Objek Wisata Alam Danau Toba dan Cerita Legenda di Dalamnya

shares |

Objek Wisata Alam Danau Toba- Danau Toba merupakan sebuah danau vulkanik atau danau kawah terbesar di dunia,  Dapat kita bandingkan dengan luas Pulau Samosir yang terdapat di tengah-tengah Danau Toba di Sumatera Utara. Pulau Samosir yang berada di tengah Danau toba ini memiliki luas yang hampir sama dengan negara Singapura, bisa Anda bayangkan luas Danau Toba yang mengelilingi Pulau Samosir, pastilah jauh lebih luas lagi.

Danau Toba Dengan panjang mencapai 87 kilometer dan lebarnya 27 kilometer dengan kedalaman mencapai lebih dari 500 meter, pasti tidak bisa dalam waktu satu hari kita dapat mengagumi keindahannya. Ayo kita menyusuri Danau Toba yang spektakuler dengan segala keindahan alam dan budayanya.

Danau Toba danau toba medan danau toba parapat danau toba international cottage danau toba monaco asia

Sejarah Danau Toba Sumatera Utara Menurut Ahli

Dengan ketinggian mencapai 900 meter diatas permukaan laut, danau toba awalnya berupa sebuah supervulkan yaitu gunung berapi raksasa yang mampu menghasilkan letusan yang sangat dahsyat. Danau ini terbentuk akibat satu atau beberapa letusan gunung berapi yang luar biasa besar, yang menurut beberapa ilmuwan boleh jadi termasuk di antara letusan terdahsyat dalam sejarah bumi. 

Letusan itu membuat kawah yang luar biasa besar. Lambat laun, kawahnya yang sangat besar dipenuhi air dan membentuk apa yang kita kenal sebagai Danau Toba. Kemudian pergeseran lapisan bumi membuat dasar danau naik dan membentuk Pulau Samosir yang sangat indah. Luas Samosir sekitar 647 kilometer persegi yaitu hampir sama dengan luas negara Singapura.

danau toba cerita rakyat danau toba di sumatera termasuk jenis danau danau toba sumut danau toba dan pulau samosir danau tiberias danau toba terkini

Diperkirakan Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa jumlah total material pada letusan sekitar 2.800 km3 -sekitar 2.000 km3 dari Ignimbrit yang mengalir di atas tanah, dan sekitar 800 km3 yang jatuh sebagai abu terutama ke barat. Aliran piroklastik dari letusan menghancurkan area seluas 20.000 km2, dengan deposito abu setebal 600 m dengan kawah utama.

Menurut sejarah Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies makhluk hidup pada waktu itu. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi, yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkannya.

Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi sebuah danau besar yang sekarang dikenal dengan nama Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir yang bisa anda lihat berada di tengah Danau toba tersebut. 

danau toba akan jadi monaco asia danau toba adalah termasuk bentuk penampakan alam danau toba ada di kota mana danau toba akan meletus

Tim peneliti multidisiplin internasional, yang dipimpin oleh Dr. Michael Petraglia, mengungkapkan dalam suatu konferensi pers di Oxford, Amerika Serikat bahwa telah ditemukan situs arkeologi baru yang cukup spektakuler oleh para ahli geologi di selatan dan utara India. Di situs itu terungkap bagaimana orang bertahan hidup, sebelum dan sesudah letusan gunung berapi (supervolcano) Toba pada 74.000 tahun yang lalu, dan bukti tentang adanya kehidupan di bawah timbunan abu Gunung Toba.

Padahal sumber letusan berjarak 3.000 mil, dari sebaran abunya. Selama tujuh tahun melakukan penelitian, para ahli dari universitas Oxford tersebut meneliti proyek ekosistem di India, untuk mencari bukti adanya kehidupan dan peralatan hidup yang mereka tinggalkan di padang yang gundul. Daerah dengan luas ribuan hektare ini ternyata hanya sabana (padang rumput).

Sementara tulang belulang hewan berserakan. Tim menyimpulkan, daerah yang cukup luas ini ternyata ditutupi debu dari letusan gunung berapi purba. Penyebaran debu gunung berapi itu sangat luas, ditemukan hampir di seluruh dunia. Berasal dari sebuah erupsi supervolcano purba, yaitu Gunung Toba.

Dugaan mengarah ke Gunung Toba, karena ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2100 titik. Sejak kaldera kawah yang kini jadi danau Toba di Indonesia, hingga 3000 mil, dari sumber letusan. Bahkan yang cukup mengejutkan, ternyata penyebaran debu itu sampai terekam hingga Kutub Utara. Hal ini mengingatkan para ahli, betapa dahsyatnya letusan super gunung berapi Toba kala itu. (sumber:wikipedia)

Cerita Rakyat Legenda Objek wisata Danau Toba

Sejarah diatas tadi menurut para ahli, sedangkan di Indonesia sendiri ada cerita (dongeng) yang berkembang di masyarakat khususnya masyarakat Sumatera Utara yang dikenal dengan cerita rakyat tentang danau toba, untuk kebenarannya juga belum tahu, namun untuk menambah kekayaan  cerita dongen bangsa Indonesia yang hampir semua tahu tentang cerita ini.

Jika ada yang lupa, tidak ada salahnya sebelum mengulas lengkap tentang objek wisata danau toba sumatera utara baca terlebih dahulu cerita rakyat dibawah ini:

Pada zaman dahulu terdapat danau yang sangat besar dan ditengah-tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau. Danau itu bernama Danau Toba sedangkan pulau ditengahnya dinamakan Pulau Samosir. Konon danau tersebut berasal dari kutukan dewa.

Cerita Rakyat Legenda Objek wisata Danau Toba

Di sebuah desa di wilayah Sumatera, hidup seorang petani yang rajin bekerja walaupun lahan pertaniannya tidak begitu luas. Ia bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dari hasil kerjanya yang tidak kenal lelah. Sebenarnya usianya sudah cukup untuk menikah pada saat itu, akan tetapi ia tetap memilih hidup sendirian.

Pada suatu pagi hari yang cerah, petani tersebut pergi memancing ikan di sungai. "Mudah-mudahan hari ini aku mendapat ikan yang besar," gumam petani tersebut dalam hatinya dalam perjalanan. Setelah sampai tempat yang dituju tempat memancing dan kemudian saat setelah kailnya dilemparkan ke dalam air, kailnya tersebut terlihat bergoyang-goyang disambar seekor ikan.

Dengan begitu petani tersebut segera menarik kailnya sambil bersorak kegiarangan karena mendapat seekor ikan cukup besar yang terkena dalam kailnya. Ia takjub melihat warna sisik ikan yang indah. Sisik ikan itu berwarna kuning emas kemerah-merahan. Kedua matanya bulat dan menonjol memancarkan kilatan yang menakjubkan.

“Tunggu, aku jangan dimakan, Aku akan bersedia menemanimu jika kau tidak jadi memakanku.” Petani tersebut terkejut mendengar suara dari ikan itu. Karena keterkejutannya, ikan yang ditangkapnya terjatuh ke tanah. Kemudian tidak berapa lama, ikan itu berubah wujud menjadi seorang gadis yang cantik jelita. “Bermimpikah aku?,” gumam petani tersebut.

“Jangan takut pak, aku juga manusia seperti engkau. Aku sangat berhutang budi padamu karena telah menyelamatkanku dari kutukan Dewata,” kata gadis itu. “Namaku Puteri, aku tidak keberatan untuk menjadi istrimu,” kata gadis itu seolah mendesak. Petani itupun mengangguk setuju. Singkat cerita maka jadilah mereka sebagai sepasang suami istri.

Namun, ada satu janji yang telah disepakati, yaitu mereka tidak boleh menceritakan bahwa asal-usul Puteri dari seekor ikan. Jika janji itu dilanggar maka akan terjadi petaka yang dahsyat. Setelah sampai di desanya, gemparlah penduduk desa melihat gadis cantik jelita bersama petani tersebut. "Dia mungkin bidadari yang turun dari langit," gumam mereka.

Petani merasa sangat bahagia dan tenteram. Sebagai suami yang baik, ia terus bekerja untuk mencari nafkah dengan mengolah sawah dan ladangnya dengan tekun dan ulet. Karena ketekunan dan keuletannya, petani itu hidup tanpa kekurangan dalam hidupnya. Banyak orang iri, dan mereka menyebarkan sangkaan buruk yang dapat menjatuhkan keberhasilan usaha petani. "Aku tahu Petani itu pasti memelihara makhluk halus" kata seseorang kepada temannya.

Hal itu sampai ke telinga Petani dan Puteri. Namun mereka tidak merasa tersinggung, bahkan semakin rajin bekerja. Setahun sudah berlalu, namun kebahagiaan Petani dan istri bertambah, karena istri Petani tersebut melahirkan seorang bayi laki-laki. Ia diberi nama Putera. Kebahagiaan mereka tidak membuat mereka lupa diri. Putera tumbuh menjadi seorang anak yang sehat dan kuat.

Ia menjadi anak manis tetapi agak nakal. Ia mempunyai satu kebiasaan yang membuat heran kedua orang tuanya, yaitu selalu merasa lapar. Makanan yang seharusnya dimakan bertiga dapat dimakannya sendiri. Lama kelamaan, Putera selalu membuat jengkel ayahnya. Jika disuruh membantu pekerjaan orang tua, ia selalu menolak.

Istri Petani selalu mengingatkan Petani agar bersabar atas ulah anak mereka itu. "Ya, aku akan bersabar, walau bagaimanapun dia itu anak kita", kata Petani kepada istrinya. "Syukurlah, kanda berpikiran seperti itu. Kanda memang seorang suami dan ayah yang baik," puji Puteri kepada suaminya. Memang kata orang, kesabaran itu ada batasnya.

Hal ini dialami oleh Petani itu. Pada suatu hari, Putera mendapat tugas mengantarkan makanan dan minuman ke sawah di mana ayahnya sedang bekerja. Tetapi Putera tidak memenuhi tugasnya. Petani menunggu kedatangan anaknya, sambil menahan haus dan lapar. Ia langsung pulang ke rumah. Di lihatnya Putera sedang bermain bola.

Petani menjadi marah sambil menjewer telinga anaknya. "Anak tidak tau diuntung ! Tak tahu diri ! Dasar anak ikan !," begitu umpat si Petani tanpa sadar telah mengucapkan kata pantangan yang telah disepakati dulu dengan istrinya. Setelah petani mengucapkan kata-katanya, seketika itu juga anak dan istrinya hilang lenyap. Tanpa bekas dan jejak.

Dari bekas injakan kakinya, tiba-tiba menyemburlah air yang sangat deras dan semakin deras. Desa Petani dan desa sekitarnya terendam semua. Air meluap sangat tinggi dan luas sehingga membentuk sebuah telaga. Dan akhirnya membentuk sebuah danau. Danau itu akhirnya sekarang dikenal dengan nama Danau Toba. Sedangkan pulau kecil di tengahnya dikenal dengan nama Pulau Samosir.

Keindahan Objek Wisata Danau Toba Sumatera Utara

Objek wisata danau toba memiliki ketinggian hampir 1 kilometer di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh deretan gunung berapi yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan membuat Danau Toba ini udaranya begitu sejuk dan memiliki pemandangan indah. Banyak pohon enau dan pinus yang tumbuh subur di sekeliling Danau Toba menambah pesona dan daya tarik danau ini.

danau toba cerita bahasa inggris danau toba cottage medan danau toba com danau toba

Dibagian utara Danau Toba masih bisa anda jumpai berbagai fauna yang menarik diantaranya seperti lutung, orangutan, dan beberapa jenis monyet liar. Sedangkan di bagian selatan Danau Toba terdapat fauna yang berbeda jenis seperti monyet lingur, tapir, dan ingkir. Tentulah hal ini juga unik karena danau ini seolah-olah berfungsi sebagai garis pemisah ekologi fauna di sisi utara dan selatan Danau Toba.

Sejauh mata memandang, yang terlihat keindahan danau yang dikelilingi deretan gunung yang begitu indah dan menakjubkan. Kabut tebal kadang menyelimuti danau yang menambah sejuk dan dingin daerah sekiatar danau. Jika saat tidak diselimut kabut, lekukan Danau Toba begitu indah untuk dikagumi karena akan bisa dinikmati keindahannya secara keleseluruhan.

Anda dapat mengamati lekuk indah Danau Toba melalui Menara Tele. Apalagi jika dilihat pada pagi hari, pemandangannya begitu indah mengingat menara ini berada di lereng bukit. Anda dapat menemukan Menara Tele di antara Pangururan dan Sidikalang. Jika ingin menginap tanpa menyeberang ke Pulau Samosir, Anda bisa memilih berbagai penginapan di daerah Parapat. Di Parapat ada beberapa hotel dan resor dengan pemandangan langsung ke Danau Toba.

Baca Juga: Tempat wisata di Sumatera Utara Wajib Anda Kunjungi

Pulau Samosir Objek wisata di Tengah Danau Toba

Ada sebuah daratan yang berada yang bisa disebut sebuah pulau di tengah-tengah Danau Toba yang pemandangannya juga tidak kalah menarik dan indah untuk menjadi destinasi wisata yaitu Pulau Samosir. Di pulau tersebut anda bisa mengunjungi beberapa desa dan menikmati wisata alam serta wisata budaya yang masih terjaga dengan baik. Danau Toba dan Pulau Samosir satu kesatuan yang tempat wisata  yang tidak dapat dipisahkan keberadaan, karena memang saling melengkapi.

Pulau Samosir Objek wisata di Tengah Danau Toba

Bagi wisatawan yang tertari dan penasaran ingin mengunjungi objek wisata Pulau Samosir bisa melalui pelabuhan di Parapat yaitu Pelabuhan Ajibata. Terdapat beberapa kapal feri yang siap mengantar penduduk setempat maupun wisatawan menuju Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Bahkan tersedia juga beberapa feri pengangkut kendaraan seperti mobil dan motor menuju Samosir.

Lama perjalanan feri menuju Pulau Samosir sekitar 30 menit. Ketika mencapai Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir, ada banyak pedagang cindera mata khas Danau Toba dan khas tanah Batak di daerah sekitar Pelabuhan Tomok, Samosir. Anda bisa membeli kaos, kerajinan tangan dan juga ulos di lokasi ini jika ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Sebaiknya membeli oleh-oleh di sini karena banyak pilihan yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang. Penduduk yang ramah selalu siap menyambut kedatangan Anda. Selain itu, Anda akan lebih mengenal berbagai kebudayaan dan adat orang Batak di Pulau Samosir. Anda bisa menjumpai beberapa rumah adat Batak di pulau ini.

Di sana Anda bisa belajar tentang sejarah Batak dan berbagai kebudayaan menarik orang Batak khususnya Batak Toba. Bahkan Anda bisa ikut menari bersama penduduk setempat saat ada pertunjukan Sigale-gale. Selain wisata budaya, kita juga akan menikmati berbagai keindahan alam Pulau Samosir.

Kita bisa menemukan keindahan sawah bertingkat seperti yang terdapat di Bali. Juga ada beberapa air terjun yang begitu indah untuk dikunjungi seperti Air Terjun Simangande dan Air Terjun Pangaribuan (terletak di Kecamatan Palipi) yang merupakan air terjun terbesar di Pulau Samosir. Yang menarik di lokasi sekitar Air Terjun Pangaribuan di Palipi, diyakini sebagai tempat diturunkannya Raja Batak.

Selain air terjun, di Pulau Samosir juga terdapat dua buah danau yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Itu sebabnya kedua danau ini sering diberi julukan "Danau di atas danau" karena keunikannya yaitu danau yang berada di tengah Pulau Samosir, sedangkan pulau ini berada di tengah Danau Toba. Tidak perlu takut jika satu hari tidak cukup untuk menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir.

Banyak sekali penginapan di Pulau Samosir dari resor, hotel dan penginapan biasa. Anda bisa menemukan banyak penginapan di sepanjang daerah Tuktuk dan Ambarita yang tidak jauh dari Pelabuhan Tomok. Di sini kita bisa menginap sambil menikmati keindahan alam Danau Toba dan Pulau Samosir.

Rute Perjalanan ke Objek wisata Danau Toba Sumatera Utara

Untuk berwisata ke danau toba anda akan melakukan sebuah Perjalanan panjang jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang luar bisa di bagian utara pulau Sumatra. Persiapan yang harus Anda siapkan seperti materi dan fisik untuk melakukan traveling. Untuk menuju danau toba anda bisa menggunakan Jalur transit terdekat yaitu Medan.

Jadi bagi Anda yang datang dari luar kota, bisa melakukan perjalanan dengan Transit di Kota Medan baik itu di Bandara Kualanamu yang merupakan bandar udara internasional di Medan, atau bisa juga transit di terminal Amplas untuk Anda yang menggunakan jalur darat.

Dari Kota Medan perjalanan Anda bisa dilanjutkan ke Danau Toba dengan menggunakan Bus Damri menuju Simpang Kayu Besar, fasilitas dari Bus ini terbilang cukup bagus, dilengkapi dengan Ac dan Toilet didalamnya, jadi jangan sampai ketiduran yaaaaa, hehehehehe. Sesampai di Simpang Kayu Besar Anda harus berganti kendaraan dengan kendaraa lain dengan arah tujuan Perapat.

Sebenarnya ada juga jasa penyedia transportasi yang bisa Anda sewa dengan rute perjalanan Medan – Perapat, tetapi harganya agak lumayan mahal, Namun sebanding  dengan pelayanan yang anda dapatkan. Setelah sampai di Perapat, Anda sudah bisa menikmati suasana pemandangan Danau Toba, akan tetapi apabila Anda berkeinginan untuk ke pulau Samosir,

Anda harus menyeberang dengan menggunakan transportasi kapal Ferry dengan tujuan Tuktuk Siodang di pulau Samosir. Tempat ini merupakan tempat yang strategis untuk menikmati keindahan Danau Toba seutuhnya.

Penginapan atau Hotel di Sekitar Danau Toba

Hotel di Parapat merupakan akomodasi paling strategis bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke danau toba sumatera utara indonesia, karena hotel atau penginapan yang ada tempat ini hampir semuanya berada di tepi danau toba yang langsung menghadap ke arah danau yang terkenal dengan pemandangan indahnya.

danau toba intl cottage indonesia danau toba international cottage parapat contact number danau toba international cottage medan danau toba international cottage

Untuk urusan harga harga hotel sendiri sangat bervariatif, ada lumayan banyak hotel murah di parapat yang harganya mulai dari 100 ribuan ke atas. Lalu ada juga hotel bagus berbintang tiga yang tarifnya 400 ribuan keatas, tergantung fasilitas yang ditawarkan. Namun penginapan atau hotel yang tentunya menarik adalah di Danau Toba International Cottage yang tempatnya pas berada ditepian danau.

Bangunannya juga menarik dengan arsitektur khas Sumatera Utara. Tentunya ini akan menjadi sebuah penginapan yang menyajikan suasana berbeda dengan penginapan lainnya. Jika Anda ingin menginap disana, coba datang saja ke Jl. Nelson Purba No.4, dan Anda akan merasakan suasana penuh kedamaian selama berada di Parapat (Sumatera Utara).

Selain Danau Toba International Cottage tentunya masih banyak pilihan hotel lainnya di sekitar parapat yang lokasinya sangat bagus yaitu berada di dekat danau Toba yang bisa disewa sebagai tempat beristirahat selama berada di daerah tersebut. Berikut daftar nama, alamat dan tarif hotel di Parapat Danau Toba, Sumatera Utara:

Hotel Dengan Harga Terjangkau 
1. Hotel Sedayu
Alamat: Jl.Sisingamangaraja No.171 A, Parapat
Kode Pos 21174

2. Melissa Palace
Alamat: Jalan Nelson Purba No. 28, Tigaraja, Sumatera Utara, Parapat
Kode Pos 21174

3. Sapadia Hotel and Cottage Parapat
Alamat: Jl. Josep Sinaga No 2, Kab. Simalungun, Parapat
Kode Pos 41174

4. Pandu Lakeside Parapat Hotel
Lokasi: JI. TPR Sinaga No. 12, Simalungun, Parapat 
Kode Pos 21174

Hotel Dengan Harga Menengah Keatas
1. Patra Jasa Parapat Lake Resort
Lokasi: Jl Pertamina Siuhan, Danau Toba, Parapat

2. Parapat View Hotel
Beralamat di Jl. Sidaha Pintu No. 7, Parapat

3. Atsari Hotel
Alamat: Jl. Parapat, Parapat 21174

4. Inna Parapat – Bintang 3
Alamat: Jl. Marihat No 1, Lake Toba, Parapat 21174

Untuk harga hotel di sekitar danau toba dengan harga terjangkau biasanya harganya masih di bawah 300 ribuan dan sedangkan untuk harga hotel menengah keatas harganya mulai dari 400 ribu keatas. untuk menginap anda bisa menyesuaikan dengan budget yang anda miliki bisa dipenginpan sederhana jika budgetnya pas-pasan, sedangkan jika anda memiliki budget lebih bisa juga menggunakan penginapan di hotel berbintang tiga yang ada di sekitar danau toba tepatnya di sekitar parapat sumatera utara.

Tips Berwisata ke danau Toba dan Pulau Samosir

Jika anda akan pergi berwisata mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir, beberapa tip yang perlu diketahui agar perjalanan wisata yang sedang dilakukan bisa Anda nikmati dan berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa tips saat mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir.

Jadi jika Anda tiba di lokasi dan mau menanyakan sesuai kepada orang lokal tidak usah segan-segan untuk langsung bertanya kepada mereka dan jangan merasa takut dengan suara orang Batak yang terkenal keras-keras, dengan tips menggunakan kata “Horas” pada awal menemui orang Batak dan kata “Maulitate” sebagai ungkapan terima kasih atas bantuannya, wisatawan akan merasakan ramahnya orang Batak di Danau Toba dan Pulau Samosir.

Artikel terkait:  -Tips Menghemat Budget Saat Travelling
                           - Cara Backpacker Packing Simple Saat Traveling

Berikut adalah beberapa tips berwisata di Danau Toba dan Pulau Samosir:

Tips memilih waktu traveling.
Untuk berkunjung dan mendapatkan moment yang cantik di danau toba maupun pulau samosir, seperti pada saat cuaca yang nyaman dan cerah waktu yang baik untuk datang adalah pada bulan April hingga bulan Agustus.

Pada bulan-bulan tersebut cuaca di Indonsia adalah musin kemarau, demikian juga di Danau Toba dan Pulau Samosir akan mengalami musim kemarau dimana cucanya akan cerah sehingga lebih maksimal memanfaatkan waktu untuk menikmati keindahan alam yang indah di Danau Toba dan tidak ke tinggalan pulau samosir dan juga Pada saat cuaca cerah maka perjalanan wisata anda akan lebih lancar mengunjungi spot-spot wisata.

Tips memilih akomodasi.
Banyak pilihan untuk penginapan yang bisa ditemui wisatawan baik di Parapat maupun di Tomok. Biasanya wisatawan asing lebih menyukai menginap di Tomok, Pulau Samosir, dimana penginapan mulai dari kelas losmen, wisma atau hotel tersedia di daerah Tuktuk Siadong yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pelabuhan Tomok. Semua tergantung anda untuk menentukan pilihan, yang lebih penting sesuaikan dengan budget.

Tips memilih makanan.
Berwisata disebuah daerah pasti tidak bisa lepas dari yang namanya kuliner, ini juga sanagt penting bila ke Danau toba sumatera utara, terutama bagi anda yang beragama muslim, sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih rumah makan. Perhatikan papan nama rumah makan yang akan anda masuki apakah menyediakan makakanan yang tidak mengandung babi.

Di daerah Danau Toba dan Pulau Samosir, banyak rumah makan dengan masakan khas Batak yang biasanya merupakan olahan daging babi. Jadi buat yang muslim sebaiknya lebih memilih, sementara buat yang non muslim anda tidak akan banyak masalah dalam memilih rumah makan. Namun jangan kuatir buat yang muslim, rumah makan yang menyediakan masakan halal sudah tersedia di sini.

Tips memilih momen yang pas.
Menikmati suasana meriah sewaktu mengunjungi ke Danau Toba dan Pulau Samosir adalah berkunjung ke sana pada waktu menarik seperti pada saat diadakannya upacara adat atau saat diadakannya Festival Danau Toba. Pada saat ada upacara adat, maka wisatawan dapat merasakan susana yang meriah, karena upacara adat selalu dilakukan dengan meriah di danau toba.

Lebih baik lagi adalah pada saat event Festival Danau Toba yang dilaksanakana setiap tahun, wisatawan akan merasakan kemeriahan yang lebih besar lagi karena banyak acara dilakukan mulai dari pertunjukan seni, perlombaan oleh raga dan berbagai pertandingan lainnya, dan tidak ketinggalan menampilkan seni budaya terutama budaya batak.

Tips menggunakan alat bantu petunjuk arah
Saat ini banyak peralatan elektronik yang bisa membantu anda menikmati perjalanan anda mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir seperti handphone dengan kecangihannya, selain untuk alat komunikasi bisa anda manfaatkan fitur-fitur canggihnya dalam perjalanan wisata anda.

Fitur kamera bisa digunakan untuk mengabadikan setiap momen yang anda lewati dan langsung bisa mengupdate status di media sosial yang anda miliki. Selain itu fitur map atau gps yang ada bisa membantu menunjuk arah kepada anda lokasi yang anda ingin tuju. Tinggal anda memanfaatkan peralatan elektronik yang anda miliki.

Tips memilih peralatan dan perlengkapan liburan.
Pada saat berkunjung ke Danau Toba dan Pulau Samosir sebaiknya memilih peralatan dan perlengkapan yang susuai dan tidak merepotkan. Jika anda melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang butuh perjalanan jauh bahkan melewati lereng atau tangga pakailah sepatu yang nyaman, misalnya pada saat turun ke air terjun Sipiso-piso.

Jangan lupa memakai pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan kunjungan anda.

Tips buat penghobi fotografi
Bagi yang hobi fotografi, yang ingin mengabadikan pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir yang begitu indah, maka tip memilih jam untuk hunting foto akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Waktu yang tepat untuk hunting foto di pagi hari adalah antara pukul setengah lima hingga pukul setengah tujuh pahi dan sore hari adalah pukul enam belas tiga puluh hingga tujuh belas tiga puluh. Pada waktu-waktu itu wisatawan yang mengambil foto akan mendapatkan pemandangan dengan pencahayaan yang terbaik.

Semoga ulasan diatas bisa menambah pengetahuan tentang tempat wisata danau toba sumatera utara Indonesia, Mulai dari sejarah terjadinya objek wisata danau toba menurut ahli maupun cerita rakyat atau dongeng yang memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sumatera Utara.

Sedikit tips diatas juga agar lebih bermanfaat bagi anda yang ada rencana ingin merencanakan liburan panjang di Danau toba maupun Pulau samosir.

Related Posts