebut. 

Saat anda berkunjung di cibulan saat ini anda bisa menjumpai banyak warung permanen di luar kompleks kolam, Mereka kebanyakan menjual minuman ringan dan makanan kecil serta makanan ikan berupa kacang atom dan ikan wader.

Selain mandi dikolam para wisatawan bisa juga bisa bermain sepuasnya dengan ikan-ikan tersebut yang deikenal dengan Ikan Dewa ini, pengunjung juga diperbolehkan untuk memberi makan dan menangkap namun tidak untuk di konsumsi atau dibawa pulang hanya menyentuh atau sekedar untuk di abadika saja dengan berselfi dengan ikan dewa tersebut.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Kuningan Yang Paling Populer

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Cibulan Kuningan

Bagi anda yang ingin berwisata di Cibulan kuningan, Harga Tiket Masuk Cibulan
sangat murah yaitu dewasa Rp 15.000 dan anak-anak Rp 12.000. Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu. Objek wisata cibulan kuningan buka  setiap hari Senin - Minggu pukul 08.00-17.00

Alamat Lokasi dan Akseibilitas Objek wisata Cibulan Kuningan

Wisata Kolam Pemandian Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat - Indonesia. Jarak antara Cibulan - Kota Kuningan sekitar 7 km sedangkan Jarak Kota  dari Cirebon – Cibulan sekitar 28 km

Akses menujuju obyek wisata Cibulan menggunakan angkutan umum bisa di tempuh dengan dua jalur yaitu memlalui Kuningan dan Cirebon sebab tempat wisata ini berada di jalan Kuningan-Cirebon. Jalur yang pertama melalui Terminal Kuningan bisa menggunakan angkutan kota jurusan Terminal Cirendang – Cimulus, lalu berhenti di jalan menuj lokasi Cibulan. Jalur yang kedua bisa melalui Cirebon dengan angkutan umum menuju lokasi.

Sedangkan yang menggunakan kendaraan pribadi ke tempat wisata Cibulan Kuningan seperti motor dan mobil bisa menyesuaikan dengan rute angkutan umum. Kondisi jalan menuju Obyek wisata Cibulan sudah terbilang baik jadi tidak akan menyulitkan bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi.

Related Posts