10 Tempat Wisata di Pariaman Sumatera Barat Yang Terkenal

shares |

Tempat Wisata di Pariaman - Pariaman merupakan sebuah kotamadya yang ada di propinsi Sumatera Barat. Kota yang dulunya merupakan bagian wilayah administratif Padang Pariaman ini memiliki keindahan budaya dan alam yang begitu mempesona. Seperti Seni budaya yang kaya dari Pariaman membuat kota ini menjadi salah satu tujuan wisata menarik yang dikunjungi wisatawan baik lokal maupun Asing.

Seperti kebanyakan daerah di Sumatera Barat, Pariaman juga memiliki wisata pantai yang indah sebagai tujuan wisata saat liburan. Selain itu, jika berkunjung kesuatu daerah tidak lengkap rasanya apa bila tidak berburu kuliner yang bisa anda coba 10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Paling Terkenal, Kuliner yang memiliki citarasa yang luar biasa Sangat wajar jika sumatera Barat ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata kuliner Favorit.

Tempat Wisata di Pariaman  tempat wisata di pariaman padang tempat wisata di pariaman tempat wisata baru di pariaman tempat wisata pariaman sumbar tempat wisata pariaman sumatera barat tempat wisata di kabupaten padang pariaman tempat wisata yang ada di pariaman tempat wisata di kab padang pariaman

Kota Pariaman adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia ini berjarak sekitar 56 km dari kota Padang atau 25 km dari Bandara Internasional Minangkabau. Kota Pariaman merupakan hamparan dataran rendah yang landai terletak di pantai barat Sumatera dengan ketinggian antara 2 sampai dengan 35 meter di atas permukaan laut sehingga banyak menyuguhkan tempat wisata indah bisa anda nikmati untuk tujuan rekreasi.

Berikut daftar tempat wisata Kota Pariaman maupun tempat wisata padang Pariaman yang bisa anda kunjungi.

Tempat Wisata di Pariaman Sumatera Barat Yang Terkenal

1. Pantai Cermin


Pantai Cermin pantai cermin medan pantai cermin theme park pantai cermin pariaman pantai cermin perbaungan pantai cermin terletak di provinsi

Pantai cermin merupakan objek wisata di pariaman tepatnya terletak di desa karan aur, lokasinya tidak jauh sekitar 1,5 kilo meter ke selatan Kota Pariaman. Pantai cermin bisa dilang cukup landai oleh karena itu bagian pinggiran pantai sebagian besar banyak ditumbuhi pohon pinus dan pohon kelapa yang rindang.

Pantai cermin tempat wisata pantai yang sangat menarik untuk dinikmati karena kondisi pantainya masih cukup terjaga dengan baik. Di pantai cermin memiliki warna pasir kuning gading tanpa lumpur, menambah keindaahan dan asyikan pengunjung untuk berwisata bersama keluarga menghabiskan liburan akhir pekan.

Fasilitas di area ini cukup memadai dan relatif aman. Di lokasi ini juga sudah terdapat Restaurant yang cukup representatif, sebagai menu adalan ditempat ini seperti kuliner  khas Kapalo Ikan Gulai, Cumi Goreng dan aneka jenis ikan laut dan minuman segar lainnya sebagai pelengkap kegiatan wisata anda di tempat ini.

2. Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo pulau angso duo di padang sejarah pulau angso duo letak pulau angso duo foto pulau angso duo misteri pulau angso duo keindahan pulau angso duo lokasi pulau angso duo

Pulau Angso Duo ini adalah salah satu tempat wisata berupa sebuah pulau kecil yang ada di kota Pariaman,  Pulau Angso Duo ada lah objek wisata pulau kecil yang indah, dengan banyak batu-batu karang dan kerang-kerang laut yang sering kali terhampar di tepi pantai di pulau ini. Berkeliling pulau ini merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan.

Anda akan menemukan rute perjalanan yang begitu mengasyikan menjelajahi secara keseluruhan pulau mungil ini. Benar-benar indah dan menakjubkan. Lokasi pulau ini adalah di seberang pantai Gandoriah dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Cukup dengan biaya yang cukup terjangkau Anda dsudah apat menyeberang ke pulau yang cantik dan eksotis di pariaman ini.

Pantai di pulau ini landai dan berpasir putih dengan ombak yang sangat tenang. Menikmati pulau ini tak lengkap rasanya jika tidak melakukan snorkeling menikmati indahnya terumbu karang jenis arcopora dan biota laut seperti teripang.

3. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai air terjun nyarai padang air terjun nyarai sumatera barat air terjun nyarai padang pariaman air terjun nyarai gamaran air terjun nyarai

Air terjun Nyarai adalah salah satu air terjun indah bisa anda kunjungi saat berada di Sumatera Barat. tepatnya Air Terjun ini terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat.  Dari Kota Pariaman berjarak 31 kilometer melewati jalan Nan Sabaris - Lubuk Alung. Waktu tempuh sekitar 50 menit dengan kondisi jalan cukup baik.

Tak mudah memang menuju ke lokasi air terjun ini. Karena sesampainya di posko pendaftaran menuju air terjun selanjutnya Anda harus berjalan melewati hutan dan sungai selama kurang lebih 2 sampai 3 jam. Bagi anda para petualang sejati air terjun ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata Anda di Pariaman. Jangan lupa persiapan yang matang perjalanan trekking Anda menuju air terjun ini. 

Kondisi air terjun yang begitu alami dan dikelilingi pepohonan rindang membuat hati terasa menjadi sejuk. Kalau di lokasi air terjun yang secantik ini sayang rasanya tak menceburkan diri. Apalagi terdapat kolam alami yang membuat Anda betah berenang di tempat ini.
4. Pulau Kasiak


Pulau Kasiak pulau kasiak pariaman pulau kasiak sumatera barat pulau kasiak di sumbar pulau kasiak di padang pulau kasiak dimana lokasi pulau kasiak

Pulau Kasiak merupakan salah satu pulau yang berada di seberang pantai Gandoriah. Pulau ini terbilang yang paling jauh jaraknya. Untuk ketempat ini Anda dapat naik boat dengan membayar sebesar Rp70.000,- dengan waktu tempuh sekitar 30 menitan. Salah satu alternatif objek wisata alam yang luar biasa indahnya berada di Sumatera Barat adalah Pulau Kasiak. Yap, pulau ini terletak di kota Pariaman, lebih spesifiknya pulau ini terletak di tengah-tengah pantai gondariah, dan bersebelahan dengan pulau angso duo. 

Sama halnya dengan pulau-pulau lainnya, keindahan alam yang ditawarkan di Pulau Kasiak ini sangat menggiurkan. Tapi, tidak banyak yang tau kalau lokasi ini mudah di jumpai . Gondoriah pun memiliki pantai yang landai dan ombaknya tidak begitu besar, saat saya mengunjunginya.

Oleh karena itu, objek wisata pantai ini sangat cocok untuk berenang sambil bermain air dan menikati pemandangannya. Sama seperti pinggiran pantai lainnya di Sumbar, disini terdapat banyak tumpukan batu besar dan percikan ombak yang datang ketika menghantam bebatuan.

5. Air Terjun Baburai


Air Terjun Baburai  air terjun baburai kampung dalam lokasi air terjun baburai

Air Terjun Baburai adalah tempat Wisata air terjun memang selalu menjadi pilihan tersendiri bagi wisatawan yang datang di pariaman. Selain bisa bermain air di sekitar air terjun, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan alam di sekitarnya yang sangat indah. Pemandangan alam seperti itu pun bisa anda temukan di beberapa air terjun yang terdapat di Pariaman, salah satunya air terjun Baburai ini, yang mana air terjun ini memiliki nama lain, yaitu air terjun burai-burai.

Pemandangan alami yang menghijau serta hembusan udara segar yang bisa anda rasakan yang akan membuat anda betah untuk berlama-lama di wisata air terjun ini. Objek wisata air terjun Baburai tidak pernah sepi dari pengunjung. Wisatawan yang datang pun tidak hanya dari masyarakat sekitar, bahkan wisatawan asing pun sering datang untuk menikmati suasana air terjun baburai.

Lokasi Dan Transportasi Lokasi air terjun baburai ini terletak di Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Jika anda berada di Kota Padang, maka hanya berjarak sekitar 78 Kilometer atau jika anda berada di Bandara Internasional Minangkabau maka hanya berjarak sekitar 58 Kilometer serta hanya berjarak 20 Kilometer jika anda berada di Kota Pariaman.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Kabupaten Agam Sumatera Barat Yang Terkenal

6. Pantai Belibis


Pantai Belibis pantai belibis pariaman

Ada lagi pantai yang terkenal yang bisa anda kunjungi saat berwisata di Pariaman adalah pantai belibis. Pantai ini memiliki pesona indah yang terletak tak jauh dari pusat kota, tepatnya berlokasi di daerah Naras 2 Pariaman Utara, pantai ini mempunyai sebuah telaga atau orang setempat biasa menyebutnya Talao. Di sini kita bisa bersantai sambil menikmati indah nya sunset. yang lebih menyenangkan lagi dipantai ini  anda tidak di pungut biaya alias Gratis.

Yang menjadi daya tarik pantai belibis Pemandangan indah dengan pasir pantai yang landai serta laut yang berombak membuat pantai ini sangat ramai dikunjungi. Keindahan sunsetnya membuat senja di tempat ini terasa begitu indah. Apalagi tidak dikenakan biaya apapun (gratis) untuk masuk ke lokasi pantai ini.

7. Pantai Kata


Pantai Kata pantai kata pariaman pantai katak pantai ketaping pantai kata mutiara pantai kata pantai ketapang pantai kata bijak pantai kata padang

Pantai Kata merupakan destinasi wisata di padang pariaman dan merupakan salah satu tempat terindah yang memiliki letak strategis karena berada di perbatasan Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, sehingga tempat ini selalu ramai pengunjung. Kata merupakan singaktan dari dua desa yang menjadi lokasi Pantai ini yaitu nagari Karan Aur dan nagari Taluik.

Dari pusat kota Pariaman Anda harus melewati jalan sejauh 5 kilometer untuk tiba di pantai ini, bisa menggunakan angkot dengan tarif Rp3.000,- dan ojek sekitar Rp7.000,-. Sesampai di pantai ini Anda akan disambut hamparan pemandangan indah dengan deburan ombak yang menggulung membuat nyaman mata siapa saja yang memandangnya.

Di pantai ini suasana masih sangat alami, fasilitas yang tersedia pun seadanya. Sangat jarang ada penjual makanan. Namun, pantai ini sangat cocok buat Anda yang ingin menikmati suasana indah dan pemandangan sunset yang luar biasa.

8. Panorama Puncak Kiambang


Puncak Kiambang   panorama puncak kiambang

Sumatera Barat merupakan salah satu surga wisata di Indonesia. Keindahan dan keunikannya membuat siapa saja merasa sangat tertarik berkunjung ke propinsi ini. Wisata alam yang terkenal di padang pariaman adalah Puncak Kiambang, merupakan bagaikan sebuah surga dengan hamparan pemandangan yang begitu indah.

tempat wisata ini lokasinya Berjarak hanya sekitar 26 kilometer dari Kota Pariaman tepatnya di Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman.

9. Pulau Ujung


Pulau Ujung di pariaman  pulau ujung pariaman

Pulau Ujung sebagaimana namanya yaitu tempat wisata berupa pulau yang terletak paling jauh diantara pulau-pulau lain yang terdapat di pariaman. pulau ini terletak 1,9 mil dari pantai kata. Untuk sampai kepulau ujung anda membutuhkan waktu tempuh sekitar setengah jam perjalanan dengan menggunakan kapal motor dari muara pantai gandoriah.

Lluas pulau ujung mencapai 3,25 ha,dengan topografi relative datar dan bagian lainnya berpasir dan didominasi oleh vegetasi hutan dengan jenis pohon yang tumbuh diantaranya pohon aru dan kelapa. perairan Pulau ini sangat jernih dan berombak kecil dan di sebelah utara terdapat terumbu karang atau biota lainnya seperti berbagai jenis ikan. Pulau ini tidak berpenghuni tetapi sebagaimana pulau lain selalu di jadikan persinggahan bagi nelayan penangkap ikan.

10. Pemandian Tirta Alami Malibo Anai 


Pemandian Malibo Anai  pemandian malibo anai pemandian lembah anai

Objek wisata yang satu ini sangat ramai dikunjungi di akhir pekan di pariaman adalah Pemandian Tirta Alami berlokasi di Malibo Anai, Kecamatan Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Seperti namanya, Tirta Alami adalah tempat pemandian yang memang beruansa alami. Airnya bersih, tanpa kaporit, dan sejuk. Spot pemandiannya di bagi menjadi beberapa kolam, sesuai dengan kedalamannya. Jadi bisa disesuaikan mana yang buat anak-anak ataupun dewasa.
Pemandian ini tersa sangat sejuk dan airnya sangat jernih. Pemandian ini adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk melepas penat dan lelah dengan keindahan alam yang luar biasa.Perjalanan sekitar 60 km dari Padang. Dan juga karena harga karcis masuknya yang relatif murah, cuma Rp10.000/orang, seharianpun disana juga tidak masalah. Tempat pemandian harus sudah di kosongkan jam 06.00 pm karena tempatnya di alam terbuka, jadi kurang baik kalau kita masih disana.

Itulah tadi 10 Tempat Wisata di Pariaman Sumatera Barat Yang Terkenal, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang menacari daftar tempat wisata di pulau Sumatera khsususnya di Padang Pariaman.

Related Posts