10 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Yang Paling Populer

shares |

Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta- Sleman adalah sebuah nama Kabupaten yang masuk dalam Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mungkin anda mungkin belum terlalu mengenal Kabupaten Sleman, apa lagi yang berasal dari luar daerah banyak yang tidak mengenal Kabupaten di Yogyakarta.

Itu wajar, karena kebanyakan orang hanya tahu nama Provinsi Yogyakarta saja, padahal Kabupaten Sleman ini merupakan salah satu Kabupaten yang paling dekat dengan Pusat Kota Yogyakarta. Sehingga banyak yang mengira bahwa wilayah tersebut masuk dalam Kota Yogyakarta, padahal daerah ini masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman.

Membahas mengenai Obyek wisata di Yogyakarta maka tidak bisa terlepas dari berbagai tempat wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Bagian utara Kabupaten Sleman terdapat Gunung yang sudah sangat terkenal sekali yaitu Gunung Merapi. Tidak seperti di Kabupaten lain yang ada di jogja menawarkan keindahan wisata pantai.

Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta objek wisata di sleman yogyakarta tempat wisata di sleman yogya tempat wisata di sleman jogja tempat wisata alam di sleman yogyakarta daftar tempat wisata di sleman yogyakarta tempat wisata di kabupaten sleman yogyakarta tempat wisata daerah sleman yogyakarta obyek wisata sleman yogyakarta

Untuk di kabupaten Sleman anda tidak akan menemuai wisata pantai, sebab Kabupaten ini memang tidak memiliki pantai. Namun untuk wisata alam di Sleman banyak yang berada di kawasan Perbukitan terutama wisata di kawasan Lereng Gunung Merapi. Jangan lupa jalan-jalan ke jogja untuk mencoba Kuliner Makanan Khas Jogja Yang Populer

Untuk itu kali ini bagi yang belum menganal tempat wisata di Kabupaten Sleman, kali ini akan merekomendasikan 10 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Yang Paling populer dan banyak Dikunjungi Wisatawan.

Walaupun sebenarnya bukan hanya 10 tapi banyak sekali tujuan wisata di Sleman, ini hanya sebagai gamabaran selanjutnya bisa anda ekplore saat anda berada di kabupaten tersebut, Daftar wisataa di kabupaten Sleman Jogja menarik untuk anda kunjungi adalah sebagai berikut:

Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Yang Paling Populer

1. Wisata Kaliurang

Wisata Kaliurang wisata kaliurang jogja wisata kaliurang malam wisata kaliurang gunung merapi wisata kaliurang

Objek wisata Kaliurang merupakan kawasan wisata di Yogyakarta yang lokasinya berada dikawasan lereng Gunung Merapi.Tempat wisata ini mempunyai suasana yang sejuk serta pemandangan Gunung yang menawan dan ini merupakan salah satu daya tarik yang banyak membuat wisatawan mengunjungi objek wisata Kaliurang ini.

Jalan berliku dan menanjak merupakan ciri khas objek wisata kaliurang Jogja. wisata Kaliurang terdapat di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Yogyakarta. Ketinggian dari wisata Kaliurang adalah sekitar 900 mdpl, sehingga suhu udara di daerah ini lumayan dingin meskipun siang hari yang suhunya sekitar 20 – 25 derajad celcius.

Ada beberapa spot menarik di Kaliurang Yang paling terkenal dari wisata alam di Sleman Kaliurang adalah Gardu pandang Gunung Merapinya. Di gardu pandang ini anda dapat menikmati pemandangan puncak Gunung Merapi yang mengepulkan asap yang nampak indah.

Spot tujuan wisata di Kaliurang lainnya adalah Taman Wisata Plawangan Turgo, Tlogo Putri, Goa Jepang, Taman Bermain Anak-Anak, wisata Kaliadem dan juga Air Terjun Tlogomuncar. Artikel terkait: Objek Wisata alam Telaga Putri Kaliurang Sleman Yogyakarta.

2. Candi Sambisari

Candi Sambisari candi sambisari candi sambisari yogyakarta candi sambisari map candi sambisari buka jam candi sambisari kalasan yogyakarta

Candi Sambisari adalah Tempat Wisata di Sleman Jogja yang merupakan wisata sejarah di Kabupaten Sleman. Lokasi Candi Sambisari adalah di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Lokasi Candi sambisari ini tidak begitu jauh bisa ditempuh dari Kota Jogja sekitar setengah jam atau sekitar 12 km. Candi Sambisari Sleman merupakan sebuah candi Agama Hindu tempat pemujaan Dewa Syiwa yang diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Mataram Hindu pada awal abad ke 9 oleh Rakai Garung, seorang raja dari Wangsa Syailendra.

Pemandangan di candi sambisari juga sangat indah dilihat dari bangunan-bangunan candi yang tertata rapi sangat cocok bagi yang mau mengabadikan untuk berfoto dengan latar belakang candi. lebih asyik jika mengunjungi tempat wisata ini bersama sahabat maupun keluarga, jadi lebih seru, selain itu anda juga belajar sejarah dan tentang beradapan pada masa kerajaan Mataram.

3. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko candi ratu boko jogja candi ratu boko sunset candi ratu boko aadc candi ratu boko tiket candi ratu boko tutup jam berapa candi ratu boko dimana

Tempat wisata di Kabupaten Sleman selanjutnya masih berupa candi yaitu Candi Ratu Boko. Candi ini juga sering disebut dengan Candi Boko atau juga Istana Ratu Boko. Candi Ratu Boko merupakan sebuah kompleks arkeologi yang sangat luas yaitu 19 hektar.

Lokasi Candi Ratu Boko adalah di atas sebuah bukit di Dusun Dawung, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Jogja Indonesia. Dari atas Candi Ratu Boko ini anda dapat melihat pemandangan Candi Prambanan dari atas bukit.

Bagi yang hobi berfoto, Lokasi Candi Ratu boko ini sangat bagus apabila dijadikan lokasi berfoto, karena mempunyai Pemandangannya sangat indah dan terlihat klasik. Candi Ratu Boko juga berkaitan dengan Cerita Rakyat Yogyakarta Roro Jonggrang yang mungkin sudah tidak asing lagi di dengar. Menurut cerita tesebut Roro Jonggrang merupakan putri dari Kerajaan Boko ini.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan candi prambanan dibangun oleh candi prambanan didirikan oleh candi prambanan bercorak candi prambanan dibangun oleh raja candi prambanan merupakan peninggalan dari dinasti

Obyek Wisata Pesona Candi Prambanan merupakan sebuah sangat terkenal dan populer bukan hanya di kabupaten sleman saja atau di Indoensia Tapi sampai mancanegara. Candi Prambanan sudah diakui sebagai candi terindah di Asia Tenggara serta sudah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Hal itu terbukti dari banyaknya wisatawan yang berdatangan ke lokasi wisata ini baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Wisata daerah Sleman berupa Candi Prambanan ini sangat erat dengan sebuah cerita dongeng tentang Loro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang memang cerita yang sudah melekat di benak kebanyakan masyarakat Indonesia. 

Di sebelah barat Candi Prambanan ini terdapat sebuah gedung tempat diselenggarakannya Sendratari Ramayana. Sendratari merupakan sebuah pertunjukan seni drama dan tari yang mengisahkan tentang Kisah Ramayana. Tak sulit untuk menemukan Candi Prambanan ini karena lokasinya berada di tepi Jalan Jalur Jogja-Solo.

Alamat Candi Prambanan tepatnya berada di Desa Karangasem, Kecamatan Bokoharjo atau berjarak sekitar 16 Km dari Kota Yogyakarta. Jika anda berkunjung ke Candi Prambanan jangan lupa sekalian mengunjungi Candi Ratu Boko karena lokasinya berdekatan serta terdapat tiket paketan yang lebih murah apabila berkunjung ke kedua Tempat wisata tersebut.

5. Candi Kalasan

Candi Kalasan candi kalasan didirikan atas perintah candi kalasan didirikan candi kalasan didirikan pada tahun dan oleh keluarga candi kalasan yogyakarta

Candi Kalasan merupakan sebuah Candi Umat Budha yang lokasinya berada di Dusun Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan Kaupaten Sleman Yogyakarta. Karena lokasinya berada di Desa Kalibening Candi ini juga sering dikenal dengan Candi Kalibening.

Keberadaan Candi Kalasan  juga mudah ditemukan karena terletak di tepi jalan raya jalur Jogja-Solo, berdekatan dengan Candi Prambanan. Jika sedang berada di candi prambanan anda bisa langsung singgah sekalian di Candi kalasan di Sleman. Meskipun ada beberapa bangunan dan rerimbunan pohon yang menghalangi keberadaan Candi Kalasan ini.

Informasi mengenai Candi Kalasan ini dimuat dalam sebuah prasasti yang bernama Prasasti Kalasan. Prasasti Kalasan ditulis pada tahun 700 Saka atau 778 M. Candi ini juga merupakan objek wisata yang sangat populer di Jogja khususnya di Kabupaten Sleman.

6. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi museum gunung merapi tiket masuk museum gunung merapi ketep yogyakarta museum gunung merapi di jogja

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Hal itu mengundang ilmuwan dari berbagai negara untuk mempelajari aktifitas Gunung Merapi ini. Apalagi Gunung Merapi memiliki tipe letusan berupa luncuran awan panas (Piroclatus).

Oleh karena itu Pemerntah membangun sebuah museum yang didedikasikan sebagai wahana edukasi tentang ilmu kebencanaan gunung berapi, gempa bumi dan bencana alam lainnya. Museum ini bernama Museum Gunung Merapi yang lokasinya tak jauh dari Kawasan Wisata Kaliurang.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Museum ini berada di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Yogyakarta. Luas bangunan Museum Gunung Merapi adalah sekitar 4,470 m2 yang berdiri di tanah seluas 3,5 hektar.

Di dalam Museum Gunung Merapi ini terdapat beberapa ruangan yang dibuat berdasarkan tema tertentu yang sangat menarik tentunya.

7. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali monumen jogja kembali (monjali) monumen jogja kembali 2016 monumen jogja kembali buka jam monumen jogja kembali

Objek Wisata Sleman yang juga populer adalah Monumen Jogja Kembali sering disingkat menjadi Monjali, Monumen ini merupakan sebuah monumen perjuangan Rakyat Indonesia dalam Mengusir Penjajah Belanda yang menduduki Kota Yogyakarta pada waktu itu.

Mungkin anda heran kenapa kami masukkan Monumen Jogja Kembali dalam daftar tempat Wisata di Kabupaten Sleman. karena meskipun Monjali sangat dekat dengan Kota Yogyakarta, faktanya secara administrastif masih masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman.

Lokasi atau Alamat Monumen Jogja Kembali Yogyakarta adalah di  Jalan Lingkar Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Monumen ini dinamakan sebagai Monumen Jogja Kembali.

Karena dibangun sebagai perngatan atas peristiwa ditariknya tentara pendudukan Belanda dari Kota Yogyakarta yang pada waktu itu dijadikan sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia pada tanggal 29 Juni 1949.

Baca Juga: Tempat Romantis Di Jogja Pada Malam Hari

8. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark atau dikenal dengan sebutan Jogja Bay ini merupakan sebuah waterpark terbesar di Indonesia. dan banyak sekali terdapat permainan ditempat ini yang bisa pengunjung nikmati.

Permainan di Jogja Bay ini seperti permainan air diantaranya kolam renang, prosotan, mercusuar, kapal bajak laut  dan banyal lagi lainnya. Wahana yang pastinya menarik perhatian pengunjung adalah wahana How to survive in tsunami and earthquake. Di wahana ini anda dapat merasakan sensasi seperti saat tsunami melanda.

Dan yang paling penting anda dapat belajar bertaha dalam kondisi tersebut. Alamat Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark adalah di Jalan Stadion Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia.

9. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark  sindu kusuma edupark jogja sindu kusuma edupark tiket masuk sindu kusuma edupark harga sindu kusuma edupark kecamatan sleman daerah istimewa yogyakarta

Tempat Wisata Keluarga di Sleman yang populer berikutnya adalah objek wisata Sindu Kusuma Edupark. Sindu Kusuma Edupark sebagai tempat wisata di Yogyakarta dan di Sleman. Sindu Kusuma Edupark Kabupaten Sleman menyajikan aneka macam wahana permainan yang sangat menarik untuk dicoba.

Wisata dalam bentuk permainan seperti ini dapat menambah warna tersendiri di Yogyakarta setelah sebelumnya juga ada wisata serupa misalnya Kids Fun. Di Sindu Kusuma Edupark anda dapat menikmati berbagai macam permainan seperti Bianglala raksasa, Kereta mini, Boom boom car, Trampoline, Flying Chair, UFO Bicycle, ATV dll.

Salah satu yang menjadi andalan di Sindu Kusuma Edupark adalah Bianglala raksasa yang jika anda menaikinya anda dapat melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari atas ketinggian. tempat wisata ini berada di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

10. Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala museum dirgantara mandala jakarta museum dirgantara mandala di yogyakarta museum dirgantara mandala lanud adisutjipto yogyakarta

Wisata Sleman berupa Museum ini memiliki nama lengkap Museum Pusat TNI AU “Dirgantara Mandala”. Museum Dirgantara Mandala awalnya berada di Jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta, namun kemuian dipindahkan ke Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 197.

Museum Dirgantara Mandala dibangun untuk mengabadikan berbagai macam perisriwa bersejarah dalam lingkungan TNI AU. Di dalam Museum Dirgantara Mandala disimpan berbagai macam pesawat tempur yang pernah dimiliki TNI AU serat foto dan diorama beberapa tokoh dalam sejarah Angkatan Udara Indonesia.

Museum Dirgantara Mandala merupakan sebagai tempat wisata edukatif di Yogyakarta yang banyak menarik minat masyarakat terutama anak-anak usia TK dan SD. Di lokasi ini anda dapat mengenalkan tentang sejarah Angkatan Udara di Indonesia dengan menyenangkan karena kebanyakan anak kecil suka melihat pesawat.

Jika anda berminat berkunjung ke Museum Dirgantara Mandala ini berada di Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiono, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282, Indonesia.

Demikian  10 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Yang Paling Populer. Karena memang Kabupaten Sleman ini sebagai bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah terkenal dengan berbagai macam tempat wisata bisa anda jadikan tujuan wisata.

Related Posts