Tahu Gejrot, Kuliner Khas Cirebon Yang Nikmat

shares |

Kuliner Khas Cirebon- berbicara mengenai wisata kuliner Indonesia, tentu banyak sekali hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas daerah. Tidak juga ketinggalan kota cirebon juga ada kuliner di cirebon bisa anda jadikan tujuan wisata kuliner, mulai dari makanan sederhana sampai dengan makanan yang berkelas namun masih dalam kategori makanan khas Cirebon.

Bagi anda yang sedang Jalan-jalan di Kota Cirebon untuk menikmati tempat wisata di Cirebon, kurang afdol rasanya jika belum mencicipi kulinernya juga, banyak sekali pilihan yang bisa anda coba tak terkecuali Tahu gejrot makanan khas Cirebon, Indonesia.

kuliner khas cirebon kuliner khas cirebon di bandung kuliner khas cirebon di jakarta makanan khas cirebon

Apa itu tahu gejrot? tahu gejrot adalah makanan yang terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang putih, bawang merah, gula dan Biasanya ciri khasnya disajikan di sebuah layah kecil. 

Tahu gejrot ini merupakan jajanan khas daerah Cirebon yang digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa, karena sensasi rasanya yang khas yang di dapatkan jika menyantap kuliner ini. Biasanya tahu yang digunakan  untuk membuat makanan ini adalah tahu sumedang yang memang sudah terkenal gurihnya.

Untuk menikmati makanan ini juga unik, yakni dengan satu lidi kecil kemudian tusuk bagian tahu yang telah dipotong-potong tersebut. Saat ini tahu gejrot sudah terkenal dan sudah menyebar ke seluruh Indonesia seperti Jakarta, Malang, Depok, Surabaya dan beberapa tempat di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Resep Cara Membuat Tahu Gejrot

Menikmati sebuah kuliner tentu akan timbul rasa penasaran, bagaimana tahu gejrot ini dibuat Bagi anda yang ingin mengetahui cara membuat tahu gejrot resep pertama diawali dengan menyiapkan tahu sumedang tentunya dan rendam tahu ke dalam air matang dan beri satu sendok teh garam halus kurang lebih selama 20 menit, ini berguna untuk menambah rasa gurih pada tahu tersebut. 

tahu gejrot enak di cirebon

Kemudian Setelah tahu direndam, goreng tahu hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan. Tahap selanjutnya Resep cara membuat tahu gejrot adalah membuat saus tahu gejrot yang merupakan bagian penting tidak bisa dipisahkan dalam makanan khas cirebon ini.

Cara membuatnya, haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, cabai hijau, gula merah, dan garam, lalu masukkan air asam, air dan kecap manis, kemudian aduk rata, dan masak hingga mendidih,kemudian angkat dan sisihkan. Setelah itu letakkan tahu goreng di atas piring saji, tuangkan saus itu, lalu taburi dengan bawang merah goreng di atasnya. 

Jika dilihat cara Pembuatannya yang masih sangat tradisional ini, membuat tahu gejrot memiliki cita rasa yang khas, sehingga bukan suatu hal yang mengagetkan apabila makanan ini digemari di wilayah-wilayah besar di Indonesia seperti, Jakarta, Bandung, Depok, Malang, dan Surabaya

Wisata Kuliner makanan Khas Cirebon

Untuk yang sedang berada di Kota Cirebon, bisa langsung coba yang namanya tahu gejrot yang banyak di jual pedangang di Kaki lima. Para pedagang tahu gejrot ini terdiri bisa dari kalangan perempuan dan laki-laki.

Biasanya penjual laki-laki menggunakan pikulan untuk membawa barang dagangannya, sedangkan menggunakan tampah yang diusung di atas kepala bagi penjual perempuan. Salah satunya tempat yang terkenal menjual tahu gejrot adalah di jalan Kanoman Cirebon, ditempat ini banyak sekali tersedia kuliner tradisional khas Cirebon, tak terkecuali tahu gejrot yang memang sudang sangat populer disemua kalangan,

Makanan Khas ini rasanya yang nikmat dan cocok dengan lidah orang Indonesia khususnya Masyarakat Cirebon. Selain nikmat harganya juga cukup terjangkau bagi anda yang memiliki kantong pas-pasan.

Namun jangan heran jika anda harus makan sambil berdiri karena memang pencinta kuliner ini sangat banyak, sehingga kadang anda juga harus antri untuk memesannnya makanan yang murah meriah namun tetap mempunyai cita rasa tinggi.

Related Posts