Pulau Weh Tempat Wisata Paling Menarik di Sabang

shares |

Tempat Wisata di Sabang- Pulau Weh adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra. Pulau ini pernah terhubung dengan Pulau Sumatra, namun kemudian terpisah oleh laut, karena terjadi letusan gunung berapi terakhir kali pada zaman Pleistosen. Pulau ini juga terkenal dengan keanekaragaman ekosistemnya.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam. Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan.

Pulau Weh  pulau weh resort pulau weh aceh pulau weh sabang pulau weh terletak di pulau weh indonesia pulau weh sabang aceh indonesia pulau weh dan rote pulau weh filipina pulau weh diving pulau weh di aceh

Berkunjung di kawasan Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air seperti berselancar, berenang, memancing, menjelajah dengan perahu, snorkeling dan menyelam. Menikmati alam bawah laut dengan spesies di Pulau Weh merupakan daya tarik utama di objek wisata ini.

Keanekaragaman jenis ikan dan keindahan terumbu karangnya, baik terumbu karang yang keras maupun terumbu karang yang lunak dari berbagai jenis, bentuk dan warna, yang keseluruhannya membentuk gugusan karang yang indah untuk dinikmati oleh mata manusia.

Bagi anda yang Gemar kegiatan menyelam, tempat wisata pulau weh sangat tepat untuk tujuan wisata Anda. Beberapa lokasi terkenal bisa anda jadikan tujuan wisata di taman laut di Pulau Weh adalah Pantai Iboih, Pantai Gapang dan Pantai Rubiah.

pulau weh sumatra pulau weh resort agoda pulau weh di sabang pulau weh pantai pulau weh snorkeling pulau weh banda aceh

Di sini akan banyak anda temui berbagai macam jenis ikan karang seperti Parrot Fish, Tropet Fish, Dunsel Fish dan Angel Fish, karena Laut Pulau Weh memiliki potensi wisata alam laut yang cukup tinggi. Bukan hanya itu saja, di dalam kawasan TWA Pulau Weh, Anda juga dapat menemukan Tugu Nol Kilometer yang terletak di ujung Pulau Weh.

Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, pengunjung pun akan dibuat terkagum-kagum dengan gua-gua alam yang digunakan untuk pertahanan tentara Jepang pada Perang Dunia II. Tidak jelas dari mana asal-usulnya, Pulau Weh juga disebut sebagai pulau legenda yang memiliki nama lain “Golden Island”.


Lokasi Pulau Weh

Pulau Weh berada sekitar 32 km dari Banda Aceh, Ibukota Provinsi NAD, Indonesia. Secara administrasi TWA Laut Pulau Weh termasuk Kecamatan Sukakarya, Kotamadya Sabang, Provinsi Daerah Istimewa Aceh. terletak di Laut Andaman, tempat 2 kelompok kepulauan, yaitu Kepulauan Nikobar dan Kepulauan Andaman, tersebar dalam satu garis dari Sumatra sampai lempeng Burma.

Laut Andaman terletak di lempeng tektonik kecil yang aktif. Sistem sesar yang kompleks dan kepulauan busur vulkanik telah terbentuk di sepanjang laut oleh pergerakan lempeng tektonik. Pulau ini terbentang sepanjang 15 kilometer (10 mil) di ujung paling utara dari Sumatra.

Pulau ini hanya pulau kecil dengan luas 156,3 km², tetapi memiliki banyak pegunungan. Puncak tertinggi pulau ini adalah sebuah gunung berapi fumarolik dengan tinggi 617 meter (2024 kaki). Letusan terakhir gunung ini diperkirakan terjadi pada zaman Pleistosen.

Sebagai akibat dari letusan ini, sebagian dari gunung ini hancur, terisi dengan laut dan terbentuklah pulau yang terpisah.


Akses ke Pulau Weh
 pulau weh aceh diving pulau weh akomodasi pulau weh aggressor pulau weh ada dimana wisata pulau weh aceh pulau weh trip advisor pulau weh budget accommodation pulau weh banda aceh ferry keindahan pulau weh aceh pulau weh cheap accommodation gambar pulau weh aceh
Bagi anda yang akan liburan ke Pulau weh sudah tersedia transfortasi yang bisa anda gunakan untuk kesana, Anda bisa menggunakan kapal fery dari Kota Banda Aceh dan dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Bila Anda sudah tidak sabar ingin segera sampai ke tempat tujuan, Anda bisa menggunakan kapal cepat, Namun anda juga harus mengluarkan biaya untuk membayar kapal cepat lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan kapal ferry. 

Fasilitas dan Akomodasi

Beberapa fasilitas dan akomodasi yang akan Anda temukan di sekitar Taman Wisata Alam Pulau Weh adalah pondok-pondok penginapan di sekitar Pantai Iboih yang dibangun oleh masyarakat, shelter, MCK, masjid, kios cendera mata yang bisa anda jadikan tempat untuk mencari oleh-oleh dan hotel yang terdapat di Gapang.

Selain itu terdapat juga berbagai fasilitas yang berada di Pulau Rubiah yang dibangun oleh Dinas Pariwisata Dati I D.I. Aceh antara lain yaitu pusat kegiatan menyelam yang dilengkapi dengan fasilitasnya (perahu motor dan peralatan selam), mushola, shelter, MCK, rumah jaga, menara pengawas, jalan setapak, dan taman. 

Berlibut di tempat wisata pulau weh Anda tidak perlu takut kehabisan baterai kamera atau ponsel, karena dipulau weh sudah tersedia instalasi listrik, jadi anda tak perlu takut kehabisan baterai kamera kerana ini merupakan hal penting untuk melengkapi kegiatan traveling anda dengan mengabadikan kunjungan di tempat-tempat menarik pulau Weh tanpa takut habis baterai kamera maupun handPhone .

Related Posts