10 Makanan Tradisional Kuliner Khas Cirebon Yang Perlu anda Coba

shares |

Makanan Tradisional Kuliner Khas Cirebon- Kuliner merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya wisata, terutama jika sedang berwisata disuatu daerah, tentu anda tidak akan lupa untuk berburu kuliner khas daerah tersebut.Begitu juga dengan daerah Cirebon.

Selain banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di cirebon juga tidak ketinggalan dengan wisata kuliner yang menjadi pelengkap perjalanan wisata anda. Banyak tempat yang bisa diunjungi saat wisata untuk berburu wisata kuliner di Cirebon yang akan memanjakan lidah anda dengan menikmati kuliner khas cirebon.

 kuliner khas cirebon di bandung kuliner khas cirebon di jakarta kuliner khas cirebon makanan khas cirebon di jakarta makanan khas cirebon empal gentong makanan khas cirebon docang makanan khas cirebon di bandung makanan khas cirebon nasi jamblang makanan khas cirebon nasi lengko masakan khas cirebon empal gentong masakan khas cirebon di jakarta

Wisata Kuliner khas Cirebon ini menjadi Salah satu daya tarik bagi wisatawan yang sedang berkunjung di Cirebon. Banyak kuliner cirebon yang terkenal, kuliner cirebon yang enak dan tempat wisata kuliner di cirebon yang modern. Untuk lebih jelasnya beberapa kuliner khas cirebon yang sudah terkenal yang perlu anda coba.

Daftar makanan tradisional Kuliner Khas Cirebon yang Patut anda coba saat Wisata di Cirebon: 

1. Empal Gentong

Empal Gentong

Makanan Khas cirebon dengan nama Empal Gentong ini merupakan makanan berciri khas berkuah santan dengan potongan daging sapi yang bercampur dengan jeroan. Kuliner Cirebon yaitu Empal gentong tampilannya mirip seperti gulai, akan tetapi empal gentong memiliki rasa lebih gurih dan manis.

Empat gentong memiliki ciri khas dari cara masaknya yaitu dimasak masih dengan cara tradisional menggunakan kayu bakar dan menggunkan gentong atau periuk tanah liat. Karena cara memasaknya menggunakan gentong maka masakan daging sapi dan jeroan ini di sebut dengan empal gentong nama yang diambil dari wadah tempat emasaknya tersebut.

Empal gentong ini Isinya dari daging sapi dan jeroan masyarakat cirebon menyebotnya dengan nama empat, merupakan potongan-potongan daging dan jeroan sapi. Biasanya jeroan yang umum digunakan seperti usus, babat, paru, dan bagian limpa. Rasa gurih pada empal gentong berasal dari campuran rempah-rempah seperti jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih dan kayu manis.

Awalnya, Kuliner khas Cirebon Empal Gentong berasal dari desa Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Makanan yang berkuah kental ini disajikan panas-panas dengan pilihan nasi atau lontong. Jika sedan bewisata di Cirebon anda bisa menjumpai penjual empal gentong di warung-warung penjual makanan.

Di cirebon untuk masakan empal bukan hanya empal gentong namun ada juga yang namanya Empal Asem yang mirip dengan Empal Gentong hanya bedanya empal asem tidak berkuah santan. Empal Asem berkuah bening dengan rasa asam dari belimbing wuluh dan asam jawa.

2. Tahu gejrot

Tahu gejrot

Kuliner khas Indonesia yang sudah tidak asing lagi andalah tahu, namun dicirebon ada makanan yang terbuat dari olahan tahu yang sudah sangat terkenal dikalangan pecinta kuliner Tradsional yaitu tahu gejrot. Kuliner ini bisa dibilang jajanan khas cirebon dan masuk dalam kategori camilan.

Kuliner ini selain di kota cirebon bisa juga dengan mudah anda temukan di kota-kota besar seperti Jakarta atau Bandung. Makanan khas kota Cirebon merupakan kuliner yang terdiri dari bahan tahu yang sudah digoreng dan dipotong kecil-kecil, kemudian dimasukan dalam kuah yang sudah dicampurkan cabai, bawang putih, bawang merah dan air gula.

Rasanya, asam, manis sekaligus pedas, dam nikmat tentunya. Tahu gejrot bisa mudah ditemukan bila sedang traveling di Cirebon, dengan harga  yang sangat terjangkau jajanan ini sudah bisa untuk mengganjal perut.

Sangat cocok bagi yang sedang traveling dengan kantong pas-pasan, namun meskipun begitu soal rasa sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya, murah meriah dan mengenyangkan tentunya.
3. Nasi lengko

Nasi lengko

Nasi Lengko adalah nasi putih yang diatasnya diberi campuran tahu,tempe, toge, seledri, dan bawang goreng yang kemudian disiram bumbu kacang dan kecap. Lebih enak lagi jika menyantapnya dilengkapi kerupuk.

Kuliner khas cirebon yang satu ini sangat populer ini hampir sama dengan nasi kucing Kuliner khas JogjaNasi lengko merupakan kuliner khas Cirebon yang cocok bagi wisatawan yang suka sayur. Nasi lengko 100 persen tidak mengandung daging, yang hanya berupa sayur-sayuran saja.

Nasi lengko ini makanan tradisiaonal khas cirebon, untuk menikmatinyapun tidak terlalu sulit untuk menemukannya, banyak tempat bisa dijumpai di cirebon yang menjualnasi lengko. Nasi lengko disajikan bersamaan dengan tempe goreng, tahu goreng, mentimun, toge, daun kucai dan bawang goreng dan kemudian untuk menambah rasa pedas gurih ditambah dengan disiraman bumbu kacang.

4. Docang

Docang

Kuliner khas Cirebon selain nasi lengko yang  juga yang  banyak sayur-sayuran adalah docang. Docang makanan tradisianal Cirebon berupa lontong, daun singkong, toge dan kacang hijau, yang ditambah kuah yang dibuat dari campuran oncom dan kelapa, dengan warna yang kemerahan. 

Jika dilihat sekilas kuliner ini tampilannya hampir mirip seperti lontong sayur. Namun yang membedakan adalah rasanya yang gurih dan lezat, dengan Kuah segar dan lontongnya bikin kenyang.

Docang biasanya masyarakat di Cirebon menikmatinya saat pagi hari sebagai sarapan. Makanan salah satu masakan khas Cirebon ini patut anda coba saat berada di Kota Cirebon sebagai pelengkap wisata anda. 

Anda tertarik dengan kuliner khas cirebon docang ini coba saja datang ke Jl Siliwangi di pusat Kota Cirebon atau di Pasar Perumnas. Soal harga jangan takut makanan tradisiaonal ini masih tergolong sangat murah dan mengenayangkan.

5. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Jamblang adalah makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Jamblang adalah nama daerah di barat kota cirebon tempat asal pedagang kuliner tersebut. Dahulu, Nasi Jamblang merupakan nasi putih yang dibungkus dengan daun jati dan boleh ditambahkan dengan berbagai macam pilihan lauk yang disajikan secara prasmanan. 

Saat ini, daun jati sudah tidak digunakan sebagai pembungkus nasi, melainkan digunakan sebagai alas piring. Sebab daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama. Nasinya lebih terasa pulen dan tetap enak

Di Cirebon, sudah banyak sekali warung-warung makan sederhana yang menjajakan sajian ini. Tapi walaupun banyak, ternyata keseluruhannya selalu ramai dikunjungi. Kalau menyempatkan diri saat makan siang tiba, jangan harap warung-warung makan ini lengang. 

Pengunjung datang harus rela antre sebelum menyantapnya. Apalagi bila datang kemalaman, di atas pukul 7 malam dijamin tak akan kebagian kuliner tradisional yang satu ini. bagi anda yang sedang di kota cirebon jangan sampai lupa untuk mencobanya.

6. Serabi

 Serabi

Serabi kuliner khas Cirebon ini sebenarnya hampir sama dengan tempat lain seperti yang masuk kedalam daftar kuliner khas Solo juga terdapat makanan yang namanya serabi. tapi serabi ini juga masuk dalam daftar salah satu kuliner khas Cirebon. Bedanya dengan serabi yang ada disolo  serabi disiram dengan cairan gula merah atau kinca. 

Tapi di Cirebon, Serabi dimakan dengan gorengan seperti halnya orang Sunda memak. Kuliner dengan ciri khas dengan rasa guri ini bisa jadikan cemilan ataupun biasa masyarakat di cirebon menyantapnya sebagai menu sarapan pagi.

Serabi merupakan kue tradisional yang sudah populer di Cirebon sejak zaman dulu. Untuk menikamti Serabi ini bisa begitu mudah anda temukan, banyak penjual serabi ini di pinggir jalan atau di pasar-pasar di Cirebon dan dijual kebanyakan di pagi hari sebagai makanan sarapan. 

Bahan-bahannya terdiri dari tepung beras, santan dan kelapa parut. Serabi dianggap makanan khas Cirebon karena mereka memiliki cara makan Serabi yang berbeda dengan orang Jawa.

8. Sate Kalong

sate kalong

Kuliner Khas Cirebon unik adalah sate kalong, Meski namanya sate kalong, ternyata sate ini tidak menggunakan daging kalong atau kelelawar. Sate kalong sudah berdiri sejak tahun 1930-an, sate terbuat dari daging kerbau. 

Mengapa daging kerbau menjadi bahan pilihan dari sate kalong merupakan makanan khas Cirebon. Daging kerbau dipilihan karena dahulu banyak pemeluk agama Hindu yang tinggal di Cirebon (penganut agama Hindu tidak mengkonsumsi daging sapi).

Cara pengolahan sate kolong yaitu sebelum dibakar daging kerbau dicelupkan pada bumbu berupa rempah-rempah yang dicampur dengan gula sehingga sate kalong memiliki citarasa manis. Sate kalong disajikan dengan bumbu kacang yang dicampur dengan oncom dan disiram kuah kaldu. 

Sate kalong ini biasanya baru dijual pada saat magrib hingga tengah malam, persis seperti kalong yang baru keluar pada jam malam hari. Sate kalong biasanya menjadi tujuan wisata kuliner malam di cirebon. 

9. Mie Koclok


Mie Koclok

Mie Koclok sebenarnya adalah makanan yang diproduksi oleh keluarga yaitu oleh keluarga Mas Edi. Mie Koclok sudah menjadi makanan yang terkenal sejak tahun 1945 hingga saat ini. Tidak heran banyak orang menjadikan mie koclok sebagai salah satu makanan khas Cirebon Jawa Barat. 

Tahu kenapa dinamakan dengan Mie Koclok? Ternyata “Koclok” sendiri merupakan sebuah akronim atau singkatan dari ”Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih OKey”. Mie koclok adalah masakan yang sangat lezat, terdiri dari mie basah yang disiram dengan kuah khusus yaitu seduhan kaldu ayam, dan adonan tepung terigu maizena, merica, garam dan santan kental. 

Lebih nikmat lagi mie koclok jika ditambah dengan irisan daun bawang, tauge, irisan kol, telur yang diiris, bawang goreng dan sewiran ayam goreng.

10. Gado-gado ayam

Gado-gado ayam

Gado-gado tentu makanan ini sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat Indonesia, bahkan sudah terkenal pula sampai luar negeri, terbukti banyak wisatawan asing berkunjung di Indonesia untuk mencoba kuliner yang kaya akan sayuran ini. 

Namun yang dibahas ini gado-gado makanan khas cirebon yang tentu memiliki perbedaan dengan gado-gado pada umumnya, Jika di Cirebon gado-gado disebut dengan nama gado-gado ayam. Isinya hampir sama dengan gado yang ada pada umumnya, namun bedanya gado-gado di Cirebon ditambahkan lontong dan suwiran daging ayam.

Yang membedakan lagi dari gado-gado di cirebon adalah kuliner ini ditambahkan kuah kari ayam Perpaduan bumbu kacang dan kuah kari ayam inilah yang memberikan citarasa tersendiri bagi yang menikmatinya dan patut untuk anda coba saat berkunjung di Kota Cirebon.

Demikian tadi mengenai 10 Makanan Tradisional Kuliner Khas Cirebon Yang Perlu anda Coba yang perlu anda coba, sebagai pelengkap perjalanan anda di Kota Cirebon.

Related Posts